Internet

8 Pilihan Aktivitas Seru untuk Mengisi Hari Libur ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Aktivitas Seru Mengisi Hari Libur – Berwisata adalah salah satu aktivitas yang paling sering dipilih oleh siapa saja yang ada di dunia ini untuk mengisi hari libur. Selama berwisata setiap orang biasanya akan melakukan beberapa kegiatan pada destinasi yang akan dikunjungi. Misalnya saja melakukan aktifitas kunjungan ke salah satu pantai terindah atau melakukan aktivitas pendakian gunung yang mengesankan yang berada di lokasi wisata yang dituju.

Jika dua aktivitas populer tersebut sudah sering kamu lakukan, dan kamu saat ini mulai tertarik untuk melakukan kegiatan wisata lain yang tidak kalah seru. Maka membaca postingan ini adalah salah satu tindakan yang tepat sekali. Jadi pastikan kamu dalam posisi santai membaca seluruh postingan ini hingga selesai, agar dapat mengetahui apa saja aktivitas seru untuk mengisi hari liburmu.

Pilihan Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan Selama Liburan

#1. Kegiatan Rafting

kegiatan seru di hari libur
Ilustrasi Rafting Foto via Alidesta WordPress

Ini adalah salah satu pilihan aktivitas hari libur berupa kegiatan menantang yang mengambil lokasi sungai berarus deras sebagai lokasi kegiatannya. Di Indonesia sendiri aktivitas rafting sudah dapat dilakukan secara komersil. Ini artinya aktifitas ini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan rentang usia minimal 10 tahun hingga maksimal 65 tahun secara berkelompok yang terdiri dari 4 orang dan 1 instruktur.

Aktivitas rafting menawarkan banyak manfaat untuk para pelakunya. Selain dapat bermanfaat menjaga dan membuat tubuh pelakunya tetap sehat segar dan bugar. Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun melalui situs Oase Indonesia, rafting menawarkan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Sebagai aktivitas untuk merefresh pikiran dan tubuh

Karena rafting dilakukan di alam terbuka tepatnya di atas sungai berarus deras, maka pelaku juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya. Situasi dan kondisi alam disekitar sungai yang masih asri terbukti cukup efektif untuk merefresh pikiran dan tubuh yang sempat lelah akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari yang super sibuk dan ketat.

B. Sebagai aktivitas mengasah kemampuan kerja sama

Meski kadang terkesan mudah untuk dilakukan, ternyata rafting merupakan aktivitas yang membutuhkan keterampilan, kecermatan, dan fokus. Anda bersama tim rafting lainnya perlu melakukan kerja sama efektif, komunikasi terbaik, leadership dan manajemen konflik yang tepat, agar dapat melewati arus deras sungai dan selamat sampai garis finish. Rafting juga membuat Anda bersama tim juga dapat memaknai arti dari sebuah dukungan, pengorbanan, kesabaran dan kegembiraan tim.

C. Sebagai aktivitas melatih otot tangan dan ketahanan fisik

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, baca : (Informasi Penting dan Tips Rafting yang Aman). Rafting adalah aktivitas yang lebih banyak menggerakan tubuh bagian atas. Satu-satunya bagian tubuh yang dipastikan aktif bergerak adalah bagian tangan. Jika rafting dilakukan secara teratur, maka aktifitas mendayung perahu karet rafting terbukti cukup efektif untuk melatih otot tangan.

Gerakan aktif dari mendayung juga dapat melatih pernafasan, sehingga setiap udara segar dari sekitar alam yang Anda hirup akan berdampak sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

Karena jarak tempuh sungai dalam aktivitas rafting paling dekat 5 Km, maka ketahanan fisik Anda akan dilatih dengan baik selama berjam-jam mengarungi sungai.

D. Menghadirkan suasana kekeluargaan

Karena dilakukan secara berkelompok, beberapa momen lain yang sering terjadi selama rafting seperti tertawa bersama, bercerita di sepanjang sungai, bekerja sama, terbukti cukup efektif menghadirkan suasana kekeluargaan untuk mengisi hari libur.

E. Meningkatkan Adrenalin

Deburan air sungai, arus deras merupakan tantangan terberat selama rafting. Tantangan ini dapat memacu atau meningkatkan Adrenalin, sehingga Anda bersama tim menjadi lebih bersemangat dalam menaklukan semua tantangan terberat yang ada di sepanjang sungai.

F. Psychological Journey

Mengarung jeram sungai menggunakan perahu karet bersama tim akan memberikan pengalaman dan kesan yang sangat baik untuk psikis Anda di hari libur. Saat Anda terlempar jatuh ke dalam air sungai berarus, berenang menuju tepi, tetap mendayung dengan sabar meski lelah, pengalaman psikologis ini akan memperkaya jiwa Anda. Anda akan belajar tentang kegigihan, kesabaran, endurance, kerja sama, serta pengalaman berkesan lainnya.

Lokasi Rafting Terbaik yang Paling Direkomendasikan

Lagi, dalam postingan sebelumnya sedikitnya ada lebih dari 5 sungai terbaik yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia, yang sangat direkomendasikan untuk melakukan aktifitas seru rafting.

Namun berdasarkan informasi yang disampaikan oleh salah pembaca Klik Mania melalui kolom komentar, ternyata kota Pekalongan di Jawa Tengah, yang juga terkenal sebagai sentra batik, memiliki spot rafting yang tak kalah menantang. Wahana arung jeram tersebut terletak di Sungai Singkarang di bawah Jembatan Lolong, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.

kegiatan seru di hari libur
Foto via Lolong Adventure Blogspot

Sungai Singkarang, Pekalongan memiliki jarak tempuh sekitar 9 Km, dengan grade arus golongan 3+, dan membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk mengarungi sungai dari start, hingga ke titik finish di Kecamatan Karang Gondang.

Setiap peserta yang ingin melakukan aktivitas seru rafting di lokasi sungai Singkarang, Pekalongan akan dipandu oleh tim Lolong Adventure yang mengantongi sertifikasi pelatihan river guide arung jeram.

#2. Kegiatan Riverboarding

Aktivitas seru yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu di hari libur, yang bosan dengan suasana kota yang hingar bingar. Bila sudah cukup populer dan banyak dilakukan di Eropa dengan sebutan Hydrospeed. Aktifitas ekstrem yang juga dapat disebut dengan istilah Selancar Air ini masih tergolong baru di Indonesia.

Riverboarding, adalah olahraga air yang mewajibkan pelakunya untuk tetap terus berada seimbang di atas board atau papan berbahan plastik setebal 8-12 cm tanpa terjatuh dalam mengikuti derasnya aliran sungai.

kegiatan seru di hari libur
Foto : via Living the Dream RTW

Hampir sama dengan kegiatan rafting yang didampingi dengan instruktur, selama melakukan riverboarding Anda juga akan didamping oleh dua orang instruktur. Satu instruktur untuk di darat dan instruktur lainnya berada di air untuk memastikan keselamatanmu.

Di Indonesia sendiri, aktivitas seru riverboarding dapat dilakukan di lokasi wisata Desa Banjarwangi, Garut. Sebagai informasi tambahan untuk melakukan kegiatan air seru ini, Anda dikenakan tarif sebesar Rp. 70.000,- saja.

#3. Kegiatan Wisata Malam

kegiatan seru di hari libur
Foto via Bali Safari & Marine Park

Ini adalah salah satu kegiatan seru pada hari libur yang biasa juga dikenal dengan istilah nocturnal tourism experience. Wisata malam sendiri merupakan ide cemerlang dari para pelaku wisata untuk menawarkan pengalaman berwisata pada waktu yang berbeda, yaitu malam hari, layaknya binatang malam. Ide yang tujuan utamanya adalah menarik lebih banyak wisatawan ini, kini telah digalakan oleh sebagian besar pelaku wisata di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, kamu dapat melakukan aktivitas seru berwisata di malam hari dengan mengunjungi Night Safari yang berada di Bali Safari Marine. Di sana, kamu dapat menikmati night safari journey dan melihat pertunjukan khas Afrika, yaitu fire dance show.

Bila dibandingkan dengan berwisata pada siang hari, wisata malam hari memiliki kesempatan melihat para binatang nokturnal yang aktif dalam kegelapan. Pengunjung Bali Safari Marine disediakan mobil khusus dan akan dibawa berkeliling untuk melihat langsung bagaimana kehidupan malam para binatang nokturnal.

#4. Paralayang

kegiatan seru di hari libur
Sumber Foto via Tour Sumbar WordPress

Kegiatan seru paralayang sangat direkomendasikan untuk kamu yang tertantang untuk melakukan olahraga ekstrim untuk tujuan rekreasi. Olahraga terbang bebas mengggunakan perlengkapan parasut dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin, ini memang masih tergolong baru di Indonesia. Karena, spot paralayang sendiri memang belum banyak di Indonesia.

Untuk melakukan aktivitas udara yang seru di hari libur, kamu memerlukan perlengkapan paralayang standar diantaranya parasut, harness, parasut cadangan, helm. Sementara perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dll. Pelaku paralayang juga perlu mengenakan pakaian penerbang antara lain baju terbang/flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot.

Di Indonesia sendiri, salah satu spot paralayang terbaik yang cukup populer adalah di puncak Lawang, Danau Maninjau, Sumbar. Pernah dijadikan sebagai tempat ajang Agam World Cup Paragliding 2013. Spot paralayang Lawang ini termasuk dalam kelas terbaik se Asia Tenggara. Dan, untuk melakukan kegiatan paralayang di sini, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 600.000.

#5. Camping atau Berkemah

kegiatan seru di hari libur
Sumber foto Pixte.com via Phinemo

Camping atau berkemah merupakan salah satu pilihan bagi kamu pada hari libur yang ingin melakukan wisata luar yang seru di alam bebas. Ada banyak manfaat yang bisa didapat saat melakukan camping, terlebih jika itu dilakukan bersama keluarga atau orang terdekat.

Keindahan panorama alam yang disuguhkan disekitar lokasi camping, tentu dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap alam bagi setiap pelakunya. Hutan, gunung, dan pantai saat ini masih menjadi destinasi utama untuk melakukan camping.

Menariknya, berdasarkan beberapa foto camping yang disajikan melalui salah satu website media traveling online Indonesia, phinemo. Diketahui bahwa beberapa para traveler luar negeri pernah melakukan camping di beberapa lokasi ekstrim seperti : di atas, pinggir, ujung tebing batu, bergelantungan di pohon, hingga bahkan bergantung pada seutas tali di atas jurang curam menggunakan hammock.

#6. Flying Fox

kegiatan seru di hari libur
Sumber Foto : (Youtube via Travel Detik)

Flying Fox merupakan kegiatan seru yang telah lama populer khususnya di Australia serta Selandia Baru. Kegiatan flying fox sendiri terinspirasi dari sebuah permainan kendaraan, yang digerakkan roda melalui kabel dengan bantuan gravitasi bumi. Permainan atau kegiatan ini sering dilakukan di luar ruangan dengan cara meluncur dengan jalur utama tali yang mampu menahan beban hingga puluhan kilogram.

Dengan sudut kemiringan tertentu, dan memanfaatkan gravitasi bumi sebagai penggeraknya, umumnya permainan Flying Fox mampu menghantarkan penumpang dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Manfaat utama dari melakukan aktivitas flying fox adalah dapat melepaskan rasa tegang. Permainan flying fox cukup efektif membuat pelakunya menjadi merasa lebih segar dan dapat dengan mudah melepaskan ketegangan dalam diri.

Salah satu tempat untuk melakukan aktivitas permainan seru ini adalah di lokasi wisata yang terletak di Pantai Taman Pacitan. Berdasarkan informasi yang saya baca, flying fox Pantai Taman Pacitan, merupakan flying fox terpanjang di Indonesia.

#7. Bungee jumping

Bisa juga disebut dengan banji jumping, kegiatan seru untuk mengisi hari libur yang satu ini terbilang cukup ekstrim dan mulai digemari para traveler di Indonesia. Bungee jumping merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang dengan cara melompat dari sebuah tempat tinggi (biasanya beberapa ratus kaki/meter) dengan satu ujung dari tali elastis yang ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung talinya satunya terikat ke titik lompatan.

kegiatan seru di hari libur
Lompatan Tertinggi Citra di Macau Tower. Ketinggian 233 meter (lantai 61), Hongkong. Foto via Kompasiana

Dengan hanya mengandalkan bungee cord sebagai pengaman utamanya, olahraga ekstrem ini ternyata menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh pelakunya, seperti menghilangkan stress, melatih kelenturan tubuh, melancarkan peredaran darah ke otak, dan bisa menjadi terapi untuk mengatasi phobia pada ketinggian.

#8. Mountain Biking

kegiatan seru di hari libur
Sumber foto : website eatatvidalia

Ini adalah kegiatan seru terkahir yang bisa Anda lakukan di sela-sela liburan. Mountain biking, merupakan olahraga luar dengan menggunakan atau mengendarai sepeda gununung khusus pada jalur yang terjal sembari menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh alam sekitar jalur tersebut.

Mountain biking dibedakan berdasarkan beberapa kategori mulai dari cross country, trail riding, downhill, free-ride, street riding, dirt jumping, dan trials. Dan, recreational cross country, trail riding, dan street riding, adalah salah satu kategori yang lebih sering dilakukan karena sifat dan tujuannya lebih pada rekreasi.

Mountain biking cukup efektif dalam membakar lemak tubuh, membuat sistem kardiovaskular tubuh bekerja dengan lebih baik akibat aktivitas tinggi jantung dan paru-paru sehingga tubuh dengan sendirinya menjadi lebih fit, serta melatih otot kaki.

Penting untuk diketahui bagi kamu semua yang ingin melakukan salah satu aktivitas seru di atas pada saat liburan. Ada baiknya kamu memperhatikan tiga pertimbangan berikut ini :

1. Pertimbangkan risiko yang akan terjadi

Dengan memilih untuk melakukan kegiatan seru untuk menghabiskan hari libur di atas, kamu tentu sudah mempertimbangkan juga risiko terburuk yang bisa menimpa Anda saat melakukan olahraga ekstrem tersebut. Ingat orang-orang tercinta yang menunggu Anda di rumah.

2. Cek kondisi kesehatan kamu terlebih dahulu

Pastikan kamu dalam kondisi sehat dan sudah mengetahui kesiapan fisik sebelum memulai melakukan salah satu olahraga ekstrem di atas. Bila memang fisik Anda tidak siap, ada baiknya untuk menunda kegiatan seru yang ekstrem tersebut.

3. Pilih waktu yang tepat

Rencanakan dengan teliti waktu yang tepat untuk melakukan salah satu kegiatan dari delapan seru yang sudah disajikan di atas. Sebaiknya lakukan kegiatan seru menantang tersebut pada saat liburan, bukan saat kantor sering lembur atau banyak pekerjaan yang menumpuk, ini tentu bukan waktu yang ideal.

Penutup

Meski memiliki resiko, namun jika dilakukan dengan pemahaman teknik yang benar, bantuan pemandu, serta perlengkapan standar yang super aman. Saya cukup yakin bahwa tidak alasan bagi kamu untuk melakukan salah satu kegiatan seru menantang di atas. Menariknya, biaya untuk melakukan kegiatan hari libur berupa olahraga ekstrem ini tergolong cukup murah, namun menawarkan banyak manfaat, terutama kesehatan bagi tubuh para pelakunya.

Jadi, bagi kamu yang mungkin tertarik untuk melakukan kegiatan baru yang menantang selain dari melakukan kegiatan seperti berkunjung ke pantai atau melakukan pendakian. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu aktivitas seru di atas agar tetap fresh dan mendapatkan sensasi dan pengalaman baru selama liburan.

Khusus bagi kamu yang mungkin kebetulan sudah pernah melakukan salah satu kegiatan seru yang telah saya sajikan dalam postingan ini, jangan sungkan untuk menyampaikan pengalamanmu melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Salam.

Sumber dan Inspirasi Bacaan : Phinemo, Tribunews, HealthDetik, Kompasiana, dan BroBali


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close