Dunia Internet

7 Cara Mudah Hemat Uang Bulanan

Cara hemat uang bulanan – Hidup hemat, bisa membuat lekas kaya. Kalimat ini seperti mudah sekali diucapkan namun begitu sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang memiliki keinginan untuk hidup hemat. Mereka mulai dengan menekan pengeluaran bulanan.

Sayangnya, godaan selalu saja datang menghampiri, sehingga tidak jarang muncul lah biaya yang sebenarnya tidak penting. Seperti membeli barang-barang yang mahal, padahal tidak terlalu banyak di pakai.

Cara Mudah Hemat Uang Bulanan

Lantas, bagaimana cara agar bisa menabung, tanpa lupa akan kebutuhan hidup lainnya? Simak beberapa tips berikut :

1. Buat rekening alternatif

Sebetulnya, tidak sulit untuk menyembunyikan uang. Anda hanya perlu membuat rekening tabungan yang tidak menggunakan akses kartu ATM.

Tiap rekening tabungan menerima gaji bulanan, Anda dapat mentransfer nominal tertentu di rekening tabungan ini. Agar uang di tabungan tidak digunakan, print buku tabungan beberapa bulan sekali, selain itu ketika menerima bonus, segera tabungkan.

BacaUang Gaji Sering Habis Percuma? Lakukan 4 Tips Ini Agar Tidak Boros

2. Catat pengeluaran dengan berkala

Selain menyisihkan pendapatan, Anda bisa meluangkan perhatian pada pengeluaran. Ambil sebuah pensil dan kertas dan catat seluruh pengeluaran Anda dalam sebulan. Anda bisa melakukan analisa mendalam mengenai pengeluaran tersebut.

3. Jangan melakukan pembelian mendadak

Hindari membeli sesuatu yang mendadak atau tidak termasuk pos pengeluaran bulanan, apalagi tidak memiliki sifat wajib.

Loading...

Mengeluarkan uang untuk barang yang kurang penting karena godaan diskon hingga cuci gudang merupakan bagian dari pemborosan, hindari mengambil keputusan tersebut untuk hemat uang bulanan.

4. Membayar secara tunai

Dampak positif dari adanya kartu kredit memang kita tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak saat belanja, namun hutang dapat menumpuk karena tidak dikendalikan dengan baik.

5. Beli barang bekas

Apakah Anda sering membeli barang tertentu yang masih baru, dan bukan bagian dari pengeluaran?

Memang boleh saja dilakukan, tetapi lebih baik Anda mempertimbangkan barang bekas dibandingkan dengan barang baru. Harga barang bekas jauh lebih murah dibanding barang baru.

6. Potong biaya transportasi

Seperti yang kita ketahui, biaya transportasi merupakan pos pengeluaran yang paling tinggi. Bila ingin menghematnya habis-habisan, lebih baik pertimbangkan pergi ke kantor menggunakan kendaraan umum dibanding dengan menggunakan mobil

7. Lawan kebiasaan buruk

Semua orang sudah pasti memiliki kebiasaan buruk, sayangnya banyak yang tidak menyadari jika kebiasaan buruknya berdampak kurang baik pada finansial.

Apakah Anda mempunyai kebiasaan buruk yang merugikan ini? Contohnya seperti membeli camilan berlebihan hingga gemar makan diluar.

BacaKenali Tanda – tanda Keuangan Anda Sedang Bermasalah, Agar Lebih Bijak Mengaturnya

Nah itulah beberapa tips untuk hemat uang bulanan, seberapapun besar gaji Anda tetapi tidak bisa mengontrol keuangan dengan baik, maka akan habis dengan percuma.

Sandi Wahyudi



Loading...

Baca selengkapnya

Sangat suka membuat artikel tentang bisnis dan lainnya. Kamu bisa melihat blog pribadi saya di http://myblogpacar.blogspot.co.id , http://www.bacber.net , http://www.awaybux.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button