in

5 Layanan Cloud Storage Terbaik untuk Saat Ini (Gratis)

layanan cloud storage terbaik

Layanan Cloud Storage terbaik untuk saat ini ada bermacam-macam. Kenapa harus “Cloud Storage”? Karena saat ini sudah memasuki era komputasi awan atau yang sering disebut “Cloud Computing”.

Hal tersebut mulai menampakkan atau telah tersedia berbagai layanan cloud storage atau bisa disebut penyimpanan awan yang bisa digunakan. Bahkan, produk-produk penyimpanan awan tersebut berencana untuk bersaing, siapakah yang akan mendominasi atau menjadi penyimpanan awan yang paling banyak digunakan.

Layanan Cloud Storage Terbaik

layanan cloud storage terbaik

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage terbaik dari perusahan raksasa Google. Bila Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan kuota penyimpanan sebesar 15GB dan gratis. Anda bisa menggunakan Google Drive untuk menyimpan sebuah file atau software, dokumen, dan lain-lain.

Google Drive telah terintegrasi dengan Google+, Google Docs serta sistem operasi Chromium. Selain itu Google Drive memiliki layanan built-in Office Suite yang memudahkan Anda membuat dan mengedit dokumen Word, Excel serta Power Point secara langsung dimanapun Anda berada. Dan selain itu Google Drive mendukung aplikasi pihak ketiga seperti untuk mengirimkan fax ataupun memberikan tanda tangan.

Kelebihan

Membahas kelebihan layanan ini adalah sangat cocok bagi pemilik akun Google. Apabila Anda menggunakan email dari Google; Gmail, maka Anda juga dapat menyimpan lampiran email ke Drive hanya dengan beberapa klik. Mudah bukan?

Kekurangan

Anda tidak dapat secara langsung mengunggah foto dari smartphone ke Google Drive, dikarenakan Anda hanya bisa mengunggahnya ke Google Plus saja. Mungkin dimasa yang akan datang, fitur ini akan disempurnakan.

2. Copy

Copy dibuat serta dikembangkan oleh sebuah perusahan yang bernama Barracuda Networks. Layanan penyimpanan awan ini sangat cocok untuk digunakan perseorangan ataupun pelaku bisnis. Anda mendaftar dan akan mendapatkan penyimpanan gratis dengan kuota sebesar 15GB.

Ada yang menarik dari layanan penyimpanan awan ini, yaitu memiliki kemampuan untuk membagikan sebuah jatah file yang di share. Contohnya Anda memiliki folder sebesar 20GB dan di share bersama tiga orang teman Anda, maka folder tersebut hanya akan menggunakan kapasitas 5GB pada masing-masing akun.

Kelebihan

Penyimpanan awan ini sangat mudah digunakan dan untuk mendapatkan penyimpanan dengan kapasitas yang besar tidak memerlukan biaya yang tidak terlalu mahal, dan Anda pun bisa berlangganan.

Kekurangan

Layanan versi Website-nya kurang begitu baik jika dibandingkan dengan aplikasi Dekstop ataupun Mobile.

3. Dropbox

Dropbox adalah salah satu layanan Cloud Storage terbaik yang paling banyak disukai karena memiliki banyak fitur serta mudah untuk digunakan. Layanan penyimpanan awan ini juga dapat diakses dari berbagai platform serta OS seperti Web, Windows, Linux, Mac, iOS, Android, BlackBerry serta Kindle Fire.

Berbagai macam jenis file dapat disimpan di Dropbox. Tampilan yang dimiliki Dropbox ini cukup simple sehingga memudahkan untuk digunakan siapapun. Anda mendaftar akan mendapatkan penyimpanan awan dengan kapasitas 2GB dan gratis.

Jika mengikuti “Getting Started Tutorial”, akan ada tambahan kapasitas sebesar 250MB. Dan jika Anda mengaktifkan fitur “Automatic Photo Upload”, Anda akan mendapatkan bonus kapasitas sebesar 3GB. Dan bila Anda mengajak teman-teman Anda menggunakan Dropbox maka akan mendapatkan bonus kapasitas sebesar 500MB.

Kelebihan

Dropbox sudah terintegrasi dengan baik di berbagai perangkat PC, Android, iOS maupun Mac. Layanan penyimpanan awan ini sangat cocok bila Anda sering menggunakan salah satu dari perangkat tersebut.

Kekurangan

Meski sudah terintegrasikan dengan baik, layanan penyimpanan awan ini memiliki kekurangan pada versi Website-nya yang kurang begitu memuaskan.

4. Box

Box lebih cocok digunakan bagi para pelaku bisnis dan IT walaupun siapa saja dapat membuat akun Box. Selain itu Box menyediakan fitur memberikan komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file, dan fitur-fitur lainnya.

Box memberikan penggunanya kontrol lebih terhadap privasi dari file yang disimpan. Contohnya Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengunggah, melihat serta mengedit file dan folder yang Anda miliki. Anda juga bisa untuk melindungi setiap file dengan password dan mengatur masa kadaluarsa dari folder yang dibagikan.

Pelaku bisnis yang juga menghubungkan layanan penyimpanan awan ini dengan Salesforce dan NetSuite dapat menyimpan dokumen langsung di Box. Box memiliki plugin untuk Microsoft Office dan plugin untuk Adobe Lightroom agar penggunanya juga dapat membuka dan mengedit file yang tersimpan dengan program tersebut.

Kelebihan

Box sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memadai serta memberikan kontrol terhadap privasi file yang tersimpan.

Kekurangan

Akan ada fitur yang ditujukan bagi pelaku bisnis menganggu bagi pengguna biasa yang hanya akan menggunakan Box untuk menyimpan file.

5. OneDrive

OneDrive adalah layanan Cloud Storage terbaik dari Microsoft. Layanan ini sudah tersedia secara langsung untuk pengguna OS Windows, seperti Windows 7 Ultimate, Windows 8 dan Windows 8.1. OneDrive memiliki layanan yang bisa digunakan pada Website, Windows (versi lama dan baru), Windows Phone,  Xbox Apps, iOS.

Anda dapat menyimpan berbagai jenis file di OneDrive. OneDrive memiliki kombinasi dengan program Microsoft Office seperti Word, Excel serta Power Point. Ketika Anda membuka salah satu program tersebut, maka Anda akan melihat berbagai macam dokumen yang tersimpan pada daftar “Recent Documents” OneDrive.

Bila Anda memiliki Office 365, Anda dapat membuka serta mengedit dokumen yang tersimpan di OneDrive bersamaan atau dikombinasikan dengan teman-teman Anda. Anda pun dapat melihat berbagai perubahan yang dilakukan oleh teman-teman Anda secara real time.

Kelebihan

OneDrive berjalan dengan baik untuk perangkat yang menggunakan OS Windows dan Windows Phone. Karena layanan ini sudah terintegrasi secara langsung. Selain itu juga, OneDrive cocok digunakan bagi Anda yang sering menggunakan program Microsoft Office.

Kekurangan

Bila Anda tidak menggunakan perangkat berbasis Windows, maka tidak ada suatu kelebihan yang dimiliki oleh layanan penyimpanan awan tersebut. OneDrive juga memberlakukan peraturan ketat mengenai file yang akan diunggah. Dengan alasan menghindai adanya file atau data yang berbau pornografi serta lainnya.

Kesimpulan

Beberapa layanan cloud storage terbaik untuk saat ini memiliki kualitas, kuota, serta fitur-fitur yang membedakan satu dari yang lain walaupun ada kuota yang sama. Dan bagi Anda yang ingin menggunakan salah satu layanan tersebut, semuanya kembali kepada pilihan Anda untuk menentukan layanan penyimpanan awan yang mana yang paling tepat untuk kebutuhan sehari-hari.

Author Don Juan

Freelancher Blogger, Vector Artist, Graffiti Artist, etc

Line: holladonjuan , say: "Holla Juan"

Komentar

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0