Internet

Alasan Jutaan Ponsel Tak Bisa Gunakan WhatsApp Lagi

Pihak WhatsApp telah mengumumkan kepada publik jika mereka akan menghentikan layanannya untuk sejumlah smartphone yang memiliki sistem operasi lawas, di antaranya adalah iPhone, Android, serta semua perangkat Windows Mobile.

Dalam sebuah pernyataannya, pihak WhatsApp mengungkapkan jika keputusan penghentian layanan di sejumlah smartphone yang memiliki sistem operasi lawas adalah keputusan yang sulit.

“Ini adalah keputusan sulit yang kami buat, tetapi hal yang terbaik yang ingin kami lakukan adalah memberikan cara terbaik bagi pengguna untuk berhubungan.”

Ini Ponsel yang Tidak Mendukung WhatsApp

Di laman FAQ disebutkan beberapa ponsel yang tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi, di antaranya adalah semua ponsel Android yang menjalankan OS Android 2.3.7 (Gingerbread) atau yang lebih lama lagi dari OS Android 2.3.7.

Adapun untuk iOS, para pengguna sistem operasi iOS 8 atau yang lebih lama lagi juga tidak akan bisa menggunakan WhatsApp. Jika 1 Februari 2020 nanti, ponsel tetap tidak diperbarui ke Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 9, maka ponsel tidak akan bisa membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada.

Meski menghentikan layanannya di beberapa ponsel adalah sesuatu yang sulit, pihak WhatsApp mengatakan jika keputusan tersebut tidak akan mempengaruhi banyak pengguna ponsel lainnya mengingat saat ini para pengguna ponsel dengan sistem operasi lawas sudah sangat sedikit.

Baca juga: Terbaru!! WhatsApp Akan Hentikan Dukungan untuk Smartphone Berikut Ini

Alasan Sesungguhnya Penghentian Layanan

Pihak WhatsApp mengatakan jika penghentian layanan terpaksa dilakukan agar para pengguna mendapatkan cara terbaik dalam berhubungan. Apa yang disampaikan oleh pihak WhatsApp ini sedikit sulit dipahami karena benar-benar tidak dijelaskan secara gamblang.

Namun, pihak WhatsApp kemudian memperjelas apa yang mereka maksud, yaitu pihak WhatsApp terpaksa menghentikan layanannya di ponsel dengan sistem operasi lawas karena WhatsApp ke depannya akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru.

Fitur-fitur baru yang akan dikeluarkan WhatsApp sendiri membutuhkan sumber daya yang berat dan membutuhkan ponsel dengan RAM yang cukup dengan OS terbaru. Jadi jika para pengguna tetap memaksa untuk menggunakan ponsel lawasnya, maka mereka dipastikan tidak akan bisa mengakses fitur-fitur baru yang disediakan oleh WhatsApp.

Melihat fakta yang demikian itu, maka sangat tidak mengherankan apabila pihak WhatsApp lebih memilih untuk mematikan layanannya di ponsel Android, iOS, dan juga Windows Mobile yang memiliki sistem operasi lawas.

Baca juga: Februari 2020, WhatsApp Tidak Dapat Digunakan Lagi di Smartphone Lawas

Sekedar informasi saja, WhatsApp kabarnya akan segera meluncurkan WhatsApp Pay, sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan uang melalui platform yang dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum tersebut.

WhatsApp Pay sendiri saat ini sedang diujicobakan di India. Karena WhatsApp terus berevolusi dari tahun ke tahun, maka wajar jika aplikasi yang kini bernaung di bawah Facebook Grup itu membutuhkan sistem operasi yang lebih baru untuk menjalankan fitur-fitur terbarunya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close