Internet

Air Terjun Antrokan Keindahan Alamnya Sebagai Ikon Wisata Jember

Tak hanya keindahan festival budayanya, Jember mempunyai keindahan alam yang sangat memukau yaitu Air Terjun Antrokan. Wisata air terjun ini memiliki ciri khas yang mampu memikat para wisatawan.

Terbukti, walaupun lokasinya berada di pelosok dan membutuhkan perjuangan untuk bisa kesanan, kawasan ini tetap ramai dikunjungi banyak orang. Selain wisatawan domestik, air terjun Jember ini juga menjadi tujuan wisatawan mancanegara.

Hal tersebut tentu menambah penghasilan daerah kota Jember di sektor pariwisata. Bahkan juga memberikan pekerjaan bagi orang-orang disekitar wisata air terjuan Antrokan. Oleh karena itu, semakin hari Kota Jember semakin terkenal dan mengalami banyak kemajuan, terutama dari segi infrastruktur.

Sepertinya, Air Terjun Antrokan membuat Anda penasaran dan ingin tahu, sebenarnya apa saja yang ada disana. Mari kita bahas secara detailnya!

Air Terjun Antrokan

sumber gambar : bintang.com

Letak Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan berada di pelosok daerah pelosok dan harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan. Makhlumlah, ini wisata alam bukannya wisata buatan yang letaknya ditengah kota.

Agar bisa mencapai kesana, Anda harus mempunyai fisik yang kuat, bekal yang cukup dan kendaraan yang memadai. Jika Anda sedang kurang fit, sebaiknya jangan dipaksakan. Dalam perjalanannya menuju kesana sangat susah mencari makan, sehingga bekal makanan yang Anda bawa harus cukup.

Loading...

Persiapkan kendaraan Anda sebelum menuju ke Air Terjun Antrokan karena jalanannya lumayan menantang. Jalannya terjal dan bercampur tanah liat. Air Terjun Antrokan secara administratif terletak di Desa Manggisan, Tanggul Kabupaten Jember.

Jika Anda berangkat dari pusat kota, maka memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanannya. Kalau dilihat dari ketinggiannya, air terjun ini tidak begitu tinggi jika dibandingkan air terjun lainnya.

Ciri Khas Air Terjun Antrokan

Setelah Anda mengetahui karakteristik Air Terjun Antrokan, pasti ingin segera berkunjung kesana. Air terjun ini tingginya kurang lebih 15 meter. Meski dimikian, ada hal lain yang menjadi ciri khas dari air terjun ikon Jember Ini yaitu kemurnian alamnya.

Posisi dan keindahan alam sekitar air terjun sangatlah indah dan mampu menenangkan pikiran. Disana, terdapat banyak kayu besar yang tumbuh alami dan belum terjamah manusia.

Air Terjun Antrokan
Sumber gambar : ngadem.com

Udaranya sejuk dan bernuansa hijau yang menunjukkan alami. Airnya pun bening dan jernih, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mandi dan bermain air.

Lebih dari itu, tempat penampungan air yang jatuh ke bawah tidak terlalu dalam, maka aman bagi anak-anak yang ikut menikmati kesegaran lingkungan alam disana.

Akan tetapi, saat musim hujan tiba, air akan meluap dan arusnya deras. Jadi, sebaiknya  jangan bermain air di kala musim penghujan. Semua itu, menunjukkan keasrian dari Air Terjun Antrokan Jember.

Fasilitas di lingkungan Air Terjun Antrokan

Seperti yang telah diulas, Air Terjun Antrokan memiliki kawasan yang alami sekali dan belum terjamah tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Karena hal itu, Anda harus mempersiapkan bekal yang benar-benar cukup untuk Anda beserta keluarga.

Dari segi fasilitas, di Air Terjun Antrokan hanya ada tangga sebagai alat bantu Anda untuk sampai disana. Sedangkan area parkirnya dikelola oleh warga sekitar. Artinya, disana belum ada tempat parkir khusus bagi pengunjung.

Namun, Anda tidak perlu khawatir saat disana, para warga akan menyambut Anda dengan senang dan ramah layaknya tamu penting. Untuk urusan perut, belum seperti tempat wisata lainnya yang banyak pedagang, kafe, resto atau yang lainnya.

Dilokasi ini hanya ada warung-warung kecil, milik warga sekitar. Tiket masuk ke Air Terjun Antrokan Jember hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orang termasuk biaya parkir kendaraan.

Referensi lainObyek Wisata Hutan Pinus Jawa timur, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. Kayaknya bakalan susah buat foto seperti yang di artikel deh, karena biasanya tempat wisata selalu ramaiiii.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In