alasan pindah hosting

7 Alasan Mengapa Anda Harus Segera Pindah Hosting

Pindah hosting adalah hal umum yang sering dilakukan oleh Blogger ketika hosting yang disewa terdapat masalah. Penyebabnya bisa bermacam – macam, salah satunya adalah permasalahan server yang tidak menjamin selalu uptime 100%.

Ketika seorang Blogger atau Webmaster menerbitkan sebuah website. Ada kebanggan tersendiri bagi dirinya. Terutama bagi mereka dalam berbisnis online.

Saat website yang dikelola semakin berkembang dan bekerja dengan baik, maka jumlah visitor akan semakin terus meningkat.

Tetapi, tiba-tiba situs yang dikelola menjadi tidak bisa diakses karena masalah hosting. Tentu ini akan menjadi sebuah kepanikan bagi pemula. Apa yang harus dilakukan?

Banyak orang menginvestasikan waktu dan uang untuk membuat website, tapi jangan pernah mengabaikan kualitas hosting yang anda sewa.

Pada saat ini, anda mungkin menyadari bahwa situs yang anda kelola berjalan lambat atau bahkan mengalami downtime. Padahal Disck Space hosting masih banyak.

Apabila hosting yang anda sewa memiliki server yang buruk dan pihak teknisi yang kurang berpengalaman dengan jawaban lambat, maka tak perlu ragu untuk segera mempersiapkan hosting lain sebagai alternatif.

Sekarang saatnya untuk mengevaluasi apakah perlu untuk tetap menggunakan hosting yang sedang Anda gunakan saat ini atau pindah hosting ke provider lain.

Loading...

Untuk membantu anda dengan permasahan ini, saya akan membantu menganalisa dan memberikan gambaran tentang permasalahan dari jasa penyedia hosting.

7 Alasan Anda harus segera pindah hosting

pindah hosting

1. Situs Anda sering offline

Siapa pun yang memiliki situs web menginginkannya tetap online 100% dari waktu ke waktu. Namun, pencapaian ini sangat sulit dilakukan.

Dalam kebanyakan kasus, server tempat situs dihosting perlu menjalani perawatan dan tidak bebas dari masalah teknis, yang dapat menyebabkan downtime.

Tetapi saya dapat tegaskan, layanan hosting manapun tidak dapat menjamin bahwa website akan 100% uptime. Mereka selalu menuliskan angka 99,98 – 99,99 persen saja.

Untuk memberi gambaran, hosting uptime yang biasanya 99,5% dapat tetap berada di jaringan internet selama sekitar 3 ½ jam setiap 30 hari.

Bagi banyak situs, downtime dalam waktu yang panjang dan bisa mendatangkan kerugian besar. Dalam kasus ini, yang ideal adalah memilih hosting yang menjamin minimal ketersediaan 99,9% .

Jika situs Anda sering downtime, anda harus memeriksa apakah masalahnya ada di perusahaan penyedia hosting atau pada sisi server nya?

Sebagian besar perusahaan menawarkan Service Level Agreement (SLA), yang biasanya ada di situs web perusahaan dan / atau persyaratan layanan.

Jika perusahaan tidak mematuhi, perusahaan harus mengganti pelanggan sebanding dengan saat situs tersebut mengalami gangguan yang disebabkan server down.

Jika penyedia jasa hosting yang Anda sewa tidak menawarkan stabilitas atau jaminan, mungkin sudah waktunya untuk pindah hosting.

2. Situs anda semakin lambat diakses

Di dalam situs  atau web, lambat atau lemot adalah salah satu masalah terburuk. Sebuah situs membutuhkan kecepatan yang stabil agar pengunjung bisa mengakses situs dengan baik.

Apabila situ Anda lambat untuk diakses, secara otomatis pengunjung akan meninggalkan situs Anda.

Situs juga akan kehilangan posisinya di search engine seperti Google, yang menganggap kecepatan pemuatan situs sebagai kriteria dalam faktor peringkat Google.

Penyebab situs menjadi lambat bisa dari berbagai macam. Gangguan server yang mungkin terkait dengan situs anda, hosting anda, atau keduanya.

Untuk memperjelas pertanyaan ini, sebaiknya gunakan alat Google gratis ini: PageSpeed ​​Insights.

Dengan memasukkan URL situs Anda, alat akan mengevaluasi kinerja Anda dan di mana memperbaikinya. Diantara poin yang dievaluasi adalah waktu respon server .

Jadi jika situs anda dioptimalkan dan menurut anda masih lamban, Anda punya alternatif lain untuk mengecek apakah masalahnya ada di hosting anda.

Dalam beberapa kasus, hosting bisa saja menjadi lambat karena CPU usage hosting tinggi. Dalam hal ini jelas, sebab recource atau kinerja hosting terlalu dipaksakan.

Anda bisa baca disini mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi (Overload/limit 100%)

Dalam hal ini Anda punya dua alternatif, upgrade paket hosting…atau pindah hosting ke provider lain.

3. Email tidak selalu bekerja dengan baik

Banyak perusahaan hosting menawarkan e-mail yang termasuk dalam paket hosting. Hal ini merupakan keuntungan bagi penyedia jasa layanan hosting karena tidak menggunakan server email tersendiri.

Masalahnya adalah ketika layanan email tidak stabil atau tidak bekerja dengan benar, akan menyebabkan kerugian pada pemilik situs.

Jika Anda sering mengalami masalah dengan layanan email dari hosting anda, cari tahu dari mana asalnya.

Apakah salah konfigurasi atau apakah hanya masalah ketidakstabilan server email dari hosting?

Dan…Apakah masalah akhirnya dipecahkan?

Jika masalah berlanjut, Anda perlu memikirkan salah satu solusi berikut: Gunakan layanan email eksternal, seperti Google Apps , Mailgun, Mandrill, SenGrid, Soho atau Rackspace email atau.

Perlu diketahui, layanan server email diatas adalah berbayar, tetapi Anda tidak akan dipusingkan dengan masalah gangguan email dari hosting Anda.

Namun saran saya, apabila sering mengalami gangguan email dari hosting, sudah saatnya Anda untuk pindah hosting agar bisa bisa lebih efesiensi biaya tanpa harusmenggunakan layanan server email tersendiri.

4. Layanan Costumer service yang buruk

Salah satu masalah terpenting dalam hosting adalah kualitas dukungan dan layanan.

Baik costumer Service (CS) dan bagian teknisi hosting sangat penting untuk bisa di andalkan pada perusahaan penyedia jasa hosting, kapan pun disaat Anda membutuhkannya.

Bahkan pada hari libur, jika saat ini situs anda tidak aktif atau bermasalah, maka sangat penting untuk mendapatkan layanan pendukung atau costumer Service. Apakah masalah anda terpecahkan?

Dukungan juga sangat membantu saat anda hanya menyewa hosting dan perlu membuat setting agar domain dan situs anda bekerja dengan baik.

Karena menyangkut masalah teknis, bantuan pendukung bisa membuat semua perbedaan. Lebih baik lagi jika Anda bisa memilih saluran kontak atau layanan tiket yang paling nyaman untuk Anda.

Jika dukungan serta layanan hosting yang anda sewa tidak tersedia saat Anda membutuhkannya, atau jika anda tidak dapat mengatasi masalah tersebut, mungkin saatnya untuk mengganti atau pindah hosting.

Tiket Standard hosting memiliki prioritas tertentu dan umumnya akan dibalas dalam waktu 30 – 60 menit.

Apabila dalam waktu itu masalah belum terselesaikan, biasanya akan ada balasan lagi dari pihak CS, bahwa perbaikan sedang dalam proses, biasanya status tiket akan berubah in progress, sampai masalah terselesaikan

Apabila balasan tiket lebih dari waktu standar (2 – 5 jam), maka bisa dikatakan bahwa layanan costumer service sangat buruk, maka saatnya Anda memikirkan untuk segera pindah hosting.

5. Fitur hosting yang tidak sesuai dan dibatasi

Ini mungkin terasa aneh, tapi terkadang hal ini sering dialami oleh penyewa hosting yang “dibohongi” oleh jasa penyedia hosting dengan menampilkan fitur – fitur hosting tertentu dihalaman depan situs mereka.

Ketika sebuah situs mulai ramai dengan visitor, situs anda mulai mengkonsumsi lebih banyak sumber daya hosting, seperti ruang disk dan bandwidth, misalnya.

Pada saat ini, banyak situs mengalami down (tidak bisa diakses) karena mencapai beberapa batasan sumber daya yang dikenakan oleh hosting.

Hal yang paling buruk adalah Anda tidak bisa melakukan backup karena kapasitas penyimpanan sudah penuh.

Oleh karena itu, penting untuk melacak penggunaan sumber daya server dan memindahkan situs anda sebelum mencapai batas ini.

6. File anda tiba-tiba hilang

File Anda sengaja dihapus oleh pihak hosting bisa saja terjadi. Terutama pada perusahaan hosting yang buruk, mereka tidak memiliki sistem perlindungan data pelanggan yang efisien.

Jika anda pernah mengalami hal ini dan kehilangan file di situs anda, pikirkan untuk segera pindah hosting ke jasa provider yang lain.

Apabila Anda menggunakan provider hosting Indonesia, Anda bisa minta penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mengembalikan file yang terhapus.

7. Anda telah menemukan hosting yang lebih baik

Ini adalah skenario terbaik: Anda telah menemukan hosting yang lebih baik untuk situs anda.

Perusahaan penyedia jasa hosting menawarkan kualitas lebih, atau fitur hosting yang lebih menarik dengan rasio/perbandingan biaya yang lebih baiks sesuai dengan kualitas dan performa hosting.

Hati – hati,, jangan sampai pindah hosting hanya karena harganya, sebab harga murah bukan jaminan. Anda akan berisiko mengalami masalah yang sama dengan apa yang sudah saya tullis dalam artikel ini.

Jadi, haruskah saya pindah hosting hosting?

Keputusan untuk pindah hosting harus dipikirkan dan direncanakan dengan sangat baik. Anda harus memastikan memilih hosting yang tepat untuk situs anda.

Silahkan baca disiniMau Gunakan Shared, VPS atau Dedicated Hosting?

Migrasi situs hosting bisa menjadi lebih praktis, terutama jika anda menyertakan email. Jadi anda harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mendapatkan semuanya dengan benar.

Beberapa perusahaan hosting menawarkan layanan migrasi gratis, yang memudahkan proses pindah hosting ini. Namun tetap saja harus mempertimbangkan masalah ini dengan hati-hati.

Anda bisa mengevaluasi fitur, harga dan penawaran masing-masing dari perusahaan penyedia layanan hosting.


Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *