Tekno

5 Alasan Mengapa Harus Upgrade ke iOS 13 untuk iPhone dan iPod Touch

Upgrade ke iOS 13 untuk iPhone dan iPod Touch

Beberapa waktu lalu, Apple telah secara resmi meluncurkan iOS 13, versi terbaru dari sistem operasi yang mereka kembangkan. Dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru, ada beberapa alasan yang membuat pemiliki perangkat iPhone dan iPod harus upgrade ke iOS 13.

Resmi diluncurkan pada Jumat (20/9/2019), sistem operasi terbaru milik Apple ini telah mendukung sejumlah perangkat iPhone dan iPod. Sedangkan untuk perangkat iPad, kali ini Apple menggunakan sistem operasi khusus untuk perangkat tablet, yaitu iPadOS.

Untuk perangkat iPhone, yang mendapat dukungan iOS 13 dimulai dari yang terendah iPhone 6s hingga iPhone XR yang dirilis tahun lalu. Sedangkan untuk perangkat iPod, yaitu iPod Touch generasi ke-7.

Baca juga: Resmi Dirilis, Inilah Detail Kamera iPhone 11 Series

Alasan Mengapa Harus upgrade ke iOS 13 untuk iPhone dan iPod Touch

iOS 13 juga menawarkan sejumlah fitur baru untuk semakin meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk itu, inilah beberapa alasan mengapa pengguna perangkat iPhone dan iPod harus upgrade ke iOS 13.

1. Membuat Mata Lebih Nyaman

Sumber: 9to5mac.com

Salah satu fitur yang diandalkan dari iOS 13 ini adalah fitur Dark Mode atau tema gelap.

Dengan dukungan fitur ini, pengguna dapat membuat tampila antarmuka iPhone menjadi hitam gelap, sehingga membuat mata menjadi tidak mudah lelah dan tetap nyaman menatap ke layar meski dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, kehadiran fitur Dark Mode juga membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat, khususnya bagi ponsel dengan layar berjenis OLED.

Beberapa iPhone keluaran terbaru saat ini memang sudah menggunakan layar OLED. Sebagian besar aplikasi buatan Apple pun telah mendukung fitur ini.

Baca juga: Cara Menjadi iOS Developer: 5 Langkah Jitu Menjadi Pengembang iOS

2. Peningkatan Performa

Sumber: 9to5mac.com

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Apple mengklaim bahwa iOS akan memberikan lompatan yang cukup baik dari segi performa dan stabilitas kinerja.

Untuk iOS 13 terbaru ini, menawarkan kecepatan dua kali lebih baik pada saat membuka suatu aplikasi. Selain itu, untuk beberapa iPhone tipe tertentu, kecepatan akan meningkat 30 persen lagi dan ukuran update aplikasi juga lebih kecil.

3. Baterai Lebih Optimal

Sumber: 9to5mac.com

Salah satu kelebihan dari iOS adalah menawarkan opsi yang dapat memperlambat penuaan baterai.

Cara kerjanya adalah dengan melakukan pengurangan waktu yang digunakan iPhone ketika mengisi baterai hingga penuh. Dengan demikian, iPhone akan mempelajari seperti apa rutinitas harian pengguna saat melakukan pengisian daya.

4. Apple Maps Lebih Komprehensif

Sumber: 9to5mac.com

Di sistem operasi terbaru iOS 13, aplikasi Apple Maps telah mengalami perombakan yang cukup signifikan. Ini dilakukan Apple untuk dapat menampilkan data dan peta dengan lebih lengkap.

Di Apple Maps terbaru, pengguna dapat menemukan beberapa fitur menarik, seperti Real-time Transit, Flight Status, dan fitur Share ETA yang dapat memperkirakan waktu dari jarak tempuh yang akan dilalui.

Baca juga: Cara Melihat Kondisi Lalu Lintas Menggunakan Google Maps

5. Mengetik Lebih Cepat

Sumber: 9to5mac.com

Selanjutnya, Apple juga menghadirkan fitur Quick Path pada iOS 13 ini untuk memberikan pengalaman mengetik yang lebih cepat lagi. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pengetika dengan cara swipe atau mengusap di keyboard.

Meski demikian, sebenarnya fitur Quick Path ini telah lama bisa dirasakan oleh para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android.

Nah, itulah sejumlah alasan mengapa kamu harus melakukan upgrade ke iOS 13. Dengan sejumlah peningkatan fitur, ini tentu akan semakin memberi kemudahan dan kenyamanan bagi kamu pengguna perangkat iPhone khususnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close