Ibu Rumah Tangga

10 Ide Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Berbicara soal ibu rumah tangga, kebanyakan dari mereka akan memiliih untuk tidak bekerja dan hanya berperan dalam mengurus keluarga. Tapi tidak jarang juga ditemukan ibu rumah tangga yang memilih untuk menciptakan bisnisnya sendiri, agar mendapatkan pemasukan tambahan serta meringankan pekerjaan suaminya.

Menciptakan sebuah bisnis bukan lagi menjadi hal yang sulit, terutama di jaman yang sudah moderen seperti sekarang ini. Ibu rumah tangga juga mampu mendapatkan pemasukan secara pribadi, dan berperan juga sebagai wanita karier dalam keluarga.

Tidak perlu takut kelabakan dalam mengurus kebutuhan rumah tangga, karena dengan menciptakan usaha sendiri di rumah. Anda dapat dengan mudah membagi waktu untuk bisnis tanpa takut keluarga menjadi tidak terurus.

Ibu Rumah Tangga

…Apa ibu rumah tangga juga bisa meraih kesuksesan?

Kesuksesan tidak pernah memandang siapapun anda, selama anda mau berusaha. Ya, jika anda tekun menjalankan bisnis tersebut, meskipun masih terbilang skala rumahan tapi tidak menutup kemungkinan bahwa usaha tersebut akan membuahkan hasil yang manis untuk anda.

Selalu ada jalan untuk orang yang mau berusaha.

Bahkan, jika suatu saat nanti bisnis dan usaha anda mulai menunjukkan perkembangannya. Bisa jadi pendapatan yang akan anda perloleh akan lebih besar dari pendapatan suami. Yahh, lumayan kan untuk beli kebutuhan pribadi dan jatah uang jajan si kecil.

Loading...

…TAPI

Kebanyakan dari ibu rumah tangga masih bingung akan bisnis apa yang akan ia jalankan, sehingga impian tersebut biasanya akan terus tertunda, hingga akhirnya benar-benar dilupakan.

Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan coba membahas mengenai bisnis apa saja yang sangat cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga. Setelah membaca artikel ini, diharapkan  impian anda untuk membuka usaha dan membantu pendapatan suami dapat terealisasikan dengan cepat.  *Yuk kita simak …?

10 Ide Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu Rumah Tangga

1# Membuka sebuah warung sembako

Bisnis yang pertama datang dari kebutuhan pokok manusia, yaitu sembako. Bisnis yang satu ini akan sangat efektif lagi bila dijalankan oleh anda yang bertempat tinggal di lingkungan yang cukup ramai (Banyak memiliki tetangga).

…Mengapa bisa demikian?

Bisnis ini akan berjalan dengan lebih efektif, karena target konsumen anda yang utama adalah tetangga. Ya, setiap keluarga selalu membutuhkan bahan makanan, dan lingkungan tempat tinggal yang ramai ini akan sangat menguntungkan anda bila berinisiatif untuk menyediakan dan menjual sembako, dan berbagai macam bahan makanan lain.

Tetangga akan lebih suka berbelanja di tempat anda ketimbang pergi ke pasar yang jaraknya sudah pasti lebih jauh. Namun demikian, usahakanlah untuk tetap menjual barang-barang tersebut dengan harga yang pasaran yang wajar. Hal tersebut juga akan memastikan usaha anda selalu laris, serta mendapatkan untung.

…Tambah untung lagi dengan menyediakan mainan untuk anak-anak.

Andapun dapat mencari keuntungan lain, dengan menjual produk mainan anak di warung sembako milik anda. Biasanya mainan akan cepat laris diserbu, karena anak-anak biasanya rewel untuk dibelikan mainan pada saat diajak ibunya ke pasar. *Lebih dianjurkan untuk daerah yang banyak terdapat anak kecilnya.

2# Buka usaha tempat penjahitan

Saya tidak terlalu tahu tentang skill menjahit, tapi dari yang saya ketahui kebanyakan ibu-ibu membunyai kemampuan yang baik dalam menjahit dan melakukan permak terhadap pakaian.

Jika anda merupakan salah satu dari ibu rumah tangga yang jago menjahit, peluang usaha ini akan sangat menguntungkan buat anda.

Selain menguntungkan, membuka jasa jahit biasanya memakan modal yang tidak terlalu besar ( Modal mesin jahit + Benang + Jarum ). Dengan peralatan jahit yang sederhana saja, anda sudah dapat memulai usaha tersebut.

…Untuk pendapatannya bagaimana?

Tidak perlu kawatir, kebanyakan orang tidak mengerti bahkan tidak mau tau tentang urusan jahit menjahit. Nah, di situlah peluang yang tepat untuk membuka usaha menjahit ini, terutama bila anda mematok harga yang murah untuk setiap jahitan yang anda terima.

Sedikit pengalaman saja, saya memiliki seorang teman yang juga membuk jasa penjahitan kecil-kecilan di rumahnya, dan terbukti bawa jasa penjahitannya tergolong ramai meskipun rumahnya masuk ke dalam pelosok gang. Selain itu dia mematok tarif yang murah untuk setiap penjahitan, dan menerima konsumen yang ingin pakaiannya di ambil dengan waktu yang cepat.

3# Memproduksi cemilan dan kue

Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya dari bisnis yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga, yakni memproduksi cemilan dan kue dalam skala rumahan.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan, terutama untuk anda yang memiliki skill dalam membuat kue dan cemilan yang enak dan lezat.

…Apa modal yang dibutuhkan?

Tenang saja, dalam membuat usaha produksi kue dan cemilan, modal yang dikeluarkan juga tidak tergolong besar. Cukup menyediakan bahan-bahan pokoknya seperti tepung, pengembang, dan lainnya, serta menyediakan juga alat untuk memproduksinya (Oven, pemanggang, dsb).

Tidak hanya membutuhkan modal yang kecil, teknik dalam membuat kue dan cemilan tersebut juga tidak terlalu rumit. Mungkin akan rumit bila anda mendapatkan pesanan yang khusus, seperti diminta untuk membuat kue yang memiliki rasa dan bentuk yang spesial.

Jika anda serius terhadap bisnis ini, sepertinya teknik promosi juga perlu untuk diperhatikan. Dengan teknik promosi yang baik, tentu akan memperluas jangkauan dangang yang anda miliki. Beberapa sarana promosi mungkin bisa dari Internet, atau di penyebaran brosur dan secara mulu ke mulut.

Awalnya mungkin cukup menyita waktu, karena anda perlu membuat adonan kue dan cemilan. Tapi hal tersebut bisa di atasi dengan mempekerjakan karyawan untuk membantu jalannya produksi. Saat bisnis anda sudah mengalami perkembangan yang lebih baik lagi.

4# Membuka usaha catering

Membuka usaha catering juga wajib untuk dipertimbangkan, terutama untuk anda yang merasa jago dalam membuat masakan yang enak dan lezat.

Jika anda hobi masak, dan berminat untuk menjadikannya sebagai sarana penghasil uang tambahan. Maka dapat dilakukan dengan membuka usaha catering yang sederhana terlebih dahulu.

…Tapi

Usaha catering apabila dilakukan seorang diri, pastinya akan menguras waktu dan tenaga. Maka dari itu, anda dapat merektrut teman-teman/tetangga utuk ikut bergabung dalam menciptakan usaha ini. Dengan membuat usaha secara tim seperti ini, modal yang dibutuhkan juga dapat dipangkas dengan cara patungan untuk membeli peralatan dan bahan baku makanan.

Bisnis masakan seperti catering, sepertinya akan selalu diburu. Terutama pada saat perayaan hari raya, maupun perayaan-perayaan lain yang bersifat pribadi.

Yang paling penting untuk diperhatikan, hanyalah menyediakan makanan yang lezat, tapi dapat dijamin kebersihan serta mutu dari makanan tersebut.

Bila usaha anda sudah mengalami perkembangan, maka bisnis ini akan sangat-sangat menguntungkan untuk anda dan teman-teman yang anda ajak untuk ikut bergabung. Bahkan, bukan tidak mungkin bila suatu hari anda mampu mempekerjakan kariawan untuk meringankan pekerjaan tersebut.

5# Membuka jasa bimbingan belajar

Ibu Rumah Tangga

Pendidikan termasuk hal utama di Indoensia, oleh karenanya orang tua selalu ingin anaknya memperoleh prestasi di sekolah yang dapat menunjang masa depan anak tersebut nantinya.

Meskipun sudah mendapatkan pendidikan di sekolah, tapi dengan jumlah murid di sekolahan yang cukup banyak terkadang anak menjadi tidak mampu. Atau terganggu konsentrasinya untuk menyerap pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya.

Untuk orang tua yang ingin anaknya berprestasi, mereka pasti sudah sadar akan pelajaran di sekolah yang mungkin tidak bisa diserap dengan baik oleh anaknya. Sehingga mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar merupakan jalan favorit para orang tua.

Jika anda merupakan seorang yang ahli dalam bidang mengajar, maka tidak ada salahnya untuk membuka sebuah bimbingan belajar yang sederhana di rumah anda.

Tidak perlu memiliki gelar yang tinggi, memiliki keterampilan yang lebih dalam mengajar saja sudah cukup untuk memulai usaha ini.

Untuk awal, anda dapat memfokuskan bisnis ini pada anak tetangga (anak kecil di sekitaran rumah anda). Jika sitem pengajaran anda terasa efektif, maka murid akan berdatangan dengan sendirinya (Disebarkan secara mulut ke mulut).

Sedangkan untuk penghasilan perbulan yang akan anda dapatkan bermacam-macam tergantung dari jumlah murid yang anda ajarkan dan dari biaya bulanan yang anda tetapkan. Bahkan, tidak jarang anda akan berjumpa dengan orang tua murid yang baik. Dan memberikan anda bonus saat anaknya berhasil meraih prestasi karena bimbingan anda.

6# Memproduksi kerajinan tangan

Jika anda merupakan ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan tinggi, boleh jadi memproduksi kerajinan tangan dapat membawakan keuntungan tersendiri untuk anda.

Bisnis yang satu ini, dapat dijalankan dengan modal yang seminim mungkin. Bahkan dengan jam kerja yang tidak mengganggu waktu anda untuk mengurus keluarga. Modal yang dibutuhkan berupa keterampilan dalam mengubah sebuah barang menjadi kerajinan yang benilai seni dan berharga jual tinggi.

Sayapun memiliki seorang tetangga yang gemar memproduksi kerajinan, berupa gelang dan kalung dari bahan sejenis monte. Dengan tangannya yang terampil, beliau mampu menciptakan produk seni yang dijual dengan harga bervariatif, biasanya 3ribu untuk satu buah gelang.

Dan terbukti bisnis yang dia jalankan ini mampu membawa keuntungan untuknya, beliau yang telah menggeluti bisnis ini sejak lama. Biasanya menjual barang kerajiannya ke beberapa pelanggan tetap untuk kemudian di jual kembali.

Atau untuk anda yang bertempat tinggal di daerah wisata, tidak ada salahnya untuk menjual produk kerajinan tersebut dengan harga yang cukup tinggi dengan target pasarnya adalah wisatawan asing. Dengan teknik seperti itu, maka usaha yang anda lakoni bisa mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat lebih besar dari sebelumnya.

7# Jasa mencuci baju/laundry

Pada poin nomor tujuh ini, jenis usaha yang cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah menyediakan atau membuka jasa laundry.

Jaman sekarang ini, kebanyakan orang malas atau bahkan tidak sempat untuk mengurusi pakaian kotor miliknya. Sehingga jasa mencuci baju atau laundry merupakan salah-satu jenis usaha yang pasti akan selalu dicari.

Modal usaha dalam menyediakan jasa ini sebenarnya tidak murah, pasalnya anda harus menyediakan mesin cuci dan listrik yang cukup untuk mendukung jalannya usaha laundry ini.

Tapi modal tersebut masih dapat diminimalkan dengan tidak menggunakan mesin cuci. Ya, jadi anda mencuci pakaian dari konsumen secara manual menggunakan papan cuci atau sikat.

Cara tersebut memang murah namun penerapannya cukup menguras tenaga, terlebih saat anda diminta untuk menyelesaikan cucian yang besar jumlahnya. Selain itu, teknik mencuci secara manual juga tidak terlalu disukai oleh konsumen. Karena konsumen biasanya akan beranggapan bahwa menggunakan mesin cuci akan memberikan hasil yang lebih baik, serta tidak merusak kualitas pakaian.

Jadi, tidak apalah untuk menyediakan mesin cuci. Meskipun menguras kantong, tapi hal tersebut juga demi kelancaran jalannya bisnis dan usaha anda.

8# Membuka sebuah warung pulsa

Di era digital seperti sekarang ini, komunikasi semakin dimudahkan dengan diciptakannya sebuah perangkat bernama telephone. Kemudian berkembang menjadi smartphone seperti yang sekarang kita pergunakan sehari-hari.

Akan tetapi, sebuah teknologi yang luar biasa tersebut hanya dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya saat terhubung dengan internet, dan lagi-lagi internet membutuhkan pulsa. Selain internet, listrik yang kita pergunakan sehari-hari mulai mengalami perkembangan dengan menggunakan sistem pulsa.

Hal ini sudah jelas bahwa pulsa sangat dibutuhkan di jaman moderen seperti sekarang, sehingga jika anda merupakan ibu rumah tangga yang sedang mencari ide bisnis dalam berwirausaha. Ada baiknya untuk mempertimbangkan bisnis pulsa sebagai usaha yang akan dilakoni.

Modal yang diperlukanpun tidak terlalu besar, bahkan bisnis ini dapat di terapkan di rumah sehingga tidak menganggu aktivitas anda dalam mengurus keluarga. Meskipun membutuhkan modal yang terbilang sedikit, tapi jangan pernah meremehkan keuntungan yang bisa di dapatkan dari menjalankan bisnis pulsa ini.

Jika anda serius menjalankan dan mengembangkan usaha pulsa ini, bikan tidak mungkin jika anda mendapatkan keuntungan yang sangat dashat dari membuka usaha toko pulsa ini.

9# Mencoba jualan via online ( olshop )

Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha yang selanjutnya datang dari dunia Internet, dimana anda dapat bekerja tanpa harus kehilangan waktu untuk mengurus keluarga.

Jika anda memiliki produk untuk dipasarkan (Makanan, kerajinan, pakaian, dsb), cobalah untuk menggunakan internet sebagai media promosi dan pemasaran anda.

Atau membuka onlineshop bisa juga walaupun anda tidak memiliki produk, yaitu dengan menjual kembali produk milik orang lain (Reseller/Dropshipper), dengan berjualan seperti ini maka modal yang anda butuhkan hanyalah modal Laptop/smartphone beserta kuota internet.

…Mengapa berjualan secara online?

Berjualan secara online dirasa lebih efektif untuk menjaring konsumen-konsumen baru, hal ini tentu karena sifat internet sendiri yang tidak dibatasi oleh jarak maupun waktu, sehingga produk yang anda tawarkan berkesempatan untuk dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Sedangkan media untuk membuka sebuah olshop bisa menggunakan sosial media seperti Instagram, facebook, dan bbm (tergantung mana yang cocok untuk anda), atau bisa juga dengan menggunakan website/blog dan juga menumpang lapak di beberapa situs jual beli.

10# Mencoba berbagai macam bisnis online

Tips menambah penghasilan untuk ibu rumah tangga yang terakhir, adalah mencoba bergabung dengan beberapa macam bisnis online yang sedang menjamur.

….Takut penipuan?

Penipuan atau tidak, itu tergantung dari bisnis apa yang anda ikuti. Lihat saja dari iklannya, misalkan mereka menawarkam gaji/pendapatan yang tidak wajar, maka segeralah jauhi bisnis tersebut.

Bisnis online itu benar adanya, dan akan benar-benar membayar anda (Tergantung bisnisnya).

Yang paling sederhana, adalah membuat blog pribadi dan memberikan artikel berkualitas di dalamnya. Jika anda telah memiliki blog dengan artikel yang bermutu, maka saatnya untuk mempromosikan blog tersebut dan mendaftarkannya ke Google Adsense atau semacamnya.

Hasil yang akan anda peroleh tiap bulannya akan sangat bergantung dari jumlah klik pada iklan yang dipasang oleh Google Adsense ( Mudahnya, mereka membayar anda karena menyewa space iklan). Google Adsense benar-benar akan membayar anda, dan bukan termasuk bisnis MLM yang merupakan penipuan dan pembodohan.

Atau, bisnis online lain yang disarankan adalah sebagai berikut

  • Menjadi seorang blogger
  • Menjadi penulis artikel
  • Menjadi freelancer
  • Dan masih banyak lagi

Banyak sekali bisnis di internet yang dapat anda coba. Untuk menghindari kemungkinan menjadi korban penipuan adalah dengan mengikuti program bisnis online yang sudah terpercaya dan banyak digeluti oleh orang lain.

Baca Juga : 10 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Sekitaran Kampus

Sekian dulu artikel saya yang membahas tentang peluang bisnis untuk ibu rumah tangga ini, semoga ibu rumah tangga di Indonesia dapat menjadi ibu rumah tangga yang produktif serta memiliki keterampilan dalam mengembangkan ekononi keluarga.

Selamat menerapkan bisnis tersebut, sukses selalu.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    walpajri

    ( - 14:03)

    Wow keren artikelnya bos

    Avatar

    Theo

    ( - 04:51)

    Betul kak. Zaman sekarang ibu rumah tangga mulai beralih ke bisnis online.
    Bisa kerja dari rumah, jaga anak, tapi tetep dapet penghasilan tambahan karena pembelinya bisa dari mana aja.

    Avatar

    Mata Hidup

    ( - 01:00)

    Sangat informatif gan artikelnya. Memang kawajiban ibu rumah tangga yang utama adalah mengurus anak dan rumah. Namun, jika memungkinkan bisa berbisnis pasti sangat menguntungkan karena bisa membantu suami meningkatkan perekonomian keluarga. Yang penting tidak menggangu kwajibannya dalam mengurus rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *