Tekno

10 Tanda Kalau Kamu Harus Ganti Hp Baru

Bagi sebagian orang, gonta-ganti Hp adalah suatu hal yang biasa. Meski tanpa kebutuhan yang mendesak. Jika melihat ada smartphone terbaru dengan spesifikasi menawan dari brand ternama, apalagi dengan harga terjangkau, mereka segera menyisihkan dana untuk ganti Hp baru

Namun, ada pula tipe orang yang masih bertahan dengan satu tipe ponsel dan baru membeli hp baru kalau yang lama sudah rusak atau karena faktor-faktor lainnya.

Baca juga5 Trend Baru Smartphone yang Akan Hadir Tahun 2019

Tanda Kalau Kamu Harus Ganti Hp Baru

Bagi kamu yang masih bertahan dengan satu hp selama lebih dari satu tahun, kamu mungkin harus mempertimbangkan beberapa faktor di bawah ini apabila ingin membeli smartphone baru yang lebih canggih.

1. HP mulai lemot

Semakin lama, hp yang kita miliki pasti akan mengalami penurunan performa. Ada banyak faktor yang pada akhirnya membuat ponsel menjadi lemot.

Kalau hp masih tetap lemot setelah di-reset, itu tandanya kamu sudah harus ganti hp baru yang lebih baik lagi.

2. Baterai semakin cepat habis

Loading...

Kalau baterai hp kamu sudah semakin cepat habis, kamu mungkin bisa menyiasati dengan hanya mengganti baterai.

Akan tetapi, kalau sudah diganti pun baterainya tidak beberapa lama sudah nge-drop, membeli hp baru yang memiliki berbagai perangkat yang masih fresh mungkin bisa menjadi solusi terbaiknya.

BacaCara Mengatasi Hp Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

3. Layar mulai tidak responsif

Layar yang mulai tidak responsif terhadap sentuhan pasti menjadi hal yang tidak mengenakkan. Apalagi ketika kita lagi asik main game atau main medsos, ini pasti terasa sangat mengganggu sekali.

4. Layar sudah mulai retak

Apabila layar hp kamu retak, kamu mungkin bisa hanya mengganti layarnya saja. Akan tetapi, kalau masalah di ponsel gak cuma layarnya yang retak, tetapi juga lemot atau baterai cepat habis, membeli smartphone baru adalah solusi yang bijak.

Apalagi, untuk mengganti layar hp baru pun membutuhkan biaya yang tidak murah. Bahkan, harganya beda tipis sama harga ponsel baru.

5. Smartphone tidak Support 4G

Koneksi internet yang super cepat merupakan kebutuhan yang sangat penting pada era era internet of things seperti saat ini. Jadi, kalau hp yang kamu punya masih belum support jaringan 4G, lebih baik ganti hp saja, deh!

Jaringan 4G LTE memang menjanjikan kecepatan internet yang lebih stabil dan lebih lebih cepat daripada jaringan 3G. Main game online atau streaming YouTube tentu akan lebih nyaman apabila menggunakan jaringan ini.

Terlebih lagi, jaringan 5G juga mulai dikembangkan oleh operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel.

6. Tidak mendapat update sistem operasi terbaru

Perkembangan OS memang semakin meningkat setiap tahun. Beberapa smartphone memang ada yang bisa diperbaharui ke sistem yang baru. Namun, banyak juga hp yang tidak mendapat jatah update sistem tersebut.

Kamu gak usah maksain instal Custom ROM jika pada akhirnya malah membuat ponsel semakin parah. Karena pada dasarnya, setiap smartphone sudah diatur berdasarkam kemampuannya masing-masing.

Selain itu, beberapa kerugian lain yang ditimbulkan dari tertinggalnya sistem operasi adalah ancaman malware, dukungan aplikasi dan game juga menjadi terbatas jika masih menggunakan OS lama.

7. Spek kamera sudah jadul

Kamera merupakan salah satu fitur di smartphone yang cukup penting. Untuk itu, kalau kamu punya hp dengan kamera yang sudah ketinggalan zaman, kamu bisa menggantinya dengan membeli ponsel abru.

Apalagi jika kamu ingin nge-vlog atau berfoto selfie ria saama temen-temen. Dukungan berbagai fitur seperti autofocus, AI, LED flash, dan OIS yang ada pada hp baru juga akan menghasilkan foto atau video yang keren.

8. Sering tiba-tiba mati sendiri

Tentu ngeselin banget kalau hp tiba-tiba mati sendiri pas lagi main game atau lagi stalking mantan di Instagram. Jika hal itu terjadi cukup sering dan tidak hanya sekali, mending ganti saja hp kamu dengan hp baru.

9. Sudah terlalu sering diservis

Kalau ponsel kamu mengalami kerusakan atau gangguan, membawanya ke tempat servis resmi maupun tidak pasti kamu lakukan.

Tidak mengapa sebenarnya, akan tetapi kalau hp sudah terlalu sering masuk meja servis, lebih baik untuk segera ganti hp baru yang lebih betenaga.

10. Penyimpanan data sering penuh

Kamu pernah merasa penyimpanan di ponsel kami tiba-tiba saja penuh? Padahal setelah kamu cek gak banyak file berupa foto, musik atau video yang memenuhi memori tersebut. Bahkan yang ada cuma aplikasi saja.

Ya, aplikasi itu terkadang menjadi salah satu yang menyebabkan storage hp kamu menjadi kepenuhan. Untuk itu, kamu perlu hp dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi untuk melancarkan berbagai aktivitas kamu.

Kamu juga tidak harus menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah ter-install untuk mengosongkan sebagian ruang.

Saat ini kamu bisa memeriksa apakah hp yang kamu miliki saat ini sudah terlalu ketinggalan zaman dan memiliki tanda-tanda di atas atau belum?

Kalau lebih dari separuh tanda-tanda tersebut ada di hp kamu, sudah selayaknya bagi kamu untuk memepertimbangkan untuk ganti hp baru yang sesuai dengan kemampuan.

Terlebih, saat ini ada banyak smartphone berkualitas yang dibanderol dengan harga terjangkau yang bisa dijadikan pilihan.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *