Dasar dasar Blog

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD

Mencegah dan mengatasi hilang trafik saat ganti domain (custom domain). Hal ini yang sering di ragukan oleh para blogger, terutama pengguna blogspot untuk mengganti dan merubah alamat blog ke domain TLD (Top Level Domain).

Alasan yang paling utama adalah pengunjung blog yang sudah banyak, atau sudah mendapat trafik yang bagus ketika menggunakan alamat URl yang lama (blogspot).

Sebenarnya pihak google sudah menyediakan fasilitas untuk menggunakan URL pihak ke-3, yaitu pengalihan nama domain, jika di lakukan dengan cermat, maka resiko kehilangan trafik akan bisa di atasi.

Pindah domain atau mengganti domain untuk blogspot mempunyai banyak manfaat, di antaranya mencegah terhapusnya blog secara keseluruhan (permanen), jika anda melakukan backup blog secara berkala.

Domain TLD tidak akan ikut terhapus, jadi kita bisa mengembalikan blog sewaktu waktu, melalui wordpres selft hosting. Tetapi kita tidak membahas tentang hal tersebut, yang akan kita ulas adalah mencegah trafik hilang saat berpindah domain.

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD


Setelah membeli dan memilih nama domain yang tepat buat blog anda, hal yang perlu di siapkan adalah mengelola domain tersebut agar bisa di gunakan sebagi pengganti domain bawaan dari blogspot, untuk tutorial tersebut anda bisa baca artikel di bawah ini.

Panduan Custom domain blogspot di Rumahweb

Panduan Custom domain blogspot di IdWebhost

Loading...

Jika pengaturan yang di lakukan sudah benar, maka kita hanya menunggu proses propagasi, sehingga domain lama bisa di alihkan ke alamat domain yang baru, masalah waktunya biasanya sekitar 1-2 jam atau bisa lebih, dan maksimal adalah 24 jam, jadi kita harus bersabar dulu.

Melakukan pengaturan di google webmaster tools (Search Console)
1. Daftar ulang dan verifikasi di google webmaster 
Jika kita mendaftarkan domain baru, maka pengaturan di google webmaster juga harus di rubah, sebenarnya tidak menjadi masalah, karena alamat URL domain yang lama sudah di alihkan ke domain yang baru.

Berhubung kita harus menentukan domain pilihan (Khusus domain TLD) maka kita harus mendaftarkan ulang alamat blog baru kita di google webmaster. Hapus property yang lama.

Daftar Dan Verifikasi Blog Di Google Webmaster Tools

# Jangan lupa menyeting pengguna tujuan negara di menu lalulintas penelusuran > penargetan internasional > Pengguna tujuan. Pilih negara indonesia, jika target blog anda adalah pembaca di indonesia.

2. Menentukan domain pilihan
Karena domain baru kita harus menentukan URL depan yang akan kita gunakan, apakah akan menggunakan WWW atau non WWW, tapi sebaiknya kita menggunakan awalan WWW untuk domain baru kita. sebagai contoh http://www.domainbaru.com.
Referensi sumber : Menyetel domain pilihan Anda

Untuk seting menentukan domain pilihan:
– Pada Beranda Alat Webmaster, klik situs yang diinginkan.
– Klik ikon gambar bergerigi (kiri atas) , lalu klik Setelan Situs.
– Pada bagian Domain pilihan, pilih opsi yang diinginkan.

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD

Merujuk kepada sumber referensi dari google (di atas), maka kita harus melakukan verifikasi ulang alamat blog kita yang baru ke google webmaster, seperti pada langkah 1.

3. Memverifikasi kepemilikan situs.
Klik pada icon roda bergerigi > Pengguna dan pemilik properti > Tambahkan pengguna baru
Isi dengan alamat email anda untuk langkah verifikasi.

4. Mengirimkan ulang peta situs (sitemap)
Karena berpindah dengan nama domain baru, maka perlu kita melakukan submit ulang peta situs, buka menu Perayapan > Peta situs > Tambahkan /uji peta situs, seperti di bawah ini.
http://namablogAnda.com/sitemap.xml
Untuk lebih lengkap mengenai cara mengirimkan peta situs bisa baca yang di bawah ini

Submit sitemap untuk custom domain di google webmaster

Untuk tahap ini, semua sudah selesai, kita hanya harus menunggu hasil nya dalam beberapa hari, agar artikel dari blog lama terindex kembali di google webmaster.

Fungsi redirect / pengalihan sudah berjalan otomatis ketika kita melakukan seting DNS di dashboard domain yang kita beli, alamat URL yang lama (blogspot) akan di alihkan ke alamat domain anda yang baru.

Jadi kita tetap tidak kehilangan trafik/ pengunjung, hanya harus bersabar saja sampai proses terindex kembali di halaman google webmaster.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

33 Comments

  1. Mas, minta solusinya dong. Saya punya domain. Dah 2 tahunan. Saya cek belum deindex dan masih ada beberapa yang terindex. Domain tersebut masih hidup dan masih saya pakai di custom tld blogspot. Nah, domain saya tersebut mau saya pakai di self hosting. Jadi pengen saya hapus semua tuh yang ada di serp. Gimana tu mas solusinya. Intinya sih mau ganti niche di domain tersebut. Soalnya niche yg ak pake di domain tersebut nggak bisa ngasih traffik yang bagus. Mohon pencerahan mas.

  2. Mas, saya sudah submit ulang semua, sudah redirect, dan sudah propagasi, seminggu sudah berlalu,
    Tapi kenapa di pencarian google yang keluar masih blogspot saya, bukan domain barunya?
    Cara hapus riwayat link lama dr pencarian google gimana?
    Link lama aktif ter redirect,

  3. belum ada niat sih pindah dari blogspot…
    tapi ini di bookmarks dulu, siapa tau mau ganti TLD

    Maksih mas

  4. mas ini cara change addres dari blospot ke dotcom buat webmaster ya?

  5. mas, saya kan udah ngikutin tutornya. terus untuk artikel lamanya kita perlu fetch as lagi ga mas?? soalnya banyak banget ini. kalo fetch as satu satu lamaaaa…

  6. punya saya sudah 1,5 bulan mas ganti domain ternyata betul pengujung pergi, selama ini yang saya lakukan hanya memposting 1,2 artikel perhari..ternyata ada tips baruu, masakasih masss tipsnya semoga bermanfaat…

  7. Mas, apa pengaruhnya kalau tidak memilih www atau non www?
    Blog saya pakai www, apa sebaiknya pilih yang www? Mohon dijawab
    Terimakasih sebelumnya mas.

  8. oh.. pantesan sudah seminggu ganti domain ke tld yang ke index masih domain blog lama.. padahal domain yang baru sudah saya tambahkan di properti.. jadi harus dihapus dulu..
    terima kasih atas pencerahannya mas..

  9. Kalau dari blogspot ke self hosting wordpress apakah caranya sama mas ? Sementara saya lihat di search yg muncul masih domain blogspotnya, bukan domain tld saya. Terima kasih.

  10. bang saya sudah custom blogspot ke tld, lalu apakan feed burner saya seblumnya harus dihapus dan buat lagi yang baru, atau gimana?. terus kok d webmster, status indeksnya lama ya. artikel tersbmit 300 an tapi yang terindeks baru 70 an. apa itu normal (baru 3 bulan buat blog nya). trims jawabanya

  11. Mas gani. Kenapa setelah ganti domain tld . dipengaturan penelusuran pengalihan, diwebmaster ada halaman tidak ditemukan tapi setelah disimpan dipengalihan blog kok masih halaman yang anda cari tidak ada. Sebelumnya terimakasih mas.

  12. Membutuhkan 2 jam domain baru saat menggantikan blogspot dan setelah itu normal lagi , cuma yg capenya merubah url di tempalates. sukses om

  13. Misi min, saya sdh beli domain baru .id domain lama .com, saat syaa menghapus properti domain lama di webmaster dan mengsubmit domain baru…2 minggu kemudian domain lama beberapa telah hilang di SERP ttpi stelah 1 bln kmudian mncul kembali domain lama yg terindeks dgn eror 404, yang ingin sya tanyakan bagaimana carany benar2 membersihkan domain lama dri SERP dan bagaimna cara mengalihkan domain lama ke domain baru (blog). Terima kasih

    1. Bisa gunakan menu redirect pada cPanel, setelah itu seting 301 permanent redirect domain lama ke domain baru mas.
      Apabila domain berlainan tempat provider maka bisa arahkan name server menuju hosting baru terlebih dahulu.

  14. assalamualaikum gan, semoga tidak meninggalkan blognya. saya punya domain TLD selain .com, dan mau pindah ke .com,
    padahal di blog ini yang kasih link ke blog saya (bukan karena tukar link tapi semata2 bener2 utk kasih sumber) udah ada beberapa. misalkan saya ganti ke .com, berarti bener2 link lama ga bisa nyambung ke .com donk? harus gimana ya saya? saya ga bisa nerusin domain yang lama.

    1. Custom domain atau berpindah dari domain blogspot ke TLD domain sifatnya hanya pengalihan saja, jadi backlink ataupun SERp dihalaman google akan mengikuti peralihan domain, hanya butuh proses waktu saja untuk itu mas HUa.

  15. Saya juga mau tanya mas gani, sekarang saya pakai TDL (tk) dan rencananya mau pindah ke (com). Bagaimana pos sebelumnya yg sudah muncul di page one google pada saat dicari informasi masih nongol yg berdomain (tk). Apakah sesudah melakukan seperti penjelasan di atas, saat diklik artikel itu akan di alihkan ke domain baru dan tetap menuju ke pos tersebut, atau ke homepage? Mohon penjelasan.