Dunia Internet

7 Tips Cerdas Membeli Gadget Secara Online Agar Dapat Barang Berkualitas

7 Tips Cerdas Membeli Gadget Secara Online – Di era sekarang ini, orang lebih menyukai belanja gadget secara online, bila dibandingkan langsung ke mall. Selain harganya yang bisa dibilang lebih murah, juga bisa hemat waktu ditengah kesibukan aktifitas kamu sehari-hari.

Untuk menjamin keamanan pembelian, sebaiknya kamu memilih marketplace e-commerce untuk membeli gadget secara online.

Di Indonesia sendiri sudah banyak toko online terbaik serta marketplace e-commerce terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee, yang menyediakan berbagai macam barang yang dijual termasuk gadget.

Bahkan bila kamu ingin beli di Marketplace Internasional seperti Ali Express dan Banggood itu juga bisa dikirim ke Indonesia walaupun waktunya cukup lama.

Lantas, bagaimana memilih belanja gadget lewat online supaya kamu bisa mendapatkan gadget terbaik?

7 Tips Cerdas Membeli Gadget Secara Online yang Wajib Kamu Tahu

Tips Membeli Gadget Secara Online

1. Promo

Untuk mendapatkan promo, kamu harus pantengin aplikasi marketplace atau subscribe ke email mereka. Kalau ada promo diskon, cashback, cicilan ataupun promo free ongkir, kamu akan diberi notifikasi melalui email atau kamu bisa cek di aplikasinya.

2. Filter

Filter untuk Pembelian barang secara online di Marketplace bermacam-macam, ada untuk harga tertinggi, harga terendah, pembelian terbanyak, lokasi, ulasan, produk baru dan lain-lain.

Hal lebih kamu tekankan ketika membeli secara online adalah urutan penjualan. Karena dari penjualan kamu bisa tahu barang mana yang dijual paling banyak.

Selain itu, dari sana juga kamu akan tahu ulasan atau review pembeli mengenai kualitas gadget tersebut.

3. Pengiriman

Selanjutnya ada layanan pengiriman, penting banget buat kamu yang pengen dapetin barang tersebut “As Soon As Possible”.

Dimana bila kamu berada di wilayah yang support seperti contoh daerah JABODETABEK dengan fitur pengiriman seperti Go Jek atau Grab, kamu bisa dapat barangnya hari itu juga.

4. Ongkos Kirim

Selain lokasi barang, kamu juga perlu memperhatikan ongkos kirim saat membeli gadget secara online. Karena dihitung perkilogram, alangkah lebih baik jika kamu sudah menemukan barang dengan harga yang pas

Kamu perlu cek toko itu, barangkali ada barang lain yang kamu perlukan daripada nanti nyari-nyari lagi di toko lain terus kita bayar lagi ongkirnya. Biasanya, toko yang penjualannya tinggi, menjual banyak macam-macam item.

5. Pembayaran

Nah, pembayaran untuk membeli gadget secara online ini sendiri bermacam-macam, kamu bisa memilih metode pembayaran yang disediakan,

Pembayaran mulai dari kartu kredit, debit, online banking, transfer melalui ATM dan lainnya. Jadi, kamu tinggal pilih sesuai yang bikin kamu nyaman bayarnya.

6. Pelacakan

Setelah kamu melakukan pembayaran, sangat penting untuk bisa mengetahui posisi barang yang kamu beli. Apakah sudah dikirim atau belum.

Status atau posisi pengiriman bisa dicek secara online dengan nomor resi dari marketplace serta diberi notifikasi lewat email.

7. Konfirmasi Penerimaan

Sebelum kamu konfirmasi penerimaan, alangkah lebih baik kamu cek dulu kondisi barangnya sesuai dengan deskripsi atau tidak. Karena bila tidak sesuai maka marketplace ini bertindak sebagai penengah.

Jika barang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai kamu bisa kompain dan akan langsung diteruskan ke sellernya. Dan enaknya lagi, uang yang sebelumnya kamu transfer pun masih tertahan di marketplace tersebut.

Jika tidak ada masalah dan barang dalam kondisi bagus, kamu bisa langsung konfirmasi penerimaan dan uang pun akan diteruskan langsung ke sellernya. Sehingga pembeli dan seller sama-sama enak.

Nah, Itulah tips untuk membeli gadget secara online di marketplace. Mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan gadget dengan kualitas terbaik dengan harga yang bersahabat.


Loading...
Baca selengkapnya

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close