Adsense Di Youtube

5 Penyebab Video Anda Tidak Menghasilkan Uang Di Youtube

Bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube? Tentu saja sudah banyak diantara kita yang banyak mendengar bahwa youtube dapat menghasilkan uang hanya dengan mengupload video. Bahkan sudah banyak di antara kita yang mempunyai penghasilan tetap dari youtube.

Intinya video kita akan dipasang iklan, yang nantinya akan menghasilkan uang dalam jumlah tertentu atau jumlah klik iklan yang dilakukan oleh penonton yang ada di seluruh dunia. Tentu saja akun youtube kita harus dikaitkan dengan Google adsense.

Nah, dari sekian banyak orang yang sudah menikmati dollar dari youtube, tentu saja membangkitkan semangat kita untuk bisa sukses seperti mereka. Lantas mengapa video yang kita upload ke youtube tidak menghasilkan uang? Alias gagal sama sekali dalam meraup dolar? Dibawah ini mungkin salah satu penyebabnya.

1. Kualitas video yang buruk

Yang dimaksud kualitas buruk adalah, video yang dibuat secara asal asalan tanpa tema yang jelas. Sebagai pemirsa dalam sebuah tayangan juga akan menilai seberapa bagus kualitas video yang anda buat, jika memang ternyata bagus dan berkualitas maka tidak jarang juga seorang pemirsa berlangganan kepada anda, untuk menantikan video berkualitas lainya.

Secara tidak langsung anda mempunyai 1 penggemar, bisa diteruskan ke penggemar berikutnya dan akan menambah jumlah penonton dalam video anda. Algoritma google juga mengedapankan kualitas video yang bagus, untuk menempatkan iklan dalam berbagai video.

Jika memang video anda buruk kualitasnya, pihak dari google pun akan menempatkan iklan dengan harga klik di bawah rata-rata. Jadi kemungkinan anda dalam menghasilkan uang pun semakin terhambat dan membutuhkan proses waktu yang lama.

2. Video anda mengandung konten yang di larang oleh pihak Google adsense

Sudah jelas sekali bahwa di dalam google adsense ada peraturan (Tos) yang sangat sensitif dan tidak boleh dilanggar, di antara nya konten Pornografi, perjudian, mengandung unsur Sara dan kekerasan.

video-video semacam ini tidak akan bisa menghasilkan uang dari youtube, jika anda coba coba mendaftarkan video yang salah satu nya saya sebutkan diatas, resikonya akun Google adsense anda yang terkena Banned.

3. Video anda tidak Original alias Jiplakan

Jika anda merekam suatu tayangan berita, atau sebuah pertandingan atau acara TV, kemungkinan besar pihak stasiun Tv tersebut memegang banyak hak yang diperlukan untuk menggunakan konten ini secara komersial. Jika ingin memonetisasi rekaman milik sendiri yang berisi acara TV, DVD, atau CD, Anda harus mendapatkan izin tertulis dari pemilik hak elemen audio dan/atau visual yang Anda rekam tersebut.

Baca :Jenis konten apa yang dapat saya monetisasi?

4. Anda menggunakan audio yang melanggar hak cipta

Sebagian musik atau audio yang diupload di youtube mempunyai hak cipta atau dilindungi undang undang, Jika ada visual pihak ketiga yang digunakan dalam kreasi Anda sendiri, berikan izin tertulis dari pemegang hak asli untuk menggunakan konten tersebut secara komersial.

Konten audio ini bisa saja tetap melanggar (sebagian sih, atau beberapa saja) walaupun anda sudah meng-cover audio tersebut (anda menyayikan ulang dengan suara anda sendiri). Jika ingin aman, anda bisa menggunakan Pustaka Audio yang sudah di sediakan youtube, atau anda bisa berkreasi dengan musik hasil karya anda sendiri.

5. Reputasi anda di Youtube buruk

Jika anda sudah meng upload video yang memenuhi kriteria menghasilkan uang, tetapi ada salah satu video anda yang termasuk dalam kategori seperti yang sudah saya tuliskan diatas, anda bisa menghambat traffic jumlah penonton ke saluran video anda. Google lebih memprioritaskan traffic pengunjung kepada akun yang benar-benar bereputasi baik.

Alternatif membuat video yang menghasilkan uang di yotutube

Menurut saya sendiri, jenis video yang baik dan cara yang bagus menghasilkan uang melalui youtube adalah jenis video tutorial. Jenis video ini dapat dikategorikan video Original, kita bisa mengambil Screen Shot (rekaman dari Layar komputer) dengan software perekam layar yang banyak tersedia di internet.

Atau jenis video yang me review barang baru, semisal gadget dan ponsel yang lagi booming, atau video asli buatan anda sendiri. Dengan adanya video yang bersifat informatif dan banyak berguna, akan lebih memberikan reputasi yang baik di akun Youtube anda.

Semoga dapat memberikan sedikit informasi dan mengoreksi, jenis video apa yang layak dan cepat menghasilkan uang dari youtube.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

259 Comments

  1. gan, saya kan punya channel ketika umur 16 tahun, sekarang umur saya baru 17 tahun, dan saya sudah mendapatkan 2000-an views, apakah “2000 views” itu akan tetap dihitung di adsense ketika saya berumur 18 tahun nanti atau tidak?

  2. Gan mau tanya nihh saya kan td daftar google adsense trus suruh masukin web, lah gue sndiri ngawur ngasih web apa wkwk. Trus trnyata suruh masukin code script html ke web ku la trus gitu jdnya gimana yaaa wkwk

  3. apakah video editor di youtube bisa dapat uang pa tidak.. kira ” bisa di cairkan pa tidak uangnya

  4. Tanya dong Kang. Salah satu video sy ada yg kena CR, di keterangan yg sy dptkan di email katanya aman & boleh tayang dg ketentuan penghasilan adsense di bagi dua dengan pemilik hak cipta. Apakah berpengaruh terhadap reputasi channel saya? & adakah efek samping lainya dr video tsb?

    1. Biasanya untuk penghasilan adsense di bagi dua adalah video Cover lagu, CR adalah otomatis dari pemilik Content ID. Tidak masaah mas, masih bisa di monetise dengan berbagi penghasilan dan tidak berpengaruh pada reputasi channel.

      1. mohon bantuanya kang.. saya ada dafatar adsense youtube lewat akun gmail.. dan saya loginnyapun menggunakan akun gmail… yang saya tanya apakah saya harus daftar id andsense juga ,, trims.. ada fb atau email gak kang.. saya mau kirimkan user gmail sama passwordnya.. biar akang bisa cek

        1. Untuk mendaftar akun Adsense dengan Youtube, sekarang harus mencapai 10.000 tayangan. (Sesuai aturan Youtube terbaru).

          ID pub adsense akan didapatkan secara otomatis apabila pengajuan disetujui oleh pihak Adsense.

  5. selamat malam mas gani..
    salam kenal mas saya Dedeh..
    Mas saya mau tanya, apakah kalo kualitas Video tidak HD bisa menghasilkan Dollar
    mohon pencerahanya..makasih sebelumnya mas Gani

  6. no 4 tuh yang pernah saya alami gara-gara buat video tutor sambil dengerin musik, tapi yang saya tanyakan apa ngaruh ke video yang lain? katanya kalo muncul iklanya harus viewers 10k lebih? tapi kok saya gak muncul yah padahal sudah lebih dari itu

  7. mas , saya mau nanya apa setiap kali kita upload video harus kit kaitkan trus ke google adsense mas?

  8. mas , saya mau nanya apa setiap kali kita upload video harus kit kaitkan trus ke google adsense mas

  9. mas gani, saya mau nanya saya sudah kaitkan youtube saya dengan google adsense, apakah setiap kali kita mau upload video harus kita kaitkan kagi mas??

    1. ya, cara mengkaitkannya dengan klik monetization yang berada di bawah video yang sedang mas uploud lalu aktifkan monetization maka secara otomatis video anda masuk iklan.

  10. Mas mau nanya kalau video kita ada tulisan “video ini dicekal di beberapa negara”. Apakah msih bisa mendapatkan penghasilan ???

  11. Mas mau tanya…tolong di jawab ya…kalau akun youtube kita yang upload video tapi aku belum buat channel mas…aku upload nya di akun youtube apakah itu bisa menghasilkan uang mas

  12. mas mau tanya nihhh, saya baru upload video tadi malem jam12an.. nah skrg udh jam12 siang nih terus akun udh aman verifikasi ke adsense.. monetis juga udh nyala lambang dolarnya, tapu iklan ko blm ada yg tampil yaa mas? padahal udh 100views lebih.. pencerahannya suhu, terimakasih 🙂

  13. gan tanya dong misal kita buat channel youtube dan viewsnya sedikit dan kita suka views video kita sendiri apakah itu termasuk pelanggaran ?

  14. Mungkin saya bisa menambahkan gan, kenapa belum bisa menghasilkan uang dari youtube karna channel masih baru dan video masih sedikit

  15. mas mau tanyaaa.. klo chanel saya mengunggulkan chanel lain tapi konten yg melanggar kira2 ngaruh ke adsense saya apa ngga? tolong jawab ya . mksh

  16. Saya baca komentar di atas sudah bisa
    memahami mas.. Jadi gak usah tanya lagi,.
    Trimakasih mas infonya, sukses selalu,
    amin

  17. Om saya punya yutub . Dan blm ada email aprove . Adsense. Tp iklan sudah bisa tayang. Dan bisa masuk ke adsense akun. Dan third party sy liat tautan hosted yutub aktif.
    Pertanyaan saya? Apakah akun saya aman sampai po tidak. Karena belum ada email full aprove (yg ada gambarnya cowok kartun gembira)

  18. Bang,kita dapat uang nya ketika video kita manvapai 1000 view ya mas?

  19. Mas ganis saya mohon pencerahannya
    Bagaimana kalau kita mengupload video sendiri di mall tp terdengar suara yg berhak cipta apalah kita bisa menghapusnya nya soalnya saya ada pemberitahuan tentang hak cipta pada video saya trus pihak youtube menyarankan” apakah anda ingin menghapus audio ini” apa dg cara menghapus audio itu penghasilan saya tetep masuk di adsense saya walaupun sblm nya sudah saya upload

  20. mas mau tanya.
    klo mau daftar GA itu apa harus sudah upload video minimal berapa gitu ?

  21. mas mau nanya nih? boleh gk? kalo boleh di jawab ya mas 🙂
    jadi gini 2 tahun yg lalu sy hanya iseng aja bikin vidio tutorial , vidio yg sy buat ori punya saaya. nah pas baru baru ini saya kaget pas buka vidio sy udah 12k views, lalu saya baru memonotize vidionya baru baru ini. dan skg saya sudah mulai buat vidio” baru lagi yang merupakan buatan saya sendiri, pertinyiinyi mas?
    1. kok di vidio pertama sy yg viewsnya 12k, namun penghasilan saya masih $0 ya mas?
    2. nih yang penting “kan saya buat vidio baru ya mas, nah yang nonton baru sedikit” apakah itu mempengaruhi penghasilan kita gak mas? misal yg vidio pertama sy 12k views, & yg baru hanya 50k view, nanti adsensenya bakalan hilang ga mas? atau penghasilanya berkurang?

    (mohon di jawab ya mas? sy masih awam tentang masalah ini) trimakasih

  22. tanya mas, saya ada channel satu kena strike sekali dihukum 3 bulan, nah penghasilanya kok dikit banget padahal viewnya banyak, iklan juga nampak, apa ada pengaruhnya reputasi sama penghasilan mas? tolong dijawab. trimakasih.

    1. Penhasilan berpengaruh pada cahnnel video yang terkena strike, karena sudah tidak bisas menampilkan iklan lagi, sedangkan penghasilan didapatkan dari tayangan iklan dan jumlah klik iklan.

  23. Mas saya mau tanya
    saya udah upload 12 video di youtube, diantara 12 video itu ada 2 video hasil rekaman sendiri dan 10 video re-upload.
    yang jadi pertanyaan saya, kenapa 2 video tersebut tidak menghasilkan dollar. dan 10 video lainnya yang bukan hak milik malah mendapatkan dollar.
    Mohon dijawab mas. Terima kasih

  24. malam mas..mau tanya kalau youtube tanpa adsense bisa dapat penghasilan uang ? misalnya view 200 ribu or 150 ribu subscribe. Btw seperti pewdiepie itu bermain sendiri apa kerjasama mitra or adsense ??
    maaf saya masih cupu hehehe..saya tunggu jawabmu, terima kasih mas.
    sebab saya ikut main youtube.

  25. maaf saya mau tanya. video youtube saya sudah di monetisasi, saat saya membuka video saya ada iklan muncul di video saya tersebut. tapi, ketika saya check masih RP 00. Bagaimana agar uang saya dapat bertambah? karena di video saya sudah muncul iklan beberapa kali. Terima Kasih.M

  26. mas video sudah 1000 View , baru kita montesisasi tapi kok uangnya masih 0.00 RP . soalnya baru buat channel mungkin akun ytb kita harus berusia 3 bulanan ya mas ??

    1. Tidak harus 3 bulan mas Irfan, penghasilan Youtube akan masuk dashboar Adsense pada tanggal 15, setiap bulan.

      1. untuk melihat uang kita di mana dan di hitungnya itu per di tonton orang atau per 15 hari yang akan muncul nilai uangnya bozz mohon pencerahannya soalnya say masih baru

  27. buka Chanel Tigaras Tv contoh video yg sudah ada uang nya

  28. bang mau tanya nih di adsense ada ad balance , kan ad balance kita pas daftar 100% kalo kita kurangin jadi 50% ngaruh pengurangan penayangan iklan apa ngaruh ke pendapatan iklan kita ?
    apakah kita kurangin ad balance , pendapatan kita lebih besar apa lebih kecil ?
    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Fitur ad balance dirancang untuk fokus pada iklan berkinerja terbaik, selain itu iklan bernilai tinggi akan menyesuaikan dengan konten. Pengiklan akan mendapatkan konten pilihan dan konten akan mendapatkan iklan bernilai tinggi yang cocok.

      Untuk porsinya bisa diatur 100% – 75%

  29. mas saya buat compilasi video di you tube hampir mirip on the spot gtu itukan mengunakan banyak video yang di gabung2 dan di edit sendiri apa itu bisa menghasilkan uang terimakasih

    1. Bisa juga apabila video tidak terkena pelanggaran hak cipta. Untuk klip potongannya ambil dalam beberapa detik saja.

      1. makasih banyak mas saya sangat terbantu dengan blognya buat lebuh banyak artikel lagi mas tentang you tube

  30. Mas itu uang penghasilan Youtube nya bisa diambil? Terus kalo bisa ambilnya dimana?

  31. Mantap bang ilmuny
    Sukses selalu bang? Amin
    Mau tanya bang,komentar yang di youtub kemungkinan spam itu jika di tampilkan berbahaya tidak bang? Soalnya bnyak komentar yang tidak tampil.
    Sekalian syaring bang
    Pemula soalnya,
    Nama chanel YouTube yang sudah valit di adsense misalkan di rubah berdampak negatif tidak adsense/YouTube nantinya bang?
    Misal hery San saya rubah san san
    Mohon pencerahanya bang.
    Terimakasih

  32. om salam kenal, mau nanya dong, kenapa yaa video saya kan semulanya ada iklannya yaa, kok sekarang tidak ada yaa mas?

    tetapi kl untuk minetize masih bisa, itu knp mas?
    kondisi akun youtube sudah aktif dan video saya original

    tolong dibalas yaa mas

  33. mas kalo misalkan kita bikin channel yt di indo dengan e-mail A misalkan, nah terus kebetulan kita lagi lburan/ kerja di LN, misalnya kita lgi lburan di singapur, nah terus disana kita nonton video channel yt yang kita bwt di indo tapi dengan alamat e-mail yang berbeda dan pc yang berbeda, terus apakah kalo kita klik iklanya, akan masuk earning nya atau tidak ya.

  34. mas Mau tanya kalau vidio youtube yang kita upload kita tonton sendiri melanggar youtube atau tidak buat ningkatin penayangannya? terima kasih.

    1. kalau dikaitkan dengan akun Adsense dan video menayangkan iklan, sebaiknya jangan mas 😀
      Sebab akan terjadi invalid activity pada iklan dan nantinya akan mendapat peringatan.

      1. Mas td coba msuk ke geogleadsensi …ada plihan ke dua websit ..mksdya gmn lalu gmn kt mlht dah di trima di geogle adsensi lom

      2. kalau cuma pengen nonton video yang kita upload sendiri berarti ga bisa dong mas? apa tetap akan kena sangsi…soalnya saya memang sering & senang nonton video yang saya upload sendiri…bukan maksud utk menaikan penayangan memang tapi memang saya senang nonton video saya sendiri…apa tetap akan kena sangsi…terus saya pernah ga sengaja meng klik iklan yang tampil pada video youtube saya…apa akan ada sangsi nanti nya…mohon pencerahannya…saya newbie mas…

  35. Mas Gani, mw nanya jika salah satu video kita sudah menghasilkan $, tiba2 kena include copyrigh content, pertanyannya apakah $ yg sudah ada masih milik kita ?

  36. Wah bisa nambah ilmu nich, gabung disini

  37. Mas minimum durasi video kita di youtube agar di terima prabayarnya brpa durasinya?? 1 menit apa sekian detik ??! Tolong dijawab

      1. Mas, kalo misalnya kita daftar adsense nih di youtube, nah video kita kan bakal dapat uang kalo di tonton. Tapi kalo ga di tonton gimana tuh mas? Berarti saya ngutang ke adsense dong?

  38. bang jika misal saya punya akun youtube 2 tahun sudah banyak subsribe dan penonton dan sudah di monetisasi tapi belum daftar adsanse . Lalu pas 18 tahun saya daftar adsense , apakah nanti jika saudah daftar adsense vidio yg kita tabung dari dulu di youtube apakah nanti di adsense bisa langsung uang kita menumpuk banyak ???
    kan vidio kita sudah di monetisasi

    1. Betul, penghasilan akan diakumulasi dengan catatan video tidak melanggar kebijakan Adsense dan pedoman komunitas youtube.

  39. Malam mas, Akun youtube saya Dana Penggemar Tidak layak jadi kira-kira gimana, bisa diaktifkan lagi ngak Mas.

      1. maaf mas saya mau tanya kalo membuat slide show fotonya saya ambil dari goggle musiknya dari mp3 apa melanggar ya mas trmks

  40. mas , koq video saya ga bisa dilasih thumbnail kenapa ya ..padahal udah diverivikasi ??

    mampir ke channel aku ya mas ..masi newbie

  41. Mas gani..
    Aq mau tanya. Aq udah buat 2 video sdh di monetisasi dan udah di tautkan ke google adsense dan diterima lewat email. Yg aku bingungin gimana nempelkan kode iklan google adsense ke youtube. Soalnya kan di akun youtube gak ada tata letak atau placement kaya di blog html gitu.
    mohon pencerahan mas ☺

    1. Untuk Adsense youtube iklan akan muncul secara otomatis apabila video memenuhi syarat dan pedoman Adsense dan komunitas youtube, tidak perlu menempatkan kode iklan 😀

      1. Permisi mas,mau tanya, saya kan sudah membuat channel YouTube 1 tahun yg lalu,tp baru saya daftarkan 5 bulan yg lalu, sudah berhasil dan ada keterangan Host d akun google sya, pd saat awal2 video saya ada iklan nya, kemudian sy off sekitar 3 bulan dan akhirnya buat video lagi 2 hari yg lalu dan total video sy baru 5 video, tapi iklan tidak muncul lagi padahal sudah di monetize. Apa karna kebijakan yg sekarang bahwa iklan akan muncul saat viewer sudah 10k? Mohon pencerahannya mas.. Trimaksh.

      2. Mas mau nanya kenapa jumlah menit youtub saya selalu berkurang.? Trims sblumnya mas.

  42. mass kalo saya upload sabtu bersama bapak, menurut mas gimana?

  43. Mas ganis saya mau tanya. Kenapa saya sudah uploud video lumayan banyak tapi jumlah view nya sedikit banget apakah ada yg salah dengan chanel saya

  44. bro.. ini ada beberapa vidio gua yang sudah di monetasi dan ada sedikit kendala di bagian penghasilannya . jadi, cuma pada vidiopertama saja yang ada di uangkan sedangkan pada vidio lainnya tidak ada perubahan sama sekali ,,tolong renponsnya.. thank.

    1. Mungkin video yang lain melanggar kebijakan komunitas youtube, dan bukan video milik sendiri.
      Sebagai contoh, upload video milik orang atau mengandung konten yang berhak cipta.

      1. mas.. saya punya pengalaman yang sama dengan bang Nafdal, saya bingung penghasilan saya kok ttp aja gk ada penambahan, sedangkan semua video saya original semua dan kualitas full hd semua dan juga tema video semua sama bukan judulnya yg sama. mhon pencerahannya mas….. terima kasih.

  45. 1. Mas klo saya bikin video highlight sepak bola dari hasil rekaman tv yang saya edit gimana mas?
    2. Klo video tentang skill salah satu pemain sepak bola seperti messi, gimana?
    Makasih

  46. hi admin, mau nanya nih kalau video yang didownload atau film kemudian dilakukan pengeditan itu masuk kategori pelanggaran ya admin?

  47. saya kepikiran untuk membuat lebih dari satu channel dengan konten yang sama..artinya video yang kita buat kita upload ke lebih dari satu channel..kira-kira seperti ini legal gak ya mas??

  48. Mas mau tanya dong, mau bikin video lirik lagu, kira” melanggar hak cipta ga?

  49. selamat malam mas ganis, minta saranya dong mas,
    kebetulan saya sudah memiliki lebih dari 100 video di youtube,dengan durasi rata rata lebih dari 1 jam.
    dan sudah berhasil di monetisasi pula mas.
    nah yang saya galau ini mas,
    bagaimana cara terbaik menerapkan jeda iklan,
    apa lebih baik banyak,atau sedikit mas??
    dengan catatan semakin banyak jeda iklan, maka iklan akan semakin sering muncul di video kita, tapi bukankah pengunjung akan merasa gak nyaman dan enggan menonton video kita.
    menurut mas ganis bagusan mana antara banyak iklan tapi sedikit viewers atau sedikit iklan tapi banyak viewers mas….
    terimakasih sebelumnya mas

    1. semakin banyak jeda iklan maka nilai BPK nya juga semakin kecil, walupun banyak di klik.
      Sebaiknya atur sesuai panjang durasi video, dan penempatannya secara wajar saja mas..jangan terlalu banyak. takutnya penonton malah kabur 😀

  50. mohon masukan nya bang saya ingin buat video
    Tentang game yaitu replay ny yg menayangkan
    Moment2 lucu dengan mempotong bagian tertentu
    Dari video game itu dan menambahkan juga beberapa
    Efek animasi ataupun sound efek
    Lalu apakah video saya ini tidak melanggar hak cipta
    Atau bisa di maksudkan video ori saya. Tentunya
    Video itu replay dari permainan saya sendiri
    Terima kasih dan mohon bantuan nya bang

    1. Halo mas Juli,
      Tergantung dari developer game yang mengeluarkan hak ciptanya.
      Tapi kebanyakan bisa dimonetize juga kok, apabila terjadi claim pihak ketiga, nantinya akan ada pemberitahuan.

