Internet

7 Keunggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp, Patut Diperhitungkan

Keunggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp – Hingga kini, Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Pada 12 Februari 2020 lalu, Whatsapp bahkan mengumumkan bahwa mereka telah memiliki pengguna berjumlah 2 miliar lebih dan tersebar di 180 negara.

Selain Whatsapp, aplikasi perpesanan lain yang sebenarnya patut diperhitungkan adalah Telegram. Aplikasi yang diciptakan oleh Durov bersaudara ini bahkan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, Pavel Durov bahkan sempat menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi WhatsApp karena dinilai tidak aman.

“Kecuali Anda tak masalah semua foto dan pesan Anda terbuka untuk publik suatu hari, Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel Anda,” kata Durov melalui channel Telegram miliknya.

Baca juga: Pavel Durov: Menggunakan WhatsApp Itu Berbahaya

Keunggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp

Selain dari sisi keamanan, ada beberapa keunggulan lain dari Telegram apabila dibandingkan dengan WhatsApp. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Bisa memilih mengirim file asli atau dikompres

Jika kita mengirim gambar atau foto di WhatsApp, maka kualitas, ukuran, dan resolusi akan secara otomatis mengecil. Karena hal ini, jika ingin mengirim file asli harus menggunakan fitur dokumen atau mengkompres terlebih dahulu file ke dalam bentuk rar atau zip.

Sedangkan bagi pengguna Telegram, bisa memiliki apakah mau mengirim file berupa foto atau video dalam versi asli atau versi terkompres.

2. Kapasitas anggota grup bisa mencapai 5.000 orang

Dalam satu grup WhatsApp, maksimal anggota yang bisa bergabung adlah 256 orang. Sedangkan kapasitas grup Telegram standar hanya dapat menampung sebanyak 200 anggota.

Meski demikian, jumlah kapasitas anggota grup Telegram bisa diperbesar hingga mencapai 5.000 anggota dengan menggunakan fitur Super Group. Fitur ini bermanfaat untuk membuat grup dengan anggota yang sangat banyak, jadi tidak perlu membuat banyak grup.

3. Bisa memasukkan sejumlah nomor telepon sekaligus

Salah satu keunggulan lain Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp adalah kamu bisa menambahkan dan berganti beberapa nomor sekaligus. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kontak atau obrolan.

Untuk mengubah nomor Telegram, bisa dengan membuka setting (pengaturan) dan tuliskan nomor. Lalu klik ubah nomor dan ikuti instruksi selanjutnya. Setelah proses selesai, semua pesan dapat dipindahkan ke nomor dan kontak ke Telegram yang baru tersebut.

Baca juga: WhatsApp, Telegram, Signal, Manakah yang Paling Oke?

4. Bisa menggunakan beberapa foto profil sekaligus

Di aplikasi WhatsApp, pengguna hanya bisa memilih dan menggunakan satu foto profil saja. Sedangkan dengan Telegram, pengguna dimungkinkanuntuk mengunggah sejumlah foto sekaligus untuk dijadikan sebagai foto profil.

Foto yang dilihat oleh kontak kita adalah foto terbaru yang diunggah. Namun, kita bisa menggeser ke samping untuk melaihat foto-foto lain hasil unggahan sebelumnya.

5. Fitur Chat Bot

Fitur chat bot ini mungkin terkesan remeh bagi sebagian orang. Padahal fitur ini memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Misalnya, kita bis amendapatkan berita dan pemberitahuan, menerjemahkan bahasa, dan mengetahui prakiraan cuaca. Selain itu, bot juga bisa menghubungkan antar pengguna yang memiliki minat atau kedekatan yang sama.

6. Memiliki layanan penyimpanan Cloud

Keunggulan lain dari Telegram adalah mereka memiliki layanan penyimpanan Cloud sendiri. Semua berkas baik berupa semua pesan teks, foto, video, dokumen dan file-file lainnya akan tersimpann di sana.

Dengan demikian, pengguna bisa log-in atau log-out melalui beberapa perangkat berbeda tanpa takut kehilangan data-data tersebut.

Ini tentu sangat berbeda dibandingkan dengan WhatsApp yang mewajibkan pengguna untuk mencadangkan seluruh berkasnya. Layanan Cloud dari Telegram ini memiliki kapasitas 1,5 GB untuk setiap file.

7. Fitur Secret Chat

Secara umum, Telegram memang lebih aman dibandingkan WhatsApp. Salah satu fitur di Telegram yang bisa membuat percakapan lebih privat adalah adanya fitur Secret Chat.

Dengan mengaktifkan fitur ini, percakapan yang terjadi antara dua pengguna tidak dapat diakses di perrangkat lain dan bahkan tidak tersedia di Cloud.

Jika pengguna keluar danmasuk lagi ke perangkat tersebut, maka semua percakapan sebelumnya di Secret Chat akan terhapus.

Selain itu, pesan juga dapat dihapus secara otomatis dengan mengatur timer.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki Telegram dibandingkan dengan WhatsApp. Bagaimana, kamu tetarik untuk hijrah dari WhatsApp ke Telegram?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close