Artikel Adsense

13 Penyebab Penghasilan Google Adsense Tidak Meningkat

Penghasilan google adsense kecil atau cenderung menurun bahkan rendah sekali bisa di sebabkan banyak faktor, saya sendiri merasakan bahwa pendapatan google adsense blog saya hanya pas pasan saja, tetapi setelah mempelajari cara meningkatkan penghasilan adsense dari teman teman blogger, saya dapat merasakan bahwa ada peningkatan walaupun sedikit, tetapi ini merupakan awal babak baru dan tantangan seorang publisher setelah di terima Google Adsense.

Hari ini saya akan mengulas mengapa banyak di antara para blogger mengeluh karena penghasilan (pendapatan) Google adsense kecil, bahkan ada di antara mereka yang berbulan bulan sampai  setaun lebih belum pernah merasakan gajian dari google adsense. Walaupun ada sebagian yang pengunjung atau pageview blognya lumayan tinggi. Nah di antara beberapa penyebab mungkin di bawah ini bisa menjadi pembelajaran dan berguna untuk mengoreksi, apa kira kira yang menjadi penyebab penghasilan google adsense tidak meningkat.

13 Penyebab Penghasilan Google Adsense Tidak Meningkat

1. Faktor niche blog
Pilihan Niche atau ketegory blog sangat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan adsense, Niche blog yang populer akan sangat berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, karena niche populer banyak di cari orang. Contoh niche populer adalah berita, fashion, gosip artis dan selebritis, kesehatan. Lain halnya jika anda menulis yang tidak banyak di cari orang, mungkin juga pendapatan akan jauh lebih kecil.

2. Faktor pengunjung blog
Pengunjung blog bisa datang dari mana saja dan segala jenis usia, jika blog anda mengulas tentang tutorial blogger dan google adsense, tentu saja yang datang (pengunjung) mayoritas adalah orang yang setidaknya mengerti tentang iklan. Walaupun pengunjung ramai, page view tinggi kemungkinan besar menghindari klik iklan.

3. Faktor penempatan,ukuran dan desain iklan
Desain dan ukuran iklan sebaiknya di sesuaikan dengan template blog masing masing,Ukuran yang di anggap paling efektif adalah kotak besar 336×280, kotak sedang 300×250, spanduk utama 728×90, separuh laman 300×600, dan di seluler, spanduk seluler besar 320×100 (baca pedoman). dan Letakkan di tempat stategis di mana pengunjung dapat melihat secara langsung. Para blogger banyak yang tidak menyadari hal ini, sehingga pendapatan dari iklan kecil.

4. Faktor browser extensions dan add-ons
Banyak pengguna internet yang melengkapi/memasang browser dengan extensions serta add-ons anti iklan seperti adblock plus dan sejenisnya. Hal ini sah sah saja, karena pengunjung berhak untuk apapun, tetapi kita bisa mengakalinya untuk memasang script anti adblock, kalau masalah ini terserah anda. Kita sebagai tuan rumah dan yang mempunyai artikel juga berhak melakukan hal ini, sehingga dengan rasa hormat bisa meminta pengunjung untuk mendisable extensions dan add-ons anti iklan.

5. Trafik atau jumlah pengunjung blog.
Faktor ini yang paling banyak menentukan tinggi rendahnya penghasilan  google adsense, jika blog anda masih baru, jangan berharap lebih utnuk mendapatkan penghasilan yang tinggi pula. Perbanyak jumlah konten dan tetap berpedoman pada SEO yang wajar saja. jangan Lupa menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog.

Tips ini barangkali membantu : 
Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Akhirnya Terungkap

6. Faktor relevansi iklan
Banyak iklan yang tidak relevan dengan artikel blog, artinya iklan yang muncul tidak sesuai dengan posting atau artikel yang sedang di bicarakan. Blog dengan Niche yang sejenis banyak berpeluang muncul iklan yang relevan dan mempunyai harga klik yang tinggi di bandingkan dengan blog gado gado dan campuran, maka menentukan niche blog adalah hal yang sangat penting dalam bermain google adsense.

7. Tidak memfilter iklan
Ada sebagian orang yang bilang kalau melakukan filter iklan, maka Nilai CPC (Cost Per Click) akan rendah, kalau hal ini tidak di lakukan, maka semua iklan dari kategory pemasang iklan (advertiser) dari google adsense akan keluar, termasuk iklan dewasa. Tidak semua iklan google adsense mempunyai nilai CPC yang tinggi, kita bisa memfilter iklan mana yang perlu di tampilkan, dan iklan mana yang di blokir.

8. Tidak menerapkan riset high paying keyword/Harga iklan
High paying keyword adalah kata kunci yang mempunyai nilai CPC (Cost Per Click) biaya per klik yang tinggi yang di berikan oleh pihak pemasang iklan (advertiser), jika anda menulis artikel yang kebetulan kata kuncinya mengandung high paying keyword, maka nilai iklan akan tinggi, karena iklan akan menyesuaikan dengan jenis artikel tersebut, maka dari itu penting melakukan riset high paying keywords, salah satu tool yang bisa di manfaatkan adalah SEMRush.

