Tips Membuat iPhone Menjadi Aman

5 Tips Membuat iPhone Menjadi Aman

Tips Membuat iPhone Menjadi Aman – Semakin berkembangnya teknologi masa kini, juga membuat risiko dari segi kemaan menjadi semakin rendah. Sebagai pengguna, kita tentu harus tetap memperhatikan masalah keamaan tersebut.

Banyak dari kita mungkin hanya sekadar menggunakan gadget tanpa meninjau kembali mengenai keamaan perangkat yang kita gunakan. Kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, barulah menyesal kemudian.

Baca jugaHati – hati !! Pelaku Phising Menyasar Pengguna iPhone

Tips Membuat iPhone Menjadi Aman

Khusus untuk pengguna iPhone, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk semakin meningkatkan keamanan dan membantu menjaga gadget dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

1. Aktifkan Kunci Layar

Tips Membuat iPhone Menjadi Aman
Gambar: computerworld.com

Tentu akan lebih aman apabila kamu menggunakan passcode sebagai kunci pembuka layar. Jangan sampai iPhone bisa diakses oleh orang lain dengan mudah, hanya dengan melakukan swipe atau mengusap layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka menu Settings > Touch ID & Passcode atau Settings > FaceID & Passcode lalu mendaftarkan sidik jari atau wajah kamu.

Setelah itu, pastikan juga kalau iPhone Unlock diaktifkan setelah kamu mengatur passcode.

2. Buat Kunci Layar Aktif Lebih Cepat

Ini juga hal yang cukup penting. Kamu perlu mengatur kunci layar aktif lebih cepat supaya layar iPhone tidak dalam keadaan aktif dalam waktu yang lama.

Loading...

Hal ini mencegah ada orang lain yang mengambil iPhone kamu yang dalam keadaan tidak terkunci.

Kamu bisa memilih waktu yang paling cepat melalui pengaturan Touch ID & Passcode. Pilihan yang paling aman adalah pada menu Require Passcode, lalu memilih opsi Immediately.

Dengan pilihan ini, setiap orang yang ingin membuka iPhone kamu harus memasukkan passcode tidak peduli kapan pun terakhir kali digunakan.

3. Nonaktifkan Siri dari Control Center

Sumber: igeeksblog.com

Siri bekerja sebagai asisten suara pintar yang memiliki kemampuan artificial intelligence (AI). Dengan kemampuannya ini, Siri mampu dengan mudah memelajari kebiasaan penggunanya, termasuk hal-hal yang bersifat pribadi.

Kecanggihannya tersebut juga bisa memiliki potensi resiko bagi penggunanya.

Bisa saja ada serangan malware dari luar yang bisa membobol dan mencuri data pribadi atau bahkan passcode pada perangkat iPhone kita.

Agar iPhone kamu lebih aman, alangkah baiknya apabila kamu memilih untuk menonaktifkan Siri dan Control Center pada Lock-Screen.

Cara menonaktifkan akses ke Siri dan Control Center dari Lock-Screen cukup mudah, tinggal buka Settings > Touch ID & Passcode (atau FaceID & Passcode).

Setelah itu nonaktifkan Control Center dan Siri pada daftar Allow Access When Locked.

4. Aktifkan Find My iPhone

Gambar: idownloadblog.com

Untuk mengaktifkan fitur Find My iPhone, masuk ke menu Settings > [nama akun] > iCloud > Find My iPhone lalu aktifkan Find My iPhone.

Mengaktifkan Find My iPhone adalah hal sederhana yang sangat penting sebagai jaga-jaga kalau saja perangkat iPhone kita tercuri hilang dari genggaman.

Jika hal apes itu terjadi, kamu akan bisa dengan mudah dan cepat mengetahui lokasi di mana perangkat kamu berada.

Dengan demikian, setidaknya kamu bisa mengahpus seluruh file penting dengan melakukan remote jarak jauh.

5. Gunakan Autentikasi Dua Langkah (Two-Step Authentification)

Meski cara ini terbilang lebih rumit, namun jasilnya juga memiliki tingkat keamanan yang paling baik.

Sistem autentikasi dua langkah memang saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai platform yang membutuhkan keamanan tinggi seperti mobile banking, e-mail, atau media sosial.

Dengan menggunakan cara ini, perangkat kamu seolah memiliki dua tembok yang sulit dihadang musuh.

Meski ada orang yang mengetahui passcode kamu, tetap saja masih diperlukan langkah lanjutan untuk dapat mengakses masuk.

Langkah tersebut adalah memasukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor telepon yang sebelumnya sudah terdaftar dengan Apple ID pengguna.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat perangkat iPhone menjadi lebih aman dari berbagai risiko, mulai kehilangan, pencurian data, hingga akses oleh orang yang tidak berhak.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Komentar

    Avatar

    Tips PintarQ

    ( - 10:04)

    Bermanfaaf bang gani….. Semangat terus, saya pengunjung setia blog klikmania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *