in ,

Panduan Membuat Google Bisnis Dan Menampilkan Maps Dihasil Pencarian

Membuat google bisnis atau google local place business atau sering disebut Google Maps Local Business ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, hanya membutuhkan data akurat sesuai dengan alamat kita. Dan yang lebih menarik lagi maps lokal bisnis ini nantinya akan ditampikan di hasil pencarian google.

Betul, nantinya peta yang kita buat akan muncul dihasil pencarian google yang letaknya ada disebelah kanan google search, jika kita membuat google bisnis dan dikaitkan dengan alamat blog. Tentunya hal ini akan menambah kepercayaan pelanggan jika kita membuat blog bisnis atau usaha, karena alamat dan peta bisa langsung ditemukan.

Jenis atau beberapa kategori google bisnis

Secara mudah google bisnisku terbagi menjadi beberapa bagian, tetapi yang paling banyak dibuat untuk keperluan bisnis ada 5 jenis yaitu :

  1. Local Bisnis atau Place.
  2. Produk atau Merek.
  3. Perusahaan, Institusi atau Organisasi.
  4. Seni, Hiburan atau Olahraga.
  5. Lain-lain.

Nah untuk pembahasan ditutorial kali ini adalah membuat google bisnis sekaligus menampilkan maps atau petanya dihasil pencarian google. Dan tentu saja akan dilengkapi dengan gambar atau foto dari bisnis atau perusahaan Anda beserta ulasan untuk pengunjung secara lengkap.

JIka Anda penasaran untuk melihat hasilnya, contoh tampilannya adalah seperti gambar dibawah ini.

membuat google bisnis

Cara Membuat Google Bisnis Lokal Agar cepat Di Approved

Ini adalah trik agar nantinya google local bisnis atau akun google bisnisku disetujui oleh pihak google, saat mempraktekkan tutorial ini saya hanya membutuhkan 1 kali saja untuk di approved pihak google.

Nantinya google akan mempertimbangkan kelayakan bisnis yang akan Anda buat dengan mengirimkan bukti berupa photo atau gambar tentang situasi bisnis Anda, nah ini nanti adalah bagian yang paling penting.

Baiklah sekarang ikuti langkah-langkahnya :

  • Login ke akun google Anda.
  • Silahkan buka halaman Buat Google Bisnisku
  • Nantinya tampilan akan seperti gambar dibawah ini.
  • Pilih area layanan.

membuat google bisnis

Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman maps, yang akan menentukan lokasi bisnis Anda, seperti gambar dibawah ini.

membuat google bisnis

Keterangan.

  1. Ketikkan nama bisnis yang akan Anda buat
  2. Bisnis tidak akan ditemukan karena belum dibuat, klik tambahkan bisnis Anda.

Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi kolom nama bisnis Anda beserta alamat lengkap, perhatikan dalam pengisian kolom dibawah ini, pastikan Anda mengisi sesuai dengan alamat Anda atau sesuai dengan KTP.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

 

membuat google bisnis

Keterangan gambar diatas.

  • Silahkan isi kolom sesuai dengan alamat Anda, termasuk nomor telepon dan kategori bisnis secara lengkap, setelahitu klik lanjutkan.
  • Jangan kaget jika ada pemberitahuan atau tanda merah seperti di aias, karena lokasi belum ditetapkam.
  • Langkah selanjutnya adalah tetapkan lokasi penanda pada tombol merah.

Silahkan tetapkan lokasi bisnis Anda seperti gambar dibawah ini, perhatikan lokasi penanda harus sesuai dengan alamat,, usahakan sedekat mungkin sesuai maps.

membuat google bisnis

Keterangan gambar diatas.

  1. Tentukan lokasi bisnis Anda dengan menggeser Pin penanda.
  2. Setelah semuanya cocok dengan lokasi, klik tombol selesai.

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi alamat, nah ini adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan persetujuan dalam membuat google bisnis. Lihat gambar dibawah ini, perhatikan tanda panah dibawahnya.

membuat google bisnis

Penting..!!!

Anda bisa melakukan verifikasi google bisnisku nanti, klik pada “verifikasi nanti.” langkah selanjutnya adalah melengkapi semua profil dihalaman google bisnisku yang baru, data ini termasuk foto atau gambar dari bisnis Anda yang nantinya akan ditinjau oleh google untuk mendapat persetujuan.

Masuk kedalam profil google bisnisku yang baru dibuat, kemudian lengkapi semuanya, termasuk diskripsi untuk bisnis seperti gambar dibawah ini.

membuat google bisnis

Keterangan gambar diatas.

  1. Ganti gambar profil Anda dengan logo bisnis.
  2. klik pada bagian tab edit dan ganti latar belakang gambarnya.
  3. Tambahkan situs web dan diskripsinya, lengkapi juga jam operasional pada bisnis Anda.
  4. Pada tab kelola photo silahkan isi dengan foto yang mewakili bisnis Anda.

Nah, pada kelola photo ini yang harus Anda isi dengan lengkap, isi photo atau gambarnya adalah situasi yang menggambarkan bisnis Anda, contoh kolom pengisiannya adalah seperti dibawah ini.

membuat google bisnis

Keterangan gambar diatas.

Isi semua foto pada kolom masing-masing di Atas, Anda harus menambahkan setidaknya 3 foto untuk foto dikantor dan foto tim, untuk foto tambahan terserah Anda.

Verifikasi Bisnis Lokal Di Google

Setelah semua halaman pengisian selesai, anda bisa melakukan verifikasi dengan Via Pos, lihat pada tab merah atas yang bertuliskan verifikasi sekarang. Nantinya akan keluar gambar surat yang berisikan alamat lengkap Anda seperti gambar dibawah ini.

membuat google bisnis

Pastikan juga nama penerima (Nama Anda) ditulis pada kotak yang tersedia, PIN verifikasi google bisnis ini akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang sudah dibuat.

Lama pengiriman PIN ini adalah 4 hari sampai dengan 1 minggu atau bahkan bisa lebih, tergantung wilayah pengiriman. dan PIn yang akan dikirimkan akan berlaku hingga 30 hari semenjak PIN dikirim sesuai dengan tanggal.

Jika PIN google bisnis tidak datang atau tidak sampai, kita bisa melakukan request atau minta PIN baru setelah 30 hari, sebab jka sudah melewati batas 30 hari PIN akan kadaluwarsa, artinya tidak akan bisa diverifikasi jika sudah melalui tenggat waktu.

Setelah PIN google bisnis datang, anda bisa langsung melakukan verifikasi dengan memasukkan 5 digit angka kedalam kolom yang sudah disediakan didalam akun google bisnis Anda.

Baca juga : Cara memasang google maps di wordpress dengan mudah

Setelah melakukan verifikasi, dalam 2 sampai 3 hari maka lokasi bisnis Anda beserta gambar akan tampil secara otomastis, jika anda mengetikkan nama blog Anda di kotak pencarian google. Sangat mudah kan membuat google bisnis.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

 

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Izin tanya nih, udah 10 hari lebih semenjak surat dari pos datang dan udah verifikasi juga, udah setting2 tapi kok lokasi belum dipublikasikan juga ya? dan dari 10 hari yang lalu statusnya selalu sama yaitu menunggu keputusan. apakah yang harus saaya lakukan sekarang?

  2. Mas, saya sudah daftar melalu google bisnisku, tapi suratnya ga pernah sampai kesaya dari pos, tapi tadi pas saya cek tiba” sudah terverifikasi, ada pemberitahuan ke email says juga, tapi saat dicari di google ataupun maps tidak keluar pencarian toko saya, tapi saat saya share ke teman lewat wa saat di click langsung ke daerah toko saya, mohon pencerahan dan solusinya mas agar toko saya saat di buat di goofle atauoun maps keluar

  3. Numpang tanya om gani,knapa lokasi bisnis saya tidak muncul di maps,padahal udah terverifikasi..kecuali kita ketik nama bisnis kita baru muncul dia,tp kl ketik daerah gak muncul…makasih

  4. Yang sekarang sangat riskan mas, uplod foto aja kadang bisa di tangguhkan, kalau untuk mengembalikan listingan yang di tangguhkan caranya gmn mas, padahal sy sudah mengisi form pada bantuan, tp gagal terus?

