Internet

10 Curug Mempesona di Purwokerto yang Wajib Kamu Kunjungi

Curug Mempesona di Purwokerto – Banyumas merupakan gudangnya curug mempesona dan memanjakan mata. Dapat dikatakan sebagai destinasi tepat bagi kamu yang ingin mencari ketenangan melalui keindahan alamnya, terutama curug. Karena ditempat ini ada banyak sekali curug yang indah mempesona. Atau barangkali patut juga kita nobatkan Banyumas sebagai kabupaten seribu satu curug.

Di sisi lain, kabupaten Banyumas ini juga lebih dikenal oleh masyarakat dengan ibukotanya yang berpusat di Purwokerto. Purwokerto menjadi pusat pemerintahan dan juga ekonomi yang banyak menarik perhatian orang, terutama wisatawan. Hal ini karena ada berbagai macam destinasi wisata di Purwokerto yang sering dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu luang dan liburannya.

Bisa dijamin jika tempat wisata alam yang dimiliki kota Purwokerto-Banyumas akan membuat anda tersenyum bahagia melihat pesona indahnya. Dan juga tentunya akan membuat wisatawan tidak pernah bosan kembali datang lagi ke Purwokerto di lain kesempatan.

Berikut daftar 10 curug mempesona di Purwokerto

1. Curug Ceheng

curug mempesona di purwokerto
Pesona Curug Ceheng yang Asri via visualiumm.blogspot.com

Lokasi pertama yang patut kita kunjungi bisa kita mulai dari curug Ceheng. Curug mempesona ini menyajikan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan dan membuat mata anda tidak akan berkedip. Daya tarik utama yang diberikan oleh curug ini adalah air terjunnya yang indah dipandang mata.

Jernihnya air yang membuat segar tubuh ketika berenang di sekitar curug tersebut. Ditambah dengan hiasan cantik dari tanaman-tanaman paku yang membuat para wisatawan terhipnotis hingga menghabiskan banyak waktu untuk bermain air di curug Ceheng.

Curug Ceheng ini terletak di tengah hutan dan perkebunan yang dekat dengan jalan raya beraspal. Tepatnya di desa Gandatapa kecamatan Sumbang di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Jadi alangkah wajarnya jika suasananya sejuk dan enak buat nyantai bareng sama sahabat, kekasih ataupun keluarga.

Curug Ceheng menjadi salah satu wisata alternative yang banyak diminati oleh anak-anak muda menghabiskan waktu liburnya bersama. Di samping itu juga terdapat beberapa gubuk-gubuk kecil yang dibangun oleh warga setempat sebagai lapak berjualan makanan, seperti pecel, softdrink dan beberapa aneka jajan lainnya.

Untuk mencapai Curug mempesona ini tidak memakan waktu yang lama. Hanya memakan waktu kurang lebihnya sekitar 15 menit dari pusat kota Purwokerto-Banyumas dan kamu sudah bisa sampai di lokasi. Disana ada loket tiket dan tempat parkir yang disediakan oleh warga. Untuk satu motor hanya diberikan tarif Rp. 7000 saja.

Dari gerbang menuju lokasi curug jaraknya sangatlah dekat sekitar 300 meter saja. Wisatawan dapat berjalan kaki sembari menikmati indahnya pemandangan alam. So, buruan main ke curug Ceheng ini, agar pikiranmu jernih sejernih air ini mengalir.

2. Curug Bayan

curug mempesona di purwokerto
Indahnya Curug Bayan via travel.tribunnews.com

Curug Bayan merupakan salah satu tempat wisata air yang sangat diminati, digemari dan ramai pengunjung dari semua kalangan dan usia. Itu semua karena curug ini selain tempatnya yang sejuk dan asri juga harga tiket masuknya yang sangat terjangkau, hanya Rp. 3000 saja untuk satu orang.

Tentu sangatlah cocok membawa keluarga untuk berlibur di curug mempesona ini karena di sini kedalaman air juga terpisah secara alami sehingga dapat memilih sesuai umur dan relatif aman. Curug Bayan juga tak kalah seru untuk sekedar berendam, berenang, menyelam, dan juga bagi yang suka cliff jumping bisa dilakukan di sini.

Di pinggiran curug juga menyediakan beberapa vila bergaya klasik yang harganya bisa dibilang lumayan murah. Untuk sewa vila dipatok mulai dengan harga Rp.400.000 per kamar. Hal ini cocok bagi yang ingin mengadakan acara-acara besar seperti acara komunitas yang bisa sewa vila dengan tarif Rp .3.500.000.

