BloggingDasar dasar Blog

5 Akibat buruk Apabila Sering Mengganti Template Blog

Efek buruk sering mengganti template blog – Menjadi seorang blogger memang sangat menyenangkan bagi orang yang memahami dan ingin mempelajarinya. Tidak sedikit pula orang yang memutuskan untuk menjadi seorang blogger, baik itu yang masih muda maupun yang sudah tua.

Ya, jumlah blogger dari hari ke harinya selalu mengalami peningkatan yang signifikan, kenapa bisa ? karena mungkin banyak yang sudah mengetahui apa saja manfaat dari menjadi seorang blogger, apalagi tergiur akan mendapatkan penghasilan yang tinggi dari blog.

Demi untuk mencapai apa yang diinginkannya, banyak blogger yang selalu bekerja keras menjalankan aktivitas blogging mereka setiap harinya. Mulai dari update artikel setiap hari, optimasi SEO blog, promosi untuk mendapatkan visitors, mencari backlink, blogwalking, dan lain-lain. Bahkan dengan semua aktivitas tersebut terkadang membuat blogger lupa dengan aktivitas-aktivitas yang lainnya.

Tentunya dengan menjalankan aktivitas blogging setiap hari tanpa jeda, juga akan menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada diri kita. Kenapa begitu? sudah jelas, blogger juga merupakan seorang manusia yang terkadang merasa jenuh akan sesuatu hal yang dikerajakan secara terus menerus setiap harinya.

Bisa jenuh karena harus mencari ide untuk ditulis setiap harinya, menatap layar monitor dengan waktu yang lama, ditambah lagi bisa bosan dengan tampilan template blog yang itu-itu saja.

Berbicara mengenai template blog, apakah anda sering mengganti template blog anda jika sudah merasa bosan dengan tampilan template blog karena mungkin kurang menarik, atau iri dengan template blog lainnya?

Jika iya, maka anda harus mulai mengetahui akibatnya mulai sekarang. Mungkin dari beberapa blogger merasa bahwa setelah mengganti template akan membawa nuansa baru dan menyegarkan pikiran kembali.

Baca : Apakah Perlu Kita Mengganti Template Blog? Ini Penjelasannya

Tapi dibalik itu semua, dengan mengganti template blog terlalu sering juga akan mendatangkan akibat buruk bagi blog.

Sering mengganti template

Apa saja akibat dari sering mengganti template? akibat buruk tersebut akan saya jelaskan di bawah ini. Namun, sebelum itu saya ingin menyarankan untuk menghindari terlalu sering bergonta-ganti template blog, jika anda tidak menginginkan suatu hal buruk yang akan terjadi pada blog anda.

Akibat buruk jika anda terlalu sering mengganti template Berikut ulasannya.

1. Traffic blog menurun

Akibat yang pertama jika anda terlalu sering sering mengganti template blog ialah turunnya traffic pada blog anda. Ya, sudah dapat dipastikan blog anda akan mengalami penurunan traffic jika bergonta-ganti template. Apakah anda pernah mengalami hal demikian? jika iya, maka mungkin saja traffic blog anda turun karena tindakan anda yang sebelumnya mengganti template.

Penurunan traffic ini bisa disebabkan karena rasa malasnya pengunjung melihat tampilan blog anda menjadi berantakan. Karena biasanya setelah mengganti template kita harus menata ulang kembali tampilan agar terlihat menarik, dan memasukkan beberapa struktur kode. Tentunya itu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Sehingga, pengunjung setia anda yang tadinya selalu mencari informasi yang berkaitan topik terntentu ke blog anda menjadi malas untuk berkunjung, karena tampilan template blog anda yang belum rapih. Bisa juga karena mesin perayap google masih dalam proses merayapi ulang semua struktur kode template anda, dan itu juga membutuhkan waktu yang tidak singkat.

2. Blog terkesan tidak profesional dan tidak memiliki karakter

Akibat atau dampak yang kedua dari seringnya bergonta-ganti template ialah munculnya presepsi jika blog anda tidak profesional dan tidak memiliki karakter tersendiri. Profesional dan berkarakter merupakan blog yang sangat didambakan oleh setiap blogger, karena dengan blog yang terlihat profesional dan berkarakter akan mendatangkan nilai plus untuk blog tersebut dari segi apapun.

Namun, jangan harap penilaian tersebut diberikan kepada anda jika anda sering bergonta-ganti template. Kenapa bisa begitu? karena mayoritas pengunjung selalu menilai blog yang memiliki konsistensi. Jika anda sering bergonta-ganti template, apakah itu konsistensi ? Sudah jelas tidak, maka orang lain akan beranggapan bahwa blog anda tidak profesional dan tidak berkarakter.

Artikel lainnya : Blog Kalian Ingin Tampil Lebih Profesional Lakukanlah 3 Langkah Ini

Lalu bagaimana agar blog berkarakter dan profesional? Salah satunya dengan selalu menjaga konsistenti tersebut. Misalnya perluas konten yang bermanfaat, jangan terlalu sering sering mengganti template blog, buat suatu hal yang berbeda dengan blog lain (bisa dari segi bahasanya), dan lain-lain.

3. Terbuangnya waktu dengan percuma

Akibat selanjutnya atau yang ketiga ialah terbuangnya waktu produktif anda dengan percuma. Saat anda mengganti template blog sudah pasti anda akan mengatur kembali template tersebut baik dari struktur Html-nya, widget, dan lainnya. Mau tidak mau, anda harus meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk mensetting template blog yang baru anda rubah.

Sehingga, dari situ akan membuat waktu produktif anda terbuang dengan percuma. Padahal sebenarnya anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menulis artikel untuk memperbanyak konten, promosi blog untuk mendatangkan banyak pengunjung,dan aktivitas lainnya. Tapi, itu malah terbuang sia-sia.

4. Mempengaruhi SEO blog

Secara tidak langsung, bahwa sering mengganti template blog juga bisa mempengaruhi kualitas SEO pada blog tersebut. Mengapa demikian? Tentu saja mempengaruhi, karena menurut informasi mengganti template  membuat mesin perayap google harus merayapi kembali/ulang blog anda, dan itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu. Cukup lama bukan.

Kemudian, muncul adanya ketidakcocokan antara struktur kode html pada template sebelumnya dengan template yang baru. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan  dan membingungkan kita untuk mengatur ulang template tersebut.

5. Blog menjadi berantakan dan tidak teratur

Akibat terakhir dari sering gonta-ganti template ialah blog menjadi berantakan dan sulit diatur. Setelah melalukan penggantian tamplate, maka anda akan dihadapi hal yang akan membuat anda bingung khususnya bagi yang belum mengerti.

Contohnya seperti, pengeditan tentang script template supaya rapih dan terstruktur, merapikan widget-widget baik itu mengurangi atau menambahkan.

Dan bagi anda yang terlalu sering mengganti template, maka anda akan mengalami hal seperti di atas yaitu blog anda akan menjadi berantakan dan tidak teratur. Karena, setiap struktur dari masing-masing template berbeda.

Demikian, itulah ulasan yang dapat saya sampaikan tentang 5 akibat buruk apabila sering mengganti template blog. Dari ulasan di atas, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk anda semua.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. satu minggu ya om? ada bener nya juga sih, dilihat dari statistik blogger ane, ada penurunan yang drastis dari segi pageviews dan juga pengunjung. Begitu juga di analytics. Lantas, apakah ada cara terbaik untuk mengatasi hal itu? atau mungkin beberapa tips agar kembali normal seperti sebelumnya. Terima kasih

  2. benar mas..

    waktu yang seharusnya bisa menuliskan artikel jadi terbuang sia-sia karena sibuk mengurus artikel ..

    namun banyak yang merasa template itu tidak sesuai dengan apa yang ada di fikirannya,
    namun tidak terlalu pintar mengolah html template ..

    jadi ya terus saja berganti sampai merasa puas sama templatenya ..
    padahal menurut saya gak akan ada template yang bisa memuaskan keinginan kita kecuali template buat sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close