Review ProdukTekno

4 Keunggulan Snapdragon 865, Siap Saingi Chipset Terbaru Milik Apple

Snapdragon 865 Siap Diluncurkan dengan Arsitektur CPU Generasi Terbaru

Snapdragon 865 siap diluncurkan – Sebagai salah satu produsen chipset terbesar, Qualcomm masih terus berinovasi untuk menghadirkan prosesor canggih dengan performa yang mumpuni.

Chipset keluaran terbaru dari perusahaan yang bermarkas di California ini adalah Snapdragon 855 yang dirilis pada Desember 2018 lalu.

Prosesor terbaik besutan Qualcomm tersebut sempat menjadi chipset terbaik di dunia, sebelum kehadiran Apple merilis A12 Bionic yang digunakan pada seri perangkat iPhone X terbaru. Saat ini, mereka telah siap meluncurkan prosesor terbarunya, Snapdragon 865.

Baca juga: 7 Chipset Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2019

Berbeda dengan Snapdragon 855 yang diproduksi oleh TSMC (Taiwanese Semiconductor Manufacturing Company), untuk chipset terbaru kali ini bakal diproduksi oleh Samsung. Samsung kembali mengambil oleh proses produksi setelah terakhir memproduksi Snapdragon.

Dari hasil benchmark Snapdragon 865 melalui ponsel Samsung Galaxy S11, chipset ini mampu meraih skor 4.160 untuk single-core dan 12.915 untuk multi-core sebesar. Hasil ini jauh lebih unggul dibandingkan ponsel Apple terbaik sekalipun, termasuk iPhone XS Max.

Keunggulan Snapdragon 865 yang Siap Saingi Chipset Milik Apple

Snapdragon 865 ini nantinya juga diklaim mampu mengalahkan chipset terbaru Apple yang bahkan belum resmi dirilis, yaitu A13 Bionic.

Chipset terbaru Qualcomm ini rencananya baru akan dirilis pada 2020 mendatang. Mau tau apa saja keunggulan Snapdragon 865, berikut ulasannya.

1. Menggunakan Teknologi Samsung EUV

Snapdragon 865
Sumber: themobileindian.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam memproduksi chipset canggih terbaru ini, Qualcomm bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknologi ternama, Samsung.

Proses produksi kali ini akan memanfaatkan teknologi fabrikasi dari Samsung, yakni Extreme Ultraviolet (EUV) dengan fabrikasi 7 nm.

Teknologi EUV terbaru dari Samsung ini memiliki kemampuan untuk mendesain silikon yang kompleks menggunakan proses fabrikasi yang lebih kecil.

Chipset yang memiliki angka fabrikasi lebih kecil ini membuatnya mampu menghasilkan kinerja yang lebih kencang namun juga tidak membuat baterai jadi boros.

Dengan memanfaatkan teknologi EUV, kinerja chipset Snapdragon 865 ini nantinya dipercaya dapat mengalami peningkatan kinerja 20 hingga 30 persen dan untuk konsumsi daya bakal meningkat antara 30 hingga 50 persen.

2. Menggunakan Arsitektur CPU Generasi Terbaru

keunggulan Snapdragon 865
Sumber: phoneradar.com

Untuk semakin memaksimalkan kinerja pada smartphone, Snapdragon 865 juga bakal menggunakan arsitektur CPU genrasi terbaru dari ARM yang diluncurkan sekitar bulan Mei lalu, yaitu Cortex A77.

ARM mengungkapkan dalam peluncurannya tersebut bahwa Cortex A77 telah diserta dengan kartu grafis Mali G77 yang memiliki efisiensi energi lebih baik serta didukung kemampuan khusus untuk machine learning.

Dibandingkan versi sebelumnya, Cortex A76, arsitektur CPU terbaru ini juga diklaim dapat meningkatkan performa smartphone hingga 20 persen.

3. Mendukung HDR10+

kelebihan Snapdragon 865
Sumber: forbes.com

Sebagai chipset unggulan terbaru, Snapdragon 865 ini juga bakal mendukung standar HDR10+. Perlu diketahui, HDR10+ sendiri merupakan sebuah teknologi yang dapat menghasilkan gambar dengan yang lebih realistis, detail, dan cerah.

Dengan mendukung HDR10+, chipset ini tentu akan semakin memaksimalkan hasil foto dari smartphone yang memiliki kamera 64MP atau bahkan lebih.

Inovasi yang dihadirkan oleh Qualcomm ini tentu akan menjadi suatu hal yang menarik bagi beberapa produsen smartphone yang menjadikan spesifikasi kamera mumpuni sebagai nilai jual utama produk mereka.

4. Mendukung untuk Memaksimalkan Teknologi 5G

Snapdragon 865 teknologi 5G
Sumber: forbes.com

Belakang ini, teknologi jaringan super kecang 5G memang sedang hangat dibahas. Bahkan, teknologi 5G saat ini sudah mulai diterapkan di sebagian negara di Eropa.

Untuk mengikuti perkembangan teknologi ini, beberapa perusahaan juga sudah mulai mengembangkannya dan menerapkan pada produk buatan mereka.

Untuk semakin mendukung dan memaksimalkan kehadiran teknologi 5G, chipset besutan Qualcomm ini juga bakal terintegrasi dengan modem 5G.

Baca juga: 7 Perusahaan yang Mengembangkan Teknologi 5G, Internet Super Kencang

Smartphone Pertama yang Dibekali Chipset Snapdragon 865

Galay 11 Snapdragon 865
Sumber: todotech20.com

Meski baru akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2020 nanti, sejumlah vendor smartphone tampaknya mulai bersiap mengantisipasi kehadiran chipset terbaru ini. Namun, Samsung sepertinya bakal menjadi vendor pertama yang mencoba Snapdragon 865.

Bahkan, menurut kabar yang beredar, Samsung Galaxy S11 yang diluncurkan tahun depan akan menjadi smartphone pertama yang merasakan chipset terbaru ini.

Itulah beberapa keunggulan Snapdragon 865, chipset terbaru dari Qualcomm yang rencananya akan diluncurkan tahun 2020 nanti. Dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya, Snapdragon 865 tentu akan menjadi chipset terbaik dan tercanggih nantinya.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close