Traveling

10 Tips Ketika Pertama Kali Traveling Ke Luar Negeri

Menghabiskan waktu luang dengan traveling memang sangat menyenangkan, sekarang ini pergi liburan ke luar negeri sudah tidak asing lagi. Untuk kalian yang baru pertama kali traveling ke luar negeri, gak usah khawatir karena kalian tidak perlu melalui proses yang rumit untuk bisa terbang ke sana.

Zaman sudah modern, informasi apa saja bisa kita dapatkan melalui Internet. Misalnya tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi selama berada di negara asing, memesan tiket pesawat dan hotel melalui aplikasi online, serta informasi detail tentang perjalanan disana.

Baca : Mau Travelling Hemat? Ini 8 Cara Mudah Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Jika kamu masih ragu, sekarang ini juga sudah banyak biro traveling untuk perjalanan ke luar negeri. Dengan begitu kamu tidak akan kerepotan lagi, karena semua sudah disiapkan oleh agen biro tersebut. Tapi pastikan kamu ikut biro traveling yang terpercaya ya!

Tips Ketika Pertama Kali Traveling Ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri memang sedikit berbeda dengan traveling didalam negeri, mulai dari bahasa, budaya, serta keamanan di negara lain tentu berbeda.

Dibawah ini merupakan tips ketika pertama kali traveling ke luar negeri, supaya liburanmu lancar dan gak ada hambatan.

1. Paspor

Paspor Untuk Pertama Kali Traveling
Paspor

Apabila kamu ingin berpergian ke negara lain, maka hal yang paling utama harus kamu siapkan adalah paspor. Karena paspor adalah hal yang paling penting, maka kamu harus siapkan dari jauh hari.

Paspor merupakan kunci utama yang bisa membawamu pergi ke negara lain, maka kamu wajib membawanya ketika akan pergi traveling.

Karena ketika berada diluar negeri, harus bisa menunjukan paspor ketika akan cek in ke hotel atau membeli tiket pesawat. Membuat paspor juga mudah, kamu bisa mendaftar langsung secara online.

2. Visa

Visa Untuk Pertama Kali Traveling
Visa

Apabila kamu ingin berpergian ke negara Korea, Jepang, Australia, Amerika, dan Eropa maka kamu memerlukan visa karena negara tersebut bukan negara bebas visa.

Setiap negara memiliki syarat dan ketentuan terhadap visa, maka kamu harus mencari informasi seputar visa di negara tersebut.

Apabila kamu baru pertama kali pergi ke luar negeri, dan kamu masih ragu dan takut jika visamu ditolak. Maka kamu bisa meminta bantuan pada biro perjalanan.

Jika kamu hanya ingin mengunjungi negara yang bebas visa seperti Thailand, Malaysia, Singapura maka kamu tidak perlu repot-repot membuat visa.

3. Lakukan Vaksin

Sebaiknya mencari tahu seputar negara yang ingin kamu kunjungi, apakah perlu vaksin sebelum pergi ke sana.

Tujuan dari vaksin adalah untuk mencegah terserang penyakit ketika berada di luar negeri, selain vaksin kamu juga harus siapkan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap siaga.

Vaksin jenisnya ada macam-macam seperti vaksin meningitis, vaksin echepalitis, vaksin hepatitis A dan B, vaksin flu, vaksin yellow fever, vaksin demam tifoid.

4. Cari Informasi Tentang Negara yang Akan Dikunjungi

Jika ini menjadi pengalaman pertama traveling ke luar negeri, maka gak ada salahnya kamu mencari informasi seputar negara tersebut. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui internet,

juga di Youtube dalam bentuk video.

Hal ini bertujuan agar kamu memiliki gambaran ketika kamu berada di negara tersebut, sehingga kamu tidak akan melakukan kesalahan ketika pergi liburan.

5. Siapkan Uang

Siapkan Uang Untuk Pertama Kali Traveling

Ketika kamu sudah memutuskan akan pergi ke negara lain, lebih baik kamu menyiapkan uang dengan mata uang negara tersebut. Kamu bisa manukarkan uang di bank.

Jadi selama di luar negeri kamu tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk menukarkan uang.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menukar uang di bank, sebaiknya kamu meminta uang dengan pecahan kecil dan koin itu akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah berada negara tersebut.

6. Bawa Travel Wifi

Bawa Travel Wifi Untuk Pertama Kali Traveling
Travel Wifi

Agar kamu tetap bisa akses internet diluar negeri, sebaiknya kamu membawa travel wifi. Sehingga ketika kamu berada di negara asing, kamu tidak kerepotan lagi mencari tempat wifi atau membeli kartu sim disana.

Sekarang ini sudah banyak dijual travel wifi, kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhanmu. Hal ini tentunya lebih hemat dan efisien, kamu bisa online dimana saja dan kapan saja.

7. Pelajari Bahasa

Ketika ingin pergi ke negara lain, setidaknya kamu harus mengerti bahasa inggris. Gak perlu kursus kok, kamu cukup memahami kata-kata dasar yang sering dipakai sehari-hari saja.

Tujuannya agar kamu tidak kebingungan ketika berada disana, dan kamu tidak hanya mengatakan “yes” dan “no” saja.

8. Booking Hotel Sebelum Berangkat

Sekarang ini ada banyak  Aplikasi Booking Hotel Terbaik untuk Traveler, tentunya hal ini memudahkan kamu sebagai pemula. Jadi sesampainya kamu disana sudah tidak perlu biingung mencari hotel untuk menginap.

Ada banyak keuntungan booking hotel melalui aplikasi, salah satunya kamu bisa mendapatkan harga promo. Selain itu kamu bisa memilih hotel sesuai keinginan dan budget, karena di aplikasi sudah tertera harga serta fasilitas hotel tersebut.

9. Siapkan Daftar Perjalanan

Ketika kamu mengikuti biro travel, semua daftar perjalanan sudah diatur oleh pihak biro. Tapi jika kamu memutuskan untuk pergi sendiri (tanpa biro travel), sebaiknya kamu siapkan daftar perjalanan sebelum berangkat.

Karena baru pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri, jadi sebaiknya kamu siapkan matang-matang agar semua rencanamu berjalan dengan lancar.

Sebaiknya kamu membuat daftar perjalanan, yang berisi seputar waktu penerbangan, wisata yang akan dikunjungi, transportasi yang dibutuhkan, dan sebagainya.

10. Jangan Membawa Barang Berlebihan

Jangan Membawa Barang Berlebihan

Salah satu kesalahan ketika pergi liburan adalah membawa barang terlalu banyak, hal ini tentu membuat kamu kerepotan sendiri karena terlalu banyak membawa barang.

Sebaiknya membawa barang secukupnya saja, bawalah barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Hindari membawa sepatu dan tas terlalu banyak, cukup membawa 1 atau 2 saja.

Bawa perlengkapan mandi serta kosmetik dalam ukuran yang mini, jangan lupa bawa beberapa makanan tapi jangan terlalu banyak.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close