9. Menempatkan (memasang) iklan lain selain iklan google adsense.
Jika anda memasang iklan selain iklan dari adsense kemungkinan besar CPC anda akan rendah serta pendapatan anda akan turun. Karena jika menempatkan iklan selain adsense kemungkinan untuk klik iklan akan berkurang serta iklan tidak akan bisa relevan lagi.

10. Konten atau artikel yang kurang berkualitas.
Perhatikan kualitas konten atau artikel di mata search engine google, setiap hari banyak sekali blog baru bermunculan dan bahkan berpeluang menempati urutan di halaman utama google, jika artikel anda berkualitas, maka tidak akan mudah tergeser pada peringkat SERP dan tetap muncul di halaman pencarian google, Itu artinya peluang untuk mendapatkan pengunjung dari search engine seperti google akan semakin besar pula.

11. Konten atau Artikel masih kurang
Semakin banyak posting, maka akan semakin lebar jaringnya. Tentu tau kan yang di maksud, dengan semakin memperbanyak jumlah posting akan semakin berpeluang pengunjung menemukan blog anda, melebarkan jaring blog anda dengan jumlah posting yang fantastis..tentunya akan mendapatkan tafik yang fantastis pula.

12. Kesehatan situs yang buruk
Pantau dan pastikan kesehatan situs/blog anda di google webmaster tools, sebab di beranda adsense (gambar) sudah tercantum demikian, jika kesehatan situs/blog anda kurang baik, bisa jadi itu penyebab menurunnya penghasilan google adsense.

13. Penyakit blogger sedang melanda.
Nah ini adalah salah satu penyebab utama penghasilan adsense tidak meningkat, jika penyakit malas mulai melanda, bukan anda atau siapa saja ,juga termasuk saya penyakit ini terkadang selalu menjadi penyakit kambuhan,ya betul sekali penyakit  “Malas posting”, sampai saat ini belum ada “dokter “yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Untuk mendapatkan Nilai CPC yang tinggi jangan mengandalkan trafik dari media sosial seperti facebook,twitter dan sejenisnya,biarkan orang menemukan artikel anda melalui mesin pencari seperti google.

Itulah beberapa di antaranya yang sangat mempengaruhi terhadap penghasilan atau pendapatan seorang publisher google adsense, selain di tuntut tetap konsisten terhadap blog yang di kelola seorang publisher google adsense harus sabar, sebab penghasilan google adsense tidak datang dengan sendirinya, melainkan di sertai kerja keras dan sifat pantang menyerah. Hingga menjadi sorang publisher google adsense yang sukses.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

41 Comments

  1. Terimakasih penjelasan teman-teman blogger saya juga baru belajar nge blog ne…tekun saja menulis pasti pendapatan adsense akan meningkat. Artikel yang berkualitas mendatangkan pengujung yang banyak. Ayo blogger pasti bisa

  2. Yang saya rasakan ini, penghasilan adsense kecil sekali cuma 1000 rupiah perhari Hiks…

  3. Yth mas Ganisebastian
    mas mau tanya saya baru diterima google adsense pada tahap pertama. namun tahap kedua belum approved. gimana ya mas cara menaikan trafik pengunjung blog? menurut mas secara garis besar apakah sudah memnuhi kriteria adsense https://fantrigo.blogspot.co.id/

    1. Halo mas Irfan, sepertinya artikel baru ada 27 post, saya rasa belum memenuhi kriteria untuk pengajuan Adsense.
      Buat setidaknya sampai 60 artikel, original..termasuk gambar.

  4. Mas Gani saya diterima adsense full approve saat usia blog saya blm ada satu bulan. Namun kaget juga, ternyata income saya masih sangat kecil. Traffic saya 300-900 per hari dari data Google Analytics.
    Pertanyaan saya, kalau web mas Gani ini traffic per hari kisaran berapa? Apakah umur blog menentukan besar income? Trimakasih mas.

    1. Silahkan cek trafik blog di situs similiarweb.com, nanti akan tau rata-rata kunjungan perbulan.
      Semakin besar trafik maka peluang income semakin besar.

  5. Hallo mas…saya punya kendala masalah gogle adsense. jadi dulu saya masih pakai blogspot dan sekarang sudah berubah menjadi domain. nah masalahnya adalah google adsense saya pertama di approve oleh pihak youtube. Saya juga mau ada iklan di blog. Tapi simpang siurnya saya harus upgrade google adsense saya dari hosted ke non hosted. Bisa minta pencerahannya apa yang harus saya lakukan mas? karena sampai saat ini saya belum mengajukan google adsense untuk TLD.

  6. baru diterima full approve sama adsense. makasih infonya… rasanya berat banget naikin traffic ya.. maklum..blog baru stgh tahun

  7. saya sudah 2 tahun mas sebastian,. namun sampai saat ini incomenya masih kecil… huhuhuh

    terimakasih artikelnya, bagus sekali. akan saya coba perbaiki mudah2an bisa menaikkkan incomenya…..

