Blogging

7 Hal ini Harus Kamu Ketahui Sebelum Guest Blogging

Guest Blogging merupakan suatu cara untuk meningkatkan pengunjung dengan menulis diblog orang lain. Namun tidak semua blog menyediakan fasilitas Guest Blog, hanya beberapa blog yang menyediakan. Bila kamu pengen meningkatkan trafic blog gunakan cara Guest Blog.

Karena guest blogging merupakan cara aman untuk mendapat backlink, ketimbang membagikan link blog pada sosmed atau blog khusus penyedia guest blog.

Tidak ada yang salahnya bila kamu mau mencoba yang namanya Guest Blogging. Karena baru pemula, sebaiknya ketahui 7 hal ini sebelum melakukan guest blog.

1. Guest blogging di blog yang terkenal

Buatlah artikel yang menarik untuk guest blogg disitus terkenal. Kenapa situs terkenal? Karena situs terkenal memiliki banyak pengunjung, maka  artikel yang kamu tulis akan dilihat oleh ratusan hingga ribuan orang. Bagaimana cara melihat situs terkenal atau tidaknya? Cara mudahnya bisa dilihat dibawah ini :

  • Memiliki banyak komentar disetiap artikel yang diterbitkan
  • Memiliki sharing artikel cukup banyak
  • Banyak yang merekomendasikan blog tersebut

2. Jangan asal ketik, edit serta perbaiki EYD sebelum posting

Atikelmu sudah selesai, jangan lupa untuk tahap penyuntingan. Lihat dan bacalah artikel secara menyeluruh, baik tanda baca dan ejaan. Bila diperlukan, sunting juga kata baku dan kata tidak baku.

3. Ikuti aturan yang berlaku

Perlu diingat bahwa menjadi Guest blogging dan memposting artikel di situs –situs besar memiliki aturan. Misalnya dilarang menambahkan link ke blog lain, dan sebagainya. Bila kamu melanggarnya, pemiliknya tidak segan-segan akan menghukummu.

Biasanya aturan-aturan itu dibuat karena sangat mempengaruhi trafik blog yang memiliki fasilitas guest blogger.

4. Lakukan komunikasi dengan pemilik situs

Buatlah komunikasi agar pemilik situs tahu apa yang kamu lakukan. Minta izinlah agar artikelmu cepat diterbitkan. Bila komunikasi terjalin dan kamu melanggar sebuah aturan, pasti akan mudah diampuni kesalahanmu. 😀

Loading...

5. Buatlah artikel yang menarik perhatian

Buatlah artikel yang benar-benar menarik pembaca. Usahakan juga informatif atau informasi itu benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang. Jangan sampai artikel yang kamu posting tidak memiliki daya tarik sama sekali. Karena artikel yang menarik akan menaikan trafik pembaca.

Baca : Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Berpotensi Meningkatkan Pengunjung

6. Jangan membuat artikel yang HOAX

Di jagad maya banyak sekali informasi simpang siur dan tidak diketahui kebenarannya. Maka dari itu berhati-hatilah menulis informasi, karena bisa jadi menguntungkan dan merugikan pihak-pihak tertentu. Mungkin maksud kamu juga baik untuk menambah trafic blog tapi jangan kaget kalau dicap oleh netizen sebagai blog HOAX.

Baca : Berita Hoax Semakin Marak, Ini dia 10 Tips Agar Kamu Tidak Tertipu

7. Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pembaca

Artikel berupa tutorial atau cara-cara melakukan sesuatu sangat dicari oleh seseorang yang membutuhkan. Buatlah serincinya dan sejelas-jelasnya, bila artikelmu bermanfaat pasti akan dishare dan bisa membangun popularitasmu dalam dunia tulis menulis.

8. Sisipkan Link Internal situs yang kamu tulis

Link Internal merupakan link yang mengarah kedalam situs yang kamu tulis. Misalnya kamu menulis tentang ‘Smartphone Android termurah 2017’, sisipkan link  dari artikel yang berkaitan (Namun link tersebut mengarah pada situs yang kamu tulis). Jangan lupa gunakan deskripsi yang menarik bukan yang lebay.

Apakah berpengaruh terhadap trafic blog, jawabannya berpengaruh. Siapa tahu link tersebut sedang dibutuhkan oleh sang pembaca.

Semoga rtikel diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang pelajar selama masih ada. Learner till die

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button