in

13 Penyebab Penghasilan Google Adsense Tidak Meningkat

Penghasilan google adsense kecil atau cenderung menurun bahkan rendah sekali bisa di sebabkan banyak faktor, saya sendiri merasakan bahwa pendapatan google adsense blog saya hanya pas pasan saja, tetapi setelah mempelajari cara meningkatkan penghasilan adsense dari teman teman blogger, saya dapat merasakan bahwa ada peningkatan walaupun sedikit, tetapi ini merupakan awal babak baru dan tantangan seorang publisher setelah di terima Google Adsense.

Hari ini saya akan mengulas mengapa banyak di antara para blogger mengeluh karena penghasilan (pendapatan) Google adsense kecil, bahkan ada di antara mereka yang berbulan bulan sampai  setaun lebih belum pernah merasakan gajian dari google adsense. Walaupun ada sebagian yang pengunjung atau pageview blognya lumayan tinggi. Nah di antara beberapa penyebab mungkin di bawah ini bisa menjadi pembelajaran dan berguna untuk mengoreksi, apa kira kira yang menjadi penyebab penghasilan google adsense tidak meningkat.

13 Penyebab Penghasilan Google Adsense Tidak Meningkat

1. Faktor niche blog
Pilihan Niche atau ketegory blog sangat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan adsense, Niche blog yang populer akan sangat berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, karena niche populer banyak di cari orang. Contoh niche populer adalah berita, fashion, gosip artis dan selebritis, kesehatan. Lain halnya jika anda menulis yang tidak banyak di cari orang, mungkin juga pendapatan akan jauh lebih kecil.

2. Faktor pengunjung blog
Pengunjung blog bisa datang dari mana saja dan segala jenis usia, jika blog anda mengulas tentang tutorial blogger dan google adsense, tentu saja yang datang (pengunjung) mayoritas adalah orang yang setidaknya mengerti tentang iklan. Walaupun pengunjung ramai, page view tinggi kemungkinan besar menghindari klik iklan.

3. Faktor penempatan,ukuran dan desain iklan
Desain dan ukuran iklan sebaiknya di sesuaikan dengan template blog masing masing,Ukuran yang di anggap paling efektif adalah kotak besar 336×280, kotak sedang 300×250, spanduk utama 728×90, separuh laman 300×600, dan di seluler, spanduk seluler besar 320×100 (baca pedoman). dan Letakkan di tempat stategis di mana pengunjung dapat melihat secara langsung. Para blogger banyak yang tidak menyadari hal ini, sehingga pendapatan dari iklan kecil.

4. Faktor browser extensions dan add-ons
Banyak pengguna internet yang melengkapi/memasang browser dengan extensions serta add-ons anti iklan seperti adblock plus dan sejenisnya. Hal ini sah sah saja, karena pengunjung berhak untuk apapun, tetapi kita bisa mengakalinya untuk memasang script anti adblock, kalau masalah ini terserah anda. Kita sebagai tuan rumah dan yang mempunyai artikel juga berhak melakukan hal ini, sehingga dengan rasa hormat bisa meminta pengunjung untuk mendisable extensions dan add-ons anti iklan.

5. Trafik atau jumlah pengunjung blog.
Faktor ini yang paling banyak menentukan tinggi rendahnya penghasilan  google adsense, jika blog anda masih baru, jangan berharap lebih utnuk mendapatkan penghasilan yang tinggi pula. Perbanyak jumlah konten dan tetap berpedoman pada SEO yang wajar saja. jangan Lupa menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog.

Tips ini barangkali membantu : 
Rahasia Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Akhirnya Terungkap

6. Faktor relevansi iklan
Banyak iklan yang tidak relevan dengan artikel blog, artinya iklan yang muncul tidak sesuai dengan posting atau artikel yang sedang di bicarakan. Blog dengan Niche yang sejenis banyak berpeluang muncul iklan yang relevan dan mempunyai harga klik yang tinggi di bandingkan dengan blog gado gado dan campuran, maka menentukan niche blog adalah hal yang sangat penting dalam bermain google adsense.



7. Tidak memfilter iklan
Ada sebagian orang yang bilang kalau melakukan filter iklan, maka Nilai CPC (Cost Per Click) akan rendah, kalau hal ini tidak di lakukan, maka semua iklan dari kategory pemasang iklan (advertiser) dari google adsense akan keluar, termasuk iklan dewasa. Tidak semua iklan google adsense mempunyai nilai CPC yang tinggi, kita bisa memfilter iklan mana yang perlu di tampilkan, dan iklan mana yang di blokir.

8. Tidak menerapkan riset high paying keyword/Harga iklan
High paying keyword adalah kata kunci yang mempunyai nilai CPC (Cost Per Click) biaya per klik yang tinggi yang di berikan oleh pihak pemasang iklan (advertiser), jika anda menulis artikel yang kebetulan kata kuncinya mengandung high paying keyword, maka nilai iklan akan tinggi, karena iklan akan menyesuaikan dengan jenis artikel tersebut, maka dari itu penting melakukan riset high paying keywords, salah satu tool yang bisa di manfaatkan adalah SEMRush.

9. Menempatkan (memasang) iklan lain selain iklan google adsense.
Jika anda memasang iklan selain iklan dari adsense kemungkinan besar CPC anda akan rendah serta pendapatan anda akan turun. Karena jika menempatkan iklan selain adsense kemungkinan untuk klik iklan akan berkurang serta iklan tidak akan bisa relevan lagi.

10. Konten atau artikel yang kurang berkualitas.
Perhatikan kualitas konten atau artikel di mata search engine google, setiap hari banyak sekali blog baru bermunculan dan bahkan berpeluang menempati urutan di halaman utama google, jika artikel anda berkualitas, maka tidak akan mudah tergeser pada peringkat SERP dan tetap muncul di halaman pencarian google, Itu artinya peluang untuk mendapatkan pengunjung dari search engine seperti google akan semakin besar pula.

11. Konten atau Artikel masih kurang
Semakin banyak posting, maka akan semakin lebar jaringnya. Tentu tau kan yang di maksud, dengan semakin memperbanyak jumlah posting akan semakin berpeluang pengunjung menemukan blog anda, melebarkan jaring blog anda dengan jumlah posting yang fantastis..tentunya akan mendapatkan tafik yang fantastis pula.

12. Kesehatan situs yang buruk
Pantau dan pastikan kesehatan situs/blog anda di google webmaster tools, sebab di beranda adsense (gambar) sudah tercantum demikian, jika kesehatan situs/blog anda kurang baik, bisa jadi itu penyebab menurunnya penghasilan google adsense.

13. Penyakit blogger sedang melanda.
Nah ini adalah salah satu penyebab utama penghasilan adsense tidak meningkat, jika penyakit malas mulai melanda, bukan anda atau siapa saja ,juga termasuk saya penyakit ini terkadang selalu menjadi penyakit kambuhan,ya betul sekali penyakit  “Malas posting”, sampai saat ini belum ada “dokter “yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Untuk mendapatkan Nilai CPC yang tinggi jangan mengandalkan trafik dari media sosial seperti facebook,twitter dan sejenisnya,biarkan orang menemukan artikel anda melalui mesin pencari seperti google.

Itulah beberapa di antaranya yang sangat mempengaruhi terhadap penghasilan atau pendapatan seorang publisher google adsense, selain di tuntut tetap konsisten terhadap blog yang di kelola seorang publisher google adsense harus sabar, sebab penghasilan google adsense tidak datang dengan sendirinya, melainkan di sertai kerja keras dan sifat pantang menyerah. Hingga menjadi sorang publisher google adsense yang sukses.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Loading comments...

Loading…

0

Kualitas Sebuah Blog Di Mata Search Engine Google

Mencari & Mendapatkan Video Creative Commons Di Youtube