Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia

Beberapa penelitian menghasilkan bahwa angka minat terhadap pendidikan semakin meningkat, baik dari segi akademis maupun non akademis di beberapa negara. Hal ini ditinjau dari bagaimana sistem pendidikan di negara-negara tersebut. Berikut penulis rangkum beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik.

5 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

1. Korea selatan

Negara dengan sebutan negeri gingseng ini berhasil menduduki nomor 1 sekaligus mengalahkan negara Jepang. Tidak heran kualitas pendidikan di negara ini termasuk sangat bagus. Karena jam belajar di sekolah ini saja lebih dari 8 jam.

Untuk murid Sekolah Dasar (SD) menghabiskan waktu di sekolah hingga pukul 5 sore dan untuk murid Sekolah menengah Pertama (SMP) menghabiskan waktu di sekolah hingga pukul 7 malam.

Waktu paling lama adalah untuk anak Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu hingga pukul 10 malam. Ini terjadi karena mereka harus benar-benar menyiapkan diri agar masuk ke perguruan tinggi negeri.

Pasalnya, persaingan masuk ke perguruan tinggi di Korea selatan sangatlah ketat. Maka dari itu, banyak orang tua murid juga yang rela memasukkan anaknya ke dalam kelompok bimbingan belajar agar anaknya bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

2. Jepang

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik
Identical Twin Brothers — Image by ?Simon Marcus/Corbis

Di Jepang sekolahnya sedikit berbeda, karena sekolah yang memilih kan adalah pemerintah. Awalnya calon siswa mendaftar sekolah di balai kota dan selanjutnya pihak di balai kota lah yang memilih kan dimana mereka akan sekolah sesuai mereka tinggal. Jam belajar di Jepang hampir sama dengan di Korea, hanya saja di Jepang lebih sedikit dari Korea Selatan.

Sekolah di Jepang di mulai pukul 8-9. Untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) pelajaran berakhir pukul 13.00, dan untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) pelajaran berakhir pukul 16.30. Lain hal nya untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), pelajaran berakhir pada pukul 22.00 jika ada kelas tambahan.

Loading...

Sekolah di Jepang juga tidak memperbolehkan siswa untuk membawa handphone. Di Jepang, tidak diajarkan pelajaran agama, hanya saja diajarkan untuk memiliki rasa toleransi yang tinggi.

3. Inggris

Bukan hal baru lagi kalau Inggris memang menjadi tempat tujuan banyak orang untuk menempuh pendidikan lebih lanjut lagi. Karena memang di sana pendidikan menjadi nomor 1. Bahkan pemerintah menyediakan sekolah gratis untuk anak usia 4 hingga 18 tahun. Namun, untuk anak di bawah 4 tahun pemerintah tidak menyediakan sekolah gratis.

Di Inggris sudah masuk sekolah bersistem full day. Untuk jam belajar first school dimulai pukul 09.00-15.00, dan untuk middle school dimulai pukul 8.40-15.30. Nah, untuk upper scholl sendiri dimulai pukul 8.30-15.15.

Meski pun tak selama di Korea Selatan atau pun Jepang, Inggris tidak kalah berkualitas dalam hal pendidikan.

4. Finlandia

Sistem pendidikan di Finlandia ini cukup terbilang sederhana. Pasalnya, disana mereka hanya mendapat jam belajar selama 5 jam tanpa PR. Tak hanya itu, di Finlandia pelajar hanya mendapat 1 kali ujian nasional ketika mereka berumur 16 tahun dan mendapat jam istirahat 3 kali lebih lama dari Negara lain.

Namun, Finlandia bisa menjadi salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik. Di Finlandia anak mulai bersekolah pada umur 7 tahun dan jam belajar nya hanya 45 menit dengan 15 menit istirahat.

Sekolah disana sudah di atur oleh pemerintah agar selalu terjangkau, bahkan gratis. Jadi, semua anak dari berbagai kalangan bisa mengenyam pendidikan.

5. Belanda

Di Belanda, sekolah dimulai pada usia 5 tahun dan berlangsung kurang lebih selama 8 tahun untuk Pendidikan Dasar (SD). Untuk Pendidikan Menengah (SMA) dimulai pada usia 12 tahun dan selama 4 tahun. Sedangkan untuk pendidikan tingkat tinggi terdapat 3 tingkatan yaitu 4 tahun, 5 tahun, dan 6 tahun. Tak heran jika Belanda masuk menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Itu tadi beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Pendidikan adalah hal pokok yang perlu di beri kedudukan tinggi, karena dengan pendidikan dengan sistem terbaik, suatu negara akan memiliki percepatan perkembangan dan kemajuan. Semoga bermanfaat.

Referensi lain : Wisata Taman Pintar Yogyakarta Memiliki 5 Zona Terbaik


Loading...

Bagikan

Penulis

ninoartikel
ninoartikel
Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.
ninoartikel

Penulis

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *