Internet

7 Air Terjun di Jogja Paling Mempesona pada Musim Hujan Ini

Air Terjun di Jogja paling indah – Yogyakarta sebagai provinsi merupakan daerah yang memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik bagi turis domestik maupun turis mancanegara. Mulai dari bangunan bersejarah, hingga objek wisata alam yang indah.

Untuk wisata alam, Yogyakarta dikelingi Gunung Merapi di bagian utara dan ratusan pantai di bagian selatan yang memiliki pemandangan memukau. Pantai-pantai tersebut kebanyakan terletak di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Baca30+ Tempat Wisata Jogja Terindah dan Keren yang paling Populer

Air Terjun di Jogja Paling Memesona pada Musim Hujan Ini

Selain pantai dan pegunungan, Jogja juga memiliki wisata alam berupa air terjun yang menakjubkan. Air terjun tersebut semakin menampakkan keindahannya pada musim hujan seperti pada saat ini.

Pada musim hujan, debit air memang menjadi lebih deras, sehingga menambah keistimewaannya. Mau tau air terjun apa saja yang paling indah di Yogyakarta? Berikut ini beberapa di antara yang bisa kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@jogjajateng

Air Terjun di Jogja pertama dalam daftar ini adalah Air Terjun Kedung Pedut yang terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Air terjun andalan kabupaten di bagian barat Jogja ini memiliki beberapa kolam alami yang bisa digunakan berenang oleh para pengunjung.

Dengan aliran air yang bening dan dingin, membuat berenang di tempat ini menjadi lebih menyegarkan. Objek wisata ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas lengkap yang semakin memanjakan para turis.

Di Air Terjun Kedung Pedut, kamu bisa berfoto di berbagai spot menarik yang ada di tempat ini. Selain itu, ada pula arena flying fox dan fasilitas umum seperti tempat makan hingga kamar mandi.

2. Curug Siluwok

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@fajar_kesiangan

Selain Kedung Pedut, di Kulon Progo juga ada air terjun lainnya yang bernama Curug Siluwok. Wisata alam ini berlokasi di Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Curug ini letaknya di balik perbukitan Menoreh. Air dalam curug ini bersumber dari atas tebing yang cukup tinggi, yakni sekitar 30 meter.

Curug Siluwok memiliki suasana yang alami dan sejuk yang dijami akan membuat para pengunjungnya merasa betah berlama-lama di tempat ini. Kesegaran airnya juga bisa membuat penat menjadi seketika hilang.

3. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@aamrynt

Tak jauh dari lokasi Air Terjun Kedung Pedut, masih berada di daerah Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, ada pula air terjun lain yang diberi nama Kembang Soka.

Panorama salah satu air terjun di Jogja ini pun tak kalah memesona dibandingkan dengan di Kedung Pedut.

Air yang juga kerap disebut sebagai “air terjun warna” ini memang memiliki paduan berbagai warna yang bisa dilihat di Air Terjun Kembang Soka ini. Objek wisata ini memiliki kolam alami dengan warna air hijau tosca yang berasal dari Bukit Menoreh.

Di tempat ini pengunjung bisa mandi atau berenang menikmati segarnya air yang jernih dan berpadu dengan bebatuan berwarna kekuningan. Selain itu, objek wisata ini juga menyediakan spot foto menarik bagi kamu yang hobi selfie atau foto-foto.

Baca juga9 Wisata Air Terjun di Karanganyar : Surga Baru Bagi para Backpacker

4. Taman Sungai Mudal

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@anagatourjogja

Satu lagi objek wisata alam air terjun di Jogja yang terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, yaitu Taman Sungai Mudal.

Meski tidak memiliki air terjun yang terlalu tinggi, namun tempat ini menyajikan keindahan alam berupa aliran air sungai jernih berwarna hijau tosca yang dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Di tempat ini, pengunjung dapat merasakan sensasi menyegarkan berenang dan mandi di air kolam alami dengan air yang jernih.

Selain itu, Taman Sungai Mudal juga menyediakn berbagai wahan outdoor lainnya seperti river tubing, flying fox, hingga area camping.

5. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@cuyskmc

Masih berada di kawasan Kabupaten Kulonprogo, tepatnya berlokasi di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, adai pula Air Terjun Sidoharjo.

Air terjun dengan tinggi sekitar 75 meter dan sudut kemiringan 90 derajat ini merupakan air terjun tertinggi di Yogyakarta.

Air Terjun Sidoharjo ini memang sangat eksotis karena aliran air tampak benar-benar langsung jatuh dari ketinggian.

Apalagi pada musing penghujan seperti saat ini, debit air yang semakin deras membuat pemandangan air terjun ini semakin istimewa.

6. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun di Jogja
Gambar: Instagram/@iqbal_musawa

Selain di Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunungkidul yang terkenal akan beragamnya pantai ayng dimiliki ini ternyata juga memiliki air terjun yang tak kalah indah.

Salah satu yang paling istimewa adalah Air Terjun Luweng Sampang yang berada di Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul.

Air terjun ini dikelilingi oleh bebatuan cadas dengan warna putih kecokelatan yang semakin memperindah jatuhnya air berwarna biru jernih.

Tak mengherankan kalau air terjun di Jogja ini juga mendapat julukan sebagai Grand Canyon yang dimiliki oleh Yogyakarta.

7. Air Terjun Lepo

Air Terjun di Jogja
gambar: Instagram/@pinkanbeby34

Air terjun terakhir dalam daftar ini adalah Air Terjun Lepo yang berlokasi di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini merupakan “surga tersembunyi” yang berada di tengah kawasan perbukitan Mangunan.

Air Terjun Lepo memiliki tiga aliran air dan empat kolam alami dengan air yang jernih berwarna kehijauan. Pengunjung bisa mandi dan berenang di kolam-kolam yang ada.

Namun, pengunjung harus tetap berhati-hari karena setiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Nah, itulah 7 surga tersembunyi berupa air terjun yang indah nan alami yang bisa kamu kunjungi kalau ke Yogyakarta selama musim penghujan ini. Bagaimana, kamu mau mencoba berkunjung ke air terjun yang mana, nih?

Credit image : travelbos.id


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close