  51. Hallo…
    Salam kenal mas Gani, saya abdi.
    artikel2 mas tentang YT sangat lah membantu buat saya yang pemula di dunia YT(salah 1 pembaca setia diklik mania). hehe
    oh iya mas ada yang mau saya tanyakan, maaf sedikit melenceng dari topik ini.
    di salah 1 grup yt di fb lagi hangat2 nya tentang “close akun/reaktif akun” biar bisa gajian walaupun belum di batas ambang pembayaran, pertanyaan nya apakah akun usd bisa CLOSE AKUN seperti akun IDR mas??? metode pembayaran saya ambil yang western union.

  52. Salam kenal mas gani,saya punya bisnis keyboard,hasil videonya asli rekaman saya waktu show,kalau saya upload ke youtube bisa dapat duit atau tdk y mas,karna lagunya kan bukan ciftaan saya dan musiknya jg ada tambahan efeck lain,tolong bantuannya mas,salam sukses buat mas gani.makasih

  53. Salam kenal mas gani,saya punya bisnis keyboard,hasil videonya asli rekaman saya waktu show,kalau saya upload ke youtube bisa dapat duit atau tdk y mas,karna lagunya kan bukan ciftaan saya dan musiknya jg ada tambahan efeck lain,tolong bantuannya mas,salam sukses buat mas gani.makasih

  54. Mas gani, saya mau nanya ni adsense youtube tahun 2012 bisa langsung di pake ke blog ga iklan nya ya?

    1. Coba saja mas, barangkali bisa 😀 SEbab Adsense mulai membedakan jenis akun Hosted dan nonhosted pada tahun 2013.

  55. Mas gani, saya mau nanya ni adsense youtube tahun 2012 bisa langsung di pake ke blog ga iklan nya ya?

  56. Malam mas, mau nanya..
    Untuk penghasulan 1.300.000 dari youtube, apakah bisa kita ketahui dari banyaknya viewer atau subscriber? Trus, brp kira2 patokan viewer dan subscriber untuk bisa mencapai penghasilan 1.300.000
    Thankss

      1. Syrat youtube bayar kita apakah ia menilai dari jumlah penonton ,subscribe dan jumlah video yang di unggah.manakah yg di utamakan youtube mas…

  57. mas tanya dong…. di tahun 2012 saya upload video klip animasi dan kerja sama dengan band indie di jogja , setelah link nya di share sama channel band tersebut ternyata waktu itu sudah 100 ribu viewers lebih. tapi dengan alasan tertentu saya remove video itu dari channel saya. tapi saya coba cari klip itu ternyata masih bisa dibuka di channel band tersebut dan link nya masih nge link ke channel saya. sekarang baru kepikiran , kenapa saya gak daftar adsense aja siapa tau dapet bayaran (ngimpi) dari video tsb apalgi viewers nya nambah terus. tapi masalahnya video tsb udah gak ada di channel saya, bisa gak ya saya dapet bayaran dari video klip tsb sementara sudah gak ada di channel saya?

    1. KAlau tidak ada di channel baaimana mau dapat bayaran sedangkan syarat untuk mendapatan bayaran adalah menautkan channel tersebut ke akun Adsense.

  58. Mas mau nanya kalau cara mengambil uang dari youtube lewat bank gi mana caranya ya?
    Soalnya sekarang mh ada peraturan baru gak bisa lewat wastern union kalau yang baru daftar akun adsense nya kalau akun yg sudah lama bisa lewat WU mohon pencerahanya makasihh…..

  59. mas saya buat video ori earning saya segitu-gitu aja, tapi saya buat video kompilasi, justru earning saya naik.

  60. Mas, billing adsence nya msti pke credit card ya biar bisa masuk duitnya?

      1. Video saya sudah mencapai 20rb view, tapi di analityc kok gag ada.?

        1. Video channel sejak kapan dibuat mas, apabila channel baru biasanya menunggu 3-7 hari. Setelah itu analytic baru bisa dibaca.

  61. Sebelumnya terima kasih mas gani postingan ini sangat membantu,Oiya mas gani saya mau tanya jika pendaftaran adsense di tolak, namun icon dolar masih aktif dan di status masih mitra terverifikasi itu apakah artinya video saya masih bisa di monetise ? di video juga masih ada iklannya meskipun pendaftaran GA sudah di tolak,dan untuk kasus seperti ini sebaiknya apa yg harus saya lakukan mas ? Mhn Penjelasannya Terima kasih

    1. Apa penyebab penolakannya? Jika video original milik sendiri sangat jarang sekali ditolak. namun jika video yang berasal dari YOutube dan diupload lagi jelas ditolak. Beberapa video memang tampil iklannya, karena di proteksi dengan menggunakan Content ID tapi penghasilan tidak akan masuk ke kantong kita.

      Sebaiknya Upload video original, 1 video juga langsung bisa diterima kok mas Jhon Andy, dengan durasi 7 menit-an.

      1. Kayaknya penyebab penolakannya karena video saya reupload mas,seperti apa yang di katakan mas gani karena waktu daftar saya menggunakan video reupload.Berarti waktu daftar harus pake video ori ya mas ? Terima kasih banyak untuk penjelasannya mas gani saya jadi mengerti sekarang

  62. bang saya minta tolong dan petunjuknya, terus terang video saya sudah dimonetasi n ada tanda dollarnya tapi saya kurang menegrti bagaimana caranya video kita dibayar dan bagaimana cara melihat penghasilan dari video kita.bang sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya

      1. Kalo banyak di dislike dari pada like nya kira kira masih dapet uang ga?

        1. Itu nggak ngaruh ke penghasilan mas :, klo ingin like banyak buat video yang berkualitas 😀

  63. Halo mas saya mau tanya .. saya punya chanel youtube dan di sana udah ada tulisan mitra youtube dan video saya pun sudah aktif monetize nya .. cuma yang saya bingungin kenapa pas saya sign in ke google adsene kok email saya justru belum terdaftar ya?? Mohon bantuanya mas ..

  64. Salam buat admin
    Salam buat para YouTube
    Saya baru bermain di youtube, tetapi saya ada sedikit tambahan untuk mempermudah kamu semua bermain YouTube.
    Saya coba memanfaat hp sebagai sumber untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Saya membutuhkan aplikasi YOUTUBE, YOUTUBE CREATOR STUDIO, DAN GOOGLE ADSENSE. Berdasarkan fungsi dari ketiga aplikasi tersebut yaitu :
    1.YOUTUBE. Aplikasi di mana kamu akan upload video
    2.YOUTUBE CREATOR STUDIO. Aplikasi di mana kamu akan memonetisasi video YouTube yang baru kamu upload ke cannel youtube kamu, dan untuk melihat penghasilan YouTube kamu.
    3.GOOGLE ADSENSE. Aplikasi di mana kamu akan memonitor total pendapatan kamu dari iklan yang tayang di video kamu, seperti CPC, CPM, dan lainnya, kamu juga bisa memonitor berapa total viewer video YouTube kamu setiap 5 menit sekali secara automatis.

