Dunia Internet

7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Puasa

Puasa merupakan suatu rutinitas umat islam menjelang bulan ramadan. Umat islam diwajibkan menahan godaan yang bisa mengarahkan kepada maksiat, menahan lapar dan dahaga sampai matahari terbenam. Saat berpuasa tubuh kehilangan suplai nutrisi. Untuk menjaga agar tubuh tidak kehilangan nutrisi secara berlebihan. Berikut 7 hal yang perlu anda ketahui saat menjalankan puasa:

1.  Kurangi olahraga berat saat berpuasa.

Saat berolahraga, lambung bekerja menyerap sari-sari makanan agar diserap oleh otot ketika bergerak. Semakin berat olahraga yang dilakukan, semakin berkurang asupan nutrisi yang tersimpan pada tubuh. Akibatnya daya konsentrasi menurun karena lambung kosong, sehingga lambung memproduksi asam amino.

2. Konsumsi kudapan manis saat berbuka puasa.

Tubuh telah kehilangan asupan gula yang penting untuk otot agar bisa bekerja. Kurma dan agar-agar merupakan kudapan manis yang sehat karena mudah dicerna oleh lambung. Namun, tetap jaga porsinya jangan sampai berlebihan agar terhindar dari resiko diabetes.

Hal yang Perlu Diketahui Saat Puasa

3. Usahakan untuk makan makanan pokok saat sahur.

Makanan pokok semacam nasi, jagung, sereal, mie, atau bermacam olahan ketela dan singkong menyediakan asupan karbohidrat yang penting bagi tubuh, karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh.

4. Minum 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter.

70% tubuh kita terdiri dari cairan, jadi akan menyebabkan dehidrasi bila anda kurang mengkonsumsi air saat sahur ataupun berbuka. Hal tersebut juga dapat memperlambat kinerja otak.

5. Hindari mengkonsumsi semacam rokok, soda, dan minuman beralkohol yang tidak bernutrisi.

Hal tersebut akan memperlambat metabolisme tubuh dan memperberat beban kerja tubuh saat berpuasa.

6. Hindari mengkonsumsi produk hasil fermentasi semacam yoghurt dan tape sebelum anda mengkonsumsi makanan pokok.

Makanan fermentasi seperti tape dan yoghurt mengandung jamur berukuran mikro yang dapat menghasilkan gas pada lambung. Jadi, perlu asupan gizi terlebih dahulu, agar gas yang dihasilkan bisa bereaksi dengan karbohidrat menjadi nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Baca juga : 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Puasa

7. Hindari mengkonsumsi makanan pedas berlebihan saat sahur.

Cabe ataupun merica mengandung zat capsain yang akan merangsang lambung untuk mengeluarkan asam amino lebih banyak. Akibatnya, anda akan merasa lapar berat atau sakit perut karena pengikisan dinding lambung oleh asam amino saat perut kosong.


Loading...
Baca selengkapnya

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

4 Comments

  1. kalau sial olahraga ya simple kalau saya mas, senam buat melenturkan otot-otot yang kamu sama lari santai saja sudah cukup. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close