Tekno

6 Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas Pas Main Game

Bagaimana caranya agar agar smartphone tidak cepat panas ketika bermain game? Pada masa kini, salah satu fungsi smartphone yang paling banyak digandruingi adalah untuk bermain game.

Hal ini juga didukung dengan menjamurnya berbagai game dalam berbagai genre yang tersedia di Play Store bagi ponsel Android ataupun di App Store bagi pengguna iOS.

Namun, hal yang terkadang tidak kita sadari adalah smartphone menjadi semakin panas jika digunakan untuk bermain game terlalu lama. Panasnya ponsel ini tentu akan membuat kenyamanan bermain game menjadi terganggu.

Baca juga: Inilah 7 Tips Membuat Baterai Smartphone Awet dan Panjang Umur

Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas Sewaktu Bermain Game

Ketika digunakan untuk memainkan game, smartphone akan bekerja cukup keras untuk memproses tampilan dalam game tersebut, apalagi untuk game-game yang berat.

Akibatnya, baterai smartphone menjadi lebih boros. Untuk mengatasi agar smartphone tidak cepat panas ketika bermain game, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan.

1. Tidak Usah Memakai Casing

agar smartphone tidak cepat panas

Memasang casing pada martphone memang berguna untuk melindungi bodi supaya tidak cepat rusak atau lecet. Namun, ternyata pemakaian casing justru dapat membuat smartphone menjadi lebih cepat panas.

Loading...

Hal ini dikarenakan panas dari smartphone menjadi terserap dan tidak terlepas keluar.

Setiap bodi smartphone terdiri dari butiran besi halus memiliki fungsi sebagai konduktor yang dapat melepas panas di dalamnya.

Bila panas itu tidak dibuang, maka akan membuatnya menjadi mengendap dan dapat membuat smartphone menjadi lebih panas. Oleh karena itu, akan lebih baik bila melepas casing terlebih dahulu jika ingin bermain game.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Penggunaan kecerahan layar yang tinggi merupakan salah satu penyebab smartphone kamu menjadi lebih cepat panas. Oleh sebab itu, agar smartphone tidak cepat panas, kamu bisa merendahkan tingkat kecerahan layar hingga di level rendah.

Selain membuat membuat smartphone bisa bekerja lebih cepat, menurunkan tingkat kecerahan layar juga tentunya akan menjaga kesehatan mata karena terlalu banyak terkena radiasi dari layar ponsel.

Selain itu, dengan tingkat kecerahan yang rendah juga akan membuat baterai menjadi lebih hemat.

3. Kecilkan Volume

Sumber: droidviews.com

Tanpa kamu sadari, ternyata suara juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuat ponsel menjadi cepat panas ketika bermain game. Volume yang lebih besar juga akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat.

Agar smartphone tidak cepat panas, kamu bisa menggunakan volume yang kecil atau bahkan kalau bisa tidak usah menyalakan volume sama sekali.

Meski hal ini akan mengurangi keseruan bermain game, namun jika kamu ingin baterai ponsel kamu tidak cepat panas, bisa mempraktekkan tips ini.

4. Tidak Membuka Apikasi Lainnya

Jika kamu ingin bermain game yang agak berat, akan lebih maksimal apabila kamu menutup terlebih dahulu semua aplikasi lainnya yang tidak perlu di latar belakang.

Apalagi jika RAM smartphone kamu tidak terlalu besar, wajib bagi kamu untuk menutup semua aplikasi lain.

5. Hindari Charging Smartphone Sambil Main Game

Keseruan bermain game di android ponsel sering kali terjadi dan saking serunya membuat kita mengharuskan melakukan Charging Smartphone sambil bermain game.

Main Game sambil charge smartphone ternyata bisa berdampak buruk bagi keselamatan smartphone dan diri anda sendiri.

Saat proses charging berlangsung terjadi pemasukan arus listrik (input) ke baterai ponsel anda. Dan arus yang anda keluarkan saat bermain game (output) tidak sebanding dengan arus yang masuk pada baterai ponsel anda.

Selain bisa membuat smartphone cepat panas secara berlebih, bermain game di smartphone sambil melakukan charging bisa memendekkan umur baterai.

Beberapa kasus smartphone meledak adalah melakukan charging sambl tetap beraktifitas, seperti melaukkan panggilan telepon dan bermain game.

Baca selengkapnyaMau Charging Smartphone Sambil Main Game? Pikir Dua Kali Deh

5. Main Game Secukupnya Saja

Ini mungkin tips yang agak klise, namun merupakan salah satu yang sangat penting.

Untuk menghindari agar smartphone tidak cepat panas, sebaiknya tidak terlalu lama dalam bermain game. Karena secara loginya, smartphone memang akan menjadi panas jika terlalu lama digunakan.

BacaCara Bermain Game Virtual Reality di Smartphone

Selain itu, bermain game dalam waktu yang tidak terlalu lama dan sering juga akan menjaga kondisi dapur pacu agar selalu stabil.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button