Tekno

10 Perusahaan Teknologi Paling Inovatif Tahun 2017

Perusahaan di dunia ini selalu bersaing untuk mendapatkan posisi terbaik dan mendapatkan profit setinggi tingginya. Apalagi perusahaan teknologi yang semakin hari semakin dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi peran perusahaan teknologi ini sangat besar untuk kemajuan dunia. Maka dari itu, mereka harus berinovasi untuk bisa menciptakan produk terbaik dan dipilih banyak orang. Nah dikesempatan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai 10 perusahaan teknologi paling inovatif di tahun 2017.

Peran penting sebuah inovasi itu sangat penting. Tanpa adanya inovasi ini semua usaha atau bisnis pasti akan terpuruk dan bangkrut. Karena inovasi inilah yang akan mengantarkan usaha untuk bisa dikenal oleh banyak orang di dunia ini. Apalagi jika hasil dari inovasi itu mampu menyelesaiakan permasalah dunia yang sebelumnya belum memiliki solusi.

Jajaran perusahaan teknologi paling inovatif ini saya ambil dari berbagai pertimbangan. Mulai dari berbagai inovasi produk, jumlah produk yang masuk dalam hak paten, kepopuleran, dan yang tak kalah penting adalah dari segi kenaikan profit perusahaan.

perusahaan teknologi paling inovatif

Perlu anda tahu bahwa di tahun 2016 lalu, kegiatan pemberian sebuah hak paten terhadap perusahaan ataupun perorangan meningkat. Sebuah lembaga patent amerika serikat yaitu The US patent and trademark telah memberikan sebanyak 304.126 di tahun 2016 tahun lalu.

Sementara tahun 2015 terdaftar sebanyak 298.407. Jadi terjadi kenaikan dari tahun 2015 ke tahun 2016. Dan dimungkinkan tahun ini juga akan lebih meningkat lagi disamping perusahaan semakin gencar gencarnya memberikan banyak inovasi dan dukungan terhadap dunia.

Berbagai perusahaan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ini selalu mencari jalan pintas dan juga terobosan paling baru dan paling efektif untuk mengembangkan sebuah teknologi yang memiliki potensi di masa depan. Karena pada dasarnya, setiap ada ide – ide berharga yang muncul dari seseorang lalu dituangkan dalam data dan dikembangkan pasti itu akan memiliki potensi nilai berharga di masa yang akan datang.

Berbagai perusahaan di dunia ini selalu bersaing. Dalam perkembangannya ia juga melakukan berbagai upaya, riset dan juga eksperimen yang melelahkan dan bertahun tahun dijalani. Hal ini tentu juga membutuhkan banyak sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya dalam bentuk modal uang.

Namun untuk semua itu pasti akan terbayarkan suatu saat nanti. Berbagai ide dan pengembangan serta penelitian yang lama itu jika berhasil lalu akan didaftarkan hak paten.

Tentunya setiap ide yang telah dikembangkan tidak ingin dimiliki oleh orang lain. Kalaupun ada pihak lain yang ingin menggunakan ide itu harus menggunakan izin resmi dari pihak yang memiliki paten tersebut. Jadi ini yang menjadikan perusahaan rela melakukan riset yang membutuhkan alokasi modal yang besar. Keuntungan berlanjut dan terus menerus menjadi tujuan utama mereka melakuakn hal tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan hak paten bagi setiap ide yang telah berhasil dikembangkan. Dengan mendaftarkan sebuah portofolio paten ini akan menjadi benten terhadap litigasi. Karena pada dasarnya hak paten digunakan untuk menyangkal litigasi.

Jadi tidak semena orang atau pihak lain menggunakan ide yang telah didaftarkan hak paten. Kalau tetap menyangkal pasti nantinya akan berususan di pengadilan seperti halnya banyak perusahaan besar yang akhir akhir ini saling tuntut menuntut.

Berbagai macam jenis teknologi yang sering didaftarkan hak paten meliputi komputer, smartphone, alat komunikasi nirkabel, komunikasi pictoral, transmisi digital dan masih banyak lagi.

Perusahaan teknologi paling inovatif

Kenapa banyak perusahaan berlomba – lomba dalam mendapatkan hak paten dan menciptakan produk baru? Hal itu tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar nantinya. Karena jika ada orang yang ingin membuat sesuatu yang sama, maka harus membayar dulu untuk mendatkan ijin penggunaan.

Jadi jika apa saja di hak paten maka semakin memicu inovasi tiap individu maupun perusahaan secara tidak langsung.

Langsung saja inilah beberapa deretan perusahaan teknologi paling inovatif tahun 2017 ini. Silakan simak baik baik yah…

1. Samsung

perusahaan teknologi paling inovatif
https://www.xda-developers.com

Pada tahun 2016 lalu samsung memiliki hak paten sejumlah 8500. Perusahaan dengan negara di Korea Selatan ini memang akan terkenal akan produksi smartphone. Namun ia juga membuat peralatan lain seperti halnya televisi dan peralatan elektronik lainnya. Karena inovasinya yang tiada henti di berbagai bidang ini lah samsung dinobatkan sebagai perusahaan paling inovatif di tahun 2017 kali ini.

Di tahun 2017 ini, samsung memiliki nilai evaluasi merk sebesar 66,2 miliar dollar amerika dan memiliki akreditasi merk dengan nilai AAA-. Karena ini, samsung menempati peringkat 6 dengan kategori perusahaan paling berharga tahun ini.

Berdasarkan sebuah riset data dari IFI atau Information for Industry claims patent service mengatakan bahwa perusahaan asal korea selatan ini menjadi perusahaan terbanyak dalam hal pendaftaran hak paten. Samsung memiliki hak paten hingga 8500 dalam setahun. Ditahun sebelumnya juga perusahaan satu ini mendaftarkan dalam jumlah yang banyak pula yaitu hingga 8053 hak paten. Sungguh luar biasa bukan?

2. IBM corp

perusahaan teknologi paling inovatif
https://career.uconn.edu

Perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat ini mengantongi hal paten 8088 pada tahun lalu. Peningkatannya juga besar karena dari tahun 2015 tercatat bahwa IBM corp ini mengantongi hak paten sejumlah 7353. Berbagai produk yang dihasilkan oleh IBM corp ini meliputi pengembangan suatu aplikasi, piranti perangkat keras dan lunak, manajemen data, dan jasa dalam bidang IT.

Bagaimana tidak IBM menjadi salah satu perusahaan teknologi paling inovatif karena ia memiliki lebih dari 330 ribu pergawai yang tersebar di lebih dari 170 negara di dunia. Dan yang perlu anda tahu adalah bahwa perusahaan ini memiliki teknisi, konsultan dan laboratorium pengembangan di seluruh dunia. Dari situlah IBM menjadi perusahaan yang penuh akan inovasi di setiap produk yang dikeluarkanya.

3. LG corp

perusahaan teknologi paling inovatif
gizblog.it

Tak luput LG corp juga masuk dalam jajaran perusahaan teknologi paling inovatif tahun 2017 ini. Kita tahu bahwa LG menciptakan berbagai macam produk digital dan elektronik yang unik dan menarik seperti Hand phone, televisi, AC, kulkas, mesin cuci, Smartphone canggih dan sebagainya. Produk produknya juga terkenal awet dan berkualitas.

Di tahun 2015 LG corp mengantongi izin hak paten sejumlah 3814 dan di tahun 2016 lalu hak patennya yang didaftarakan adalah 4052. Perusahaan yang sama sama berlokasi dengan samsung yaitu korea selatan ini juga memiliki banyak sekali produk yang unik. Misalnya berbagai smartphone keluaran LG juga inovatif dan unik serta berkualitas tinggi.

4. Canon Inc

perusahaan teknologi paling inovatif
http://www.tccon.com.tw

Canon inc merupakan perusahaan teknologi paling inovatif yang berada di Jepang. Dengan mengantongi hak paten sebanyak 3665 pada tahun 2016 lalu, itu menandakan bahwa perusahaan ini memiliki berbagai jenis ide menarik yang dipatenkan. Berbagai produk yang diciptakanpun berkualitas seperti halnya kamera, printer dan lainnya. Tentunya anda juga sering menemukan produk ini di Indonesia, karena banyak orang Indonesia yang berminat terhadap berbagai produk dari perusahaan satu ini.

Memang sih pendaftaran hak patennya menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun 2016 ini canon memiliki hak paten 3665, jika dibandingkan tahun sebelumnya cenderung turun drastis yaitu 4133. Hal ini diakibatkan oleh kondisi ekonomi Jepang yang cenderung stagnan. Anda juga bisa melihat di posisi 8 dan 9 yaitu sony dan toshiba corp yang juga sama sama mengalami penurunan. Bahkan sebagian besar perusahaan jepang lainnya juga mengalami hal yang sama demikian.

5. Google Inc

perusahaan teknologi paling inovatif

Diurutan kelima ada google inc. Siapa sih yang gak kenal dengan perusahaan yang mendunia ini, google inc merupakan anak perusahaan dari aplhabet yang memiliki inovasi paling populer dunia teknologi yang luar biasa dandimanfaatkan oleh orang banyak. Mulai dari mesin pencari, maps, browser, sistem operasi, smartphone dan ribuan produk lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

Di tahun lalu google memiliki hak cipta sebanyak 3210, memang kenaikannya tidak seberapa dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 3196. Hal ini karena google saat ini terus mengembangkan apa yang sudah dibuat. Jadi tidak terus membuat, tapi juga mengembangkannya agar bisa menjadi produk terbaik.

Perlu anda tahu bahwa google inc merupakan perusahaan termahal di dunia saat ini yang dimulai dari tahun lalu. Hal ini karena mengalahkan apple yang telah 5 tahun berturut turut menjadi penguasa perusahaan termahal.

Baca : Produk Google Terpopuler dan Strategi Cerdas Bisnisnya

Nilai evaluasi merk di tahun 2017 adalah senilai 109,4 miliar dollar amerika. Hal itu menjadikan google sebagai perusahaan termahal di dunia. Selain itu akreditasi merk yang dimiliki oleh google yaitu AAA+. Untuk nilai AAA dimiliki oleh apple sedangkan untuk AAA- dimiliki oleh perusahaan Amazon.

Ya memang apple dan Amazon juga masuk kedalam perusahaan teknologi yang memiliki peringkat tertinggi dibawah google, namun saya disini hanya memberikan informasi berdasarkan tingkat inovasi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

6. Intel Corp

perusahaan teknologi paling inovatif

Mungkin anda sering mendengar chip dari intel bukan? Nah intel ini juga masuk kedalam perusahaan teknologi paling inovatif di dunia tahun 2017 ini. Hal ini karena pada akhir tahun lalu tercatat bahwa selama tahun itu intel sudah memiliki hak paten sebanyak 3066. Berbagai produk yang diciptakan oleh perusahaan ini meliputi processor, komputer pribadi, dan juga consumer electronic.

Berbagai macam jenis inovasi yang bisa kita lihat dari intel dalam hal produknya adalah dari processornya. Banyak sekali inovasi yang ada dari intel dalam hal menciptakan prosesor yang cepat, ramah, dan juga tidak panas. Berbagai kemajuan kemajuan juga selalu dikembangkan oleh intel.

7. Qualcomm Inc

perusahaan teknologi paling inovatif
https://media.glassdoor.com

Untuk urusan smartphone qualcomm merupakan perusahaan paling bergengsi dan paling berpengaruh. Hal ini karena jajaran smartphone kelas atas pasti menggunakan qualcomm snadragon. Semakin kesini semakin banyak ponsel yang menggunakan merk qualcomm daripada intel maupun mediatek.

Qualcomm memiliki hak paten sebanyak 2947 pada tahun 2016. Perusahaan teknologi paling inovatif ini berdiri di Amerika Serikat. Berbagai produk yang diciptakannya meliputi processor, modem, peralatan telekomunikasi, semiconductor dan lainnya.

8. Sony

Pamor sony saat ini masih memiliki banyak kelebihan. Karena sony selalu mengeluarkan produk produknya yang begitu mewah dan canggih. Perusahaan asal Jepang ini memiliki hak paten sebanyak 2501 pada tahun lalu, memang hal ini turun dari tahun sebelumnya tapi walaupun begitu sony tetap masih banyak inovasinya.

Berbagai produk yang diciptakannya meliputi kamera digital, smartphone, dan juga speaker. Walaupun di Indonesia masih kalah sama samsung, namun sony tetap memiliki banyak pecinta di Indonesia.

Perlu anda tahu, bahwa di Jepang kondisi ekonominya sekarang stabil, walau ada kemajuan tapi itu tak berarti. Nah hal ini berdampak pada setiap perusahaan di Jepang seperti halnya Sony, Toshiba, Canon, Honda, Toyota, Panasonic dan lainnya menjadi turun pendaftaran hak patennya.

Bahkan untuk tahun sebelumnya, hampir semua hak cipta yang didaftarkan itu berasal dari perusahaan di Amerika. Sisanya adalah sebagian kecil perusahaan di Asia maupun Eropa. Jadi hal ini membuktkan bahwa Amerika memang mengalami perkembangan eknonomi yang pesat. Karena pada dasarnya keadaan ekonomi suatu negara itu sangat berpengaruh terhadap perusahaan yang ada didalamnya.

Selain itu, perusahaan Jepang ini juga mengajukan pendaftaran patennya di AS. Ini membuktikan bahwa akses ke pasar AS ini sangat menguntungkan oleh seluruh dunia. Jadi walaupun semuanya mungkin dilakukan di negara Jepang, tapi hak patennya di AS. Maka dari itu jika Amerika di bawah pimpinan Trump menyeleksi setiap produk yang masuk, maka hampir sebagian besar negara dunia terkena dampaknya.

9. Toshiba

perusahaan teknologi paling inovatif
Tu Costa Rica Bonita

Toshiba juga masuk kedalam jajaran perusahaan paling inovatif di dunia tahun ini. Pasalnya jika kita lihat produk yang dikeluarkan toshiba ini sangat beragam. Bahkan saking beragamnya kadangkala calon konsumen bingung dengan perbedaan dari masing masing produk. Karena jika kita lihat produk keluaran dari Toshiba seperti laptop juga sangat beragam. Bahkan untuk perbedaan satu jenis spesifikasi saja dibuat produk dengan seri atau model yang berbeda.

Pada tahun lalu toshiba memiliki hak paten sebesar 2425 dengan berbagai produk yang diciptaknnya. Mulai dari laptop, digital displays, hard drive dan juga bussines solutions.

10. Microsoft Corp

perusahaan teknologi paling inovatif

Microsoft yang terkenal akan produknya berupa windows ini menjadi perusahaan paling inovatif yang terakhir dalam artikel ini. Berbagai produk dari microsoft seperti halnya softaware, OS, smartphone, dan juga berbagai aplikasi memang mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat.

Walau OS windows di PC merajai, namun untuk penggunaan ponsel ini tidak demikian, melainkan banyak konsumen yang tidak minat dengan windows phone. Hak paten yang dimiliki oleh microsoft pada tahun lalu adalah sebesar 2398. Itulah sebabnya masuk kedalam jajaran perusahaan teknologi paling inovatif tahun ini.

Microsoft memiliki nilai akreditasi AAA dengan nilai valuasi merk sebesar 76,2 miliar dollar amerika serikat. Jadi dalam jajaran perusahaan paling kaya dan paling berharga, microsoft menempati posisi keenam di dunia. Dan dari microsoft inilah yang menjadi cikal bakal Bill Gates menjadi orang terkaya dunia. Maka dari itu para investor terus menerus berdatangan berduyun duyun untuk membeli saham microsoft. Sehingga mungkin saat ini Bill gates hanya memiliki kurang dari 2,5% saham milik microsoft.

Demikianlah pembahasan mengenai perusahaan teknologi paling inovatif tahun 2017 ini. Dari sini kita tahu bahwa untuk bisa menjadi besar kita butuh inovasi. Tak apa apa jika menghabiskan banyak waktu untuk penelitian jika memang itu memiliki potensi besar di masa depan. Untuk melihat seberapa potensinya ide anda itu bisa diukur dengan seberapa pentingnya ide anda itu untuk dimanfaatkan oleh orang banyak.

Apalagi jika berbicara soal teknologi, pasti tak akan ada habis habisnya sama sekali. Setiap tahun atau bahkan setiap bulan pasti ada aja pembaruan yang berarti. Munculnya teknologi teknologi yang semakin unik dan penuh inovasi diprediksi dalam beberapa tahun kedepan akan berkembang sangat pesat.

Semoga artikel mengenai perusahaan teknologi paling inovatif ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupauntuk selalu mengunjungi blog klikmania ini untuk mendapatkan beragam informasi yang unik dan menarik.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close