Tekno

Ini Lho 5 Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak, Hati-Hati!

Ketahui, Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak – Smartphone saat ini merupakan salah satu benda yang hampir tak pernah lepas dari kehidupan seseorang. Dari smartphone berharga murah hingga yang harganya sampai puluhan juta rupiah.

Karena setiap hari kita menggunakannya, sangat penting untuk merawat ponsel pintar kita dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak, maka kesalahan kecil yang tidak sengaja pun bisa membuat smartphone kita rusak.

Baca juga : Inilah 7 Smartphone yang Paling Banyak Di Palsukan, Hati-Hati!

5 Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak

Mungkin banyak di antara kita yang belum tahu bahwa ada beberapa bagian dari smartphone yang mudah sekali rusak. Oleh karena itu, sebagai pemilik smartphone harus lebih berhati-hati dengan 5 bagian smartphone yang paling mudah rusak ini.

1. Layar atau Screen Smartphone

Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak
Sumber: kiplinger.com

Hampir semua smartphone saat ini menggunakan full touchscreen. Layar sentuh adalah bagian smartphone yang paling mudah rusak dan lebih sensitif. Kerusakan pada layar pada umumnya terjadi karena goresan benda-benda tajam atau bisa pula karena terjatuh dengan keras.

Untuk meminimalisasi kerusakan pada layar smartphone, direkomenasikan untuk menggunakan pelindung atau tempered glass.

Bagian terluar dari smartphone ini jadi yang paling riskan dan mudah rusak. Mulai dari terkena goresan sampai terjatuh dari genggaman.

Untuk mencegah bodi rusak sebaiknya kamu menggunakan case atau pelindung, guys. Kalau kamu bingung memilih case yang cocok, coba baca artikel berikut :

Loading...

2. Bodi Smartphone

Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak
Sumber: cnet.com

Bodi merupakan bagian terluar dari smartphone yang laing sering bergesekan dengan benda-benda lain. Bodi smartphone juga bisa mengalami kerusakan seperti lecet hingga retak karena goresan benda-benda tajam maupun karena terjatuh.

Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi dengan smartphone kita, akan lebih baik jika menggunakan pelindung atau case. Kamu bisa memilih apakah mau menggunakan hardcase, softcase atau bumpercase?

3. Tombol Smartphone

Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak
Sumber: techviral.net

Teknologi touchscreen mungkin tidak membutuhkan banyak tombol pada ponsel pintar saat ini. Namun bukan berarti tombol ini tidak ada di dalam smartphone.

Justru karena jumlah yang sedikit itulah yang membuat tombol-tombol ini cuku rentan mengalami kerusakan. Kenapa? Karena tombol-tombol itu pasti cukup sering kita gunakan.

Untuk meminimalisasi adanya kerusakan pda tombol, kamu bisa mengurangi penggunaan tombol. Misal ketika menambah atau mengurangi volume bsia dengan tombol virtual yang ada di dalam layar. Begitu pula untuk fungsi-fungsi lain seperti lock atau mengambil screenshot.

4. Port Charger

Port Charger
Sumber: iwebstreet.com

Port charger adalah salah satu bagian smartphone yang paling mudah rusak. Berbagai permasalahan yang sering terjadi pada port charger biasanya mulai dari kendor, sulit atau tidak bisa mengisi daya, sulit memindahkan data melalui USB, dan lain-lain.

Kamu bisa mencegah berbagai kerusakan itu dengan tetap memperhatikan posisi kabel ketika hendak memasukannya ke dalam port, jangan sampai terbalik.

Hindari juga untuk menarik kabel dari smartphonenya secara paksa. Selain itu kamu juga harus tetap menjaga kebersihan port dari air maupun debu.

5. Baterai

Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak
Sumber: curved.de

Baterai juga merupakan salah satu bagian utama dari smartphone yang paling mudah mengalami kerusakan. Masalah yang umum pada baterai smartphone adalah mulai dari cepat habis, lama penuh, indikator tidak sesuai, hingga baterai yang mengalami penggembungan.

Cara untuk menghindari kerusakan pada baterai adalah dengan men-charge baterai secara benar, yaitu dengan tidak men-charge smartphone ketika baterai sudah benar-benar habis dan pastikan bahwa kamu menggunakan charger yang original.

Itulah 5 bagian smartphone yang paling mudah rusak yang perlu kamu ketahui. Hendaknya, sebagai pemilik smartphone kita menjaga dengan hati-hati dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk menghindari berbagai kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *