Adsense Di Youtube

(Studi Kasus) Mengapa Banyak Blogger Yang Hijrah Ke Adsense Youtube?

Bila kita membandingkan antara Adsense Youtube dan Blog sebagai fasilitator dalam menghasilkan uang, maka anda mendapat kesulitan memilih mana yang terbaik , karena kedua platform ini sama-sama punya potensi yang besar dan semuanya tergantung kepada potensi dan kebutuhan anda.

Intinya : Video Youtube bisa dibuat oleh siapa saja.

Untuk menjadi Youtuber (Menghasilkan uang dari Adsense youtube) hanya perlu beberapa skill, kesempatan, keberuntungan, dan peralatan seadanya.

Berbeda dengan blog,  yang membuat anda harus bisa menulis , dan mahir melakukan beberapa optimasi untuk memaksimalkan konten di mata pembaca dan mesin pencari.

Lalu , apa berarti blog tidak lagi menjanjikan ?

Tidak juga. Karena seperti yang pernah ditulis oleh pakar stand up comedy Indonesia, Pandji Pargiwaksono

 Blog punya penggemar sendiri, youtube juga punya massanya sendiri.

Keduanya punya karaterisitik yang berbeda.

Lihat juga berdasarkan kebutuhan anda. Apakah mencari uang , ingin belajar menulis, ingin belajar videographer, ingin eksis, atau mau mengembangkan usaha dan profilitas ?

Banyak kebutuhan yang tidak bisa dipaksakan pada kedua jenis platform ini.

Adsense youtube

Namun yang paling tepat adalah bila anda seorang blogger dan punya channel Youtube yang dimonetitasi juga. Tetap menjaga keduanya eksis tanpa membiarkan yang lain.

Lalu, mengapa judulnya “ hijrah “ , tidak : Mengapa banyak blogger tidak memaksimalkan Adsense youtube sebagai usaha sampingan ?

Karena memang saya melihat karakter blogger Indonesia secara keseluruhan :  Jarang mengikuti passion.

Mereka hanya mengikuti naluri bisnis dan pindah ke Youtube setelah menyadari di sana lumbung dollar lebih banyak.

Menjadi blogger tidak menjanjikan lagi ? Anda salah. Tidak boleh dikatakan demikian. Sebab banyak blogger yang bisa kaya raya sampai hari ini.

 Kebanyakan blogger, apalagi yang mengeluh : Saya tidak diterima adsense, adalah karena memang tidak punya sense kuat pada blog yang ia bangun. Hanya : Ingin uang dan uang

Sehingga imannya goyah ketika ada ladang lain yang lebih menjanjikan, karena uang lah alasannya bergelut dalam bidang daring.

Nah, bandingkan dengan mereka yang memang punya sense terhadap blog yang ia kelola, contohnya hobinya adalah berwisata, maka ulasannya adalah mengenai perjalanan wisata yang selama ini ia tempuh .

Ketika blogger traveling mengenal Adsense Youtube , ia pasti akan memaksimalkannya , tanpa melewatkan blog yang juga telah ia dirikan dengan susah payah.

 Karena sense nya tidak tergulung medium, perpindahan  hanya menjangkau pemirsa yang lebih luas, dan berusaha memaksimalkan media yang ada di sekitarnya

Ya, ia tidak kehilangan profilitasnya di blog. Baginya Youtube adalah hadiah , bukan surat untuk pindah tugas. Integrasi kedua media ini adalah kekuatan besar sehingga harus terus dimaksimalkan.

Youtube Memang Menguntungkan

Saya tidak bisa pungkiri bahwa Youtube memang sangat menjanjikan. Saya punya riset sederhana yang juga bisa anda buktikan sendiri.

Dulu, di masa 2014, Youtube berkembang pesat namun tidak sepesat sekarang.

Ketika saya mengetik keyword “ Adsense “ di Google , maka yang banyak muncul adalah pembahasan mengenai blog. Di sanalah saya mengenal beberapa master seperti Indri Lidiawati, Gee Jhon, Kang Didin, Mas Sugeng, dan Kang Jum.

Namun, semuanya berubah di tahun 2016 ini. Kebanyakan hasil pencarian topik Adsense adalah : Youtube.

Adsense youtube

Lebih banyak orang yang ingin menekuni Youtube dibanding blog itu sendiri. Bahkan pembahasan yang paling ramai di forum adsense saat ini juga berkutat tentang Youtube.

Contohnya di blog tersayang ini, Klikmania.net miliknya Mas Gani Sebastian.

Adanya fitur komentar trending , membuat saya dapat melihat komentar mana yang muncul tiap harinya.

Dan faktanya : Youtube for adsense yang paling banyak mendapat komentar.

Bisa anda buktikan sendiri.

Saya akui Youtube itu menjanjikan, namun bohong rasanya kalau saya tidak memetakan apa yang membuat Youtube itu menjanjikan.

Berikut 4 hal menguntungkan dari Adsense Youtube yang membuat semangat ngeblog para blogger jadi goyah :

1. Konten Lebih Mudah Dibuat

Yang mana lebih mudah anda buat , bicara di depan kamera sebanyak 1000 kata atau menuliskannya ? Saya yakin anda yang bisa bicara pasti lebih memilih bicara 1000 kata , karena bicara di depan kamera itu sangat mudah dan tidak perlu banyak keterampilan . Bahkan kalau anda tidak tahu apa yang mau anda sampaikan, baca lah sumber refrensif , lalu ucapkan di depan kamera. Ini sudah bisa jadi satu konten.

Kelebihan dari Adsense youtube adalah , anda mudah sekali menjadi partner Google Adsense dan dengan ini, konten apapun bisa dimonetisasi selama tidak melanggar hak cipta. Bicara membuat konten Youtube tidak banyak kesulitan yang berarti.

Hanya perlu punya kamera, lalu rekam lah apa yang ada di sekitar anda. Sudah ! Konten berhasil dibuat. Apalagi dengan banyaknya tools dan software seperti YouTube Creator Studio yang bisa di Instal diponsel Andoid , sehingga video tersebut bisa diedit lebih baik lagi.

2. Tidak Perlu Banyak Trik-trik SEO , Video Unik Pasti Dicari

Youtube adalah milik Google, sehingga terkadang hasil pencarian di Google memunculkan video Youtube juga. Pada beberapa aspek , video Youtube bisa mengalahkan peringkat blog dihasil search engine . Mungkin Mas Gani Sebastian bisa membahas hal ini lebih dalam kalau sempat.

Intinya, video yang unik pasti dicari. Tidak perlu banyak trik SEO ,  kalau video buatan anda lucu, pasti akan mudah naik di Youtube. Posisikan saja diri anda sebagai penonton, pasti kalau ingin mencari video lucu, anda akan mencarinya sampai ke dalam-dalam. Sehingga video lucu anda , cepat atau lambat pasti akan menemukan penontonnya.

3. Pendapatan Lebih Besar Dan Lebih Cepat Didapat

Nah , ini dia yang membuat Adsense Youtube menjadi ladang uang yang menarik. Mas Gani Sebastian sendiri menyebut bahwa sumber PO Adsensenya, mayoritas berasal dari Youtube. Waktu yang ditempuh untuk mendapatkan uang dari Youtube pun juga tergolong mudah kalau videonya menarik dan trending.

Bandingkan dengan menulis ribuan kata pada satu topik komersil , maka untuk terindeks dan bersaing di halaman pertama Google harus menunggu waktu. Bisa jadi sampai 3 bulan. Sedangkan di Youtube sendiri, video berkualitas pasti akan mudah naik dengan sendirinya, karena intensitas penonton Youtube yang saya yakini bergerak lebih cepat daripada blog.

4. Merasakan CPC US Meski Tak Menulis Artikel US

adsense youtube

Keuntungan yang terakhir adalah adanya potensi membuat video internasional. Kalau di blog ada yang disebut konten abadi, konten sepanjang zaman, maka di Youtube ada konten yang bersifat internasional.

Konten ini tidak terikat bahasa, bisa dikonsumsi oleh umum, karena kontennya tidak fokus pada verbal, melainkan visual belaka. Biar anda lebih mudah paham, cobalah buat video anak kucing yang menganggu induknya. Apa orang Amerika Serikat bisa menikmati video itu ? Ya, bahkan netizen Afrika sendiri pasti bisa menikmatinya karena konten itu tidak terikat pada bahasa.

Apa contoh lainnya ? Video lucu yang mengandalkan gerakan fisik, video musiman yang menunjukkan fenomena tertentu, panorama alam, dan lain sebagainya yang fokus videonya adalah memanjakan mata.

Lalu, apakah ada video bersifat verbal yang tidak terikat bahasa ? Ada. Apa itu ? Buatlah video instrumental bila anda memang mahir dalam bermusik, baik untuk relaksasi, teman sebelum tidur, teman bekerja , dan lain sebagainya.  Saya sendiri kalau mengetik sering membuka Youtube dan memutar lagu-lagu instrumental yang hangat di telinga.

Ini bisa jadi ladang yang tepat untuk anda. Karena ketika saya mencari-cari, video instrumental karya anak bangsa masih sangat sedikit intensitas nya di Indonesia. Kebanyakan lagu dengan model ini bernuansa tiongkok.  Silahkan dibuktikan sendiri.

Penutup

Nah, itu dia keuntungan masuk ranah Youtube.

Semua adalah pilihan anda.

Jangan persempit juga rasa antusias anda terhadap blog , karena blog juga menjanjikan lewat beberapa faktor , bahkan ada fitur monetisasi yang ada pada blog tidak ada di Youtube, Contohnya adalah aflliate marketingPay Per Install, dan iklan Pop Up . Akan saya bahas lebih dalam lain kali.

Tetap jaga sense anda, kembangkan diri dan rauplah penghasilan adsense lewat cara yang lurus.

Adsense Youtube memang menjajikan, rauplah untung selagi bisa.

Semoga bermanfaat !


Loading...
Baca selengkapnya

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Artikel terkait

4 Comments

  1. blogger jaman sekarang bukan menulis sesuai passion, tapi cuma buat nyari duit doank, akhirnya banyak sampah di search engine bertebaran

  2. Sebenarnya domain dan hosting menurut saya bukan beban dalam ngeblog. Ngeblog gratisan bisa kok. Cukup hosting bawaan blogspot dan domain TLD Gratis dari Freenom, blog bisa mengudara dengan mulus .
    Di Malaysia sendiri banyak blog dengan domain .blogspot bisa hits kok, Intinya adalah kreativitas masing-masing orang, harus sesuai sense nya .
    Semoga membantu 🙂

  3. mungkin kalo ngeblog ada biaya domain dan hosting tiap tahun jadi pada pindah main youtube yg gratisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close