air terjun

Wisata Alam 15 Air Terjun di Bogor yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata air terjun – Bogor adalah salah satu Kabupaten dari Jawa Barat yang dekat dengan ibu kota Jakarta, yang menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh sebagian warga Jakarta. Karena jarak tempuhnya yang relative dekat untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu untuk berlibur. Apalagi daerah Bogor sangat dekat sekali dengan kawasan Puncak yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Bogor memiliki wisata alam yang masih terjaga keasriannya, yaitu wisata alam air terjun. Warga setempat menyebutnya dengan nama “curug” yang merupakan kata yang berasal dari bahasa sunda yang artinya air terjun.

Bogor memiliki banyak sekali curug atau air terjun yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman anda, berikut wisata 15 air terjun di bogor yaitu diantaranya.

Referensi lain : Wisata Menjelajahi Kawasan Tangkuban Perahu di Jawa Barat

  1. Curug Bidadari

    air terjun

Curug Bidadari terletak di Desa Bojong Koneng, Kota Sentul, Jawa Barat yang bisa ditempuh sekitar 48 km dari Jakarta. Jika anda kebetulan merupakan orang Jakarta maka rute yang bisa ditempuh dengan mobil yaitu anda memilih tol Jagorawi.

Setelah itu anda pilih lagi tol Sentul City setelah itu ambil lajur kiri, beberapa meter kemudian ada perempatan. Disana anda akan diberi petunjuk ke tempat wisata Paradise Park yang merupakan tempat Curug Bidadari tersebut.

  1. Curug Tujuh

    air terjun

Curug tujuh terletak di Desa Jogjogan Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Bogor. Sesuai dengan namanya, jika air terjun disini berjumlah tujuh buah yang tersebar di desa tersebut.

Untuk tiket masuknya anda hanya mengeluarkan 12 ribu per orang dan untuk biaya parkir anda hanya mengeluarkan uang 10 ribu. Disana ada dapat berwisata kuliner dan membeli souvenir untuk dibawa puLang sebagai oleh-oleh.

Loading...
  1. Curug Cikaracak

    air terjun
    Curug Cikaracak via http://www.tracks.web.id

Curug Cikaracak terletak di dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kab. Bogor yang berjarak 15 km dari Ciawi. Curug karacak termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang memiliki dua buah air terjun.

Masing-masing memiliki ketinggian 40 meter dan 20 meter dengan aliran airnya yang deras dan airnya yang sangat bening sehingga banyak para wisatawan mengunjungi tempat tersebut.

  1. Curug Luhur

    air terjun

Curug luhur terletak di Desa Gunung Malang Tapos, Ciomas, Kab. Bogor yang berjarak sekitar 70 km dari Jakarta. Seperti hal namanya curug luhur memiliki arti air terjun yang sangat tinggi, yaitu ketinggiannya kurang lebih sekitar 624 meter yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bogor.

Biaya masuk ke tempat tersebut sekitar 40 ribu, walaupun biaya tiketnya sedikit mahal tetapi sebanding dengan pemandangan yang disajikan.

  1. Curug Cinangka

    air terjun

Curug Cinangka terletak di daerah Ciapus, Kab. Bogor. Air terjun ini memiliki tiga tahapan yang memiliki ketinggian masing-masing sekitar 10 meter sampai 20 meter pada air terjun tersebut.

Untuk tiket masuknya anda hanya membayar 5 ribu rupiahm, akan tetapi itu masih ditambah biaya untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak yaitu sebesar 2500 rupiah. Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan makanan sebab disana ada juga yang menjual minum dan makanan ringan.

  1. Curug Cilember

    air terjun
    Curug cilember via http://www.whatsnewjakarta.com

Curug Cilember terletak di Desa Cilember, Cisarua, Kab. Bogor Jawa Barat yang merupakan salah satu curug atau air terjun di Bogor yang bisa anda kujungi degan membayar harga tiket masuk sebesar 12 ribu rupiah.

Curug Cilember merupakan daerah yang sangat dekat sekali dengan kawasan Puncak, sehingga udara yang ada di Curug Cilember sangat sejuk dan segar. Ketika anda sedang berlibur dikawasan Puncak tidak ada salahnya anda mengujungi tempat tersebut.

  1. Curug Naga

Curug Naga terletak di Desa Megamendung, Bogor, Jawa Barat yang merupakan curug yang belum familiar bagi para pengunjung sebab medan tempuhnya yang susah dilewati, sehingga tidak cocok bagi anak kecil dan orang tua.

Tapi bagi suka dengan tantangan dengan fisik yang vit, maka air terjun ini bisa menjadi pilihan anda. Jalur yang harus dilewati yaitu harus menyusuri sungai sekitar 100 meter dengan jalan yang terjal dan untuk tiketnya dikenai biaya sekitar 9 ribu rupiah.

  1. Curug Panjang

    air terjun
    Curug Panjang via http://www.whatsnewjakarta.com

Curug Panjang terletak di Desa Megamendung, Bogor, Jawa Barat, curug yang satu ini tidak jauh dengan curug naga akan tetapi panjang lebih mudah untuk dilewati dibandingkan curug naga.

Tempat ini terjamin akan pengamanannya dan fasilitasnya yang baik sehingga cocok untuk dikunjungi oleh semua usia. Disana pun anda bisa ber camping bersama keluarga dan untuk tiket masuknya hanya dikenakan biaya sebesar 12 ribu rupiah perorang yang dibuka setiap hari.

  1. Curug Seribu

    air terjun
    Curug seribu via lutfifiieanie.wordpress.com

Curug Seribu merupakan curug tertinggi di Bogor karena ketinggian curug ini yaitu sekitar 100 meter sehingga air yang terjatuh sangat deras sekali. Jadi bagi para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang atau mendekat karena arusnya yang deras sekali.

Kenapa dinamakan curug seribu karena untuk melewati ketempat itu anda akan menemui banyak sekali air terjun yang berukuran kecil dan untuk tiket masuknya anda hanya mengeluarkan uang sebesar 5 ribu saja.

  1. Curug Cihurang

Curug Cihurang terletak di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kab. Bogor. Curug ini termasuk dalam kategori air terjun yang tidak berbahaya untuk didekati, karena ketinggian curug ini tidak terlalu tinggi sehingga Anda bebas untuk berfoto ria.

Untuk tiket masuknya anda dikenakan biaya sekitar 2500 rupiah dan untuk masuk kekawasan wisata Gunung Salak Endah anda dikenakan biaya sebesar 7 ribu rupiah saja.

  1. Curug Pangeran

Curug Pangeran merupakan salah satu curug yang ada di Bogor, yang belum terlalu banyak pengunjung. Karena curug ini belum diketahui oleh sebagian orang sehingga anda lebih leluasa lagi dalam menikmati curug yang satu ini.

Akan tetapi kekurangan dari curug ini yaitu letaknya yang jauh, yaitu sekitar 500 meter dengan berjalan kaki. Sehingga anda dituntut memiliki fisik yang kuat untuk mengunjungi curug ini dan tiket masuknya dikenakan biaya sekitar 15 ribu saja.

  1. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet terletak dikawasan Gunung Salak, Kecamatan Pamijahaan, Bogor, Jawa Barat yang berjarak 38 km dari pusat kota Bogor. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan kenapa dinamakan dengan ngumpet sebab air terjun ini letaknya yang tersembunyi dari tebing-tebing yang mengelilinginya.

Nah oleh sebab itu dinamakan dengan Curug Ngumpet. Jarak curug ini sekitar 100 meter dari loket dan tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak diawasan Gunung Salak Endah, kecamatan Pamijahaan, Bogor, Jawa Barat. Curug ini memiliki dua buah curug yang dimana masing-masing curug memiliki ketinggian yang berbeda-beda.

Disana ada curug yang tinggi dan curam sehingga air terjunya sangat deras dan yang satunya lagi tidak terlalu tinggi. Untuk tiketnya masuknya yaitu sekitar sebesar 7500 rupiah pada hari-hari biasa dan untuk hari libur sekitar 20 ribu rupiah.

  1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terletak di Desa Wangun Cileungsi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Curug Leuwi Hejo memiliki nama lain yaitu Curug Bengkok yang merupakan sebutan dari masyarakat sekitar. Air terjun ini berukuran kecil sehingga sering disebut juga dengan Curug mini.

Untuk bisa masuk ke air terjun ini anda dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah dan untuk biaya parkir anda harus mengeluarkan uang sebesar 15 ribu untuk mobil dan 5 ribu untuk sepeda motor.

  1. Curug Cibadak

    Curug Cibadak

Curug Cibadak terletak di Desa Loji, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini tidak terlalu deras dan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Disini juga terdapat tempat penangkaran burung Elang sehingga anda bisa sekalian melihat penangkaran Elang tersebut.

Untuk biaya tiketnya dikenakan sekitar sebesar 5 ribu rupiah ditambah untuk masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yaitu sebesar 2500  rupiah saja.

Demikianlah wisata alam curug atau air terjun di daerah Bogor, Jawa Barat yang bisa anda kunjungi beserta keluarga anda. Dan sebagai tips ada baiknya anda membawa beberapa perlengkapan untuk berlibur ke wisata air terjun yaitu berupa baju ganti dan sandal jepit.

Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan, ketika berlibur di air terjun untuk mengantisipasi baju anda menjadi basah. Semoga daerah Bogor menjadi salah satu ageda liburan anda berikutnya.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Seorang penulis pemula yang ingin menjadi penulis handal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *