14 Peluang Usaha Menjelang Lebaran, Pasti Untung Banyak

Loading...

Nah sudah tidak terasa ya sebentar lagi Lebaran Idul Fitri tepatnya 1439 Hijriyah tersisa kurang lebih 2 minggu lagi nih. Daripada waktu luang terbuang sia-sia ada baiknya membuka usaha menjelang lebaran, lumayan kan bisa mendapat pundi-pundi rupiah tambahan.

Oke langsung aja nih kita liat peluang usaha apa aja yang bisa kita manfaatkan menjelang lebaran yang hanya menghitung minggu ini.

14 Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Disini ada sekitar 14 peluang usaha yang bisa dicoba saat menjelang lebaran, tetapi agan & aganwati bisa mencari referensi lain yang kemungkinan lebih unik & berpeluang.

1. Usaha Kue Lebaran

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Nah usaha kue ini adalah usaha menjelang lebaran yang paling berpeluang, pilihannya bisa berbagai macam. Mulai dari kue kering, jajanan lebaran, kue bolu, ketupat, menjual minuman kemasan.

Untuk pemasaran bisa melalui media sosial seperti facebook, maupun instagram. Pada facebook kamu bisa bergabung di grub penjualan online di kotamu, di Instagram kamu bisa memulai dengan posting foto-foto kue / cake yang kamu buat.

Untuk sebagaian orang yang bekerja pada umumnya tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat kue nah kamu bisa menjadi solusinya.

Buat kamu yang merasa belum mahir memasak, jangan khawatir kamu bisa membaca resep dari buku maupun situs online seperti cookpad.

Untuk modal jangan khawatir, dengan modal 100ribu kamu sudah bisa memulainya lho. Oke tunggu apalagi kamu bisa action mulai saat ini.

2. Driver Onlie

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Wah driver online ini juga menjadi solusi peluang usaha menjelang Lebaran. Pada saat Ramadhan seperti ini banyak masyarakat yang berbelanja bahan makanan maupun bahan pembuatan kue yang membutuhkan transportasi online.

Untuk kamu yang tertarik menjadi driver online ini merupakan kesempatan baik, kamu bisa stay di dekat tempat perbelanjaan maupun area cafe karena banyak yang setelah berbuka puasa akan terburu-buru pulang karena akan melaksanakan sholat tarawih.

Jika dalam sehari kamu bisa mendapat pelanggan sebanyak 5 orang saja sudah lumayan kan? Nah tunggu apalagi.

3. Penyanyi

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Lho kenapa penyanyi, eits jangan kaget dulu gan ūüėÄ Buat kamu yang hobby menyanyi kamu bisa nih mulai menawarkan jasa nyanyi dicafe-cafe untuk menghibur pengunjung yang akan berbuka puasa karena saat puasa cafe sangat ramai.

Setidaknya lebih menguntungkan bukan daripada bernyanyi sendiri, hal ini bisa lebih mengasah bakat bernyanyi kamu kedepannya. Kamu juga belajar menghadapi khalayak ramai.

4. Penjualan Tiket

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Kalau rumah kamu berada tepat di pinggir jalan raya akan lebih baik kamu menjalani usaha penjualan tiket untuk keberangkatan ( pulang pergi ) mudik. Karena pasti banyak masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman saat lebaran akan tiba.

Nah kamu juga bisa memulai berjualan tiket online, mulailah dengan membangun kerjasama dengan maskapai pesawat untuk mengawali bisnis penjualan tiket tersebut.

5. Berjualan Busana Muslim

Permintaan pakaian baru menjelang lebaran semakin meningkat, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper. Mulailah dengan berjualan busana muslim seperti baju muslim, hijab, baju kokoh, mukenah, alquran, tasbih, sarung dan masih banyak lagi karena ini adalah usaha menjelang lebaran yang paling laris.

Baca : 12 Kunci Sukses Bisnis Reseller yang Wajib Anda Tau

Kalau kamu belum memiliki toko pakaian tidak masalah kamu bisa melakukan stock dirumah. Mulailah dengan pajang dirumah lalu foto dan upload di beberapa media sosial seperti facebook maupun instagram.

