Blogging

Inilah Beberapa Akibat Apabila Kamu Terlalu Sering Ngeblog

Beberapa akibat terlalu sering ngeblog – Kegiatan blogging merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dimana kita bisa menulis bebas sesuai dengan yang kita inginkan, apalagi tulisan yang kita tulis dapat memberikan suatu manfaat kepada orang lain.

Sudah banyak sekali sekarang jumlah orang yang terjun ke dunia blog, tidak hanya berjumlah ratusan atau ribuan bahkan sudah mencapai jutaan orang yang memutuskan untuk berkecimbung di dunia blog. Hal itu dikarenakan ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogging.

Dari mengasah skill menulis, sarana membagikan suatu informasi yang bermanfaat kepada orang lain bahkan sampai bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas blog yang kita jalani.

Dari sekian juta seorang blogger pasti ada yang menjadikan blog sebagai tempat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (Full time blogger) atau untuk tujuan tertentu. Dengan menjadi blogger full time dibutuhkan adanya suatu skill dan banyak tuntunan yang harus dilakukan, terutama dalam menulis artikel setiap harinya.

Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi penulis blog tersebut baik dari kesehatannya, aktivitasnya, dan lainnya.

Apa saja dampak buruknya bagi kita sebagai seorang penulis full time blogger? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasannya akibat dari terlalu sering ngeblog, berikut adalah penjelasannya.

Efek buruk terlalu sering ngeblog

dampak-negatif-ngeblog

1. Kesehatan mata menjadi terganggu

Jika kalian sebagai seorang full time blogger pastinya kalian dituntut untuk menulis artikel setiap harinya dengan menatap layar monitor komputer atau laptop tentunya dengan jangka waktu yang tidak singkat.

Loading...

Hal ini dapat membuat kesehatan mata kita menjadi terganggu. Dari mata menjadi sedikit rabun, pegal, mata menjadi min, dan lainnya. Cara untuk mengantisipasinya bisa dengan mengistirahatkan mata. Artinya kalian tidak harus terus-menerus menulis hingga malam dalam setiap hari, perbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin A.

Bisa juga dengan cara membagi waktu dalam menatap layar monitor, misalnya 20 menit waktu untuk menatap layar monitor. Dan waktu 15 atau 20 detik untuk olahraga mata dengan menatap pemandangan atau sesuatu benda yang lumayan jauh. Tentunya hal itu dimaksudkan untuk membantu menjaga kesehatan mata.

2. Kurangnya waktu bersama

Yang kedua adalah kurangnya waktu kebersamaan. Dengan kita menjadi full time blogger membuat waktu kebersamaan kita entah dengan keluarga, teman, atau sahabat menjadi berkurang. Aktivitas bersosialpun dengan warga sekitar juga menjadi berkurang, karena tentunya kita menghabiskan setiap harinya waktu ngeblog di dalam rumah.

Dari hal tersebut, kemungkinan akan muncul suatu gunjingan atau sindiran kepada kita seperti kita dicap sebagai seorang pemalas, sombong, dan lain-lain. Walaupun pada dasarnya kita tidak seperti itu, melainkan kita juga sedang bekerja.

3. Stress

Orang yang sering ngeblog atau bahkan sampai jenuh ngeblog bisa memicu gangguan stres pada orang tersebut. Atau muncul masalah saat kalian kehabisan ide dan tidak menemukan ide untuk ditulis di blog, hal itu juga bisa membuat penulis menjadi stres.

Sempatkanlah sejenak untuk refreshing bersama keluarga atau sahabat ke suatu tempat yang menyenangkan dan juga menghibur. Walaupun kalian merupakan full time blogger, tidak harus juga kalian menulis terus-menerus di blog, malah hal itu bisa membuat produktivitas blog kalian menjadi menurun.

Untuk itu, salah satu solusinya adalah meluangkan waktu untuk berlibur.

4. Acuh untuk mengurus diri sendiri

Pekerjaan seorang blogger tidaklah hanya menulis setelah itu selesai. Tetapi ada hal lain yang dilakukan yaitu dari menulis, setelah menulis mencari backlink, promosi, menjawab komentar pengunjung. Selain itu juga menjalin komunikasi di media sosial bersama admin blog yang lain, dan lainnya.

Sehingga bisa membuat para blogger lupa untuk mengurus diri sendiri atau bahkan sudah acuh dengan dirinya. Untuk mengantisipasinya, cobalah untuk membuat jadwal kegiatan blogging supaya aktivitas blogging tetap berjalan lancar dan tentunya diri kalian juga terjaga.

Itulah beberapa akibat bagi kalian yang sering ngeblog atau bagi kalian yang sebagai full time blogger. Sebenarnya tidak hanya full time blogger saja yang mendapati akibat dari ngeblog, bagi blogger yang biasa atau blogger yang masih sebagai pelajar juga mendapati akibat dari aktivatas ngeblog.

Salah satunya adalah susahnya membagi waktu antara waktu belajar dan waktu ngeblog. Mungkin itu masalah utama yang sering dirasakan blogger yang masih sebagai pelajar.

Baca : Hal Yang Harus Anda Tulis Saat Pertama Kali Ngeblog

Nah, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang akibat apabila terlalu sering ngeblog. semoga dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. ngeblog sebagai sarana hobi saja mas, jgn diover dan jgn sering2 nanti malah bosen dan tidak sehat buat semuanya, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button