in

5 Jenis Usaha Masyarakat Indonesia yang Paling Laris Saat Ini

Jenis usaha masyarakat Indonesia

Jenis usaha masyarakat Indonesia semakin beragam terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Ya, pandemi global tersebut memang menyebabkan banyak perusahaan tumbang dan mengurangi karyawannya. Sehingga banyak dari para mantan pekerja kantoran tersebut akhirnya memilih jalan usaha mandiri sebagai mata pencahariannya.

Namun bukan hanya mereka yang mengalami PHK saja yang banting setir menjadi wirausaha. Tidak sedikit pula yang memilih membuka bisnis sendiri karena merasa sudah capek bekerja pada orang lain. Apapun alasan Anda memulai usaha sendiri, pilihlah bidang bisnis yang memang memiliki prospek bagus.

Jenis Usaha Masyarakat yang Menjanjikan

Jika Anda bisa menemukan jenis usaha yang prospeknya bagus artinya keuntungan sudah di depan mata. Usaha yang prospektif biasanya lebih laris dan dicari orang sehingga potensi mendapatkan laba bisa lebih besar. Inilah beberapa jenis usaha masyarakat Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Warung Kopi (Warkop)

Mendirikan sebuah warkop mungkin bisa Anda jadikan sebagai alternatif usaha. Terlebih lagi beberapa tahun belakangan ini, ngopi seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Artinya membuka warung kopi adalah pilihan cukup masuk akal untuk meraih banyak pelanggan.

Anda tidak harus langsung membuat warkop yang mewah atau biasa disebut kafe. Mulai saja dulu dari warkop kecil-kecilan dengan menyajikan kopi kemasan. Setelah memiliki banyak pelanggan Anda bisa mengembangkan usaha warung kopi menjadi cafe.

2. Warung Makan

Pilihan usaha lainnya yaitu warung makan. Sama halnya dengan warkop, warung makan juga selalu dibutuhkan dimana saja. Makan adalah kebutuhan dasar manusia sehingga tetap dicari hingga kapanpun.

Usaha warung makan bisa beragam bentuknya, misalnya angkringan, kedai, food truck dan sebagainya. Anda bisa memilih model usaha kuliner yang dirasa paling tepat. Contohnya, kalau lokasinya dekat kampus dan kos-kosan mungkin angkringan lebih cocok untuk dipilih sebagai usaha Anda.

3. Toko Kelontong

Selain minuman dan makanan, usaha yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah toko kelontong yang menjual sembako dan berbagai kebutuhan harian lainnya.

Toko kelontong terbukti masih mampu bertahan hingga saat ini ditengah kehadiran jaringan minimarket nasional. Biasanya toko ini akan menjual sembako, camilan, sabun mandi, deterjen hingga rokok. Anda tidak harus membeli atau menyewa kios, gunakan saja teras rumah untuk membuka toko kelontong.

4. Laundry Kiloan

Usaha yang juga makin ramai saat ini adalah laundry kiloan. Kalau diamati laundry kiloan bisa ditemui dengan mudah dimanapun, baik di perkotaan maupun daerah pinggiran.

Hal itu membuktikan bahwa usaha laundry kiloan memang mempunyai prospek bagus. Anda pun bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha laundry.

Raih pelanggan dengan menetapkan biaya yang lebih murah ataupun pelayanan delivery. Perlu diingat bahwa usaha laundry meskipun prospeknya bagus namun persaingannya cukup ketat.

Oleh karenanya, Anda harus menawarkan sesuatu yang berbeda supaya bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

5. Les Privat

Anda tidak harus menjual produk karena bisa juga menawarkan jasa, seperti jasa les privat. Bahkan usaha ini bisa dilakukan oleh para mahasiswa sebagai sumber tambahan penghasilan.

Sesuaikan dengan bidang keilmuan dan keahlian Anda, misalnya matematika, bahasa Inggris, musik, bela diri dan sebagainya.

Itulah beberapa pilihan jenis usaha masyarakat indonesia yang bisa Anda pertimbangkan sebagai alternatif membuka bisnis sendiri.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, maka program pinjaman tanpa agunan dari Bank Danamon bisa menjadi solusi. Proses pengajuan pinjaman di KTA Dana Instan Danamon sangatlah simple dengan persyaratan yang mudah.

Limit pinjaman pun tergolong besar hingga Rp 200.000.000. Jangka waktu pinjaman pun sangat beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan.

Dana bisa langsung masuk ke rekening dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk merintis usaha.

Sumber :

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/jenis-usaha-yang-laris/

https://seller.bukalapak.com/info/blog/seller-guide/118449-jenis-usaha-masyarakat-indonesia-yang-sangat-menguntungkan

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0