Ulasan Bisnis

7 Aplikasi Editing yang Mampu Membuat Foto Produk Kamu jadi Lebih Menarik

Berbicara mengenai foto, tentu tidak lepas dari penggunaan aplikasi editing. Editing merupakan proses finishing untuk menciptakan sebuah foto yang mampu memikat siapapun yang melihatnya.

Tidak hanya bermanfaat bagi para fotografer dan desainer, aplikasi editing juga dapat diterapkan dan dimanfaatkan oleh mereka yang menjalankan bisnis yang menyediakan sebuah produk. Sudah bukan rahasia lagi, bila gambar adalah salah-satu faktor utama dalam mengiklankan sebuah produk. Oleh karena itu penggunaan aplikasi editing dirasa sangat diperlukan untuk membuat foto produk yang lebih berkesan, dan menarik dimata orang lain.

Kalau kamu tidak percaya, coba saja perhatikan beberapa pelapak best seller yang ada di situs jual beli online. Foto produk yang mereka pajang tidak sembarangan, mereka berusaha untuk membuat foto produk yang simple, berkesan, dan menarik bagi pengunjung. Tidak seperti pelapak abal-abal yang tidak peduli dengan foto yang mereka pajang.

Jika sudah menyadari betapa pentingnya penggunaan foto produk yang menarik. Maka dalam artikel ini saya akan menyebutkan beberapa aplikasi yang sangat cocok untuk digunakan sebagai media editing untuk menciptakan foto produk yang bagus bagi para pelaku bisnis online, maupun offline. Bahkan beberapa di antaranya, dapat dioprasikan melalui smartphone kamu lho!

Baca Juga : Teknik Meningkatkan Penjualan Tanpa Mengeluarkan Banyak Modal

7 Aplikasi Editing yang Mampu Membuat Foto Produk Kamu jadi Lebih Menarik

7 Aplikasi Editing yang Mampu Membuat Foto Produk Kamu jadi Lebih Menarik

1. Adobe photoshop

Saya yakin aplikasi yang pertama ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Yap, tidak perlu diragukan lagi, konon aplikasi ini bahkan bisa merubah sesuatu yang buruk, menjadi luar biasa.

Adobe photoshop merupakan yang paling lengkap dari sekian banyak aplikasi editing lainnnya, di sini kamu bisa merubah cahaya, warna, komposisi, bahkan bentuk dari sebuah produk. Hanya saja, kamu baru bisa merasakan fitur lengkap tersebut jika mengoprasikan aplikasi ini di perangkat komputer atau laptop saja.

Karena pada versi smartphonenya fitur aplikasi ini seakan dibatasi dan tidak selengkap aslinya, kamupun tidak perlu kawatir mengenai cara pengoprasian dari aplikasi ini. Karena sudah banyak blog yang membahas mengenai tutorial penggunaan photoshop dari tingkat pemula hingga mahir.

Karena aplikasi ini sangat lengkap, maka banyak fotografer dan desainer memanfaatkan aplikasi untuk melakukan finishing terhadap karya mereka. Oleh karena itu, kamu juga bisa mempergunakannya sebagai sarana dalam membuat foto produk yang mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

2. Adobe lightroom

Sama-sama besutan Adobe, aplikasi yang kedua ini juga populer dikalangan fotografer dan desainer. Sesuai dengan namanya, Lighroom lebih dimaksudkan untuk mengedit cahaya, dan warna dalam foto yang kamu miliki. Hal ini juga yang menyebabkan lihgrom berbeda dan memiliki fitur yang lebih terbatas ketimbang photoshop.

Meskipun fiturnya tidak selengkap photoshop, tapi penggunannya bisa dikatakan lebih mudah. Penggunaan yang mudah ini sepertinya sangat menguntungkan bagi kamu yang baru mempelajari editing dalam upaya menciptakan foto produk yang baik ini. Tidak hanya itu, aplikasi Lighroom juga tersedia untuk perangkat smartphone, dengan fitur yang tidak kalah dari versi pc nya.

3. Photo Wonder

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dalam proses editing foto. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur collage yang dapat di gunakan untuk menggabungkan beberapa foto. Fitur tersebut tentu sangat cocok bagi online shop yang ingin menggabungkan foto produk, deskripsi produk, bahkan testimoni dalam satu gambar.

Dalam aplikasi ini juga terdapat emoticon lab yang dapat kamu pergunakan untuk membuat foto wajah menjadi gambar gif atau animasi yang keren dan lucu.  Selain itu filter yang disediakan oleh aplikasi ini juga sangat banyak sehingga memudahkan kamu dalam membuat foto yang keren, dan menarik minat konsumen.

4. VSCO Cam

7 Aplikasi Editing yang Mampu Membuat Foto Produk Kamu jadi Lebih Menarik

Selanjutnya datang dari aplikasi bernama VSCO Cam. Aplikasi ini sepertinya sudah tidak asing lagi terutama bagi para pelapak yang memanfaatkan instagram sebagi media pengiklanan produk mereka.

Aplikasi ini sangat populer, karena memiliki keunggulan yang memungkinkan kamu untuk menjepret foto dan menggunakan filter dengan warna yang menarik, sebelum mengungghnya ke sosial media.

Keunggulan aplikasi sebenarnya sangat banyak jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Di aplikasi ini terdapat preset yang beraam sehingga memudahkan kamu dalam menghasilkan foto produk yang sederhana, namun memiliki daya tarik lebih bagi mereka yang melihat foto tersebut. Jadi, aplikasi ini memang sangat perlu untuk direkomendasikan buat para pemilik bisnis produk, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnisnya secara online.

5. Millions Moment

Aplikasi kelima yang saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin mengedit sebuah foto produk menjadi lebih menarik, yakni datang dari aplikasi bernama Millions Moment yang diluncurkan oleh Sony.

Pada aplikasi ini, kamu akan menjumpai kemudahan dalam mengorganisasikan berbagai macam foto yang jumlahnya sangat banyak melalui smartphone kamu. Aplikasi ini dinilai sangat cocok untuk pemilik bisnis produk untuk membuat foto produknya semakin rapi dan tidak berantakan, terutama jika produk yang ditawarkan sangat banyak.

6. Snapseed

7 Aplikasi Editing yang Mampu Membuat Foto Produk Kamu jadi Lebih Menarik

Jika kamu menginginkan sebuah aplikasi editing foto yang tidak memakan space berlebih, maka Snapseed adalah jawabannya. Aplikasi besutan Google.inc ini merupakan salah-satu aplikasi editing terbaik yang dapat kamu manfaatkan, dengan menggunaannya yang mudah dan hasil yang memuaskan. Sepertinya Snapseed dapat menjadi andalan untuk menciptakan sebuah foto produk yang mampu menarik minat pelanggan.

7. Product Camera

Aplikasi editng terakhir yang saya rekomendasikan, bernama Product Camera yang diluncurkan oleh Camera51. Apliksi sepertinya merupakan kabar gembira bagi kamu yang menjalankan bisnis penjualan produk. Di plikasi ini memiliki keunggulan yakni mampu membuat sebuah foto produk dengan latar belakang putih polos, persis seperti foto produk yang biasa kita jumpai di toko online seperti Ebay dan Lazada.

Baca Juga : Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Meskipun di atas merupakan aplikasi editing terbaik, namun hal itu hanya dapat membantu jika kamu sudah maksimal dalam melakukan sesi pemotretan produk tersebut. Oleh karenanya, peran fotografer memang sangat penting dalam hal ini. Karena foto yang berkualitas mencerminkan bahwa produk tersebut benar-benar produk yang berkualitas dan layak untuk dibeli.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

4 Comments

  1. Photoshop paling jenggo kalau untuk masalah yang beginian.

    Tidak diragukan lagi. Hehe..

    Mau nambahin, sebenernya pada foto produk itu kalau bisa pada saat pertama kali pencet shutter button kira-kira sudah menghasilkan 80-90% foto produk yang diinginkan.
    Misalnya pada pencahayaan, warna, dan posisi.

    Jadi penggunaan software editing bukan menjadi pokok, tapi sebagai tambahan agar hasil foto menjadi lebih ciamik.

    Akan berat kalau hasil foto asli ngga begitu bagus dan mau diangkat jadi sangat bagus melalui software, kerjanya jadi jauh lebih lama.

  2. *Tambahan
    Edit menggunakan Photoscape juga bagus dan tidak ribet .. jadi untuk pemula bisa dicoba

  3. sampai sekarang masih bertahan gunain ps…
    mungkin karena masih asing dengan software lainnya..

    meskipun gak terlalu pintar banget juga pakai ps..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close