Review ProdukTekno

10 Ponsel Kamera Pop Up Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Ponsel Kamera Pop up Terbaru – Salah satu desain ponsel yang cukup diminati tahun ini yakni adanya kamera pop up. Dimana dalam kondisi standby kamera akan tersembunyi di dalam bodi smartphone dan akan naik (pop up) atau keluar ketika kamera di aktifkan.

Varian smartphone kamera pop up ini mulai banyak diproduksi dari beragam brand, ada kamera pop up Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo dan lainnya.

Kamera pop up sendiri mempunyai dua fungsi, ada yang cuma berfungsi sebagai kamera depan atau selfie saja dan ada yang difungsikan sebagai kamera depan ataupun belakang.

Pemakaian kamera pop up ini bukan tanpa alasan, sebab konsep desain ponsel pintar ke depan akan terus berkembang ke arah tanpa notch, minim bezel dan full display.

Walhasil smartphone dengan kamera naik turun ini menjadi alternatif. Kecuali pop up (naik turun), ada juga penyebutan lain tipe kamera ini, misalnya saja flip camera (Samsung), pivot rising camera (OPPO) dan lainnya. Meskipun demikian, semuanya hampir mempunyai kesamaan pada fungsi.

Menariknya, harga ponsel dengan kamera pop up ini cukup bervariasi dan rata-rata berada di kelas menengah sampai high end.

Dan nampaknya akan makin banyak ponsel-ponsel baru yang akan mempunyai desain kamera inovatif supaya pengalaman pengguna ponsel memakai perangkat mobile semakin mantap.

Mengenal Fitur Kamera Pop Up

ponsel kamera pop up terbaik

Desain kamera pop up yaitu kamera yang tersembunyi di dalam perangkat dan akan muncul jika penggunanya memilih untuk mengaktifkan kamera. Dengan kata lain saat Anda membuka aplikasi kamera depan, kamera baru akan muncul dari dalam ponsel naik ke atas.

Di samping memberikan ruang yang lebih luas untuk tampilan layar yang lebih penuh, desain kamera seperti ini juga dapat melindungi lensa kamera dari beragam resiko kerusakan seperti terkena debu, air, dan juga kotoran.

Bukan hanya di hand phone saja, teknologi kamera pop up ni juga telah ada di sebagian device yang lain. Seperti misalnya laptop dari Huawei, ada kamera yang “menyamar” jadi salah satu tuts keyboard dan jika kamera diaktifkan, tuts itu dapat membuka dan menjadi kamera.

Ponsel dengan teknologi kamera pop up dianggap sebagai desain ponsel masa depan yang lebih canggih dan lebih estetis.

Kelebihan dan Kelemahan Smartphone Kamera Pop Up

Spesifikasi ponsel dengan teknologi kamera pop up sekarang menjadi role mode untuk produk ponsel khususnya yang berada di kelas flagship atau premium.

Bukan cuma menjadikan ponsel kelihatan lebih canggih dan futuristik, kamera pop up mempunyai kelebihan lain dari segi fungsi dan juga keamanannya.

Namun, desain kamera pop up juga mempunyai kelemahan. Berikut kelebihan dan kelemahan smartphone dengan kamera pop up :

Kelebihan Ponsel kamera pop up

ponsel kamera pop up terbaru

1. Desain bezelless

Desain ponsel dengan layar yang lebih penuh alias tanpa frame makin diminati dan jadi alternatif para pengguna ponsel. Dengan memakai desain kamera pop up, layar smartphone Anda akan lebih penuh tanpa adanya poni sehingga untuk main game atau menonton video dapat menampilkan visual yang lebih penuh.

2. Tampilan yang lebih futuristik

Layar yang lebih penuh tanpa adanya notch atau poni menjadikan ponsel terlihat lebih futuristik sebab komponen depannya penuh dipakai untuk layar.

Smartphone dengan teknologi kamera pop up juga tidak menyertakan tiga tombol navigasi di bawah layar sehingga tampilan layar penuh 100%.

3. Mengurangi risiko mata-mata

Perangkat kamera yang terhubung dengan dunia maya mempunyai risiko keamanan privasi yang cukup serius.

Peretas dapat mengaktifkan kamera pada perangkat tanpa sepengetahuan pemilik kemudian dipakai sebagai kamera pengawas untuk mengambil gambar Anda tanpa izin.

Dengan desain kamera pop up yang cuma akan keluar bila kamera diaktifkan via perangkat akan mengurangi risiko ini dan lebih keren daripada dengan menutup kamera Anda dengan kertas.

Kekurangan Ponsel kamera pop up

1. Risiko gampang rusak

Oleh karena diaktifkan dengan memakai perangkat lunak yang ada di dalam ponsel Anda dan juga komponen perangkat keras kamera yang halus.

Jika perangkat lunak dan keras itu rusak, mekanisme pop up tidak dapat dipakai sebagaimana mestinya. Sedangkan service ponsel di distributor juga biayanya lumayan menguras kantong.

2. Rusak bila jatuh

Bayangkan bila kamera pop up sedang aktif alias kameranya sedang naik, kemudian tanpa sengaja ponsel Anda jatuh dan terbentur keras. Benturan ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan fisik pada kamera.

3. Debu halus dapat masuk

Debu-debu dengan butiran yang halus dapat masuk melewati celah kecil yang menjadi jalan keluar masuk untuk kamera.

Lama kelamaan debu ini dapat menyebabkan kerusakan pada kamera pop up jadi kalau Anda mempunyai ponsel dengan teknologi ini sebaiknya simpan di dalam pouch atau dompet khusus ponsel saat berada di luar rumah u sedang tidak dipakai.

Rekomendasi Ponsel Kamera Pop Up  Terbaru

Berikut merupakan rekomendasi ponsel kamera pop up terbaru dengan menghadirkan kualitas terbaik yang dapat Anda pilih, beserta dengan spesifikasi dan harganya.

1. OPPO K3

oppo k3 pop up camera

OPPO K3 menjadi smartphone kamera pop up yang lebih menyasar pada segmen kelas menengah. Teknologi fotografinya mengaplikasikan teknologi rising-camera untuk kamera depan. Dimana kamera selfie ini dibekali resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 dan lensa wide 26mm.

Untuk kamera belakang cuma terdapat dua sensor yakni 16MP (f/1.7, PDAF) + 2MP (f/2.4 berjenis depth sensor).

Penerapan kamera pop up ini memungkinkan layar tampil penuh tanpa notch berukuran 6,5 inci dengan resolusi 2340 x 1080 pixel. Harga smartphone OPPO K3 sendiri dibanderol RP3 jutaan (Cek harga resmi di Lazada)

2. Vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro camera pop up

Vivo V17 Pro menjadi smartphone terkini dari Vivo yang juga mengusung konsep kamera pop up. Di dalam system kamera turun naik ini terpasang sensor kamera depan yang masing-masing beresolusi 32MP + 8MP.

Pop up kamera ini diklaim dapat bertahan 10 tahun yang dapat menyangga beban sebesar 40kg.

Untuk komponen belakang mempunyai empat kamera yang terdiri dari sensor Sony IMX582 beresolusi 48MP + 8MP (ultra wide) + 3MP (depth sensor) + 2MP (makro).

Untuk fitur lainnya Vivo V17 Pro memakai layar Super AMOLED (tanpa notch) berukuran 6,44 inci, diotaki prosesor Snapdragon 675, RAM 8GB dan ROM 128 GB serta ditenagai baterai besar 4.000 mAh.

3. Redmi K20/Xiaomi Mi 9T

Redmi K20 camera pop up

 

 

Redmi K20 atau Xiaomi Mi 9T (untuk pasar global) ikut mengusung konsep kamera depan pop-up dengan resolusi 20MP. Lalu di komponen belakang telah terpasang tiga kamera yang beresolusi 48MP + 13MP + 8MP dengan sensor Sony IMX582.

Bedanya Redmi K20 hadir dalam opsi RAM 6GB dan 8GB, sedang Xiaomi Mi 9T cuma dibekali RAM 6GB. Di luar itu, keduanya hadir dengan fitur yang sama, seperti layar AMOLED Full HD+ berukuran 6,39 inci.

Harga Redmi K20 ketika rilis di Cina yaitu Rp3,5 jutaan untuk versi RAM 6GB dan ROM 64GB. Lalu untuk Redmi K20 RAM 6GB dan ROM 128GB dijual Rp 4,3 jutaan.

4. Redmi K20 Pro

Redmi K20 pop up camera

Penggunaan kata Pro di belakangnya menjadikan spesifikasi Redmi K20 Pro lebih bagus dari Redmi K20. Persamaannya cuma terdapat pada konsep kamera pop up untuk kamera depan dengan resolusi 20MP.

Walaupun untuk kamera belakang tak berbeda dengan Redmi K20 yakni 48MP + 13MP + 8MP. Bedanya, kamera Redmi K20 Pro memakai sensor Sony IMX586.

5. Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 camera

Samsung Galaxy A80 memakai konsep kamera pop up plus dapat berputar 180 derajat. Samsung sendiri memasang tiga kamera di Galaxy A80 dengan konfigurasi 48MP + 8MP + 3D (ToF) Camera.

Menariknya, Samsung ikut mengintegrasikan fitur Super Steady pada video. Fitur Super Steady ini juga menjadi andalan di smartphone flagship Samsung terkini seperti Galaxy S10 series.

Pemakaian kamera flip ini memungkinkan Samsung Galaxy A80 mempunyai layar luas FHD+ Super AMOLED 6,7 inci tanpa notch.

6. OPPO Reno

Oppo reno camera

 

OPPO Reno konsisten menampilkan sisi fotografi yang membawa konseo pivot rising camera yang mempunyai tampilan seperti sirip hiu jika diaktifkan.

Di samping membawa sensor 16MP pada bagian depan, pada modul pivot rising camera ini terdapat juga soft light yang bisa memberikan cahaya tambahan ketika swafoto dalam situasi kurang sinar/cahaya.

Dimana terdapat kamera utama 48MP yang berpadu dengan depth sensor 5MP untuk menciptakan foto bokeh kelihatan alami. OPPO mengklaim kameranya bisa menangkap gambar lebih detil, tajam dan kaya warna.

Kecuali itu didalamnya juga telah tersedia fitur-fitur menarik seperti Ultra Night Mode 2.0, Dazzle Color Mode dan dapat merekam video 4K.

7. OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Reno oppo camera

Sama seperti OPPO Reno standar, OPPO Reno 10x Zoom juga mengusung teknologi rising camera dengan resolusi 16MP, aperture f/2.0, lensa wide dan LED flash. Kecuali itu, OPPO Reno 10x Zoom dibekali dengan tiga kamera utama beresolusi 48MP + 13MP + 8MP.

Kelebihan utama dari kamera ini tentu saja sanggup 5x optical zoom, Laser/PDAF, serta teknologi OIS. Lalu untuk kamera depan juga mengusung konsep pivot rising kamera sebesar 16MP, aperture f/2.0, lensa wide dan LED flash.

8. OPPO F11 Pro

OPPO F11 Pro camera

OPPO F11 Pro mengusung kamera naik turun atau rising camera untuk menempatkan kamera depan saja. Dimana kamera untuk selfie ini telah mempunya resolusi 16MP yang dilengkapi AI beauty.

Sedang dual kamera belakang terpasang sensor 48MP + 5MP. Sensor 48MP mempunyai bukaan diafragma sebesar f/1.79.

Sensor 5MP berfungsi sebagai depth sensor untuk memberi efek bokeh optimal. OPPO F11 Pro dilengkapi dengan layar full HD 6.53 inci, rasio aspek 19,5:9 dan rasio screen-to-body sampai 90,9%. Harga OPPO F11 Pro di banderol Rp4 jutaan.

Review lengkap bisa anda baca di ulasan ini

9. Vivo V15

Vivo V15 camera

Spesifikasi Vivo V15 juga menjagokan pada kamera depan yang mengusung konsep pop up beresolusi 32MP. Lalu untuk kamera belakang mempunyai konfigurasi sensor beresolusi 24MP + 8MP + 5MP.

Untuk komposisinya adalah sensor 24MP mempunyai aperture f/1.78, lalu sensor 8MP dengan aperture f/2.2 serta sensor 5MP dengan bukaan f/2.4.

Akibatnya layar Vivo V15 mempunyai tampilan yang luas sebab menghilangkan notch. Ukurannya bahkan cukup lebaryakni 6,53 inci dengan resolusi FullHD+ 2340 + 1080p. Harga Vivo V15 ini dibanderol Rp3 jutaan.

10. Realme X

realme x camera

Realme X akan menjadi smartphone Realme terkini pertama yang memakai konsep kamera pop up. Untuk sensor kamera depan pop up ini tentu akan mempermudah selfie dengan ketajaman sensor 16MP.

Lalu sensor kamera belakang berkwalitas dengan lensa ganda 48 MP dan 5 MP. Disempurnakan lagi dengan sensor Sony IMX586 yang sanggup menangkap detil. Realme X juga dibekali fitur in screen fingerprint dengan layar OLED yang mempunya ketepatan warna yang tajam dan bening.

Demikian daftar beberapa ponsel kamera Pop Up terbaru dengan kualitas terbaik yang beredar di pasaran saat ini. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk memilih smartphone impian dengan segala kecanggihan yang dimilikinya.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close