Akan lebih baik lagi apabila kamu bergabung di grub jual beli online dikotamu. Untuk pengantaran ke pembeli kamu bisa mengenakan tarif ongkos kirim tertentu atau menggunakan jasa penganataran online. Ayo semangat memulai.

6. Jual Kuota

Kebutuhan paket data saat ini terus meningkat dan tidak ada habisnya, masyarakat memerlukan penggunaan data untuk browsing / berselancar didunia maya.

Saat ini sudah banyak yang melakukan penjualan paket data / kuota dipinggir jalan dengan membuka toko pribadi ataupun menjualnya melalui mobil pribadi dipinggir jalan dan semakin laris diserbu masyarakat dengan berbagai promo yang mereka lakukan.

Tetapi terkadang ada sebagaian orang yang malas untuk keluar rumah sekedar membeli paket data, mulailah dengan berjualan dirumah dan berjualan online.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan Buka Usaha Pulsa di Rumah

7. Jual Takjil

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Kamu suka memasak bubur? atau suka membuat puding? membuat es buah? suka membuat kue basah ? nah kamu bisa memulai berjualan menu takjil untuk memulai usaha menjelang lebaran.

Mulailah dengan membeli bahan-bahan tertentu dipasar terdekat dan jangan lupa untuk membeli cupnya ya. Cup? ya cup. Wadah untuk meletakkan menu berbuka puasa. Kamu juga bisa memakai mika.

Untuk wadah penyimpanannya carilah yang lebih murah tetapi berkualitas. Untuk berjualan bisa kamu lakukan di sekitar tempat tinggalmu dan bisa juga dengan cara berjualan online.

8. Penyewaan Kendaraan

Penyewaan / rental kendaraan menjelang lebaran bisa dengan mobil untuk masyarakat yang ingin mudik antar kota. Permintaan penyewaan kendaraan menjelang lebaran akan terus meningkat. Mulailah jasa tersebut dengan tarif yang lumayan terjangkau ya.

Hal ini akan membawa keuntungan tersendiri karena kita dapat memanfaatkan kendaraan yang kita miliki untuk membantu masyarakat lain yang tidak memiliki kendaraan pribadi tetapi ingin pergi mudik.

Oke, mulailah dengan membersihkan kendaraan pribadi yang kamu miliki saat ini agar nyaman digunakan oleh pengguna yang akan menyewa kendaraan milikmu.

9. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Saat menjelang lebaran banyak masyarakat yang bingung untuk menitipkan hewan peliharaan mereka.
Nah untuk kamu pecinta hewan kamu bisa menyediakan jasa penitipan hewan menjelang lebaran.

Biasanya omzet penitipan hewan menjelang lebaran semakin meningkat. Karena banyak masyarakat yang akan mudik tetapi tidak bisa membawa hewan peliharaannya. Biasanya hewan yang dititipkan adalah kucing dan anjing.

Baca juga : Peluang Usaha Petshop : Ini Tips Sebelum Memulai Usaha dan Analisa Modal Awal Membuka Usaha

Kamu bisa memulai dengan membeli perlengkapan kandang hewan, tempat makan hewan, blowler pengering bulu hewan juga jangan lupa alat pemotong kuku hewan, agar hewan yang dititipkan tetap bersih dan terawat.

10. Jasa Parcel

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Bisnis parcel ini adalah usaha menjelang lebaran yang sangat menjanjikan. Karena parcel sangat dicari oleh sebagian orang sebagai hadiah dan biasanya banyak perusahaan yang akan membagikan parcel kepada karyawan maupun dari perusahaan kepada customernya.

Untuk kamu yang telah menyediakan modal besar tetapi bingung mau usaha apa menjelang lebaran saat ini, kamu bisa memulainya dengan usaha parcel ini.

Mulailah dengan mencari supplier parcel yang tepat dan perhatikan tanggal kadarluarsa produk-produk yang dibeli danjuga pelajari skill membuat parcel yang rapi, cantik, dan menarik.

Kamu bisa memulai mempelajarinya dari video yang ada internet seperti youtube maupun pinterest.
Penjualannya  dengan cara menitipnya ke toko-toko dan juga dapat kamu lakukan dengan membuat proposal untuk instansi / perusahaan tertentu.

Agar lebih maksimal penjualan dapat kamu lakukan via media sosial maupun dimarketplace seperti tokopedia,shopee,dan beberapa marketplace lainnya. Untuk jarak dekat kamu bisa berlakukan jasa pengantaran.

11. Jualan Buah Kurma

Peluang Usaha Menjelang Lebaran
Image : tokokurmaajwa.com

Seperti yang telah banyak diketahui kurma memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan antara lain menyehatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan otak, menurunkan kolesterol, mendetoksifikasi sistem pencernaan dan menyediakan energi yang cukup untuk tubuh.

Selama Ramadhan dan menjelang hari raya permintaan kurma semakin meningkat. Kurma dijadikan menu berbuka puasa dengan diolah menjadi bahan makanan kue-kue kering maupun minuman.

Kamu bisa memulai usaha menjelang lebaran dengan berjualan kurma dan mengambil langsung di agen penjualan kurma tertentu.

Berjualan kurma dapat dilakukan dengan berjualan online melalui situs/marketplace tertentu maupun dengan menjual offline di sekitar rumah ataupun pasar terdekat.

Telah banyak yang memulai kurma di pinggir jalan dengan harga terjangkau kamu bisa mencoba hal yang serupa ya.

12. Menjual Al-Quran

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Peluang usaha berjualan Alquran semakin meningkat saat Ramadhan tiba karena banyak orang yang ingin meningkatkan ibadah. Menjual Alquran bisa menjadi solusinya lho. Kamu bisa memulai dengan menjual Alquran terjemahan  yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Cobalah mencari supplier Alquran dengan cover menarik agar pembeli tertarik untuk membelinya. Saat ini telah banyak yang menjual Alquran digital.

Untuk sebagian orang yang belum fasih membaca Alquran, menjual Alquran digital bisa menjadi solusinya. Yuk mulai dari sekarang.

13. Usaha Pangkas Rambut

Pada Hari Kemenangan tiba banyak yang ingin tampil rapi saat bertemu teman maupun kerabatnya. Usaha pangkas rambut ini mengalami peningkatan menjelang lebaran. Ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kamu yang masih bingung memulai usaha menjelang Lebaran.

Adanya lonjakan pelanggan saat menjelang Ramadhan memungkinkan usaha yang kamu geluti laris manis.
Mulailah dengan mengajak teman atau kerabat yang memiliki keahlian memangkas rambut yang baik. Kalian bisa melakukan dengan kerjasama yang baik.

14. Berjualan Ketupat Lebaran

Peluang Usaha Menjelang Lebaran

Ketupat merupakan sajian yang tidak terpisahkan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Banyaknya masyarakat yang sibuk bekerja sehingga tidak bisa menyempatkan membuat ketupat,walaupun begitu masih ada sebagian orang yang memilih untuk membuat ketupat sendiri akan tetapi membeli daun ketupat yang telah dibuat membentuk ketupat.

Nah ini bisa menjadi peluang usaha yang kamu lakukan beberapa hari menjelang lebaran. Ada dua pilihan yang bisa kamu ambil membuat daun ketupat jadi atau membuat ketupat.

Jika didekat rumahmu banyak pohon kelapa kamu bisa memulai dengan mengambil janur atau daun kelapa muda, dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli daun kelapa sehingga bisa mengurangi pengeluaran.

Untuk kamu yang masih belum mengetahui cara membuat daun kelepa membentuk ketupat kamu bisa melihat tutorial lewat internet atau dengan cara belajar pada ibu maupun kerabat terdekat.

Pilihan kedua adalah membuat lalu menjual ketupat yang telah kamu masak sendiri. Apabila kamu telah berhasil membuat daun kelapa mejadi bentuk ketupat kamu bisa menjualkan langsung maupun kamu isi dengan bahan-bahan yang digunakan dalam membuat ketupat.

Untuk Resepnya bisa kamu liat pada internet dibeberapa situs memasak. Ayok mulai dari sekarang untuk membuat ketupat.

Selamat mencoba untuk 14 Peluang Usaha Menjelang Lebaran ini, kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha ataupun salah satunya. Jangan mudah menyerah dalam menjalan usaha-usaha diatas terus belajar dan semoga berhasil.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *