Peluang usaha

9 Pilihan Karir Terbaik untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

Kuliah jurusan komunikasi mau kerja apa? Banyak yang gagal paham. Padahal, jurusan komunikasi mencakup banyak disiplin ilmu termasuk periklanan, pemasaran, humas, jurnalisme, penyiaran, media, dan film. Jadi lulusan jurusan komunikasi punya banyak peluang kerja.

Komunikasi ternyata tidak sesederhana yang dipikirkan banyak orang. Seperti perusahaan yang ingin meyakinkan orang untuk membeli produk mereka. Butuh strategi komunikasi yang tepat untuk bisa menarik pembeli.

Untuk itulah jurusan komunikasi ada. Mahasiswa jurusan komunikasi belajar berbagai cara komunikasi efektif melalui ucapan, tulisan, gambar, video, dan audio. Mereka perlu selalu update info media terbaru untuk kebutuhan strategi komunikasi mereka.

9 Pekerjaan Terbaik untuk Lulusan Jurusan Komunikasi

Lulusan Jurusan Komunikasi

Peluang kerja untuk jurusan komunikasi cukup luas dan banyak. Tapi ada 9 pilihan pekerjaan terbaik yang harus dipertimbangkan oleh lulusan jurusan komunikasi.

1. Pengatur Acara (Event Planner)

Tugas seorang perencana atau pengatur acara mulai dari menyiapkan konsep acara, menyusun tema yang menarik, dan mengadakan promosi yang efektif untuk menarik sekelompok peserta aktif.

Mereka juga bisa jadi pembawa acara. Dengan memanfaatkan keterampilan berbicara di depan umum yang dikembangkan dalam studi komunikasi untuk membuat pengumuman dan memperkenalkan pembicara dalam program.

Keahlian menulis yang dikembangkan jurusan komunikasi membantu dalam menyusun siaran pers, menulis deskripsi dan biografi untuk karya tulis acara, serta membuat konten online tentang rapat.

Loading...

Jurusan komunikasi detail dan terampil berorganisasi untuk memikirkan proses acara, kebutuhan presenter dan peserta, serta mengemas acara dengan cara yang menarik. Intinya, jurusan komunikasi cocok jadi event planner.

2. Perencana Media

Pekerjaan perencana media adalah menjelajahi web, melihat, membaca, dan mendengarkan minat konsumen supaya bisa memilih kombinasi media terbaik untuk kampanye iklan. Jurusan komunikasi punya kualifikasi yang sesuai.

Jurusan komunikasi mampu menganalisa cara kelompok tertentu menggunakan media, sehingga mereka bisa memilih penempatan iklan yang optimal dalam program TV, radio, situs web, majalah, dan artikel surat kabar.

Perencana media juga memanfaatkan keterampilan presentasi dan penulisan yang dikembangkan semasa kuliah komunikasi, untuk menyampaikan rencana mereka kepada kolega dan eksekutif periklanan.

3. Manajer Media Sosial

Lulusan jurusan komunikasi dilatih untuk menganalisis pola komunikasi, punya kualitas baik untuk bantu organisasi tingkatkan merek di media sosial. Karena media sosial adalah alat penting bagi kampanye iklan organisasi.

Media sosial adalah tentang komunikasi. Maka manajer media sosial harus jadi penulis yang baik untuk menulis pesan tentang organisasi mereka yang akan menarik pengguna media sosial seperti LinkedIn, FB, dan Twitter.

Manajer media sosial juga harus mampu persuasif dan terampil presentasi untuk sampaikan rencana mereka kepada staff. Serta meyakinkan kolega dan klien untuk sumbangkan testimonial atau konten lainnya secara online.

4. Spesialis Hubungan Masyarakat (Public Relations Specialists)

Organisasi yang bergerak di semua bidang selalu khawatir tentang cara mereka dipersepsikan oleh publik. Untuk mengatasinya, jurusan komunikasi memiliki keahlian untuk mempengaruhi persepsi publik melalui media.

Profesional humas menulis siaran pers, lalu mengadakan konferensi pers dan acara lain untuk meyakinkan media bahwa organisasi yang mereka wakili memiliki prestasi dan kisah yang baik untuk dipublikasikan ke media.

Perwakilan humas bisa bekerja untuk biro humas, pemasaran, dan biro iklan yang melayani daftar klien berbeda. Bisa juga bekerja langsung untuk perusahaan, agen pemerintah, dan organisasi nirlaba di departemen komunikasi.

5. Profesional Sumber Daya Manusia (Human Resources Professional)

Profesional SDM bertanggung jawab atas fungsi komunikasi dalam organisasi termasuk rekrut staff, orientasi karyawan baru, kembangkan program pelatihan, sampaikan kebijakan kepada staff, dan buat buletin karyawan.

Staf SDM menggunakan keterampilan berbicara di depan umum untuk memberikan arahan dan saran pada karyawan, menyampaikan presentasi kepada karyawan dan calon karyawan, serta mewawancarai kandidat karyawan.

Lalu keterampilan menulis jurusan komunikasi digunakan untuk membuat manual karyawan, menyusun konten web, serta tugas lain yang berhubungan dengan penulisan di bidang SDM perusahaan.

6. Bagian pemasaran (Sales)

Saat masuk ke perguruan tinggi jurusan komunikasi, umumnya mahasiswa tidak akan menganggap pemasaran sebagai pilihan karir. Itu wajar, karena ada jurusan bisnis dan pemasaran yang lebih paham tentang pemasaran.

Tapi mahasiswa akan belajar banyak keahlian komunikasi yang bisa mengarah pada karier sukses dalam pemasaran. Karena inti dari jurusan komunikasi adalah belajar meyakinkan orang dengan menggunakan media komunikasi.

Intinya adalah berusaha meyakinkan orang untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh tim pemasaran. Dan mahasiswa jurusan komunikasi belajar keahlian verbal, menulis, dan komunikasi yang sesuai untuk pemasaran ini.

7. Manajer Merek (Brand Manager)

Tugas manajer merek adalah mengawasi pengaturan posisi produk dan jasa di tengah publik. Dengan kata lain, mereka bertugas memastikan bahwa merek yang mereka wakili diterima dengan baik oleh masyarakat umum.

Manajer merek harus memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi untuk menghasilkan kerja sama mitra penjualan, pemasaran, dan strategi periklanan lainnya.

Manajer merek juga mengawasi perkembangan iklan, promosi, dan hubungan masyarakat untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa yang mereka pasarkan.

Manajer merek menganalisis reaksi konsumen terhadap produk dan jasa berdasarkan faktor harga, pengalaman konsumen, kemasan, dan aksesibilitas. Mata kritis jurusan komunikasi diperlukan untuk mengevaluasi iklan.

8. Wartawan Bisnis

Perkembangan media keuangan dan bisnis membuka peluang bagi lulusan jurusan komunikasi yang berminat pada bisnis dan keuangan. Lulusan jurusan komunikasi terampil meraih informasi dari orang dalam di sektor bisnis.

Lulusan jurusan komunikasi memakai keahlian menulis jurnalistik untuk memberitakan perkembangan bisnis, industri, dan ekonomi. Berita tersebut harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat umum.

Wartawan bisnis harus punya kemampuan persuasif untuk meyakinkan editor tentang kelayakan ide dan artikel mereka. Bahan berita yang sudah siap, lalu diterbitkan melalui media situs web, TV, surat kabar, dan majalah.

9. Pendidik Kesehatan

Intinya adalah mendidik masyarakat supaya hidup sehat. Narasumber utamanya dokter dan praktisi kesehatan lain. Tapi lulusan jurusan komunikasi bisa kerjasama dengan dokter untuk mengadakan seminar kesehatan

Lulusan jurusan komunikasi memiliki keterampilan perencanaan organisasi untuk promosi program kesehatan, lalu keterampilan komunikasi verbal untuk menyampaikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat.

Pendidik kesehatan harus merencanakan dan menyajikan seminar atau pameran kesehatan bagi masyarakat. Kadang mereka juga perlu membuat konten web dan karya tulis yang lain untuk menarik perhatian masyarakat.

Tugas pendidik kesehatan adalah menilai masalah dan kebutuhan kesehatan yang diderita oleh masyarakat tertentu. Tujuan utamanya adalah supaya bisa menyusun program untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

 

Keputusan akhir tentang karier ada di pribadi masing-masing, tapi saya selalu mengingatkan bahwa karir apa pun yang dipilih, haruslah sesuai dengan minat, keahlian, dan keyakinan pribadi kalian.

Kalian punya hak untuk memilih. Jangan mengambil pekerjaan karena paksaan orang lain. Kalian tidak akan bisa bertahan dengan baik dalam pekerjaan yang tidak kalian sukai.



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *