Internet

Ada COVID-19, Google Bagikan Tips Aman Berinternet

Akibat pandemi COVID-19, beberapa aksi kejahatan banyak sekali ditemui, baik itu aksi kejahatan yang dilakukan secara offline maupun online. Google, selaku perusahaan teknologi terkemuka di dunia juga mendapati banyak aksi kejahatan yang dilakukan secara online.

Perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut mengaku bahwasanya selama seminggu terakhir ini berhasil menemukan 18 juta malware setiap harinya dan upaya phishing terkait COVID-19. Selain itu, mereka juga menemukan 240 juta email scam terkait COVID-19.

Google Bagikan Tips Aman Berinternet

Mengingat posisi Google yang banyak digunakan oleh publik dunia, mereka pun telah meluncurkan tips untuk melindungi para penggunanya dari ancaman, malware, phishing, dan juga email scam terkait COVID-19.

“Dengan banyaknya penipuan terkait COVID-19 yang datang dalam bentuk email phishing, penting untuk mengevaluasi email COVID-19 apa pun itu sebelum Anda mengklik tautan di dalamnya atau mengambil tindakan lain.”

“Waspadai permintaan informasi pribadi seperti alamat rumah atau detail bank Anda. Tautan palsu sering meniru situs web terkemuka dengan menambahkan karakter ke dalamnya. Periksa validitas URL, dan pertahankan tips ini dan pelajari lebih lanjut di g.co/covidsecuritytips,” ucap Google.

Pihak Google juga menambahkan tips lain yang bisa mengamankan para penggunanya dari bahaya penipuan, di antaranya adalah menggunakan email perusahaan untuk kegiatan apa pun yang terkait dengan pekerjaan.

Berhati-hati saat melakukan konferensi video juga merupakan tips Google selanjutnya. Selain itu, para pengguna harus rajin-rajin untuk meng-update sistem, menggunakan pengelola kata sandi, serta mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Baca juga: Tips & Cara yang Paling Tepat Melindungi Anak dari Bahaya Internet

Dengan menjalankan tips yang sudah disebutkan, diharapkan para pengguna bisa terhindar dari ancaman penipuan, baik itu yang berhubungan dengan COVID-19 maupun yang tidak. Saat ini, pandemi COVID-19 memang membuat segala sesuatunya terasa sedikit sulit.

Namun, pandemi memang harus dihadapi, dan salah satu cara agar pandemi tersebut bisa segera pergi adalah dengan menjaga kebersihan, serta menghindari aktivitas yang tidak perlu di luar rumah. Dan yang harus diketahui adalah meskipun segala aktivitas bisa dilakukan di dalam rumah, kita harus tetap berhati-hati karena para peretas juga menjadi ancaman serius.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close