blogger tetap menulis meski terasa malas

9 Alasan Blogger Tetap Menulis Meski Terasa Malas

Alasan Blogger tetap menulis meski terasa malas ~ Menulis adalah kegiatan yang setiap hari Kita lakukan. Sering kali tidak terasa bahwa Kita telah menulis ribuan kata dalam satu hari. Entah itu email, chat, diary maupun tulisan tulisan yang  lainnya. Sayangnya tulisan semacam ini tidak pernah terdokumentasikan.

Menulis di blog adalah kegiatan yang mulai banyak diminati beberapa tahun terakhir ini. Meskipun begitu, masih banyak yang berusaha memulai namun selalu saja ada alasan untuk berhenti ditengah jalan. Padahal seharusnya, Blogger tetap menulis meski terasa malas karena kehidupan awal blog ditentukan oleh tulisan tulisan Kita.

Alasan alasan tidak punya topik, tidak ada waktu dan malas merupakan alasan alaan klasik yang masih saja menghinggapi. Karena tidak sedikit yang kehilangan kata kata ketika berhadapan dengan komputer. Nah berikut ini adalah sembilan alasan mengapa Kita sebagai Blogger tetap menulis meski terasa malas.

Alasan Penting Blogger Tetap Menulis Mesti Terasa Malas

  1. Kita Akan Menjadi Penulis yang Lebih Baik

blogger tetap menulis meski terasa malas

Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi yang terus berkembang hingga saat ini. Tulisan bisa menjadi alat komunikasi yang sangat mudah, murah dan efektif,  ketika komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berada pada posisi yang berjauhan. Tulisan bisa berupa surat pribadi maupun surat kabar, tergantung dari urgensi sebuah tulisan. Bahkan tulisan bisa menjadi alat komunikasi dengan diri sendiri.

Blog, merupakan wadah atau tempat  untuk meletakkan tulisan tulisan secara digital. Semua orang bisa mengakses, membaca kemudian terpengaruh dengan tulisan Kita. Tulisan yang disajikan bisa beraneka ragam, mulai dari hal hal yang terjadi sehari hari, hal-hal yang bersifat pribadi hingga hal hal penting yang perlu orang lain tahu. Sehingga Kita dituntut untuk bisa dan terus menerus menulis. Blogging tidak akan membuat Kita serta merta menjadi ahli menulis, hal ini akan terjadi begitu saja seiring dengan kebiasaan Kita menulis.

Setiap kali Kita menulis, Kita akan menemukan pola tulisan Kita, karakter tulisan Kita akan terlihat. Orang yang baru mulai menulis, biasanya memiliki tata bahasa yang belum terlihat rapi, tetapi hal ini akan semakin membaik dengan sering membaca tulisan Kita sendiri maupun orang lain. Tenang saja, kemampuan menulis ini tidak akan merugikan, ini bisa menjadi peluang pekerjaan dimasa yang akan datang. Asalkan Blogger tetap menulis meski terasa malas.

  1. Memiliki Kemampuan Berpikir yang Lebih Baik

Secara umum menulis adalah tentang menuangkan pikiran kedalam sebuah kertas atau media lainnya. Sehingga Kita dituntut untuk terus dan terus berfikir untuk kemudian diterjemahkan kedalam huruf huruf untuk menjadi untaian kata yang bisa difahami orang lain. Kemampuan menulis Kita tidak akan berkembang apabila malas malasan dan tidak rutin menulis. Maka sudah semestinya Blogger tetap menulis meski terasa malas agar dapat terus berkembang.

Loading...

Semakin sering Kita menulis maka Kita tidak akan cukup dengan menulis yang biasa biasa saja. Kita akan terpacu untuk menulis sesuatu hal secara mendalam. Keinginan inilah yang akan membuat Kita menyelidiki sesuatu hal yang lebih detail dan menyeluruh. Bahkan termasuk untuk menuliskan tentang diri Kita, Kita akan lebih dalam mengenal diri Kita untuk menuliskan hal hal lain. Sehingga kemampuan berfikir Kita akan terus meningkat.

Sayangnya, di bagian inilah kebanyakan orang berkata bahwa tidak ada hal lain yang bisa saya katakan. Bahkan kesulitan untuk menemukan sebuah topik untuk dibahas. Saya bisa mengatakan bahwa Kita hanya belum menemukannya. Coba gali lebih dalam lagi kedalam diri Kita. Dan satu hal lagi, tulis saja apa yang terbayang dibenak Kita, jangan terlalu memikirkan tatabahasa. Pemikiran dan pengungkapan Kita akan semakin tajam apabila sudah terbiasa.

  1. Menambah Wawasan Mengenai Banyak Hal

Dalam banyak seminar kepenulisan, narasumber hampir selalu bilang bahwa kunci dari menulis adalah membaca. Untuk menulis satu huruf setidaknya sudah membaca beberapa kata. Untuk menulis satu kata setidaknya sudah membaca beberapa kalimat. Untuk menulis beberapa kalimat perlu membaca beberapa paragraf dan untuk membuat satu buku maka perlu membaca banyak buku. Sehingga kunci untuk bisa menulis dengan  baik adalah dengan membaca.

Semakin banyak Kita membaca maka Kita akan menemukan banyak hal baru. Hal hal baru ini mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh Kita. Hal baru tidak selalu hal yang sangat penting, karena hal baru dan berguna boleh saja berasal dari hal hal yang selama ini mungkin tidak pernah dianggap. Selama Blogger tetap menulis meski terasa malas maka ide ide penting itu akan selalu muncul.

Hal ini tentu sangat membantu Kita dalam menulis, karena Kita tidak akan pernah kehabisan topik untuk dibahas. Kita akan selalu memiliki ide ide baru untuk menulis. Pemikiran Kita akan semakin luas dan mengetahui banyak hal secara mendalam. Ini tidak hanya akan berguna bagi kemampuan menulis Kita, namun tentu saja akan berguna untuk berbicara dengan banyak orang. Kita akan lebih mudah untuk menanggapi pembicaraan orang lain dalam bidang apapun.

Alasan Blogger Tetap Menulis meski terasa malas

  1. Bertemu Dengan Orang Orang Baru

blogger tetap menulis meski terasa malas

Untuk mulai mengembangkan kemampuan Kita dalam bidang blogging, mungkin Kita perlu berkomunikasi dengan orang orang yang sudah terjun di dunia blogging sejak lama dan sukses dengan blogging. Kita bisa mencari inspirasi topik untuk dibahas, tentu saja bukan untuk plagiasi, ya? Kita juga bisa melihat tampilan template dan tataletak yang bagus, agar blog Kita lebih menarik dan banyak dikunjungi orang lain.

Saat ini ada banyak media untuk berkomunikasi dengan para Blogger kawakan. Misalnya Kita dapat menghubungi mereka melalui email atau halaman kontak di blognya. Layangkan pertanyaan yang sopan dan pertanyaan yang cukup penting, pasti akan di balas dengan baik, karena rata rata Blogger orangnya baik baik J . Atau Kita dapat bergabung dengan media sosial sesama Blogger yang ada di G+, Whatsapp, Facebook dan lain sebagainya.

Komunikasi dengan sesama Blogger ini tentu akan sangat penting dan berguna bagi kehidupan Kita. Meski kenal di dunia maya, tidak dapat dipungkiri bahwa dikemudian hari Kita dapat melakukan kerjasama bisnis maupun yang lainnya. Pertemuan dengan orang orang baru ini, akan membuat Kita termotivasi untuk terus menulis. Karena mungkin saja ada yang lebih bingung daripada Kita dalam hal mencari topik. Tentu saja Kita dapat saling menyarankan bukan?

  1. Menemukan Rekomendasi Platform

Seperti yang sudah dibahas di point tiga, maka Kita akan menemukan hal hal baru. Maka dengan menemukan hal hal baru inilah Kita bisa mulai mendapatkan banyak hal yang mungkin fungsinya sama tetapi berbeda penyedia layanan, barang, harga, dan spesifikasi. Sehingga dengan semakin menggali informasi mengenai hal ini untuk menulis, otomatis akan mengetahui perbandingan antar produk.

Misalnya saja Kita menulis mengenai perbandingan antara merek smartphone, maka Kita akan menggali lebih dalam informasi mengenai kedua atau beberapa merek smarphone itu. Atau menulis mengenai kualitas layanan ojek online di daerah Kita, tentu saja Kita perlu mencoba dan mengetahui bagaimana layanan dari penyedia ojek online ini.

Nah dengan pengalaman dan pengetahuan itulah, Blogger tetap menulis meski terasa malas. Agar Kita dapat menyampaikan rekomendasikan produk atau layanan yang memiliki kualitas lebih baik. Karena pembaca akan lebih percaya apabila apa yang Kita tulis sesuai dengan kenyataan dan tidak terlalu memihak ke salah satu produk. Rekomendasi itu juga bisa untuk kita gunakan sendiri, sehingga bisa memilih produk atau layanan yang lebih baik untuk kedepannya.

  1. Kita Akan Mendapatkan Banyak Komentar

Seiring dengan berjalannya waktu, sudah semestinya blog Kita akan lebih banyak pengunjung. Tentu satu dua orang akan meninggalkan komentar pada tulisan Kita. Terkadang komentar komentar yang datang tidak selalu positif, kadang juga malah spaming dengan membagikan link aktif.

Saya rasa Kita perlu untuk membalas setiap komentar dengan baik. Karena tidak sedikit yang akan membalas kembali jawaban yang Kita berikan. Kecepatan dalam membalas dan kejelasan Kita dalam menjawab pertanyaan akan membuat betah para pengunjung. Blogger tetap menulis meski terasa malas dalam menulis komentar. Karena komentar yang banyak juga menjadi bagian dari SEO blog.

Setiap komentar akan menjadi pemicu Kita untuk terus dan terus menulis. Komentar positif akan menjadi semangat untuk menulis karena tulisan Kita dihargai. Sedangkan komentar negatif jangan sampai menjadi energi negatif dalam menulis. Namun digunakan sebagai semangat untuk terus memperbaiki tulisan Kita.

Bonus Mengapa Blogger Tetap Menulis Meski Terasa Malas

  1. Gratis dan Bisa Menghasilkan Uang

blogger tetap menulis meski terasa malas

Blogging itu GRATIS!! Ya, tentu saja. Kita tidak membutuhkan modal apapun untuk menjadi Blogger. Banyak layanan  blogging yang menawarkan blog gratis. Kita hanya perlu untuk mendaftar kemudian memasang tulisan tulisan Kita. Sehingga sudah semestinya tidak ada alasan lain untuk tidak menulis di blog. Oleh karena itu Blogger tetap menulis meski terasa malas untuk memanaatkan fasilitas menarik ini.

Untuk menjadi Blogger gratis, dan Kita justru akan mendapatkan uang. Saat ini sangat banyak penyedia layanan iklan yang membayar kepada para publishernya. Mulai dari yang membayar untuk setiap klik, setiap tayangan, bahkan pemendek  URL. Selain itu, Kita dapat memasang iklan Kita secara pribadi tanpa melibatkan  pemasang iklan. Dengan trafic yang tinggi, akan membuat orang orang yang memiliki produk/layanan tertarik  untuk memasang iklan pada blog Kita.

Namun satu hal pasti, jangan jadikan penghasilan ini sebagai tujuan utama. Karena banyak Blogger yang putus ditengah jalan akibat dari penghasilan yang hanya sedikit. Hingga akhirnya melakukan cara cara yang dianggap cepat namun dianggap bahaya oleh blog. Anggap saja penghasilan ini sebagai bonus dari tulisan Kita. Kita terus aja menulis dan menulis maka penghasilan ini akan datang dengan sendirinya.

  1. Menjadi Catatan Hidup Kita

Blog adalah wadah untuk pemikiran pemikiran Kita, bukan hanya itu kehidupan Kita pun bisa Kita tumpahkan dalam tulisan kemudian dibagikan kepada orang lain. Setiap tulisan ini bagaikan catatan harian Kita. Karena setiap hari Kita menulis maka suatu saat akan terkumpul berapa ratus tulisan Kita mulai dari catatan catatan sederhana hingga catatan penuh kontroversi yang mengundang banyak pengunjung.

Kalau dulu orang menuliskan cerita hidupnya di buku diary yang sangat pribadi ini saatnya untuk Kita membagikannya. Apabila Kita tidak  ingin diketahui bahwa itu adalah tulisan Kita, Kita bisa menggunakan nama pena. Ini adalah solusi yang sangat baik karena catatan  Kita akan berada di catatan yang tidak lekang oleh waktu, tidak mudah hilang atau bahkan sobek seperti kertas. Untuk itu Blogger tetap menulis meski terasa malas.

Kehidupan Kita akan lebih terjadwal apabila Kita rajin menulis. Dengan blogging Kita akan mulai mengatur waktu untuk menulis dan melakukan kegiatan lainnya. Kita akan lebih nyaman dengan komitmen dan disiplin. Kita akan semakin rajin untuk bangun pagi, membuka email dan kemudian baru melakukan pekerjaan utama Kita. Ini adalah pola hidup yang akan sangat rapi dan terjadwal.

  1. Kita Akan Menginspirasi Banyak Orang

Dengan menulis di blog, tulisan Kita akan dibaca oleh banyak orang. Sehingga blogging tidak hanya mengubah diri Kita sendiri. Karena blog ini gratis untuk para pengakses dan terbuka untuk umum pada berbagai tingkatan, maka menulis di blog adalah tindakan memberi. Kita dapat memengaruhi pemikiran orang lain dan menginspirasi untuk melakukan sesuatu hal.

Pada bagian ini Kita akan merasa sangat senang dan menemukan perasaan luar biasa. Kita akan merasa senang ketika orang lain menulis komentar dan menyatakan bahwa dia terinspirasi atau sangat membantu. Kebahagiaan inilah yang akan membuat kita terpacu untuk tetap menulis.

Apabila Kita menulis mengenai kisah hidup, boleh jadi orang orang akan mulai mengikuti atau menghindari kejadian yang Kita alami. Apabila Kita menulis mengenai sebuah perjalanan, boleh jadi orang lain terinspirasi dan melakukan hal yang sama. Saya yakin bahwa tidak akan ada yang sia sia dari menulis di blog. meski mungkin awalnya tidak ada yang berubah, seiring berjalannya waktu pasti akan terasa.

Baca Juga : Produk Google Untuk Blogger

Sekian tadi sembilan alasan Blogger tetap menulis meski terasa malas. Pesan dari saya, nikmati saja setiap proses dalam menulis. Kita sebenarnya menulis banyak kata dan berbicara banyak kalimat dalam sehari. Hanya perlu sedikit memfokuskan diri sejenak didepan komputer, lalu biarkan jari jemari Kita menari sesuka hati. Tatabahasa perlu diperhatikan, namun langkah awalnya adalah dengan tetap menulis, bukan terpaku pada aturan-aturan.


Loading...

Bagikan

Tristianto Nugroho

Penulis

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Komentar

    Avatar

    Dwi

    ( - 06:35)

    Terima kasih. Artikel yang memotivasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *