in

Cara Cepat Mengembangkan Bisnis Di Era Digital

mengembangkan usaha

Membangun sebuah bisnis atau usaha membutuhkan relasi dan mitra kerja yang luas agar bisnis dapat berkembang pesat. Jaringan berbisnis mutlak diperlukan untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalankan.

Tidak dapat dipungkiri, di era digital ini semua pergerakan terlihat begitu cepat termasuk perkembangan bisnis. Teknologi, khususnya internet memiliki peranan penting dalam promosi dan pemasaran, termasuk menjaring konsumen dari berbagai belahan dunia.

Pelaku usaha di jaman millenial ini menyadari bahwa internet memberikan peluang yang sangat besar untuk merintis dan mengembangkan bisnis. Apabila tidak melek teknologi, maka peluang besar untuk mendapatkan keuntungan melalui pemasaran akan terlewatkan.

Bukan hanya itu saja, bisnis atau usaha yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan kalah bersaing dengan bisnis-bisnis baru yang lebih inovatif. Akibatnya, bisnis tidak akan cepat berkembang menjadi besar, karena marketnya sangat terbatas.

Tidak heran apabila saat ini banyak sekali bermunculan bisnis online yang memanfaatkan teknologi internet untuk mendapatkan penghasilan secara efektif.

Peluang Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Di era era digital diperlukan sebuah langkah perubahan, salah satunya dengan menerapkan strategi bisnis melalui jaringan internet, atau yang lebih dikenal dengan istilah digital marketing.

Digital marketing terbukti mampu meningkatkan peluang bisnis di era digital ini dengan memanfaatkan beberapa platform digital melalui media internet.

Strategi marketing ini terbukti efektif untuk mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau market yang lebih luas secara online. Beberapa media digital marketing yang dapat Anda manfaatkan diantaranya adalah :

Menggunakan Sosial Media

Bukan rahasia lagi, media sosial hampir digunakan oleh semua generasi millenial saat ini. Update informasi dan perdagangan sudah mulai populer di media sosial.

Secara sederhana, Anda dapat mulai dengan menerapkan strategi digital marketing melalui platform media sosial dengan membuat akun bisnis.

Peluang media sosial sangat besar untuk mendapatkan konsumen dan pangsa pasar yang lebih luas. Selain itu, Anda juga dapat beriklan di media sosial dengan harga yang cukup terjangkau.

Menggunakan Website

Selain sosial media, Anda dapat menerapkan digital marketing melalui website. Dengan memiliki website, pelaku bisnis akan lebih mudah untuk menunjukkan kredibilitasnya sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan.

Website sebagai media publikasi profil pelaku bisnis perseorangan, UMKM ataupun perusahaan merupakan salah satu cara inovatif untuk mendapatkan market yang lebih luas dengan cara online.

Selain itu, website juga menjadi dapat menjadi tempat untuk menawarkan produk baru dan melakukan promosi dengan biaya paling murah, karena kita sendiri sebagai pelaku usaha yang mengendalikan website tersebut.

Saat ini biaya pembuatan website juga sangat terjangkau, pengoperasiannya juga sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Dengan beberapa langkah mudah, bisnis Anda sudah siap untuk online.

Anda hanya membutuhkan domain untuk nama usaha atau perusahaan, Anda dapat cek domain dengan harga murah, Bahkan beberapa provider hosting menyediakan domain gratis apabila mengambil paket hosting tertentu.

Dengan memiliki sebuah website, pelaku usaha akan lebih berpotensi melebarkan sayap untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin sehingga dapat mengembangkan bisnisnya.

Bisnis online apapun jenisnya akan sangat efektif dengan memanfaatkan sebuah website, untuk itu memiliki sebuah website adalah keharusan untuk sebuah bisnis.

Dengan Iklan Berbayar

Digital marketing dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa iklan berbayar. Saat ini ada beberapa platform periklanan dengan budget yang dapat ditentukan sendiri, sehingga pengiklan dapat mengontrol pengeluaran.

Beberapa contoh iklan yang efektif adalah di sosial media, seperti Facebook Ads, Instagram Ads ataupun Google Ads yang memiliki fitur untuk menargetkan iklan kepada orang yang tepat, berdasarkan minat dan pencarian.

Perlu diketahui, pemasaran melalui digital marketing jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan promosi secara konvensional, seperti membuat banner, baliho ataupun spanduk.

Target marketing secara digital juga lebih luas, sehingga akan lebih berpotensi mendapatkan calon konsumen lebih banyak yang akan berpotensi untuk mengembangkan usaha.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0