  5. saya sudah bikin google maps sudah di approve dan sudah tayang selama 3 bulan tetapi tiba2 hilang dari peredaran. dan ada notifikasi ‘google bisnis anda ditangguhkan karena masalah kualitas! why???!!!

    ada solusinya? padahal alamat real, foto sudah selengkpanya dan info lainya

  6. Cara menambahkan petunjuk arah di google maps nya gimana min… Soalnya maps udh masuk tp petunjuk arah jalan nya gak ada di maps

  7. Mas, kalau kita buat beberapa google bisnis harus kita tunggu kode verifikasi dari pos ya mas. thanks

  8. Mas mau nanya,
    kemaren ada yang datang,,,mereka bilang dari google map
    mereka memasukkan tante saya ke bisnisku,
    karna waktu itu tante saya memiliki usaha makanan gitu
    apa itu benar dr google map atau gak ya,,,,,

  9. Gan mau tanya ane dah terima surat nya tapi pin nya dimana ya?

    • Nama bisa saja berpotensi sama, karena setiap bisnis/usaha tentu ada persamaanama.
      Untuk hasil pencarianya nanti akan terkategorikan berdasarkan wilayah. Tapi bisa saja muncul dua bisnis yang sama di pencarian melalui kata kuncinya, satu di atas, dan satunya dibawah secara berurutan.

  10. Thanks tips nya gan, sangat bermanfaat untuk pemilik usaha karena bisa mejeng di page one lebih cepat pakai cara ini

  11. Gan saya mau nanya nih.. gimana cara buat about us yang di bawah link klik mania ???
    Tolong di balas gan

  12. saya mengalami kesulitan saat verifikasi dan akhirnya saya menggunakan opsi selain surat untuk verifikasinya. Saya pake verifikasi by phone. Dan langsung di telpon sama.mba googlenya. Tapi apa ada perbedaan hasil jika memverifikasi dengan cara nerbeda…?

  13. Terimakassih Informasinya.. Saya mau tanya cara menambahkan Foto di Google Bisnis dari Web kita. Jadi ketika foto di google bisnis itu di buka nampil link web di keterangan Foto. Mohon Infonya Om.. Terimakasih…

  14. Mas mau tanya donk.
    saya sudah bikin Gugle my bisnis. terus sy coba buat check in di Facebook gt koq gabisa ya mas? thanks

  15. terima kasih gan untuk tutorialnya,,ternyata mudah sekali ya buatnya

  16. gan klo verifikasi nya lewat tlp itu ada pernah coba gag ,ksi saran gan,, bukannya lebih mudah gag ya,, soal nya aku mau coba lewat itu karna klo lewat post aku yakin tidak akan sampai ke kampung ku krna sni msi plosok2 alamat blm teratur di sni,, takut tidak sampai pin verifikasi nya.

  17. aku masih kurang yakin ini bsa jd atau tidak ,, krna pin di kirim lwt pos indo,, sedang kn di sni klo pengiriman lewat ini sangat susah di kampung ane ,, td dah aku buat bisnisku mudah2n jadi,, klo tdk juga gpp krna pos sni susah, kadang tidak smpai kiriman di buat…

  18. Bang maaf untuk satu akun / website apakah hanya boleh 1 map saja ?
    karena pengalaman saya cuman 1 google maps yang dikirim kode verifikasinya untuk permintaan map yang kedua gak dikirim-kirim kode verifikasinya

  19. kalau ini kan ada google map nya ya disamping situs , seumpama membuat seperti situs situs besar seperti facebook ,disamping situsnya ada keterangan tentang perusahaan saja, dan ada pemilik, pendiri, berdiri.. bagaimana , mohon secepatnya menjawab pertanyaan ini

  20. Kalau 1 kantor banyak bisnis, bisa dimasukkan google bisnis semua? Jadi ketika dicari sesuai bisnis (kata kunci yang berkaitan), akan muncul masing – masing bisnis.

    Terima kasih

  21. Mas , saya mau tanya bagaimana cara membuka pengaturan google map bisnis saya . Kenapa ada gambar kunci dan keterangnya hanya saya yang dapat melihat?

    • Apabila nama dan diskripsi bisnis serta letak lokasi sudah ditulis dengan benar, maka akan muncul dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari. (setelah melakukan verifikasi)

  22. gan kalau ingin mendapatkan kode verifikasi google bisnis lewat telepon bagaimana cara nya ya,soalnya kalau lewat kartu pos lama dan ga ada yang nyampai

    • Untuk verifikasi dengan no telp hanya berlaku di negara tertentu saja mas.
      Untuk Indonesia proses verifikasinya melalui Pos. Apabila alamat sudah benar, pasti akan terkirim.

      • owh begitu ya gan,,terima kasih info nya mungkin skarang sy hanya tinggal sabar menanti kartu pos dari google bisnisku

  23. Saya sudah melakukan semua langkah di atas dan udah dpat verifikasi darii Pos. Fan juga dah saya konfirmaskan.
    Tp ketika daya coba cek pencarian google kok blom bisa muncul.
    mohon bantuanya gaann..

  24. Mas bagaimana, agar alamat tersebut selalu tampil diatas sendiri.. Trimakasih

  25. Salam kenal mas gani, mau tanya setelah verifikasi google dimasukan untuk nunggu sampai bisa muncul di google search n google maps max 3 hari ya soalnya saya buat belum tampil juga sudah 2 hari, apa ada kesalahan pembuatan ya
    Terima kasih

    • Iya mas, jangka waktunya mungkin bisa lebih lama sampai 7 hari, coba lihat pada dashboard google bisnis dan cek pada publikasi situs.
      Jangan lupa Clear history browser dan cache

  26. Setelah ketik surat n suruh menunggu 4 hari nanti pinnya siapa yg ngirim n pinnya masukan dimana mas

  27. Mas, bagaimana kalau kita punya 2 bisnis di satu alamat? apakah bisa disubmit kedua2nya? terima kasih.

  28. Mas, kalau untuk metode verifikasi selain lewat Postcard gimana caranya? Misal lewat email verifikasinya? Merk bisnis apa saja yang hanya bisa verifikasi lewat email? Thanks

  29. Simple dan Mudah,
    Kalo lagi bagus biasanya dalam hitungan jam sudah di Approved dan untuk verif baha kita adalah pemilik Asli place bisnis tersebut biasa ada beberapa metode yg paling mudah digunakan
    Kalo ngak pake Surat ( By Pos) live by Telp jg kadang di telp sama pihak Google Maps Thanks mas Ghani buat sharenya.

  30. selain profile photo, alamat, saya juga melihat ada link fb juga, tu gmna caranya?..
    saya sudah daftra dan verivied google my bisnis, klo cek dari account saya bisa mucul, tapi ketika secr langsung di google kok ga muncul ya?..

    • SEtelah verivied biasanya akan muncul dalam 2 sampai 3 hari, untuk FB profile biasanya terdeteksi pada theme yang digunakan oleh blog pada box profile.

  31. berapa keyword ya mas untuk google bisnis itu yang bisa ditemukan? misalnya saya jual ikan hias, keywordnya “jual ikan hias jambi” & “jual ikan arwana jambi” apakah 2 keyword/banyak keyword bisa?selagi mencantumkan daerah di keywordnya..
    thanks jika berkenan menjawab

    • Untuk google bisnis sendiri lebih mengutamakan untuk pencarian lokal mas, nantinya bisa dipilih lokasi untuk iklan produk yang akan ditayangkan , selain itu juga tersedia opsi peluasan lokasi, misalnya untuk satu provinsi atau bisa ke seluruh Indonesia. Untuk keyword tentukan saja keyword utama, jadi lokasi sudah bisa langusng ditentukan.

      • ohh begitu ya mas, kalau untuk keyword “klik mania” kenapa bisa muncul ya google bisnisnya mas gani? soalnya kan keywordnya hanya klik mania bukan klik mania indonesia

        • Klik Mania adalah nama blog ini , dan kebetulan saya daftarkan ke google place, jadi lokasi bisa ditampilkan.

  32. Luar biasa, pingin saya mo coba tapi ngg ada tempat bisnis
    terpaksa diurungkan niat ..

    • Sebenarnya tidak harus punya bisnis juga mas Rudi, saya juga nggak ada kok..tapi mungkin bisa berguna suatu saat. 😀

      Untuk foto memang yang paling menentukan, kalau memang ingin buat bisa gunakan foto yang sama sekali belum pernah diupload ke google.

      Bisa gunakan dari photo ponsel

  33. Mantab…!!! Salut buat Mas Gani, langsung jadi tulisan yang menarik.. Hehe…
    Sukses selalu buat Klik Mania and Team.

    • Pokoknya ada bahan posting langusng kerjain mas…nggak pakai nunggu. Yang penting ada relevansi bahan nya 😀

      Makasih juga buat Atensinya mAs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0