Review ProdukTekno

10 Penguat Sinyal Wifi Terbaik 2020 dengan Harga Terjangkau

Penguat Sinyal Wifi Terbaik – Sekarang ini internet dapat dimasukkan dalam klasifikasi sebagai keperluan sekunder manusia. Sinyal Wi-Fi yang lemah atau tak stabil seringkali menghalangi kegiatan atau produktivitas kerja Anda.

Jaringan internet yang tak stabil dapat disebabkan oleh struktur bangunan, provider internet, dan karena dampak cuaca.

Saat gawai kita terhubung ke internet, kadang kita merasa bahwa ada satu spot di ruangan yang tak dapat dijangkau wireless router, spot atau area itu disebut dengan dead zone.

Untuk meminimalisir hal ini dibutuhkan perangkat untuk memperkuat sinyal wifi dan menambah jangkauannya.

Kalau Anda merasa ada dead zone di rumah atau kantor, Anda perlu menyimak rekomendasi 10 penguat sinyal wifi di artikel ini

Tips memilih penguat sinyal Wi-Fi

Memilih Penguin Sinyal Wifi Terbaik

Anda pasti kerap kali merasa jengkel saat aktifitas terganggu lantaran sinyal Wi-Fi yang tak stabil. Apalagi kalau keadaan bangunan bersekat-sekat atau posisi Anda yang tak terjangkau Wi-Fi.

Disamping itu unsur cuaca yang tak menentu seringkali menjadikan tangkapan sinyal internet naik turun. Salah satu solusinya ialah memasang penguat sinyal supaya lebih stabil dan menjangkau lokasi yang lebih luas.

Bagi Anda yang tak terbiasa dengan perangkat elektronik, jangan kuatir, berikut ini merupakan cara memilih penguat sinyal yang sesuai dengan keperluan Anda.

Sesuaikan standar Wi-Fi dengan kecepatan komunikasi

Penguat sinyal Wi-Fi mesti disesuaikan dengan kecepatan komunikasi yang dimiliki router induk. Biasanya kecepatan Wi-Fi standar yaitu 433 hingga 867 Mbps. Malah ada juga yang kecepatannya lebih tinggi.

Contohnya pada model high-speed kecepatan internet dapat melebihi 1000 Mbps pada 5 GHz. Bila Anda mengharapkan internet yang kencang dalam beraktivitas, Anda dapat memilih model high-speed dengan kecepatan 1000 Mbps.

BacaRaih Omset Puluhan Juta Perbulan dengan Bisnis Internet Wifi, Begini Caranya

Cek lokasi instalasi router Wi-Fi

Ada dua macam penguat sinyal Wi-Fi yang kerap kali dipakai, terpasang tanpa kabel (wireless) atau memakai kabel penghubung yang dapat dipasang di antara router dan pengguna.

Sebelum menentukan untuk membeli, pastikan lebih dahulu posisi router dengan pengguna. Kecuali itu juga pastikan letak stop kontak untuk mencolokkan penguat sinyal.

Penguat sinyal yang tak berada di dekat router dapat dipasang di mana saja asal terdapat stop kontak.

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal Wi-Fi dengan router induk

Ada dua tipe penguat sinyal Wi-Fi, yakni penguat sinyal Wi-Fi dengan frekuensi 2,4 GHz dan frekeuensi 5 GHz. Anda mesti melihat frekuensi yang terdapat pada router induk.

Ada penguat sinyal yang kompatibel dengan kedua frekuensi itu, tetapi ada pula yang cuma dapat dipakai untuk salah satu frekuensi saja.

Penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz

Penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz dapat memperluas jangkauan router Wi-Fi dan sesuai dipakai ruangan yang mempunyai banyak sekat atau tembok.

Penguat sinyal juga efisien digunakan saat cuaca buruk, misal hujan deras atau badai. Kelemahannya penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz seringkali terganggu dengan sinyal lain yang mempunyai frekuensi serupa.

Penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz

Jangkauan penguat sinyal Wi-Fi dengan frekuensi 5 GHz cenderung lebih sempit daripada penguat sinyal dengan frekuensi 2,4 GHz.

Tetapi, penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz tak banyak terganggu dengan frekuensi atau gelombang lain. Penguat sinyal tipe ini sesuai diaplikasikan untuk rumah tinggal dan pengguna yang menyenangi video streaming atau game online.

Periksa port LAN pada router

Bila Anda memakai perangkat yang tak punya fasilitas Wi-Fi, Anda mesti melihat ada tidaknya port LAN untuk menghubungkan perangkat ke router atau penguat sinyal Wi-Fi.

Sebelum mengaitkan perangkat yang tak mempunyai fasilitas Wi-Fi baik komputer maupun TV, pastikan dahulu ada tidaknya port LAN dan jumlah port LAN yang ada.

Port LAN juga berfungsi sebagai cadangan kalau fitur Wi-Fi di perangkat kerja Anda mengalami kerusakan atau tak bisa dipakai.

Cek Pengaturan router

Periksa lebih dahulu router Wi-Fi sebagai rumah induk. Apakah perlu adanya settingan atau setelan tertentu kalau dipasang penguat sinyal.

Ada router yang mesti disetting secara manual dan ada pula yang tak perlu disetel sehingga otomatis terpasang.

Kalau Anda tak mau kerepotan mengatur setelan penguat Wi-Fi, apalagi bila Anda sama sekali jarang bersentuhan dengan perangkat elektronik, sebaiknya memilih penguat sinyal yang otomatis.

Penguat sinyal yang otomatis cuma perlu menekan satu tombol saja, akan seketika terhubung dengan router.

Sesuaikan penguat sinyal dengan router induk

Ada beragam jenis merek penguat sinyal Wi-Fi yang ada di pasaran. Saat Anda hendak memilih penguat sinyal, sesuaikan dengan router Wi-Fi yang dipakai.

Tak perlu dengan merek yang sama, asalkan penguat sinyal itu kompatibel atau sesuai bila dipasang dengan router induk, maka dapat dipakai.

Memang lebih bagus kalau Anda memakai merek yang sama dengan router induk. Tetapi kalau susah menemukan atau harga terlalu mahal, Anda dapat memilih merek lain asal kompatibel.

Daftar Rekomendasi Penguat Sinyal Wifi Terbaik di Pasaran

1. TP-Link TL WA850RE

TP-Link TL WA850RE

Perangkat buatan TP-Link ini diciptakan demi memperluas dan memperkuat sinyal wi-fi di daerah yang Anda inginkan.

Dengan dukungan kecepatan nirkabel sampai 300Mbps, dijamin Anda dapat memeroleh kecepatan wi-fi yang optimal untuk menonton video, dengar musik, atau bermain game di ponsel Android.

TP Link TL WA850RE ini memiliki wujud yang mini menjadikannya gampang untuk ditaruh di mana saja, kecuali itu pengoperasiannya juga gampang, tinggal plug n play.

Baca juga : TP-LINK RE450 AC1750 WI-FI Dual Band Dengan Kecepatan Fantastis

2. KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater 300 Mbps WL0189

KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater 300 Mbps WL0189

Penguat sinyal Wi-Fi merek KexTech ini cenderung ringan dan gampang dibawa ke mana saja. Dapat menjangkau sudut rumah atau kantor yang tak terjangkau sinyal Wi-Fi dari access point.

Perangkat ini support Wi-Fi 802.11b/g/n dan mempunyai kecepatan optimal hingga dengan 30 Mbps dan frekuensi WLAN 2.4 GHz.

Di samping itu pemasangan dari Wi-Fi repeater ini juga lebih gampang dan tak membutuhkan penyetelan khusus. Penting bagi Anda untuk senantiasa lancar memakai internet kendati hujan deras.

Seringkali dalam cuaca yang buruk, sinyal internet atau Wi-Fi juga terganggu. Dengan produk ini kerjaan Anda dijamin beres dalam keadaan apa saja!

3. Wavlink Router Nirkabel Wi-Fi AC1200

penguat sinyal wifi terbaik wavlink

Penguat sinyal merek ini sanggup mengoptimalkan jaringan Wi-Fi ke area-area yang tidak terjangkau ataupun lokasi yang terjangkau tetapi sinyalnya lemah.

Penguat Wi-Fi ini sesuai dipakai untuk area-area yang luas, seperti ruang terbuka hijau atau fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi. Anda yang membuka usaha restoran atau cafe dengan nuansa outdoor dapat juga memilih penguat sinyal merek ini.

Penggunannya cukup gampang sebab secara otomatis akan tersambung dengan router induk. Anda cuma perlu menekan tombol on/off saja untuk mengoperasikannya.

Terdapat lampu indikator yang bisa memberitahukan kalau sinyal lemah atau Wi-Fi mati sebab persoalan operasional. Tak perlu kuatir kalau perangkat Anda tak terdapat fasilitas Wi-Fi. Ada LAN port yang dapat dipakai ke komputer atau ke TV.

4. Xiaomi Wi-Fi Range Extender Repeater Amplifier

penguat sinyal wifi terbaik xiaomi

Penguat sinyal ini bisa diletakkan di tempat yang tak terjangkau sinyal atau di lokasi yang sinyalnya lemah. Anda tak perlu memasang router atau mesin induk baru supaya bisa menjangkau sinyal Wi-Fi lebih luas lagi.

Tetapi penguat sinyal ini perlu penyetelan saat dipasang. Anda perlu mendownload App Mi Home dan mengatu setelan supaya sinkron dengan roruter induk.

Penguat sinyal Wi-Fi wireless ini dapat dipakai untuk usaha kecil, kantor yang memerlukan jaringan luas, dan rumah tinggal. Ruangan yang besar atau bersekat-sekat umumnya memerlukan jaringan Wi-Fi dengan beberapa access point.

Bila memakai kabel akan kerepotan memasang dan memerlukan anggaran ekstra untuk membeli kabel. Dengan alat ini tak membutuhkan router baru, sehingga lebih praktis.

5. Asus RT-N12HP 3In 1

penguat sinyal wifi terbaik asus

Asus tak ingin tertinggal dalam pasar networking dengan merilis produk yang sanggup menjadi router, repeater, dan access point. RT-N12HP mempunyai dua buah antena yang panjang sehingga meningkatkan daya jangkau serta sensitivitas penerimaan.

Di samping itu, adanya teknologi 2T2RMIMO sanggup memperluas jangkauan jaringan demi kelancaran aktivitasmu browsing di dunia maya, apalagi chipset yang dipakai merupakan broadcom.

6. Huawei Media Router 3 in 1 WS322

Huawei Media Router 3 in 1 WS322

 

Huawei extender sesuai dipakai untuk perangkat router merek apa saja. Bisa memperluas jangkauan router baik Wi-Fi maupun Mi-Fi. Dapat dipakai di rumah atau di kantor dan meratakan sinyal ke semua ruangan.

Pengoperasiannya cukup gampang cuma dengan tombol on/off saja perangkat bisa mencari dan memperkuat sinyal secara otomatis.

Terdapat dua antena di dalam perangkat untuk mendukung kecepatan internet hingga dengan 300 Mbps dengan frekuensi 2,4 GHz.

Wujudnya kecil dengan desain yang elegan. Perangkat ini dapat dipakai dengan kabel untuk terkoneksi dengan gawai dan nirkabel. Kecuali berfungsi sebagai penguat sinyal, perangkat ini juga dapat berfungsi sebagai router dan client.

7. Linksys RE1000

penguat sinyal wifi terbaik linksys

Berkecepatan sampai 300 Mbps, Linksys RE1000 sanggup menangkap sinyal wifi yang mensupport jaringan 4G di perangkat android dan iOS.

Dilengkapi dengan fitur QoS Traffic Management, alat ini sanggup mengurangi buffering dengan memprioritaskan kegiatan yang membutuhkan bandwidth tinggi.

Ukurannya yang kompak membuatnya bisa ditempatkan dimana saja, baik di dinding ataupun di meja.

8. TP-LINK 300Mbps Wi-Fi Range Extender with AC Passthrough TL WA860RE

WA860RE

Perangkat ini sanggup memperluas dan meningkatkan daya sinyal Wi-Fi yang Anda butuhkan hingga dengan 300 Mbps. Kerjaan dan kegiatan browsing Anda akan optimal.

Ada dua metode yang dapat dipakai untuk tersambung ke router yakni dengan nirkabel dan memakai kabel. Ada port ethernet yang berfungsi sebagai adaptor wireless.

Penguat sinyal merek ini pas untuk digunakan di rumahan, kantor, dan usaha seperti game online, cafe dan restoran. Uniknya, perangkat ini juga dilengkapi dengan stopkontak yang bisa mengaitkan perangkat elektronik dengan listrik.

Perangkat penguat sinyal ini dilengkapi dengan dua antena yang menjamin kwalitas kecepatan internet dan jangkauan lebih kuat.

9. Comfast WiFi Signal Extender 300M Wireless WiFi Repeater CF WR302S

penguat sinyal wifi terbaik comfast

Penguat sinyal wifi terbaik selanjutnya ini dapat dipakai di rumah dua lantai atau punya banyak kamar. Perangkat ini mempunyai antena dengan daya transmit 10 dbi dan kecepatan internet hingga 300Mbps.

Pada perangkat ini terdapat dual realtek chipset yang berfungsi bukan cuma memperluas sinyal Wi-Fi namun juga menstabilkan jaringan dan mempercepat koneksi internet.

Kecuali itu alat ini juga gampang dipasang dan dioperasikan. Cukup menekan tombol WPS yang ada extender dan pada router secara otomatis jaringan Wi-Fi akan terkoneksi.

Alat ini dapat dinyalakan 24 jam dan tak membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Sesuai untuk Anda yang memiliki rumah bertingkat atau kos-kosan.

10. Totolink EX200

Totolink EX200

Totolink EX200 adalah perangkat penguat sinyal wifi terbaik yang siap untuk memperluas jaringan Wifi di rumah dengan keamanan dan kecepatan yang terjamin.

Soal kompatibilitas, Anda dapat mengaitkan seluruh perangkat digital Anda, termasuk laptop bersistem operasi Windows 10. Cukup dengan menekan tombol WPS, Anda seketika dapat merasakan pengalaman mengakses internet dengan nyaman.

Cara Pakai Penguat Sinyal Wifi

Cek kompatibilitas router dan penguat sinyal Wifi

Hal penting yang perlu dilihat dan dicek sebelum memasang penguat sinyal ialah mengecek kompatibilitas router yang sudah terpasang.

Apakah dapat dipasangkan dengan penguat sinyal atau tidak dan apakah kompatibel dengan penguat sinyal yang hendak dipasangkan. Kalau keduanya kompatibel, maka dapat langsung memasangnya.

Cari lokasi untuk instalasi

Penguat sinyal wifi terdapat dua tipe, dengan kabel dan tanpa kabel. Untuk yang mempunyai kabel, tentunya penguat sinyal mesti diletakkan berdekatan dengan router.

Pastikan juga alur kabel tak terhalang apa saja, misal terjepit pintu atau terlipat tajam. Sementara untuk penguat sinyal nirkabel, Anda dapat mencolokannya di mana saja sesuai keinginan, asalkan dekat dengan colokan listrik.

Mulai Lakukan Instalasi

Tiap produk penambah jangkauan sinyal mempunyai sistem masing-masing dalam instalasinya. Ada yang langsung jalan saja atau plug n play, atau ada juga yangmembutuhkan instalasi software dahulu sebelum disambungkan ke router.

Adapula sebagian produk penguat sinyal wifi yang instalasinya cuma dijalankan dengan menekan satu tombol, wps button, dan bisa seketika terhubung dengan router.

Penutup

Demikian 10 daftar penguat sinyal wifi terbaik yang bisa dibuat referensi. Masing-masing merek mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Harga mahal bukanlah jaminan produk berkwalitas. Jadi disamping menentukan harga, sesuaikan perangkat penguat sinyal ini dengan keperluan Anda.

Kalau Anda mempunyai usaha, seperti restoran atau cafe salah satu daya pikat untuk pengunjung ialah tersedianya fasilitas Wi-Fi. Itu sebabnya Anda wajib memilih perangkat penguat sinyal wifi terbaik yang cocok dengan usaha anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close