    Trik untuk mendapatkan traffick yang tinggi ke cannel youtube kamu adalah kata kunci, kamu bisa melihat daftar pencarian kata kunci yang paling populer yang berkaitan dengan video kamu di YOUTUBE CREATOR STUDIO, contoh kamu bikin judul “INI SAYA VIDEO” tetapi pada saat kamu lihat di daftar pencarian terpopular dari judul kamu berdasarkan kata kunci seperti di bawah ini :
    1. INI VIDEO SAYA 86%
    2 .VIDEO SAYA INI 25%
    3. INI SAYA VIDEO 15%
    Nah dari situ kamu sudah tahu bahawa kata kunci yang berkaitan dengan judul video kamu terpopular dalam pencarian YouTube adalah “INI VIDEO SAYA” jadi segera edit video kamu dan ganti judul yang tadi nya “INI SAYA VIDEO” menjadi “INI VIDEO SAYA” insyallah traffick kamu akan naik dan jika video kamu menarik Pelanggan kamu akan bertambah, jangan lupa juga manfaatkan media sosial, terutama GOOGLE+, cari komunikasi yang berkaitan dengan video kamu, join semua komunitasnya, setiap kali kamu upload silahkan kamu Share video kamu ke komunitas-komunitas tersebut untuk memancing traffick. Saran saya buatlah video yang sedang booming atau ngetren, jangan copy video orang lain, bijaksana lah dalam memilih backsound untuk video kamu. Semoga kamu semua berjaya. Amin.

    Itu saja masukan tambahan dari say.

    Sekian dan terima kasih.

    Wassalam.

    1. Tambahan untuk blogging.

      Silahkan audit (cek kembali) artikel-artikel yang telah kamu buat dan kamu publish. Maksudnya ? Maksudnya begini, setiap artikel yang telah kamu publish di blog kamu, silahkan kamu cek kembali setiap perkataannya, lihat apakah ada perkataan yang kurang tepat, atau kurang lengkap, contohnya, “manfaatkn” silahkan kamu edit catatan yang telah kamu publish tadi perkataannya menjadi “manfaatkan” Karna jujur seorang pembaca akan lebih menyukai sebuah artikel yang lengkap perkataannya dan jelas. Kamu bisa jadwalkan sendiri kapan audit akan kamu lakukan ke semua artikel-artikel kamu, saran saya lakukan lah audit, agar pengunjung lebih nyaman dan mudah memahami ketika membaca artikel-artikel kamu.

      Saya juga newbie, saya bukan Sok mau ngajari, tapi apa salahnya kita sama-sama belajar.

      Salam Super buat admin dan kawan-kawan semua.

      Prikitiew…

        1. Bang tolong bantuannya.
          Tadi pagi 2 video saya diterima adsense dan ada pemberintahuan kalau yoube saya sudah diaktifkan setelah mengikuti langkah2 yang bang jelaskan.
          Tapi saya cek video saya lewat warnet tidak ada iklannya.
          Gimana ya bang biar video saya ada iklannya.
          Video saya originil dan tidak mengandung porno,kekerasaan maupun perjudian.
          Makasih sebelumnya bang

          1. Untuk proses under review adalah 2 x 24 jam, dalam masa itu kita hanya bisa menunggu. Pastikan juga di browser tidak terdapat extention pemblokir iklan.

  65. mas saya mau tanya.
    jika saya mendownload video dari youtube, dan saya edit videonya, lalu saya upload videonya ke youtube kembali, apakah saya melanggar hak cipta?

  66. Saya baca komentar di atas sudah bisa memahami mas.. Jadi gak usah tanya lagi,. Trimakasih mas infonya, sukses selalu, amin

  67. Tanya om,, saya punya 2 channel 1 email, keduanya saya tautkan ke adsense dengan email yang sama (email youtube dan adsense sama) tapi herannya di channel saya yang satunya ada 1 video viewernya bisa 3000/ jam, tapi di adsense tidak ada pergerakan sama sekali. mohon bantuannya om.

    1. Bisa dilihat pada youtube analytic mas, termasuk penghasilan tertaksir. Nanti semua perhitungan akan masuk dashboard Adsense setelah tanggal 12 sampai 15 setiap bulannya.

      1. Makasih om sdh direspon.. di analytic ikhtisar penayangan 60rb, tp taksiran pendapatan cuma Rp 2.500. Yang jadi pertanyaan kenapa beda dengan channel saya yang satunya om terlihat balance gitu.. kemudian saya agak bingung juga di adsense saya, untuk bulan juni kemarin tercatat tampilan laman 72rb, tayangan 12rb, klik 543 penghasilan total 125rb,, tapi pas tanggal 12 juli kemarin saya buka penghasilan youtube untuk bulan juni Rp 2.400.000,- dan menjadi penghasilan terutang dan sekarang keterangannya saya sudah dikirimi PIN karena sudah mencapai ambang pembayaran. apa memang begitu om??

        1. Mau tanya mas.. akun adsens dan akun YouTube nya harus sama apa boleh beda?

  68. Tanya om,, saya punya 2 channel 1 email, keduanya saya tautkan ke adsense dengan email yang sama, tapi kenapa (email youtube dan adsense sama) tapi saya herannya di channel saya yang satunya ada 1 video viewernya bisa 3000/ jam, tapi di adsense tidak ada pergerakan sama sekali. mohon bantuannya mas.

  69. maaf mau tanya mas, tlg jawabannya ya, sy krng ngerti klo komen gni jawabannya ke email atau kmana ya, tp mdhn masuk ke email.
    pertanyaan : kalo kita share video youtube kita di facebook, trus di tonton di facebook apakah tetep dapet uangx?
    soalnya saat video itu di tonton di facebook tidak ada iklannya
    jadi masih pentingkah share itu d lakukan?
    mhn jawabannya mas, sy sudah masukkan email
    trimakasih

    1. Pendapatan Adsense berasal dari tayangan dan klik iklan, jika iklan tidak tampil maka hanya untung jumlah tayang video saja mas Nata 😀
      Tidak ada ruginya share ke FB, toh kita juga dapat sumbangan trafik dari sana, syukur-syukur dapat subscribers.

  70. Mas akun youtube saya sudah saya kaitkan sama gogle adsense, di dasbor youtube ada tulisan *mitra tervertivikasi* itu artinya di terima bukan mas?

    1. Itu pemberitahuan verifikasi dengan nomor telepon, jika sudah diterima nanti ada pemberitahuan melalui email mas Prasetya 😀

  71. Mas ,,,,saldo berjalan itu apa yahh,,,,,bulan Kemaren nggak sengaja liat di adsense saya,,,,saldo berjalan sktar 300rb an,,,,,,Pdal YouTube saya cm wat iseng2,,,,

    1. Saldo berjalan, berarti pendapatan sudah masuk ke dashboard adsense..Tinggal tingkatkan lagi jumlah videonya mas Zainu 😀

      1. KLo punya trik jitu tntang YouTube,,,,,,minta tolongnya sekalian kang,,,Heheheh

  72. Permisi, saya mau tanya kalo misalnya upload tutorial video game yang gamenya itu ada musik musiknya gitu kira kira melanggar gak ya kalau di upload?

  73. Mas kalo *konten berbayar sama *dana dr penggemar belum ijo apa sudah bisa menghasilkan uang? Sy cex trs dollarnya ttp 0

    1. Itu tidak mempengaruhi mas,,akan tetap mwnghasilkan jika jumlah tayangan youtube terus bertambah 😀

  74. mas, punya saya adsense youtube nya udah ga pernah nambah nih saldo nya, itu kira kira kenapa ya?

    padahal PIN baru submit kemaren

    1. Coba cek status Adsense (di dashboard adsense) dan cek status reputasi youtube, apakah ada masalah disana?

  75. bang gani, misalnya nih ya saya mau ambil video orang, tapi audionya diganti dengan yang lain, boleh ga tuh?.

    Soalnya saya sering liat video orang banyak di copy dan orang yang mengcopy itu bisa memasang iklan di video itu, bukannya itu melanggar juga ya?

    1. Jika menggunakan video yang tdak berlisensi ya mana-aman saja mas, tapi jika video diproteksi dengan content ID maka akan sangat beresiko.

      1. ada triknya ga mas untuk mengetahui video yang content id dan lisensi?

  76. Misalnya youtube sy dikaitkan dengan GA dan sudah masuk earningnya sebagian ke GA. Kemudian tiba2 akun youtube kena banned reputasi buruk karena gak sengaja langgar hak cipta. Apa itungan di GA nya ikut hilang mas?

    1. kalau video bereputasi (sangat) buruk fitur monetiza akan di nonaktifkan secara otomatis mas iwan, jadi tidak ada pengaruh dengan akun Adsense dan earning tidak akan hilang. Biasanya banned Adsense banyak terjadi karena disebabkan invalid activity.

  77. Maaf saya baru belajar upload diyoutube. Saya rekam kegiatan anak saya yang masih balita sehari hari hanya mengunakan ponsel aja.
    Apa video tentang kelucuan anak2 sehari-hari itu bisa menghasilkan mas.
    Atau tergolong video dengan reputasi jelek mas. Karna saya hanya merekam kegiatan anak saya sehari-hari tanpa ada editan sama sekali.
    Mohon infonya terima kasih

    1. It video original yang bagus mas Zainul : yang dianggap bereputasi buruk adalah Video yang melanggar kebijakan komunitas youtube, tanpa di edit pun akan menghasilkan video yang bagus asal jangan terlalu banyak goyang videonya 😀

  78. mau nanya ni mas,di akun youtube saya suda lumayan banyak yg saya upload,tp kenapa like/penayangan video saya sama sekali tidak ada yang like,koq bisa ya mas,apa ada krsalahan di akun saya,trm kasih

    1. masalah Like (suka) video kan tergantung penilaian pennton mas 😀 Kalau video asli (original) dan menarik pasti banyak sekali yang akan mengarahkan mouse ke tombol LIKE 😀

  79. waaah senengnya.. ada juga yang membahas youtube adsense.. oh ya mas kalo untuk upload youtube kids apakah sama caranya dengan youtube.com .
    .. misal nih Saya punya toko mainan terus saya rekam tuh robot yang lagi berjalan…. menurut Mas admin gimana apakah seperti itu prospeknya bagus?

    1. Saat ini youtube kids hanya menampilkan iklan “paid Ads”, dan kategori video yang ditampilkan harus memenuhi standar penayangan khusus buat anak. saat ini hanya berupa aplikasi mas, untuk mendaftar masih dengan beberapa kriteria yang cukup ketat.

  80. Permisi gan.. ane mau nanya nih, ane baru aktifin monetize dan ane udah upload 2 video. Video pertama viewers udah 200 rb-an tp gak bisa dimonetize dan ane baca ada hak cipta dari Tr*nsCorpTV. Nah itu klo ane reupload apa bakal kaya gitu lagi? dan video yg kedua baru saya upload dan langsung saya monetize dan bisa (ada gambar dollar warna hijau) tapi pas saya cek di app google adsense lewat hp saya, viewernya malah cuma satu dan penghasilan 0 gan. Jadi setiap brp hari kita dibayar dr iklan gan? Makasih sebelumnya.

    1. Jika diulang lagi maka akan dicekal mas, karena konten yang berhak cipta. Penghasilan Adsense youtube sementara bisa dilihat pada dashboar Analytic youtube dan akan ditambahkan ke dashboard Adsense setiap tanggal 15 setiap bulan.

  81. Alhamdulillah. Untung saja tidak ada satupun dari kelima faktor tersebut pada video yang saya upload ke YouTube.

  82. misi mas ane newbie mau nanya 😀
    sebenarnya kita dapatin uangnyah dari subscribe atau iklan adsense mas? 😀
    akun youtube ane sudah dikaitkan ama GA mas dan udah di monetasi truss saya harus gmna nih mas? 😀

  83. hallo mas saya udah menjadi anggota youtube 19 Okt 2011 – 4 Mei 2016 penayangan 50.000 pendapatan baru 7.42 dolar mohon pencerahan nya mas

      1. JUMLAH VIDEO 95 BRO DAN CARA LIHAT PERTAMA DI dimonetize GIMANA

        1. Itu sejak tahun 2011 kan..lha proses daftar ke Adsense pada tahun berapa mas?
          Adsense hanya akan menghitung penghasilan semenjak video didaftarkan, bukan sejak video pertama kalinya di upload.

          Jai perhitungan aktif Earning akan dimulai sejak video dimonetize, cek pada dashboar Adsense..sejak kapan penghasilan masuk,,Nah nanti baru akan tau.

          1. ini data adsesnse ku masbro :
            penghasilan terakhir 22 juli 2015 – 11 may 2016

            1. penghasilan terakhir=0
            2.tampilan laman = 61,224
            3. tayangan = 21,460
            4. klik = 495
            5. rpm = 0,16
            6. pps = 0,46

            yang saya tanyakan kok penghasilan 0 NOL

            1. Date Page views Impressions Clicks Page RPM (USD) Impression RPM (USD) Active View Viewable Estimated earnings (USD)
              23/07/2015 11 9 0 0.00 0.00 50.00% 0.00
              24/07/2015 62 67 2 0.76 0.70 73.08% 0.00
              25/07/2015 37 39 0 0.00 0.00 73.33% 0.00

  84. met pagi mas.. saya mau tanya, setelah adsense dan youtube terhubung, apa lagi yg harus dilakukan selain terus upload video mas? soalnya page views saya udah byk, bahkan di penghasilan youtube udh lebih dari ambang batas pembayaran adsense, tapi di adsense nya malah gk naik2, page view di adsense naik terus, imbang dg page view youtube, tapi current balance sama estimated earning nya udah lebih 3 bulan masih 0,00 terus, monetize sya gak ada masalah, cm akun saya reputasi buruk sampai tanggal 28 mei, apa ad pengaruh mas? atau ada settingan nya yg lain yang belum sya setting?? masih agak bingung sm adsense.. mksh mas

    1. Jika terkena reputasi buruk maka fitur-fitur tertentu akan dinonaktifkan, biasanya hal ini akan berjalan selama 6 bulan terkait pelanggaran yang dilakukan. Nah, jika fitur monetize-nya masih berwarna hijau kemungkinan masih bisa dicairkan.

      Jadi memang harus menunggu sampai batas waktu status reputasi buruk hilang, baru semua fitur bisa aktif lagi termasuk fitur monetize aktif kembali.

      Tetapi jika sampai batas waktu yang ditentukan fitur monetize tidak aktif, maka uang akan dikembalikan kepada Advertiser. nah itu resikonya mas Yudhi.

      Baca : Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube (Bad Standing)

      1. Kalau monetize masih bisa mas. berwarna hijau, dan durasi video hanya dbwh 15 mnt, trus sya juga mmg ada upload video dari rekaman tv, film anak2, kebetulan anak sya suka nton filmnya di youtube, skalian aja sya upload filmnya, dan bisa dimonetize, page view di youtube terus bertambah, dolar di youtube terus bertambah, page view di adsense jg terus bertambah, tapi taksiran penghasilan “hari ini hingga saat ini” tetap US$.0,00, “saldo berjalan” juga gak pernah nambah2,bahkan gk berubah dari jumlah bbrp bulan lalu, kemana pergi dolarnya mas, kok gk masuk di adsense saya? pedoman komunitas masih REPUTASI BAIK mas, HAK CIPTA yang reputasi buruk, apa karna reputasi buruk hak cipta dolar sya gk bertambah mas? nunggu sampai akhir masa reputasi buruk berakhir baru masuk dolarnya?

