Mempercepat Koneksi Wi Fi

8 Cara Paling Mudah Mempercepat Koneksi Wi Fi

Koneksi Wi Fi yang jelek membuat orang yang menggunakannya jadi jengkel, terutama saat internet sudah jadi kebutuhan pokok. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan hiburan sampai yang menyangkut dengan pekerjaannya. Tapi anda tidak usah panik ketika koneksi Wi Fi kurang bagus, dengan beberapa cara berikut akan lebih mempercepat koneksi Wi Fi Anda.

Berikut ini tips paling mudah untuk memberbaiki koneksi Wi Fi agar kembali lancar:

 1. Mengecek Posisi Router

Mengecek posisi router, terkesan tak ada pengaruhnya, padahal jika pengecekkannya betul maka berdampak luar biasa terhadap koneksinya.

Usahakan letakkan router di bawah genting rumah dan dibagian tengah ruangan, sebab router biasanya mengirim sinyal ke segala arah. Dan usahakan router bisa terlihat dari segala arah agar sinyal dari router tidak terhalang oleh prabot prabot rumah tangga sehingga lebih mempercepat koneksi Wi Fi.

2. Router Jangan Letakan Di Bawah

Posisi router yang dibawah, sebagai contoh dilantai, itu hanya memperburuk sinyal dari router. Sebab perabot rumah tangga sering diletakkan dibawah, kan tidak mungkin tho prabot rumah tangga di gantung diatas.

3. Letakkan Router Di Tempat Yang Aman Dan Bagus

mempercepat koneksi wifi

Sinyal dari router akan terpancar lebih kuat jika letak router berada diatas dan tidak ada benda lain yang menghalanginya.

Jadi usahakan posisi router dapat terlihat dari segala arah, jadi jika router terlihat dari segala arah, itu tandanya tidak ada benda yang menghalangi sinyal dari router.

Loading...

4. Jauhkan Router Dari Barang Barang Elektronik Yang Mengeluarkan Sinyal

Pokoknya jauhkan router dari barang barang elektronik yang mengeluarkan sinyal, sebab sinyal dari barang elektronik bisa mengganngu sinyal dari router.

5. Atur Posisi Antena Router Agar Berdiri Tegah Vertikal

Sebab antena router yang tegak, maka dia akan memancarkan sinyal secara horizontal, atau kesegala arah.

6. Periksa Kekuatan Sinyal

Guna untuk pengecekan sinyal, anda bisa menentukan bagian mana yang sinyalnya lemah dan bagian mana pula yang sinyalnya bagus untuk mempercepat koneksi Wi Fi.

7. Atur Piranti Lunak Router

Untuk mempercepat koneksi Wi Fi anda bisa melakukannya dengan melakukan pengaturan khusus pada piranti lunak router, pengaturan pada piranti lunak dapat dilakukan melalui IP khusus pada router. Anda bisa membacanya di buku paduan yang disertakan saat awal membeli dulu.

Ketika sudah masuk ke menu pengaturan piranti lunak router, router itu biasanya memiliki 14 chanel. Setelah itu pilihlah chanel nomor 1, 6 dan 11. Sebab dari ketiga chanel tersebut jarang digunakan oleh orang lain, jadi jarang ada gangguan.

8. Atur Piranti Lunak Router

Biasanya produsen router akan mengeluarkan sebuah pemutakhiran firmware untuk memperbaiki perangkatknya. Jadi pengguna perlu pengecekan pemutakhiran firmware.

Speed Test

Coba lakukan dengan nirkabel, kemudian lakukan dengan menggunakkan kabel. Jika cara diatas sudah dicoba semua hasilnya buruk semua, jadi yang bermasalah adalah penyedia layanan internetnya.

Jika semua cara diatas sudah dicoba semua, dan tidak ada masalah terhadap penyedia layanan, berarti router anda sudah rusak, maka perlu beli yang baru lagi.

Referensi : TP-LINK RE450 AC1750 WI-FI Dual Band Dengan Kecepatan Fantastis


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *