Tekno

Absorb Plate, Cara Diet Unik Tanpa Mengurangi Porsi Makanan

Absorb Plate Untuk menunjang kegiatan sehari-hari, kesehatan merupakan salah satu hal yang patut untuk diperhatikan. Agar penampilan tetap maksimal, perlu bagi setiap orang untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk. Selain tidak baik untuk penampilan, badan yang terlalu gemuk juga beresiko mengundang penyakit yang berbahaya seperti hipertensi, sakit jantung, kolesterol, dan lain sebagainya.

Dengan adanya kemungkinan penyakit yang disebabkan karena badan gemuk, banyak orang sengaja mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi. Bahkan banyak orang yang menghalalkan berbagai macam cara untuk tetap bisa tampil maksimal dengan ukuran tubuh yang ideal.

Absorb Plate
Overweight via pixabay

Salah satunya adalah dengan hanya memakan buah setiap harinya. Selain itu banyak pula orang yang melakukan olahraga rutin untuk merampingkan tubuhnya. Seperti yang dilansir oleh Bernas.com pada bulan agustus 2016 lalu yang menyatakan bahwa ada seorang yang memiliki berat badan 81kg harus berjalan selama 20 menit dengan kecepatan 3,2km/jam untuk dapat membakar sebanyak 30 kalori dalam tubuhnya.

Tetapi kini orang yang memiliki hobi makan pun tidak perlu khawatir dengan kegemukan. Sebuah perusahaan asal Thailand membuat suatu produk yang unik dan inovatif bagi orang-orang yang takut akan bertambahnya berat badan. Produk ciptaan Thailand ini disebut-sebut dengan nama Absorb Plate.

Absorb Plate dari Negara Thailand

Diciptakannya Absorb Plate bukan tanpa alasan. Sebelumnya, Negara Thailand sempat tercatat sebagai salah satu negara dengan penduduk obesitas terbesar di Asia Tenggara. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Thailand Business News tahun 2015 lalu, menyatakan bahwa Thailand menempati urutan kedua negara tingkat obesitas tertinggi di AsiaTenggara setelah Malaysia. Karena itulah kemudian negara ini mulai mengembangkan berbagai cara untuk menanggulanginya.

Tingkat Obesitas Asia Tenggara
Tingkat Obesitas di Asia Tenggara Tahun 2011 via http://www.tipsiana.com

Seperti yang banyak orang ketahui, negeri gajah putih ini dikenal memiliki kuliner yang lezat dan berminyak. Karena tidak mungkin untuk memberhentikan produksi makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi, pemerintah pun membuat inovasi untuk mengurangi kadar lemak yang ada pada makanan yang mereka produksi.

Dari beberapa sumber menjelaskan bagaimana sulitnya mengubah kebiasaan makan sebagian besar masyarakat di Thailand. Masyarakat di negara tersebut mayoritas suka mencari makanan lezat yang berminyak dan berlemak sehingga kecil kemungkinan untuk menurunkan jumlah penderita obesitas.

Usaha Negara Thailand Untuk Mengurangi Tingat Obesitas

Perusahaan Thai Health Promotion Foundation yang bekerjasama dengan BBDO Bangkok menciptakan sebuah piring yang dapat menyerap minyak yang mengandung lemak pada makanan. Terciptanya produk piring penyerap lemak ini bertujuan untuk mengurangi tingkat obesitas di Negara Gajah putih ini.

Loading...

Dilansir dalam Elitereaders.com pada bulan Mei 2016 lalu, Absorb Plate ini terinspirasi dari cara kerja spons  dalam menyerap air. Dengan demikian, Thailand menciptakan piring dengan lubang kecil pada bagian tengahnya yang dapat menyerap minyak seperti cara kerja spons. Dengan diciptakannya Absorb Plate, pengguna dapat mengurangi sebanyak 30 kalori dan 7 ml minyak dalam makanan yang mereka konsumsi.

Absorb Plate
Piring Penyerap Lemak Pada Makanan via https://www.finedininglovers.com/

Layaknya spons yang dapat menyera air yang menempel dengan permukaannya, Absorb Plate pun memiliki 500 lubang cekungan kecil di permukaannya yang dapat menyerap lemak dalam makanan. Selain itu ada pula kelebihan-kelebihan lain seperti mudah dicuci meskipun sifatnya dapat menyerap minyak.

Absorb Plate
Penyerapan Kalori Pada Absorb Plate http://designtaxi.com

Walaupun angka 30 kalori bukan angka yang besar, tetapi setidaknya hal sederhana seperti piring unik ini dapat mengurangi resiko obesitas. Dan meskipun tidak dapat merubah makanan yang tidak sehat menjadi makanan yang sehat, Absorb Plate setidaknya dapat mengurangi kadar minyak dan lemak yang tidak sehat.

Saat ini Absorb Plate telah diproduksi secara massal dan telah dapat dipakai oleh banyak kalangan di  negaranya. Masyarakat umum sudah banyak yang menggunakannya sebagai alat makannya, bahkan restoran di Thailand pun telah banyak yang menggunakan Absorb Plate sebagai wadah sajiannya. Kabarnya Absorb Plate juga akan dipasarkan ke mancanegara dalam waktu dekat.

Referensi lain : DuoSkin, Tato Canggih Temporer Penggontrol Smartphone

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan mengenai piring unik penyerap lemak dan minyak. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi pemuda-pemudi Indonesia di zaman kecanggihan teknologi ini untuk menciptakan inovasi baru yang bermanfaat dan bernilai tinggi sehingga dapat dikenal dunia.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button