        1. Betul mas Yudhi, harus menunggu reputsi buruk berakhir, nantinya Earning juga akan diperhitungkan mengenai video yang melanggar hak cipta. Biasanya akan dikurangi saldonya dengan alasan akan dikembalikan ke Advertiser.

          1. Oooo.. begitu.. Mudah-mudahan aja setelah reputasi buruk berakhir earningnya berubah.. satu lagi mas.. gimana klo saya upload video dari rekaman tv mas? ada yg bilang, memang ada yg bs di monetize, page views youtube meningkat, penghasilan youtube meningkat, tapi diearning tidak bertambah, itu earningnya masuk ke yang punya video, apa itu benar mas?

            1. Betul sekali..pageview bertambah..tapi penghasilan NOL Karena rata-rata siaran TV diproteksi dengan content ID. Jadi walaupun iklan muncul tapi penghasilan masuk ke kantong yang punya lisensi Content ID.

              1. jadi.. kesimpulannya, earning saya bermasalah, karna reputasi buruk atau karna Content ID mas…??

                  1. Oke.. makasih byk infonya mas.. berguna banget..

  85. mas mau tanya nih. sy punya video yg bs d monetize, awalnya ada iklannya trus smpt ada tulisan video ini tidak memenuhi sarat monetize, tp g lama kemudian tombol dolar nyalah lagi sampe skrng sayangnya iklan g muncul, pdhl pengunjung udah 5000 tp ga menghasilkan dolar

    1. Biasanya video terkait dengan pelanggaran komunitas youtube, atau ada kecocokan dengan pihak ketiga, seperti penggunaan musik atau lagu atau hak cipta Content ID. Jadi fitur monetize nya nonaktif dengan sendirinya.

      1. padahal sampe skrng fitur monetize masih bisa on/off, tp sygnya iklan g bs muncul walau posisi sedang on, bdw untuk menampilkan iklan video yg bs d skip itu apa ada sarat kusus

          1. saya pernah upload video dg sound yg ada hak ciptanya, tp kasusnya jelas cz ada keterangan, tp yg ini aneh, iklan g bs muncul pdhl status monetize on

            1. Semua aturan untuk penampilan iklan tergantung kebijakan komunitas youtube mas, jika Video original bisa dipastikan bisa aktif langsung iklannya.

  86. mas untuk merubah $ warna ijo ke biru gimana?,
    sedangkan mas bilang chat di atas sekarang ganti biru

    ganisebastian

    Sekarang warna dolarnya memang biru mas :D, bukan hijau lagi.

    1. Baberapa minggu lalu memang warnanya biru mas, termasuk punya saya. Tapi memang sekarang udah berwarna hijau lagi. Ya tidak manjadi masalah mas, asalkan eaening tetap berjalan dan video tidak terkena peringatan ataupun pelanggaran komunitas youtube.

      1. tampilan disamping video saya ada dua yaitu $ dan (gambar keterangan publik)
        sedangkan saya lihat gambar yang di tutor situs lain ada 3, yang satunya gambar “centang”
        apa tampilannya berubah juga mas untuk yang sekarang?

        1. Untuk centang adalah tanda peringatan pelanggaran mas terkait komunitas atau hak cipta, kalau gk ada tandanya berarti aman. 😀

          1. ow berarti aman.
            terima kasih mas infonya
            sukses selalu

  87. Saya memasang video yotube di postingan blog dengan tujuan memanfaatkan trafik blog, apakah tayangan video di blog itu bisa dihitung? terus iklanya kenapa tidak muncul apabila diputar pada blog padahal kalo diputar disitus youtube iklannya muncul

    1. Viewer akan tetap bertambah mas, iklan video tidak tampil di blog biasanya karena frame javascript berbenturan dengan theme atau template, jika menggunakan wordpress bisa pakai plugin video embed yang sudah support html5 mas Amank.
      Silahkan cek video yang saya tampilkan di blog, iklan akan tetap muncul. : Video iklan kreatif.

  88. admin kenapa ya view sayaa sudah 2.000 tetapi belum dapat dolar,sepeser pun
    terimakasih..

    1. View 2000 total atau per video mas? Bisa dilihat di dashboard youtube analytic untuk hasilnya, dan akan ditambahkan ke dashboard Adsense setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya.

  89. Saya sudah daftar adsens youtube, sudah disetujui dan iklan sudah tampil di Video nya, itu sistem nya nanti brarti kita dpt reward kalau ada yg klik iklannya ya ? Terima Kasih sebelumya, maaf pertanyaan Newbee 😀

  90. permisi mas, salam kenal dari saya. Mau tanya mas mohon bantuannya, saya punya beberapa video tutorial hasil rekaman kamera kemudian saya edit dengan menambahkan audio efect. pertanyaan saya apakah video saya bisa di monetize.? sebab dalam proses pengeditannya saya menggunakan software gratisan. baik itu software edit video maupun edit audionya. terima kasih atas pencerahannya…

      1. permisi lagi mas, mau tanya lagi. kalau misalkan dalam audionya saya tambahi efect suara yang saya dapat dari download gratis kira-kira di tolak nggak ya? misal efect suara hewan dll. terima kasih atas jawabannya

          1. ciri-cirinya apa mas atau bagaimana cara mendeteksinya? terima kasih banyak mas Gani…

            1. Kalau cirinya memang agak kesulitan untuk mendeteksi, nanti akan dicekal pihak youtube sewaktu upload videonya yang berisi audio yang melanggar hak cipta.

  91. Mas saya mohon bantuan
    video youtube saya telah di terima adsense tetepi setelah video saya monetisasi logo dolar biru nya tidak berubah
    ke hijau dan di video masih belum ada iklan.
    mohon info nya mas

  92. Mas, saya kan termasuk hobi main games clash of clans. Gimana kalau pas saya battle (war) itu saya rekam terus saya upload ke youtube apakah itu tidak masalah?
    satu lagi mas, kalau kita mengaktifkan otorisasi situs di setingan adsense apakah kalau kita mengaitkan adsense dng youtube juga perlu otorisasi situs juga? kalau iya apa kita cukup memasukan youtube.com dalam situs yang diotorisasi?
    terima kasih atas jawabannya mas.

    1. 1. Tidak mas, hasil merekam game video dengan perangkat lunak adalah termasuk video buatan sendiri dan bisa di monetize, ini berbeda dengan merekam siaran TV atau film, karena pada dasarnya video sudah ada dan sama persis.

      2. Cukup dikaitkan dengan email Adsense pada pengaturan monetize di dashboard youtube, nanti pemberitahuan aktifnya juga dilihat dari situ.

  93. Gan, nanya lagi 😀
    Untuk video youtube kalau kita share di suatu situs dan situs itu langsung nampilin/mutar video kita di situsnya, apakah iklan monetisasi akan muncul di video tsb?? (saya pasang video tsb di forum kaskus gan 😀

    1. Iya ..otomatis iklan akan tampil kalau video tersebut diputar. Tapi hati-hati, sebab bisa dianggap spam juga lho sama yang punya forum 😀

  94. mas saya numpang nanyak, saya sudah terdaftar di google adsense, knp video youtube saya masih belum mendapatkan iklan ? dan kenapa tampilan uangnya masih berwarna biru mas ? bukannya seharusnya berwarna hijau ya mas, mohon pencerahannya mas

    1. Dulu memang berwarna hijau mas..tetapi sekarang berrganti biru. Tinggal seting tampilkan iklan saja mas, nanti muncul sendiri 😀

      1. Aduuh allhamdulillah kalau gitu, kirain gk diterima, hahahaha makasih mas, ohya mas nanya lagi, kalau cara setting iklannya bagaimana ?? Disini agak bingung mas, dan sistem kerja dari google adsense ini pun agak bingung, kita menghasilkan uang apabila ada yg melihat iklan di video tersebut tanpa harus di skip add atau dari hitungan viewer atau dari like video mas ? Terakhir mas, kalau gambar uangnya itu ada garis berarti udah mnghasilkak uang atau tampilan uangnya gk ada garis mas yg mnghasilkan uang. ? Soalnya gambar uangnya ada 2, satu ada garisnya dan satu lagi gk ada garis mas, Aduuh maaf banya nanya mas, masih pemula, atau saya boleh minta kontak bbm mas ?biar nanyaknya lebih enakkan, mas udah kek guru soalnya

        1. 1. Selain hasil klik dari iklan, untuk Adsense youtube juga menerapkan pembayaran dari iklan dengan sistem BPS (Biaya Per Seribu tayang) Untuk lebih jelasnya bisa lihat detail pembayaran Adsense.

