memilih iphone 7

Alasan Lebih Baik Memilih iPhone 7 dibanding iPhone SE

Setelah kemarin saya membuat artikel mengenai alasan mengapa lebih baik memilih iPhone SE dibanding iPhone 7, kali ini saya akan memberikan alasan mengapa lebih baik memilih iPhone 7 dibanding iPhone SE.

Tapi sebelum itu, izinkan saya intro terlebih dahulu..

Biasanya orang-orang lebih suka mengomparasikan antara iOS dan Android. Bukan malah memperbandingkan jadinya, justru malah jadi ajang bagus-bagusan, keren-kerenan, bahkan terkadang malah terkesan memprovokasi.

Padahal jika kita amati, kedua OS ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan lebih ideal jika membandingkan Android dengan Android atau iOS dengan iOS. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Klik Mania ingin membahas mengenai alasan mengapa lebih baik memilih iPhone 7 dibanding iPhone SE. Simak ulasan berikut.

Kamera

memilih iphone 7
Image by Apple

Yup, benar sekali.

Alasan utama mengapa harus memilih iPhone 7 adalah kamera. Mengapa kamera? Karena Apple telah menyematkan beberepa fitur keren di kamera iPhone 7 yang mampu menyaingi kualitas kamera DSLR. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

Dual Camera

Fitur Dual Camera ini hanya ada pada iPhone 7 Plus, yakni versi jumbonya dari iPhone 7. Di iPhone 7 Plus ini, kameranya memiliki dua buah lensa yang terdiri dari lensa Telephoto dan lensa Wide Angle.

Perpaduan antara dua lensa tersebut mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik, keseimbangan warna yang lebih natural, dan tentunya bisa memenuhi hasrat fotografi kamu tanpa harus ribet bawa kamera DSLR.

Loading...

Depth of Field

Depth of Field atau DoF adalah sebuah efek dimana kamera akan fokus terhadap suatu objek, sedangkan backgroundnya akan menjadi blur. Meskipun kamera smartphone sekarang umumnya telah memiliki fitur Autofocus, namun belum bisa menyaingi efek bokeh yang dihasilkan oleh fitur ini.

Optical+Digital Zoom

Lensa telephoto yang ada di iPhone 7 Plus memiliki kemampuan untuk melakukan yang namanya Optical Zoom. Berbeda dengan Digital Zoom, Optical Zoom tersebut bukan memperbesar gambar yang disebabkan oleh software, tetapi disebabkan oleh lensa iPhone 7 yang bergerak.

Namun, pergerakan lensa tersebut tidak seperti kamera DSLR pada umumnya. Pengaturan kamera di iPhone 7 Plus otomatis ke pengaturan 2x Optical Zoom. Tapi, ini sudah sangat keren punya Optical Zoom meski bodi iPhone 7 terbilang cukup tipis.

Low Light

iPhone 7 memiliki bukaan kamera yang lebih besar, yakni f/1.8. Hasilnya, akan memberikan efek yang bagus terhadap pengambilan gambar terutama saat kondisi minim cahaya.

Dengan bukaan yang jauh lebih besar, tentu saja akan semakin banyak cahaya yang masuk ke kamera. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih terang.

Fitur lain

Fitur-fitur lainnya yang mendukung kualitas kamera menjadi lebih baik dari sebelumnya yaitu Quad-LED True Tone, yang mampu menghasilkan kualitas LED Flash yang lebih terang dan warna yang lebih natural pada saat memotret di tempat gelap.

Selain itu, hasil foto di iPhone 7 menggunakan format DNG. Yang mana, format DNG ini adalah versi mentahnya dari setiap foto. Oleh karena itu, proses editing jadi jauh lebih kaya akan informasi seperti range brightness, range white balance, dan lain sebagainya..

Performa

Jika dibandingkan dengan iPhone SE, tentu saja performa iPhone 7 jauh lebih unggul.
iPhone 7 dibekali chip A10 Fusion dengan arsitektur 64-bit yang terdiri dari four-core. Apple mengklaim bahwa chip A10 Fusion tersebut 40% lebih cepat dari chip A9 dan 2x lebih cepat dari chip A8.

Bahkan, Apple juga mengatakan bahwa chip A10 Fusion ini adalah “The most powerful chip ever in a smartphone.

Penyimpanan dan Baterai

Dari segi penyimpanan, Apple telah mengeliminasi kapasitas penyimpanan terkecil saat ini, yakni 16 GB. Tak hanya itu, Apple juga menghapus pilihan storage untuk versi 64 GB. Sebagai gantinya Apple menghadirkan pilihan kapasitas penyimpanan terbaru menjadi 32 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Beralih ke bagian baterai, iPhone 7 memiliki kapasitas baterai yang jauh kebih besar dibanding iPhone SE, yaitu 1960 mAh. Sedangkan, iPhone SE hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1624 mAh.

Apple juga mengklaim bahwa iPhone 7 memiliki daya tahan baterai 2 jam lebih lama dibanding iPhone 6s. Sedangkan iPhone 7 Plus memiliki daya tahan baterai 1 jam lebih lama dibanding iPhone 6s Plus.

Warna

memilih iphone 7
Image by Apple

Sebenarnya, kalau kita mengikuti pola dari Apple sejak rilisnya iPhone 5s saat itu, Apple selalu menghadirkan warna baru di setiap perangkat S series. Seperti iPhone 5s yang mendapat warna baru yaitu Gold, yang belum ada pada seri sebelumnya.

Warna Rose Gold juga hadir sebagai warna baru untuk iPhone 6s. Seharusnya kalau kita mengikuti pola tersebut, warna baru selanjutnya muncul di iPhone 7s. Tapi kali ini berbeda.. Apple menghadirkan warna baru tersebut di iPhone 7.

Woww.. Saya nggak tau di iPhone 7s nanti akan ada kejutan apa lagi.

Hadirnya warna baru seperti Black dan Jet Black tentu menjadi incaran tersendiri bagi para iOS user yang ingin upgrade ke iPhone 7. Memegang iPhone dengan warna tersebut saja sudah memberikan penjelasan bahwa kita sedang memegang iPhone 7. Karena, warna tersebut belum ada di seri sebelumnya.

Taptic Engine dan Water Resistant

Nah, ini dia nih yang termasuk fitur-fitur keren yang tidak dimiliki oleh iPhone SE. Meski memiliki jeroan yang sama dengan iPhone 6s, tetapi Apple tidak menyematkan taptic engine yang mendukung fitur 3D Touch pada iPhone SE.

Selain itu, iPhone SE belum memiliki sertifikat IP67 mengenai ketahanan smartphone terhadap cairan. Memilih iPhone 7 tentu kamu akan mendapatkan keduanya.

Baca juga:

Penutup

Itulah beberapa alasan mengapa lebih baik memilih iPhone 7 dibanding iPhone SE. Semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin upgrade perangkatnya ke seri terbaru dari iPhone.

Jika ada alasan lain, silakan tambahkan di kolom komentar. See you next time dan.. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *