Blogging

Bagaimana Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi? Perhatikan 3 Hal Penting Berikut

Bagaimana cara agar blog banyak dikunjungi? Tentu bagi Anda yang baru terjun ke dunia blogging sering menanyakan hal itu. Lantas, apa sih yang membuat blog banyak dikunjungi orang? Dan pada postingan kali ini, saya ingin sedikit membahas tentang cara membuat blog, tentunya dalam pembahasan apa yang membuat blog banyak pengunjungnya.

Pada awal kita membuat blog, tujuan utama kita adalah ingin menghasilkan uang. Benar begitu? Atau mungkin karena hobi menulis, atau karena suka berbagi hal-hal yang menarik? Itu semua tergantung pada keinginan kita masing-masing.

Nah, berbicara tujuan utama kita membuat blog, tentunya kita pun terus berpikir bagaimana agar blog yang kita buat banyak dikunjungi orang, dan di kemudian hari bisa menghasilkan uang untuk kita sendiri. Ya, itu adalah impian semua blogger.

Akan tetapi, apakah kita sudah tahu apa kuncinya? Tentu Anda pasti akan berpikir membuat konten yang original, menarik, berbeda dari yang lain, dan sebagainya. Yap, itu benar! Tapi ada hal lain lagi yang sering para blogger abaikan.

1. Keramahan blog untuk pengunjung

agar blog banyak dikunjungi

Terkadang kita, jika berkunjung ke suatu blog, tentu mengharapkan akan mendapat pengalaman yang baik dari blog yang kita kunjungi tesebut. Tapi pada faktanya, kita sering merasa kecewa dengan blog yang kita kunjungi itu. Lantaran konten yang kurang relevan atau tidak sesuai dengan judulnya, atau mungkin iklan popads yang benar-benar mengganggu kenyamanan kita sebagai pengguna.

Oleh sebab itu, mulailah kita pikirkan agar blog kita ramah untuk pengguna. Caranya dengan memperhatikan isi konten, dan juga memikirkan kenyamanan pengguna.

Sebagai seorang blogger, tentu kita mengharapkan blog banyak dikunjungi orang, agar kita bisa mendapatkan hasil dari blog kita sendiri. Tapi permasalahannya, bagaimana jika pengguna tidak nyaman dengan blog kita?

Tentu trafik blog pun akan terus menurun, dan bahkan bisa saja tidak ada yang mau berkunjung. Untuk masalah pasang iklan, itu sah-sah saja. Karena pendapatan kita adalah dari iklan. Akan tetapi, kita pun jangan lantas seenaknya pasang iklan! Perhatikan kenyamanan pengunjung, jangan perhatikan pendapatan iklan. Percuma kita capek-capek mengurus blog, jika akhirnya hanya membuat kesal pengguna.

Iklan popads itu memang cepat mendongrak penghasilan blog kita, tapi iklan popads yang bagaimana dulu yang ingin digunakan? Jika iklan popads nya hanya memunculkan gambar iklan saja dan tidak berulang-ulang apa lagi mengalihkan laman ke laman yang lain, itu sih tidak terlalu masalah untuk pengunjung.

Baca : Pengaruh Iklan Pop Up Bagi SEO dan Pengunjung Blog

Tapi jenis iklan yang secara mendadak tiba-tiba mengeluarkan peringatan virus terdeteksi dan memaksakan pengguna untuk mendownload aplikasi, itu adalah iklan yang sangat mengganggu. Saya yakin, Anda pun pasti kesal jika seperti itu. Jadi, perhatikanlah kenyamanan pengunjung terlebih dahulu.

Perhatikan tampilan template dan kecepatannya

Selain itu, template yang digunakan pun harus sudah di uji kecepatan aksesnya. Karena template yang terlalu berat untuk dibuka pengguna, akan mudah untuk di abaikan. Disamping itu, pengguna lebih menyukai tampilan blog yang sederhana namun rapih, dan juga langsung terlihat konten yang mereka cari.

Dengan maksud lain, kebanyakan pengguna tidak terlalu memperdulikan template apa yang digunakan. Namun meski demikian, kita pun harus bisa memilihkan template yang sesuai untuk pengguna kita. Agar ketika mereka berkunjung, mereka jadi mudah memahami isi blog kita dan mudah menemukan konten yang mereka cari, dan juga akses ke laman tersebut tidak memerlukan waktu lama. Itu akan menumbuhkan potensi blog banyak dikunjungi.

2. Nama blog dan domain mudah di ingat

Dalam memilih nama blog, saya yakin pasti bukan hanya saya yang mengalami kendala atau kebingungan saat ingin membuat blog. Nama apa yang akan dipakai dan domainnya bagaimana? Itu pasti selalu dipikirkan. Kenapa hal tersebut harus diperhatikan?

Di karenakan, pengguna pada awalnya tidak peduli dengan nama ataupun domain blog kita. Tapi jika setiap konten kita mampu membuat pengunjung terhipnotis, maka mereka pun perlahan-lahan mengingat nama blog kita dan berikut domainnya.

Jika domainnya mudah di ingat, bila suatu saat mereka ingin berkunjung, maka mereka pun dengan mantap menulis url blog kita di Browser yang mereka gunakan. Dan jika tidak, kemungkinan mereka menulis nama blog kita di mesin pencari.

Menyinggung nama dan domain blog yang mudah di ingat, sebenarnya bisa kita cari dari hal-hal yang biasa kita lakukan ataupun benda-benda yang mudah di ingat oleh siapapun. Itu tergantung bagaimana kita mencarinya dan apa tema blog yang ingin kita buat itu.

Pasalnya, nama blog harus sesuai dengan konten yang disuguhkan. Jika Niche nya gado-gado, tentu nama apa saja tidak masalah, asalkan namanya tetap unik dan mudah di ingat. Tapi jika Niche nya hanya ada satu, tentu itu harus disesuaikan nama dengan Niche blog nya. Agar terlihat relevan dan blog banyak dikunjungi karena isi artikelnya.

3. Kesegaran konten

Hal yang wajib di lakukan untuk pemilik blog, adalah dengan memantau kesegaran konten di blognya. Di karenakan, eksistensi sebuah blog di nilai dari kerutinan pemilik blog memposting konten di blognya. Jika misalkan setiap satu minggu satu kali posting konten, maka sudah dipastikan isi blognya selalu baru, dan tentu saja kontennya pun selalu segar.

Baca : Cara update artikel setiap hari

Berbeda dengan blog yang postingnya setiap kapan-kapan, maka bisa dipastikan pertumbuhan dan perkembangan blog itu tidak akan cepat. Atau meskipun sudah tiga tahun berdiri, maka blog tersebut tidak akan mendapatkan trafik yang meningkat. Jadi tidak pernah jauh-jauh dari angka 100.

Mungkin saya terlalu berlebihan berbicara seperti ini. Karena sebenarnya saya pun kurang rutin dalam memposting konten di blog saya. Maka dari itu, berdasarkan pengalaman saya, maka saya bagikan disini dampak malas-malasan posting konten. Yaitu pengunjung sulit meningkat.

Selain itu, memperhatikan kesegaran konten di blog, bisa memacu blog banyak dikunjungi. Mereka yang suka dengan blog kita, akan terus menunggu update-an terbaru di blog kita. Dengan kata lain, blog kita ada yang menunggu dan selalu di tunggu-tunggu.

Perbarui isi konten yang sudah lama

Kesegaran konten tidak serta-merta ditandai dengan rutin memposting konten di blog, tapi bisa juga di lakukan dengan cara memperbarui isi konten yang sudah lama, sehingga tetap mengikuti waktu. Maksudnya, kita telah banyak memposting konten di blog, lama kelamaan postingan itu pun akan menjadi usang.

Agar tetap terlihat baru diposting lagi, maka perbarui lah sedikit-sedikit, sehingga nantinya terlihat masih baru. Melakukan pembaruan atau update konten yang lama, juga berpengaruh untuk eksistensi blog kita.

Selain itu, juga mampu membuat kita mengurangi sifat malas kita dalam mengurus blog. Ketahuilah, pengunjung selalu ingin mencari konten yang baru di upload pada waktu mereka berkunjung. Misalnya, ada pengunjung yang datang di blog kita pada tahun 2017, namun, konten yang mereka baca adalah konten tahun 2012.

Nah, berilah pemberitahuan bahwa konten tersebut sudah di update pada tahun 2017 ini. Sehingga mereka pun merasa membaca artikel yang masih segar.

# Kesimpulan

Cara agar blog banyak dikunjungi adalah, tergantung bagaimana kita memperlakukan blog kita sendiri. Jika sebuah blog kita urus dengan serius, maka hasilnya akan serius pula. Oleh karenanya, perlakukan lah blog Anda sebagaimana mestinya.

Isilah dengan konten-konten yang di butuhkan pengunjung, dan tanda paling penting, utamakan kenyamanan pengunjung saat mengunjungi blog Anda. Karena toko yang sukses, tidak terlepas dari pelayanannya yang membuat pelanggan merasa nyaman. Sekian dari saya, dan semoga bermanfaat…


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

6 Comments

  1. sangat menarik untuk dicoba, bagaimana cara mengatasi iklan yang ngak seluruhnya muncul di artikel blog?

  2. Wah, baru tahu saya ternyata blog lama yang di posting ternyata harus di perbaruhi , makasih info nya mas

  3. iya betul itu, tapi paling malas kalau harus memperbaharui konten lama, apalagi kalau jumlahnya sudah ribuan

  4. ane belum pernah lagi memperbaharui konten yang ane buat..

    apalagi usia blog masih bulanan ..

    tapi boleh di coba sarannya ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close