          2. Kalau ada garis, berarti video belum di seting atau belum di aktifkan monetizenya, pastikan dalam video tidak ada peringatan tentang pelanggaran hak cipta. Setelah seting iklan di aktifkan maka iklan akan muncul secara otomatis.

          3. Boleh mas kontak saya,,Anytime atau bisa ke halaman panduan 😀

          1. termakasih sebelumnya mas, maaf kalau agak cerewet, dan terakhir saya mau nanyak ni mas, gmn cara setting iklan di video youtube kita sndiri mas, soalnya iklan di video saya belum muncul mas ? mohon bantuannya

  95. Mas saya mau tanya saya minat dg youtube adsense yg saya ma| tanya kan adalah saya punya banyak video tapi video saya kebanyakan lagu2 yg di nyanyiak di tempat hajatan d[ kampung2 biasanya kan lepas di rekam pihak tuan rumah minta kaset rekaman nya dan saya biasa meng copy isinya dulu jadi saya punya video rekana banyak apakah bisa di upload ke youtube dan di jadikan duit pakai adsense, tolong penjelasannya mas kalau >oleh kirim penjelasannya ke emil saya terimakasih sebelum nya

    1. Owhh..bisa mas, jika rekaman sendiri video bisa di monetiza. Dan jika nanti ada claim pihak ketiga atau lagu yang mempunyai hak cipta maka akan dianggap sebagai lagu cover yang dinyanyikan ulang dan hasilnya akan dibagi dua dengan pemegang hak cipta.

      Selengkapnya bisa baca disini : cover lagu di youtube untuk di uangkan

  96. mas sy upload video dari slide foto, buat voicenya sy pake text to speech, music latarnya dr audio library youtube.
    isis videonya menenai berita terbaru hari ini dr beberapa web terkal indonesia, tentunya tidak serta merta coppas tp sy edit teksnya ala sy, kemudia dibacakan oleh text to specch dengan menyertakan sumber web dr berita td. pertanyaan apakah sy melanggar ketentuan youtube dan ketentuan web yang sy ikutin beritanya. tks.

    1. lebih jelasnya sample video sy ini mas . tolong bantuanya. mas sy kurang paham youtube. trima kasih !!

      1. tambahan mas, karena sumber berita sy cantumkan, apa sy termasuk pencemaran nama baik pada orang yang sy beritakan?

    2. Secara garis besar sudah membuat konten video sendiri, walaupun berupa slide dan text to speech, saya kira tidak melanggar ketentuan, asalkan isinya sesuai pedoman komunitas youtube.

      Maaf, link terdelete otomatis atas kebijakan berkomentar di blog ini, tapi saya sudah lihat kok. 😀

      Owh..tidak mencemarkan nama baik, kan pemberitaannya sudah ada sebelumnya di media Lain.

  97. Mas diyoutube banyak yg upload mengenai berita2 politik terbaru. Berisi slide foto dengan narator dr aplikasi. Apakah hal tersebut melanggar aturan youtube? Walaupun berita tersebut benar adanya dan ada link reperensinya. Tks.

    1. Kalau beritanya berupa video jelas melanggar mas, karena rata-rata video berita dari televisi menggunakan content ID.

      Itu proteksi paling kuat, walaupun bisa di upload, tapi hak monetize ada ditangan pemegang content ID..

      Dengan kata lain, iklan akan tetap muncul tapi tidak ada penghasilannya.

      Kalau hanya slide foto yang di isi narasi sendiri itu bukan termasuk pelanggaran, kan wujud videonya tidak meniru dan sudah merupakan hasil karya sendiri.

  98. Apakah reupload video creative commons melanggar? Tolong penjelasannya gan

  99. Mas maaf mau tanya, kalau earn di YouTube selalu berkurang penyebabnya apa ya mas
    Soalnya punya saya setiap hari jumlah $ di dasbor selalu berkurang.

    1. Begini mas purnomo, Adsense langsung menambahkan earning begitu terjadi klik ataupun hasil dari total setiap penayangan yang mencapai 1000.

      Akan tetapi itu penghasilan tertaksir atau penghasilan kotor. Nantinya ada sistem audit yang menganalisa sumber trafik atau kegiatan invalid (invalid activity). atau klik yang tidak syah.
      Jika pihak Adsense menemukan hal itu, maka dalam waktu kurang dari 24jam atau selambat lambatnya 48jam penghasilan akan dipotong kembali.

      Itu yang sedang sampeyan Alami mas..jadi kemungkinan besar terjadi invalid activity. entah itu lalulintas trafik atau iklan yang sengaja di klik sendiri.

      1. bismilaa !! mas akun saya terkena reputasi buruk !!
        namun earning sudah 100 usd lebih !! akan tetapi tiba2x pada awal bulan earingnya berkurang >> ada apa itu mas ??

  100. mas kenapa di video youtube saya gak tayang iiklan?/
    padahal sudah di monetisasi,,,
    tolong jawabanya mas,,,

    1. Kemungkinan video “under review”, atau lagi dalam masa review dari Adsense terkait pedoman komunitas youtube.

  101. Mas mau tanya..
    Kenapa akun youtube saya blm juga di tempelin iklan ya? Padahal viewer nya lumayan banyak. Knp y mas?

  102. sangat membantu. saya baru mulai mencoba. maaf mau nanya, misalkan video dari handphone apa bisa dimonetize? setelah upload video ada pilihan perbaiki video, video anda mungkin sedikit goyang. apakah jika sudah di klik perbaiki video itu, video menjadi layak mas? terimakasih sebelumnya

    1. Ada fitur perbaikan video pada youtube, tetapi mungkin hasilnya kurang maksimal. Semua jenis video yang bisa diupload di youtube layak di monetize asal tidak melanggar pedoman komunitas youtube.

  103. mas akun youtube saya juga belum dapat sepeserpun padahal video udah ada yang tonton lebih dari seratus, reputasi baik, isi video semua tentang tutorial, dan semuanya asli hasil bikinan saya sendiri. GImana ya solusinya?

    1. Penghasilan adsense di youtube akan muncul di dashboard adsense setelah tanggal15 setiap bulan mas, dan penghasilan tertaksir sementara bisa dilihat di dashboard youtube analytic

  104. kenapa banyak sekali acara tv yang di upload di youtube itu bisa dimenetize ya mas?.viewers nya banyak pula..apa tidak melanggar hak cipta?

      1. jadi percuma dong yang upload video rekaman tv ..hehe…makasih penjelasannya mas…artikelnya sangat menarik

      2. Malam mas gani. Sebelumnya saya mau nanya nih, saya masih pemula di dunia YT.
        Saya udah ikuti cara langkah langkah untuk mendapatkan pendapatan di dunia YT. Tapi problemnya ada di monetisasi. Saya sudah centang di bagian monetisasinya, tetapi terdapat tulisan (ini adalah versi cover saya yang di bawakan dari lagu yang di tulis orang lain).. mohon pencerahanya mas. Thx

Back to top button
Close