  8. bang ane mao nanya.. ane baru aja dapet peringatan kalo akun adsense ane di nom aktifkan selama satu bulan 🙁 , gara gara youtube ane adda yang bom klik 🙁 padahal ane baru seminggu bikin, yang harus ane lakuin apa gan? trus apakah dolar yang udh kita dapet akan hilang? mohon dibales gan , ane butuh bantuan dari senior..

    1. yang kita lakukan adalah hanya menunggu sampai batas 30 hari berakhir, nanti iklan akan aktif dengan sendirinya 😀
      Untuk invalid activity atau klik yang tidak sah, maka tidak akan masuk ke penghasilan mas.

    2. Mohon maaf setau saya…seberapapun pendapatan kita,walau akun yputube sudah di baned, kita bisa mencairkanya,
      Dengan cara akun adsense di nonaktifkan nanti juga dapet email pengiriman pendapatan tlh di krm…tinggal nunggu code westyon….. setau saya maaf bila salah tp itu kenyataan yang saya lakuin…

      1. Gmna solusinya mas akun youtube saya d tangguhkan
        Nah penghasilan bulan lalu bisa d cairkan gak
        Saya cek adsen paymal vetifikasi pembayaran palang merah
        Gmna tu mas solusinya

  9. good banget gan, sangat membantu saya, tapi tetep saya belum berani daftarin blog saya ke adsense, takut di tolat, sakit hati kan,,
    nunggu lah sampai trafik tinggi dan kontennya banyak

  10. Woke Gan… sangat bermanfaat, karena memang penghasilan adsense di blog saya masih sangat kecil, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini dan saya terapkan di blog saya penghasilannya jadi meningkat. Amin….3×

  11. Informasi yang cukup menarik. Kami pribadi hanya sanggup mengidentifikasi 3 cara yang dapat di gunakan untuk menaikkan CTR AdSense. Thanks

  12. terima kasih infonya, saya juga terkadang suka malas sendiri kalau melhat penghasila adsanse saya jauh dari harapan. artikel yang bagus

    1. CPC adsense makin menurun

      Gak nyangka ganti presiden juga ada pengaruhnya sama blogger lokal yg maen adsense. Mulai dari tahun 2015 penghasilan adsense dari blog lokal memang dah mulai turun sampe 50%. Gak ngira kalo ganti presiden malah bikin blogger lokal kurang pangan. Ternyata presiden yg sekarang ada pengaruhnya juga buat blogger lokal. Gimana gak ngaruh, presiden yang sekarang kan didukung RRC, sedangkan RRC sama USA kan kres. Google juga gak cuman berpatokan sama ekonomi dunia, tapi juga pulitik. Untunglah presiden yg ini aq gak milih, ternyata memang bikin kaku ati.

  13. Hal yang sangat saya alami pada saat ini, sangat-sangat menyedihkan, saya perlu petunjuk untuk hal ini. Penghasilan perhari tidak sampai rp. 1000, apa penyebabnya..??

    1. Sudah menerapkan saluran khusus adsense mas?

      Coba diterapkan dulu, buat beserta diskripsi blog lengkap. Bisa membuat saluran iklan adsense lebih dari 2 atau 3 dengan unit iklan yang sama.

  14. Kalo saya, penyakit malas sering timbul ketika pendapatan semakin turun, rasanya engga ada motivasi lagi, kesibukan didunia nyata juga, menjadi faktor menurunnya kemampuan menulis dan memposting tulisan..demikian gan trimaksih..salut..

    1. Tidak bisa menjadi pijakan tetap mas, tapi lambat lain pasti juga penghasilan akan meningkat, jadi konsisten aja, yang penting blog tetap update 😀

  15. Banyak juga ya Mas faktor yang bisa menyebabkan penghasilan GA tidak meningkat.
    Sama seperti yang sedang saya alami, mungkin karena blog saya gado-gado.
    Apakah wajar jika cpc blog indo gado-gado antara 300perak-200rupiah?

    1. kalau untuk blog gado-gado lebih baik dibuat saluran khusus adsense mas @Guru, jadi bisa dikelompokkan perkategori dalam blognya. Saran saya buat saluran khusus adsense dengan jumlah yang sesuai dengan kategori. Artinya jangan hanya buat satu saluran khusus saja.

      1. Berarti saya harus membuat saluran khusus sebanyak kategori di dalam 1 blog gado" saya Mas?

        Misalnya: kategori pendidikan, kategori makanan, dll ?

        Apakah diperbolehkan membuat banyak nama/kategori saluran untuk 1 blog yang sama??

  16. menarik sekali mas, baru aktif lagi awal 2015 api blog nya udah keren,, saya jadi semangat lagi ngeblog, dulu saya ngeblog tahun 2013 lama mogok juga, sekarang di oktober 2015 baru mulai lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close