Untuk dapat sampai di curug Bayan wisatawan hanya membutuhkan waktu 20 menit saja menggunakan kendaraan pribadi, motor ataupun mobil. Sedangkan jika terlebih dahulu mampir di Lokawisata Baturraden, wisatawan hanya menempuh 2 Km saja ke arah selatan.

Adapun rute yang dapat dilalui bisa mulai dari kota Purwokerto berangkat dari masjid Agung atau alun-alun lurus menuju ke arah utara ke kecamatan Baturaden hingga bertemu dengan lokasi wisata Small Garden di kiri jalan. Setelah itu naik sedikit dan belok ke jalan kecil di kiri jalan.

Untuk arah dari Lokawisata Baturaden bisa ke utara atau menuruni jalan. Setelah perempatan terminal Baturraden wisatawan akan menjumpai pertigaan Ketenger. Dari situ belok kanan dan sampai di lokasi. Akses transportasi bisa dengan motor, mobil, bus, ataupun kendaraan besar lainnya. Di curug Bayan ada pintu masuk sekaligus loket pembayaran tiket masuk dan tempat parkir yang sudah cukup bagus.

3. Curug Telu

curug mempesona di purwokerto
Curug Telu Tempatnya Bidadari Singgah via trendpurwokerto.com

Curug yang satu ini sedang ramai-ramainya dibicarakan oleh wisatawan dari berbagai tempat. Itu semua karena keindahan curug Telu yang memiliki tiga curug yang terdiri dari satu curug besar dan dua curug kecil. Banyak orang berkata ketika melihat curug ini serasa melihat sebuah surga.

Ketika pandangan pertama pada curug ini, Anda akan langsung terpana dan enggan untuk berpaling. Ditambah lagi dengan hiasan tanaman hijau, lumut hijau, dan tumbuhan-tumbuhan paku yang menghiasi area curug Telu. Ada juga bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain menyusun batu dan batu besar untuk terjun dari samping curug.

Kombinasi bebatuan, tanaman hijau, dan tiga air terjun membuat pengunjung tidak bosan-bosannya memandang. Selain itu terdapat juga tebing-tebing di sekitarnya yang banyak disinggahi oleh kelelawar liar untuk tidur menutupi dirinya dari terik matahari.

Soal harga, tarif masuk ke curug Telu sangatlah terjangkau karena tidak akan membuat dompetmu tipis. Hanya dengan uang senilai Rp.3000 saja untuk satu orang, kamu sudah bisa masuk ke curug Telu. Selain itu, ketika sudah melawati pintu masuk dan membayar tiket, ada sebuah bonus yang akan diperoleh wisatawan.

Diperjalanan menuju lokasi curug Telu Anda akan menyaksikan pemandangan indah lainnya selain curug Telu. Yaitu dua curug di kiri jalan dan ada sungai atau danau seperti kolam yang alami. Dua curug itu bernama curug Lawang dan curug Sendang Bidadari.

Sedangkan sungai yang ada kolamnya memiliki keindahan air yang sangat bening dengan dasar terlihat jelas oleh mata. Kolam ini memiliki tebing yang indah dan bisa digunakan untuk batu loncatan jika ingin berenang. Kedalamannya sekitar 6 M.

Namun, jarak menuju curug ini lumayan cukup jauh dari pusat kota Puwokerto. Curug ini terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden-Purwokerto. Untuk menuju lokasi wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit lamanya jika jalanan sedikit ramai, dan jika tidak ramai memakan waktu sekitar 20 menit lamanya.

4. Curug Cipendok

curug mempesona di purwokerto
Keindahan Curug Cipendok yang Menakjubkan via indonesiaexplorer.net

Curug Cipendok merupakan curug yang konon banyak sekali makhluk-makhluk halus yang mendiami area curug ini. Ini masih berkaitan dengan perang Diponegoro pada masa silam. Ceritanya, di kala itu ada seorang Raden Ranusentika dari Ajibarang yang diberikan tugas untuk melakukan kerja rodi. Kerja rodi itu dilakukan dengan tujuan membuka lahan hutan untuk perkebunan hingga menebang banyaknya pohon-pohon yang berada di hutan.

