Memilih Kamera Smartphone

5 Tips Memilih Kamera Smartphone yang Bagus untuk Menghasilkan Foto Berkualitas

Tips Memilih Kamera Smartphone – Pada era majunya teknologi sekarang ini, ponsel atau smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi semata. Salah satu fitur yang terus berkembang adalah kamera.

Adanya kamera pada ponsel bahkan semakin membuat turunnya popularitas kamera digital. Apalagi saat ini cukup banyak smartphone yang memiliki kamera berkualitas tinggi.

Namun, jangan salah menilai sebuah kamera pada smartphone. Tingginya pixel pada kamera tidak sepenuhnya menjamin kualitas suatu ponsel tersebut.

Baca juga: 5 Fungsi Kamera Depan Smartphone yang Bukan Hanya Untuk Selfie Saja

Tips Memilih Kamera Smartphone yang Bagus

Ada beberapa fitur yang harus ada dalam kamera yang bisa menghasilkan foto berkualitas. Mungkin beberapa diantara kamu tidak terlalu memperhatikan.

Berikut ini tips Tips memilih kamera smartphone berdasarkan fitur serta fungsinya.

1. Pilih Smartphone dengan Dukungan LED Flash Berkualitas Tinggi pada Kameranya

Memilih Kamera Smartphone
Foto by AliExpress.com

Faktor pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia fotografi. Dengan pencahayaan yang baik, tentu foto yang dihasilkan oleh kamera akan tampak lebih bagus.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih kamera smartphone yang memiliki 2 LED Flash atau biasa dikenal dengan istilah dual-tone flash.

Loading...

2. Wajib Memiliki Fitur Autofokus

Fitur autofokus dalam sebuah kamera smartphone memiliki fungsi untuk lebih memfokuskan foto atau rekaman ke suatu objek. Tanpa adanya fitur ini, foto yang dihasilkan tidak akan fokus atau bahkan bisa jadi buram dan tidak jelas.

Meskipun smartphone itu memiliki ukuran megapixel yang besar, foto yang dihasilkan tidak akan bagus dan berkualitas tanpa adanya fitur yang satu ini.

3. Semakin Kecil ‘Aperture‘ Lebih Baik

Aperture adalah lubang yang ada di kamera yang berguna untuk menarik cahaya masuk ke dalam lensa kamera. Semakin kecil ukuran aperture dalam sebuah kamera smartphone, maka akan semakin bagus pula gambar yang bisa diikat masuk.

Di antara kegunaan dari aperture adalah mampu menambah dimensi foto dengan membuat latar belakang menjadi kabur.

Kecilnya aperture juga akan memungkinkan bisa mengambil gambar meski dalam keadaan yang minim akan cahaya.

4. Memiliki Fitur HDR

Memilih Kamera Smartphone

Dengan adanya fitur HDR atau High Dynamic Range, kamera akan dapat mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang lebih luas dan dinamis ketimbang foto yang diambil tanpa mengaktifkan HDR.

Mengambil foto dengan mode HDR akan membuat kamera mengambil beberapa gambar sekaligus dengan paparan cahaya yang berbeda.

Setelah itu, gambar akan dikombinasikan menjadi satu gambar dengan tingkat pencahayaan terbaik. Oleh akrena itulah, mengambil foro dengan mengaktifkan HDR memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.

5. Mendukung untuk Rekaman 4K

Kam 4K Recording Smartphone Camera
Sumber: Heavy.com

Bagi kamu yang mencari smartphone dengan kamera yang bagus untuk merekam video, sangat penting untuk memilih kamera smartphone yang telah dilengkapi dengan resolusi 4K.

Dengan kamera yang sudah beresolusi 4k, maka hasil rekaman video tentu akan lebih jernih.

Baca juga4 Smartphone dengan Megapixel Kamera Terbesar di Dunia

Dari penjelasan diatas, beberapa fitur ini disediakan oleh smartphone canggih. Untuk harganyajuga bervariasi, tergantung spec yang di usung oleh smartphone itu sendiri.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *