Mengapa AdSense Untuk Penelusuran Jarang Diminati Publisher?

AdSense untuk penelusuran adalah salah satu cara efektif meningkatkan penghasilan Adsense, namun beberapa publisher justru tidak menggunakan fitur ini karena beberapa Alasan. Nah apa dan mengapa berikut ini beberapa penjelasannya.

Seperti yang kita tau AdSense untuk penelusuran atau Google Custom Search merupakan produk google yang terdapat di dashboard Adsense yang sering kita lihat. Fungsinya adalah menyediakan penelusuran khusus bagi pengguna untuk mencari konten yang berada dalam blog yang sudah di integrasikan secara khusus.

Seberapa besar fungsi AdSense untuk penelusuran dalam blog?

Fungsi utamanya boleh dibilang sama persis dengan kotak pencarian (search box) yang biasanya terpasang pada widget blog, manfaatnya adalah menemukan artikel didalam blog dengan mengetikkan kata dalam kotak pencarian.

Bedanya adalah hasil pencariannya saja, jika menggunakan AdSense untuk penelusuran maka hasil yang ditampilkan adalah artikel blog yang terindex dalam halaman google, terkait dengan kata kunci yang dimasukkan.

Penelusuran ini akan tampil jika kita membuat AdSense untuk penelusuran yang berada di dashboard Adsense., seperti gambar dibawah ini.

AdSense untuk penelusuran

Dan untuk tampilan widget Google Custom Search yang biasanya ditempatkan pada sidebar tampilannya seperti gambar dibawah ini.

AdSense untuk penelusuran

Loading...

Bisa juga dimodifikasi untuk frame dengan menggunakan media CSS untuk mengubah warna dasar kotak search dan menambahkan tombol selaras dengan Template blog, tentu saja membutuhkan keahlian khusus untuk itu.

Mengapa publisher jarang menerapkan AdSense untuk penelusuran?

Dari berbagai blog berbahasa Indonesia yang pernah saya kunjungi rata-rata jarang menerapkan pada blognya masing-masing, alasannya ada beberapa hal :

1. Style atau tampilan kotak penelusuran yang tersedia kurang variatif.

  • Alasan lain kurang pas dengan warna theme atau template.
  • Untuk modifikasi dan menyesuaikan tampilan membutuhkan pengetahuan CSS.

2. Pihak google tidak menyediakan widget khusus terutama pada blogspot sehingga pemasangannya harus dilakukan secara manual.

3. Script dari AdSense untuk penelusuran membuat loading blog menjadi lebih lambat.

Apakah AdSense untuk penelusuran mempengaruhi pendapatan?

Untuk mendapatkan penghasilan Adsense melalui blog adalah dengan menampilkan iklan yang dibayar saat pengguna mengeklik iklan atau saat pengguna melihatnya. (Tampilan iklan yang dibayar).

Pihak pengiklan melalui hasil lelang iklan bersedia membayar dengan jumlah tertinggi dengan memastikan pengalaman yang baik untuk pengguna.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan AdSense untuk penelusuran, karena iklan yang tampil dalam hasil pencarian konten dalam kotak pencarian akan lebih relevan. Nilai iklan dari hasil penelusuran ini akan cenderung bernilai Tinggi.

AdSense untuk penelusuran dapat digunakan untuk menawarkan penelusuran web Google secara langsung dari laman kepada pengguna. Dengan menempatkan kotak AdSense untuk penelusuran di situs, Anda akan memperoleh penghasilan dari klik iklan yang dibuat oleh pengguna pada laman hasil penelusuran.

Pendapatan yang akan diperoleh dari AdSense untuk penelusuran

Kotak pencarian ini hanya berfungsi untuk penelusuran saja, jika dalam penelusuran pengunjung melakukan klik iklan maka Anda akan dibayar, namun jika pengunjung tidak melakukan klik Iklan maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Baca keterangan sumber resmi

Penghasilan kemungkinan hanya diperoleh melalui tampilan iklan saja dan ini artinya tidak berpengaruh pada pendapatan Adsense secara langsung.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa publisher jarang menerapkan dan saya sendiri juga tidak memasangnya, karena beberapa script iklan Adsense sudah membuat loading blog ini berjalan lebih lambat.

Kalau Anda ingin memasangnya, silahkan mencoba.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Mutanpro

    ( - 00:53)

    mantab

    Avatar

    schndzziz

    ( - 08:46)

    saya kurang suka juga mas pasang2 google custom search ini, mana blog saya udah cukup berat loadnig nya,, bisa bisa malah iklan lain telat tampilnya 🙂

    Avatar

    Saya mau coba di Blogger tapi saya tidak begitu suka dengan form yang disedikan, saya mau integrasikan dengan form search bawaan template blog saya tapi saya tidak paham soal css. sudah search di google tapi belum ada jawaban. Apakah mas gani bisa membantu?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:36)

      Untuk tutorial blogspot saya tidak menyediakan mbak Yanti 😀 , coba reverensi ke blog Mas Adi suryadi di Kompi Ajaib.

    Avatar

    Saya pakai ini Mas Gani…
    Walaupun bawaan dari theme sudah ada, namun tidak saya pakai…
    Saya malah pakai dari Google…
    Paling tidak, masih bisa menguntungkan…
    Salam,

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:59)

      Ya kalau ini memang tergantung kitanya mas Dedy, Mau menerapkan juga akan memberi nilai tambah tersendiri 😀

    Avatar

    Jzlyric

    ( - 03:18)

    Mantap gann infonya !!!!

    Avatar

    Kang Andre

    ( - 09:05)

    Iklan utama-nya saja cukup berat loading-nya apalagi ditambah penelusuran. Itu alasan kenapa nggak saya pakai.
    Btw: Ada yang ngerasani “klikmania.net marah gara-gara ini hmmm” di bersosial 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:15)

      Saya rasa bukan posting ini mas Andre,tadi langsung ubek-ubek bersosial karena sedikit rasa gundah 😀
      Sebab jika saya review posting pasti saya sertakan sumber yang kredibel, selain itu saya juga mengulas kelebihan serta kekurangannya.
      Nah, tinggal penerapannya saja bagi audience..
      Tanks mas kang Andre, salam bersosial.

    Avatar

    Berarti harus membuang widget bawaan standar saja ya mas dan memakai google adsense penelusuran, kan lumayan 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:02)

      Iya lumayan mas, tapi kalau iklan tidak di klik juga tidak akan mendapatkan apa-apa, seperti penjelasan artikel di atas. 😀

    Avatar

    Kalau sudah ada kotak pencarian (search box) yang terpasang pada widget blog boleh enggak ya mas kalau dipasang google adsense untuk penelusuran.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:37)

      Boleh saja mas Widodo, tapi pengunjung nantinya akan bingung, karena fungsinya adalah sama :D, hanya tampilannya nanti yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *