Review ProdukTekno

6 Alasan Kamu Harus Beli Realme 6, Saingat Berat Redmi Note 8 Pro

Realme 6 vs Redmi Note 8 Pro

6 Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Realme 6 – Di artikel sebelumnya, kami telah membahas dan memberikan 6 alasan mengapa kamu harus membeli Redmi Note 8 Pro dan mengatakan bahwa Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone midrange terbaik di harga 3 juta’an.

Namun, di artikel tersebut kami juga menyinggung smartphone kelas midrange dari Realme yang dirilis semata-mata untuk bersaing dengan Redmi Note 8 Pro. Smartphone tersebut tidak lain adalah Realme 6.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Realme 6 juga hadir dengan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Redmi Note 8 Pro. Dan beberapa keunggulan tersebut tentunya dapat menjadi faktor penentu saat memutuskan untuk memilih antara Realme 6 dan Redmi Note 8 Pro.

Di artikel ini, kita akan membahas keunggulan dan kelebihan dari Realme 6 lalu membandingkanya dengan Redmi Note 8 Pro agar dapat membantu kamu untuk memutuskan smartphone mana yang cocok dan sesuai untuk kebutuhuhan serta keperluan kamu.

Langsung saja kita bahas.

Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Realme 6

Beli Realme 6
Sumber: Realme

1. Desain & Build Quality

Desain Realme 6 sangat mirip dengan predesessornya (Realme 5) yang mengkilap dan mempesona.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Dibagian samping kanan, terdapat tombol power yang juga berperan sebagai pemindai sidik jari (side-mounted fingeprint scanner). Sedangkan tombol volume dapat ditemukan disebelah samping kiri.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Namun tidak seperti Redmi Note 8 Pro yang bagian depan dan belakangya dilapisi dengan Gorilla Glass 5, Realme 6 hanya menggunakan Gorilla Glass 3 dibagian depan dan plastik back cover untuk bagian belakang yang tidak dilapisi apapun terkecuali paint job yang memang terlihat menarik untuk dilihat.

Realme 6 menggunakan desain curved dengan glossy finish untuk bagian punggungnya yang dihiasi paint-job bertema warna gradien.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Akan tetapi sama seperti Redmi Note 8 Pro, Realme 6 juga menggunakan plastik sebagai rangka utamanya.

Bagian belakang Realme 6 memang tidak dilindungi dengan Gorilla Glass, namun sekarang ini, rata-rata para pemakai smartphone menggunakan hard/softcase meskipun bagian belakang smartphone mereka sudah dilapisi dengan Gorilla Glass.

Sangat jarang untuk menemukan seseorang dengan smartphone mereka yang tidak menggunakan hard/softcase. Hal tersebut mungkin karena mereka menilai bahwa smartphone miliknya merupakan investasi yang harus di-lindungi semaksimal mungkin.

Jadi, meskipun Realme 6 hanya menggunakan Gorilla Glass versi lama untuk bagian depan dan plastik back cover untuk bagian belakangnya.

Hal tersebut tidak menjadi masalah besar karena kamu dapat melindungi Realme 6 dengan soft/hardcase yang dapat ditemukan dengan mudah di Internet.

Beberapa diantaranya bahkan menawarkan custom soft/hardcase dimana kamu dapat menggunakan desain buatan kamu sendiri.

2. Layar

Untuk layar, Realme 6 dan Redmi Note 8 Pro sama-sama menggunakan IPS LCD panel berukuran 6.5-inchi yang memiliki resolusi Full-HD+.

Namun, pada aspek inilah dimana Realme 6 lebih unggul dari Redmi Note 8 Pro.

Berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang masih menggunakan layar standar 60Hz, Realme 6 mengadopsi high refresh rate LCD display yang sanggup menampilkan 90 gambar per-detiknya (90Hz/90Fps).

Sumber: Realme

Hal tersebut akan membuat animasi terlihat lebih mulus dan membuat gameplay menjadi lebih responsif sehingga terasa lebih menarik dan lancar saat dimainkan.

Tidak hanya itu, Realme 6 juga menggunakan solusi punch-hole cutout untuk mengakomodasi kamera selfie yang dinilai lebih modern meskipun mengorbankan sedikit pixel pada layarnya.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Untuk kamu yang hobby bermain games terutama game-game kompetitif seperti PUBG Mobile, Mobile Legend, Free Fire, Dsb. High refresh rate display yang dimiliki Realme 6 dapat memberikan kamu sedikit kelebihan dari lawan kamu yang masih menggunakan standar 60Hz display walaupun sebenarnya tidak seberapa. Akan tetapi, animasi memang akan terlihat lebih enak dilihat di layar Realme 6.

3. Performa

Sama seperti Redmi Note 8 Pro, Realme 6 juga menggunakan MediaTek gaming-centric SoC yakni Helio G90T lengkap dengan fitur HyperEngine.

Bagi yang belum membaca artikel sebelumnya atau memang belum mengetahui spesifikasi Helio G90T, SoC ini menggunakan 8x CPU Cores yang terdiri dari 2x 2.05 GHz Cortex-A76 high performance cores dan 6x 2.0 GHz Cortex-A55 high efficient cores.

Untuk menangani pekerjaan grafis, MediaTek menkorporasikan Mali-G76 MC4 GPU yang sanggup bekerja hingga frekuensi 800Mhz.

Performa Helio G90T terbilang lebih tinggi dari Snapdragon 710/Snapdragon 665 dan bahkan sanggup menyaingi Snapdragon 730G yang biasanya digunakan untuk smartphone di harga 4 juta’an.

Jadi, Realme 6 atau Redmi Note 8 Pro, kamu tetap akan mendapatkan performa yang setara.

4. Kamera

Realme melengkapi Realme 6 dengan Quad Camera setup dengan spesifikasi yang identik seperti Redmi Note 8 Pro.

Kamu mendapatkan empat kamera yang terdiri dari sensor Quad Bayer 64MP (Samsung Bright GW1), 8MP Ultrawide-angle, 2MP Macro, dan 2MP Depth (B/W) sensor yang disusun secara vertikal pada bagian kiri atas di punggung Realme 6.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Kamera utamanya memiliki fitur 2x Crop Zoom dan mampu merekam video 4K @60FPS serta 1080p @30/60/120FPS.

Sayangya, Realme 6 tidak dilengkapi fitur slow-motion video capture seperti Redmi Note 8 Pro. Jadi bagi yang menginginkan fitur tersebut mungkin akan merasa sedikit kecewa.

Untuk kamera depan, Realme 6 juga menggunakan sensor yang resolusinya terbilang lebih rendah dari Redmi Note 8 Pro yakni 16MP. Sedangkan Redmi Note 8 Pro menggunakan sensor 20MP.

Akan tetapi, di dalam dunia fotografi, resolusi bukanlah segalanya.Oleh karena itu, kami telah menyediakan beberapa sampel foto yang ditangkap menggunakan kamera Realme 6.

Dibawah ini adalah sampel foto yang di-ambil menggunakan sensor utama Realme 6 (64MP)

Realme 6 juga menyediakan fitur night mode yang dapat memberikan hasil akhir yang lebih baik dibandingkan mode default.

Berikut adalah sampel foto yang diambil menggunakan sensor utama dengan fitur Chromaboost & 2x Zoom.

Bisa dilihat, Chromaboost menghasilkan foto dengan saturasi warna yang lebih tinggi sehingga membuat hasil foto terlihat lebih hidup/menarik. Hasil foto menggunakan 2x Zoom juga terlihat cukup jelas.

Dan meskipun menggunakan sensor 16MP yang terbilang lebih rendah dari Redmi Note 8 Pro, hasil selfie yang di-tangkap menggunakan kamera depan Realme 6 masih terlihat jelas dan tajam.

Untuk kamera, Realme 6 dan Redmi Note 8 Pro sama-sama dapat memberikan hasil foto yang memukau. Jadi kamu tidak perlu menghawatirkan aspek yang satu ini.

5. Ketahanan Baterai

Realme 6 memang ditenagai baterai yang kapasitasnya sedikit lebih kecil dari Redmi Note 8 Pro yakni 4,300mAh.

Meskipun demikian, Realme 6 hadir dengan 30W fast-charging yang tentunya lebih cepat dari 18W di Redmi Note 8 Pro.

Realme juga langsung menyediakan 30W charger dan kabel enhanced USB-C di-dalam box yang termasuk jarang ditemukan pada smartphone di-harga 3 juta’an.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Menggunakan 30W charger, Realme 6 hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai 70% dan 100% dalam waktu 51 menit saja.

Sedangkan untuk ketahanan baterai, dalam sekali full charge, Realme 6 dapat memberikan 37 jam waktu bicara dijaringan 3G, 17 jam waktu browsing, dan 14 jam untuk video playback.

6. Realme 6 vs Smartphone lain

Seperti artikel sebelumnya, kami juga telah membandingkan Realme 6 dengan beberapa smartphone lain dikelasnya seperti Galaxy A31, Galaxy A30s, Oppo A92, Oppo A9 (2020), Oppo A52, Realme 5 Pro, dan Vivo Y50.

Dan berdasakan perbandingan tersebut, Realme 6 memang memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih baik untuk harga yang ditawarkan.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Satu-satunya smartphone yang sanggup bersaing dengan Realme 6 adalah Redmi Note 8 Pro terutama karena harganya yang lebih murah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Realme 6 memang pantas menjadi saingan berat dari Redmi Note 8 Pro. Namun wajar saja karena smartphone tersebut memang semata-mata dirilis untuk menyaingi Note 8 Pro milik Redmi.

Realme 6 memang memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro seperti build quality, kapasitas baterai, dan harga.

Beli Realme 6
Sumber: Realme

Membahas harga, Realme 6 dijual seharga 3 hingga 3.2 juta’an untuk 4GB RAM + 128GB Storage. Sedangkan Redmi Note 8 Pro dijual seharga 2.9 – 3 juta’an untuk versi 6GB RAM + 64GB Storage.

Walaupun demikian, kelebihan Realme 6 seperti high refresh rate display, punch-hole cutout, side-mounted fingerprint scanner, dan 30W fast-charger sepertinya sanggup untuk menutupi kekuranganya dan menjadikan Realme 6 smartphone midrange yang layak di beli seharga 3 juta’an.

Kami juga hampir lupa untuk menyebut keunggulan terakhir dari Realme 6 yakni dedicated microSD card. Realme 6 menyediakan triple slot yang terdiri dari 2x SIM card slot dan 1x microSD card slot.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan dua SIM sekaligus yang aktif secara bersamaan. Selain itu, Realme 6 juga sedikit lebih ramping dan ringan dengan dimensi (162.1 x 74.8 x 8.9 mm) dan berbobot 190 gram.

Realme 6 mungkin adalah smartphone yang cocok untuk para mobile gamer terutama bagi yang belum memiliki budget yang cukup untuk membeli gaming smartphone seperti Asus ROG Phone, Xiaomi Black Shark, Nubia Red Magic, dsb

Dengan budget 3 juta’an, kamu akan mendapatkan smartphone yang mengusung high refresh rate 90Hz display, MediTek Gaming SoC Helio G90T, HyperEngine, dan 30W fast-charging yang tentunya cukup untuk memberikan performa dan fitur yang memadai untuk keperluan gaming.

Jadi, jika kamu rela membayar ekstra untuk fitur-fitur tersebut, kamu tidak akan kecewa dengan beli Realme 6.

Penutup

Demikian 6 alasan mengapa kamu harus beli Realme 6. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan smartphone mana di antara Realme 6 dan Redmi Note 8 Pro yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Rangkuman Spesifikasi

Body (162.1 x 74.8 x 8.9 mm)
190g
Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
Prosessor Mediatek Helio G90T (12nm)
Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
Mali-G76 MC4
Memori 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
microSDXC (dedicated)
Layar IPS LCD, 6.5-inchi, 90Hz, Full-HD+ (1080 x 2400 pixels), 20:9 ratio (~405 ppi density)
Corning Gorilla Glass 3
480 nits max brightness
Kamera Kamera Belakang:
64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 22mm (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP B/W, f/2.4, (depth)Kamera Depan:
16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
Baterai Non-removable Li-Po 4300 mAh
OS Android 10, Realme UI
Fitur Lain Fingerprint (side-mounted), Fast charging 30W, NFC

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close