Dasar dasar Blog

7 Tips Memilih Hosting Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Website Anda

Memilih hosting yang bagus, murah dan berkualitas untuk website/blog – Harus diperhatikan saat akan menyewa sebuah hosting kepada jasa penyedia webhosting, ibarat kita membeli sebuah produk yang nantinya kita gunakan untuk keperluan vital kita.

Saat ini banyak sekali jasa penyedia hosting yang menawarkan beragam fasilitas hosting dengan harga yang murah, serta fasilitas yang (katanya) lengkap serta paling cepat dalam hal akses. Benar, semua menawarkan yang terbaik sehingga kita sebagai konsumen semakin di buat bingung untuk menentukan web hosting mana yang akan di gunakan.

Tetapi kita juga harus berhati hati atas penawaran hosting yang murah, jangan sampai label harga yang murah tersebut menjadikan predikat “murahan”, karena kualitas yang tidak sesuai dengan harapan.

1. Mencari informasi dan referensi

Jangan tergiur dengan harga penawaran “murah”, serta promo yang banyak di “gemborkan” unlimited. Sebaiknya kita cari tau informasinya terlebih dahulu, melihat dan memeriksa apakah ada yang mereferensikan web hosting tersebut.

Atau sudahkah ada pelanggan yang menggunakan jasa sewa hosting tersebut dan merekomendasikan kepada publik?

Sekali lagi, jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan hosting untuk blog anda. Mari kita lihat tips berikut, semoga bisa membantu untuk menentukan web hosting yang menjadi idaman anda.

2. Memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan harga

Yang harus anda perhatikan adalah, keperluan yang kita butuhkan. Apakah kita akan membuat sebuah website/blog untuk tahap belajar, personal atau profesional.

Anda bisa saja memanfaatkan fasilitas hosting yang murah, dengan kapasitas yang kecil (misalnya 500 MB) jika hanya ingin praktek belajar membuat blog. Bila anda puas dengan layanan serta fasilitas yang anda gunakan, anda bisa upgrade layanan hosting tersebut.

3. Hak atas kepemilikan hosting yang disewa

Hal ini penting jika layanan hosting sering mengalami kendala, anda bisa pindah sewaktu waktu ke provider penyedia jasa lain, jadi pastikan anda mempunyai hak akses penuh atas hosting yang di sewa

4. Fitur dan fasilitas

Lihat fitur dan fasilitas yang di tawarkan oleh penyedia jasa hosting tersebut, apakah sudah sesuai dengan fitur webhosting terbaru saat ini. Biasanya penyedia jasa hosting memberikan demo Cpanel terbaru, agar calon konsumen bisa melihat sendiri, fitur apa yang di sediakan dan bisa digunakan.

5. Penyimpanan Data dan Bandwidth yang Disediakan

Sudah menjadi kewajiban pihak penyedia hosting untuk menyediakan data dan bandwidth yang cukup untuk setiap paket yang di pilih. Sebaiknya pilih dengan fasilitas yang bisa di upgrade, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu website atau blog kebanjiran trafik, maka system masih bisa berjalan dengan optimal.

6. Hosting dengan pelayanan costumer servis yang knowledgeable

Jika pelayanan custumer servis memiliki kemampuan serta bisa berkomunikasi baik dengan pelanggan, akan memudahkan kita untuk mengatasi permasalahan yang tidak kita pahami.

Banyak dari kita yang hanya mempuyai pengetahuan dasar tentang membuat blog saja, sedangkan permasalahan tehnis masih belum tentu mengatas. Dengan dukungan teknis dan pelayanan konsumen yang bagus, akan mempermudah konsumen mengatasi setiap permasalahan dalam webhosting.

7. Keamanan serta privasi data pengguna yang terjamin

Cloud Computing, File dan Web Hosting ataupun tipe penyimpanan file online lain harus mendapat perhatian khusus.

Dengan keamanan dan tingkat privasi yang tinggi kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa hosting akan tetap terjaga dan membuat pengguna terus menggunakan layanan dari penyedia jasa hosting tersebut, reputasi adalah segalanya.

gratis domain

Gratis domain selamanya dari Dewaweb jika Anda mendaftar dari Link ini.

Jika anda ingin mengetahui kualitas serta performa suatu webhosting yang sudah terbukti, anda bisa mengetahui melalui situs atau blog yang sudah populer. Dengan memanfaatkan Whois anda bisa tau hosting apa yang digunakan. Contoh situs atau web yang sudah populer bisa anda cari sendiri di internet.

Cara lain mengetahui kualitas sebuah hosting adalah dengan melihat halaman testimoni yang tersedia di situs penyedia jasa hosting tersebut. Biasanya disitu menampilkan sederetan posting kepuasan pelanggan.

Anda bisa lihat tanggal dan tahun testimoni itu dimuat, serta tanggal paling update (terbaru) testimoni pelanggan, dari situ anda bisa menilai kualitas sebuah webhosting.

Dapatkan review yang akurat dari Hosting terbaik dengan data real yang terukur, seperti data rata-rata uptime, dan page load time melalui penasihathosting.com


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

17 Comments

  1. Terima kasih banyak mas, saya sangat terbantu dengan artikel ini. Kebetulan saya ingin hijrah dari Blogspot ke WordPress self hosted. Maklum, WP self hosted fiturnya menggiurkan mas hehehe

  2. gan misalnya di dewaweb ada hostingan harga 200k setahun dan 200MB storragenya, itu yg dimaksud 200MB berlaku utk setahun atau tiap bulan dapat 200MB?

    1. kebetulan saya tidak menggunakan hosting MetroWorldHost, jadi untuk informasi detailnya kurang begitu paham mas.

  3. rencananya saya jg mo pindahin blogspt yg sudh TLD ke wordpress..cuma belum sewa hosting..menurt admin sendiri referensi sewa hosting yang mantap dimana? terimkasih seblmnya.

    1. Kalau saya sendiri pakai teknologi cloud hosting mas..Nah, jika ingin menggunakan paket cloud hosting murah dan performa bagus..bisa ke Dewaweb 😀

  4. Mas, sekarang pindah ke self-hosted blog ya? Dulu seingat saya masih pakai Blogger.

  5. eh muncul di blognya mas Gani,
    artikelnya bagus nih mas, saya kebetulan punya masalah ma provider hosting yang sekarang. masak trafik cuma satu sampe dua per hari tapi situs down. sekarang lagi nyari lagi provider yang lebih bagus. udah ada rekomendasi tapi masih itung-itung modal dulu dah.

    1. Hehe, selamat datang mas kandra.
      Wah kalau itu jelas dari pihak hostingnya yang bermasalah. Kalau saya pakai yang murahan mas, kemarin langsung coba teknologi komputasi awan. Selama ini belum mengalami kendala, bahkan di saat trafik naik juga tidak ada masalah sama sekali, karena bandwith nya unlimited.

    2. Sebelumnya pake hosting dimana gan? Udah pernah nyobain niagahoster belum? Disana hostingnya recommended

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close