Namun rencananya selalu mengalami gangguan dan sebuah kegagalan. Hingga suatu ketika ia bertapa. Tapanya tidak menghasilkan apapun hingga ia memutuskan untuk menghibur dirinya memancing di air terjun. Ketika Raden memancing ia menjumpai pancingnya melengkung lalu ia angkat. Sayangnya bukan ikan yang ia dapat, melainkan sebuah cincin warangka keris.

Lalu ia terheran-heran dan mencoba menggunakan cincin tersebut. Ia terkejut bukan main dan melihat banyaknya makhluk halus di sekitarnya yang sering menggagalkan aksinya membedah hutan. Hingga akhirnya terusunglah sebuah nama dari kejadian itu yaitu Cipendok. Cipendok berarti Ci yaitu cincin dan Pendok yaitu cicin dari sebilah keris.

Curug ini terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok. Untuk menuju lokasi hanya diperluhkan waktu setengah jam atau sekitar 7 Km jauhnya dari Pusat Kota Purwokerto. Untuk akses transportasi yang diberikan sedikit sulit karena belum adanya angkutan umum resmi yang mampu mengantarkan para wisatawan menuju lokasi. Mau tidak mau untuk berlibur kemari diharuskan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan.

Rute menuju curug Cipendok dapat dilalului dari pusat kota Purwokerto melalui jalan Jendral Sudirman ke arah alaun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Losari, sekitar 7 km jauhnya dari Puwokerto. Lalu bertemu dengan tanda jalan masuk ke curug di kiri jalan raya. Kemudian mengikuti jalan utama dan melihat penunjuk jalan. Jalan yang dilalui naik turun dan berkelok namun sudah di aspal dan halus.

Sedangkan untuk tiket masuk hanya dikenai biaya sebesar Rp. 6000 saja dan itu sudah termasuk parkir dan asuransi jiwa.

5. Curug Kembar

curug mempesona di purwokerto
Keasrian Curug Kembar yang Tiada Duanya via mulpix.com

Curug kembar juga tidak kalah dengan lainnya. Salah satu curug mempesona di Purwokerto ini berdekatan dengan curug Telu. Namun dari curug Telu harus naik sedikit untuk mencapai lokasinya. Sangat cocok sekali untuk berlibur bersama sahabat di curug ini.

Itu semua karena selain lokasinya yang mudah digapai, namun juga karena untuk masuk ketempat ini tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang banyak-banyak. Cukup dengan bayar parkir Rp. 2000 kamu sudah bisa sepuasnya bermain air di curug Kembar.

Letaknya sama dengan curug Telu yaitu berada di desa Karang Salam. Setelah kamu menitipkan kendaraanmu di tempat parkir, kamu bisa langsung menuju lokasi dengan berjalan kaki melalui pinggir lahan sawah pertanian milik warga.

Curug ini memiliki dua aliran air terjun setinggi 7 meter dan mampu digunakan untuk terjun dari atas tebingnya. Kedalaman yang dimiliki curug ini hanya sedalam 2 meter. Airnya sangat jernih ketika sinar matahari bersinar menembus air. Ada juga ikan-ikan kecil yang bisa kamu tangkap untuk bermain gembira di curug tersebut. Kamu bisa selfie bareng teman dan tentunya bikin orang lain gregetan lihat foto kamu nantinya.

6. Curug Belot

curug mempesona di purwokerto
Rilekskan Dirimu di Curug Belot via kreasitekno.co

Curug yang jarang terjamah oleh para wisatawan ini menyimpan sejuta keindahan yang masih alami. Keindahan itu masih tetap terjaga hingga sekarang karena tempatnya yang tersembunyi di dalam desa. Curug ini terletak di desa Rempoah dan untuk masuk hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 4000.

Lokasinya dapat wisatawan temukan dari arah pusat Purwokerto menuju utara arah gapura Batuaden. Jalur mengikuti jalan utama lurus terus naik hingga akhirnya menjumpai desa Rempoah. Kemudian lihatlah di kanan jalan terdapat Bank BRI lalu masuklah jalan kecil agak ke dalam menuju desa. Setelah itu wisatawan akan menjumpai musola dan tempat parkir motor. Tarif parkir sekitar Rp. 2000 saja.

Selain itu kamu juga bisa mampir ke warung di depan musola yang menyediakan jajanan untuk bekal nanti di curug Belot. Biasanya terdapat nenek-nenek yang menjaga warung tersebut. Setelah dirasa perbekalan cukup, kamu bisa menuruni tannga dan jalan setapak menuju lokasi. Namun hati-hati karena jalan berlumut dan licin untuk dijamah. Sampailah kamu di sungai dan curug Belot.

Di curug ini kamu bisa bermain air dan berenang sambil menikmati indahnya curug yang menghembuskan udara sejuk pada pori-pori kulit. Tidak lupa pula wisatawan dapat duduk santai merendamkan tubuh di tepi curug sambil memakan pembekalan yang ada.

Curug ini memang tidak seindah curug Telu namun mampu membuat kita tenang karena lingkungan alam yang masih murni belum terjamah betul oleh orang-orang. Di sini juga terdapat spesies kupu-kupu yang langka. Kamu bisa foto selfie dan juga upload fotomu ke sosial media.

7. Curug Gomblang

curug mempesona di purwokerto
Curug Gomblang Tempat yang Paling Romantis via reresepan.com

Curug Gomblang merupakan wisata air yang sangat menarik pehatian para wisatawan. Apalagi dengan dibangunnya sepetak persegi kayu atau yang lebih dikenal dengan sebutan selfie deck untuk selfie atau foto bareng sahabat yang menambah minat wisatawan berkunjung.

Curug ini lumayan besar dan lumayan tinggi. Hanya dengan Rp. 5.000 untuk satu orang kamu sudah mampu sepuasnya menghibur dirimu di curug mempesona di Purwokerto ini. Sedangkan untuk tarif parkir hanya dikenai biaya sebesar Rp. 2000, Sehingga totalnya sekitar Rp. 7.000 saja.

Untuk akses menuju curug Gomblang bisa dilalui dengan motor dan juga mobil ataupun kendaraan lainnya. Curug ini menyediakan area parkir yang cukup luas dan mampu manampung banyak motor. Setelah kamu memarkirkan kendaraanmu maka kamu bisa langsung menuju tempat lokasi dengan berjalan kaki.

Namun berhati-hatilah karena jalanan masih bebatuan dan cukup jauh perjalanan menuju curug Gomblang. Rasa pegal yang ada di kaki itu juga nantinya akan terbayarkan dengan pesona curug Gomblang. Air yang dimiliki oleh curug ini mampu membuat tubuhmu merasa segar seperti hidup kembali. Desiran angin yang sejuk membuat kamu makin betah untuk tetap singgah di curug Gomblang.

Wisatawan juga dapat berenang dan bermain air di curug ini. Namun harus ada pengawasnya karena ada pusaran berbahaya di dekat curug sedalam sekitar 10 meter yang menyambung ke gua yang berudara. Di sini juga disiapkan tong sampah agar kebersihan tetap terjaga. Ada penjual aneka jajanan dan aneka softdrink lainnya yang bisa kamu beli di area tersebut. Ada juga tempat untuk ganti pakaian setelah kamu asyik-asyiknya bermain air.

8. Curug Carang

curug mempesona di purwokerto
Curug Carang yang Sungguh Asri via tantodanardwi.blogspot.com

Curug Carang hampir sama dengan curug Belot yang masih belum banyak orang menjamahnya. Namun keindahannya hampir mirip dengan curug Telu dibanding curug Belot. Lokasinya dapat dituju naik ke arah Baturaden, lalu ambil kanan sebelum ada penanda jalan Baturaden.

Sesuai dengan rute curug Telu terus menelusuri rute jalan utama. Lalu sebelum pertigaan desa Karang Salam ada rumah putih dengan pagar keliling menuju pintu belakang rumah tersebut lalu masuk dan parkir.

Setelah memasuki pintu masuk dapat diteruskan perjalanan dengan berjalan kaki 500 meter jaraknya. Itu belum sampai, kita akan bertemu dengan pertigaan lalu ambil arah kiri mengikuti jalan. Kemudian akan berjumpa dengan tebing yang cukup menukik diteruskan denga menyusuri sugai sekitar 700 meter lalu sampai di curug Carang.

Perjalanan lumayan sangat menguras konsentrasi dan keringat namun wisata ini gratis dan mampu membayar lelah kita selama di jalan. Jangan lupa untuk membawa makanan karena curug ini belum banyak diketahui orang sehingga jarang juga yang berjualan di area curug Carang. Tapi mungkin sekarang sudah ramai wisatawan berkunjung karena beberapa waktu lalu sempat digunakan untuk acara Bolang di TV.

Bagi yang penasaran dengan curug mempesona di Purwokerto ini bisa langsung datang saja kemari karena penduduk setempat ramah-ramah dan mau mengantarkan kita menuju curug Carang ini.

9. Curug Jenggala

curug mempesona di purwokerto
Jangan Ngaku Cinta Kalau Belum Bawa Doi ke Curug Jenggala via piknikasik.com

Curug Jenggala lagi hits banget terutama di kalangan kaum muda. Banyak sekali kaum muda yang mengekspos keindahan curug Jenggala di sosmed baik itu instagram, facebook, ataupun twitter. Curug mempesona ini terletak di dusun Kalipagu desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Lokasi ini masih berada di lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur.

Curug Jenggala merupakan wisata yang masih tergolong baru dan masih terus dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintahan. Keindahan curug ini dipercantik dengan tiga curug yang menjulang tinggi. Ditambah dengan rindangnya pepohonan dan suasana yang masih kental dengan hutan.

Apalagi curug ini sangat terkenal dengan adanya deck yang berbentuk hati. Deck ini dibagun jauh dari curug namun sangat tepat di depan curug untuk selfie sehingga membuat selfie lebih romantis dan lebih menambah nuansa hangat.

Untuk menuju lokasi sama dengan menuju lokasi curug Bayan namun lebih ke atas lagi melalui jalan naik di sebelah curug Bayan. Hingga akhirnya bertemu dengan loket pembayaran curug Jenggala. Hanya dengan harga Rp 5000 dan parkir Rp. 2000 kamu sudah bisa sepuasnya menikmati indahnya curug Jenggala.

Disana juga ada pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Juga ada tempat ganti dan tong sampah demi menjaga kelestarian curug agar tetap bersih dan indah dipandang mata.

10. Curug Jumeneng

curug mempesona di purwokerto
Suasana Alam Asli Curug Jumeneng via tantodanardwi.blogspot.com

Masih di daerah Karang Salam, ternyata masih ada juga curug tersembunyi lainnya yang tidak kalah menarik dengan curug lainnya. Curug Jumeneng sangat berdekatan dengan curug kembar yang berada kurang lebih diatasnya sedikit.

Akses untuk menuju curug ini masih kurang mudah. Untuk menuju curug Jumeneng dapat dilalui melewati gerbang curug Telu dan kamu bisa parkir di situ. Jalan menuju curug tidak nampak seperti curug karena melalui jalanan persawahan dan perkebunan yang cukup terjal. Malah terlihat seperti bukan jalan.

Setelah berjumpa dengan saluran air lalu ikuti alur sampai tiba ke DAM atau bendungan. Sampai di situ kamu akan merasakan betapa indahnya menyusuri sungai yang punya view natural alam dengan tebing-tebing bebatuan yang tinggi dan indah.

Ada juga akar-akar pohon yang bergelayut menjuntai seperti ular. Lumut-lumut dan tanaman hijau juga turut serta melengkapi indahya perjalanan. Hingga akhirnya sampai di curug Jumeneng yang memberkan kemanjaan mata untuk melihat betapa eksotisnya curug Jumeneng.

Curug mempesona ini memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter dan kedalaman yang lumayan karena ada beberapa orang yang biasa memancing ikan di curug ini. Kamu tentu akan terpuaskan dengan pesona alam yang diberikan curug Jumeneng ini. Selain gratis juga kamu bisa menikmati gemericik air yang membangun suasana alam lebih hidup lagi.

Tips Berlibur Ke Curug

Itulah 10 curug mempesona di daerah Purwokerto-Banyumas yang bisa kamu kunjungi untuk bersuka ria bersama sahabat, kekasih, ataupun keluarga di waktu-waktu luangmu. Kamu bisa berharmoni dengan alam dan di situlah pikiranmu akan lebih segar kembali.

Jangan lupa bawa makanan dan minuman agar liburanmu lebih menyenangkan. Tapi buanglah sampah makanan dan minumanmu pada tempatnya atau bawalah kantong plastik agar sampahmu bisa dikumpulkan lalu di bawa pulang. Selamat berkunjung dan selamat menikmati wisata curug-curug mempesona di Purwokerto-Banyumas.

Baca juga : Nikmati Lezatnya Wisata Kuliner di Banyumas


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang laki-laki biasa yang ingin sukses dalam damai

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close