in

10 Manfaat Ini Bisa Didapatkan Apabila Mengkonsumsi Air Putih Hangat

Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air hangat secara rutin ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, hal ini terutama apabila dikonsumsi saat waktu pagi hari saat kondisi perut kosong dan saat malam hari.

Rutinitas sederhana ini terbukti memiliki dampak yang positif bagi tubuh mulai dari menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan metabolisme hingga mencegah beberapa penyakit seperti menenangkan sistem saraf pusat.

Manfaat Air Putih Hangat

Meski kerap kali dianggap sebagai rutinitas yang sepele dan tidak banyak orang yang menyadari, berikut artikel ini telah merangkum beberapa manfaat yang bersumber dari indozone

1. Meredakan Nyeri Sendi

Source (pinterest/nyeri sendi)

Apabila setiap bangun pagi mengalami nyeri sendi mungkin mengkonsumsi air hangat dapat menjadi salah satu solusi yang dapat diambil. Hal ini dikarenakan air hangat telah lama dipercaya dapat menjadi pereda nyeri secara alami.

Selain itu air hangat juga memiliki manfaat untuk menenangkan sistem saraf dan memperlancar aliran darah menuju jaringan tubuh, oleh karena itu air hangat dapat membantu otot menjadi lebih relax dan mengurangi kram.

2. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Source (pinterest/mengeluarkan racun)

Manfaat selanjutnya dari rutin mengkonsumsi air putih hangat adalah detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan saat mengkonsumsi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan mengaktifkan sistem endokrin yang mengakibatkan tubuh bereaksi mengeluarkan keringat.

Sama halnya saat kegiatan berendam di air panas, saat tubuh mengeluarkan keringat merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Selain rutin mengkonsumsi air hangat, mengkonsumsi lemon atau makanan yang mengandung vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menjaga Berat Badan

Source (pinterest/body loss)

Manfaat mengkonsumsi air hangat secara rutin selanjutnya adalah dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Hal ini dikarenakan salah satu manfaat dari mengkonsumsi air putih hangat di pagi hari adalah mengaktifkan metabolisme tubuh, sehingga hal tersebut dapat membantu membersihkan usus, mencegah kembung begah pada perut, dan mencegah rasa lapar berlebih.

4. Mengatasi Flu

Source (pinterest/Flu)

Saat tubuh mengalami flu dan batuk, mengkonsumsi air putih hangat dapat menjadi obat alami dalam mengatasinya. Pada saat tubuh mengalami flu akan terjadi produksi lendir secara berlebih dan mengkonsumsi air hangat dapat mengurangi produksi berlebih lendir tersebut.

Menurut studi, penderita penyakit virus mayoritas disebabkan kondisi usus yang mengandung banyak bakteri tidak sehat, dan salah satu khasiat dari mengkonsumsi air putih hangat secara rutin adalah mendoktifikasi racun dalam tubuh, maka dapat disimpulkan bahwa rutinitas mengkonsumsi air putih hangat dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

5. Melancarkan Pencernaan

Source (pinterest/paper towel)

Menurut studi rutin mengkonsumsi air putih dipagi hari juga memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, apalagi mengkonsumsi air putih hangat di saat perut kosong sewaktu bangun tidur.

Hal ini dikarenakan mengkonsumsi air putih hangat dapat mengaktifkan pencernaan, nantinya air putih hangat akan berperan sebagai lubrikan atau pelumas pada organ sistem pencernaan sekaligus membantu detoksifikasi racun dalam tubuh.

6. Mengatasi Sembelit

Source (pinterest/sembelit)

Dehidrasi atau kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami sembelit. Selain itu sembelit juga disebabkan lantaran adanya penumpukan kotoran didalam usus.

Dengan mengkonsumsi air putih hangat secara rutin di pagi hari dapat membantu pergerakan sekaligus memicu usus untuk berkontraksi sehingga membuat proses pengeluaran kotoran dalam usus menjadi lancar.

7. Meredakan Stress

Source (pinterest/relax)

Mengkonsumsi air putih hangat secara rutin ternyata memiliki manfaat untuk meredakan stress. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi air putih hangat juga memiliki manfaat memperbaiki sistem saraf pusat.

Oleh karena itu saat seseorang mengkonsumsi air putih hangat akan merasakan rilek pada tubuh dan lebih dapat mengontrol rasa cemas yang dirasakan sepanjang hari.

8. Mencegah Penuaan

Source (pinterest/healthy skin)

Salah satu manfaat dari rutin mengkonsumsi air putih hangat yang jarang diketahui adalah dapat mencegah proses penuaan.

Hal ini dikarenakan dalam mengkonsumsi air putih hangat memiliki manfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan menjaga elastisitas kulit. Dan setelah itu gejala penuaan yang biasanya dialami kulit akan perlahan mengurang.

9. Meredakan Akalasia

Source (pinterest/healthy food)

Akalasia adalah kondisi dimana esofagus atau kerongkongan mengalami kesulitan untuk mendorong makanan menuju lambung. Penyakit ini dapat diderita dari berbagai macam usia dan umumnya terjadi akibat faktor gangguan imun atau faktor keturunan.

Oleh karena itu dengan rutin mengkonsumsi air putih hangat dapat memudahkan penderita akalasia dalam menelan menjadi lebih nyaman dan membantu proses perpindahan makanan dari kerongkongan menuju lambung.

10. Meredakan Insomnia

Source (pinterest/good sleep)

Manfaat dari mengkonsumsi air putih hangat secara rutin terakhir yang dimuat dalam artikel ini adalah dapat meredakan insomnia. Insomnia secara simpel sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam tidur.

Maka dari itu mengkonsumsi air putih hangat dapat menjadi salah satu opsi alami untuk membantu mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan air putih hangat memiliki manfaat menstabilkan hormon dan mineral dalam tubuh, hal tersebut akan membuat sendi otot tubuh menjadi rileks dan membantu proses dalam tidur.

Itulah 10 Manfaat yang bisa didapatkan apabila seseorang rutin dalam mengkonsumsi air putih hangat. Yuk mulai biasakan mengkonsumsi air putih hangat setiap harinya.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0