Peluang usahaUlasan Bisnis

4 Alternatif Bisnis Bagi Pensiunan Untuk Mengisi Hari Tua

Semua manusia pasti akan sampai pada masa tua. Bagi seorang pekerja kantoran masa tua berarti saatnya memasuki masa pensiun. Bagi sebagian orang menjadi seorang pensiunan bukan berarti mereka kemudian berhenti untuk terus berkarya dan bergelut dengan pekerjaan. Sehingga mereka sering mencari alternatif-alternatif bisnis bagi pensiunan yang pas seperti mereka.

Meski secara usia, mereka sudah tidak selayaknya untuk bekerja dan seharusnya mereka sudah merasakan hasil jerih payah selama bekerja di usia muda mereka.

Tetapi masa pensiun tanpa diisi dengan suatu kegiatan juga bagi mereka terkadang malah menjadi jenuh dan membosankan apalagi bagi mereka yang tergolong aktif di masa mudanya.

Bisnis di hari tua, antara kebutuhan dan hobi

bisnis bagi pensiunan

Mulai berbisnis di masa pensiun, memberikan mereka kegiatan baru yang lebih berguna daripada hanya sekedar berdiam diri di rumah.

Sebenarnya ada banyak pilihan bisnis yang dapat digeluti bagi para pensiunan. Namun, terkadang banyaknya pilihan malah membuat mereka bingung menentukan pilihan.

 

Pilihan bisnis bagi pensiunan yang bisa dilakukan

Sebelum menentukan pilihan bisnis mana yang cocok untuk dilakukan, sebaiknya kita pilah dahulu jenis bisnis yang cocok dengan melihat karakteristik bisnisnya.

Setidaknya ada 3 kriteria pilihan bisnis yang bisa dipilih untuk dilakukan oleh para pensiunan, yaitu ringan, bisa dikelola orang lain dan tidak terlalu beresiko tinggi.

3 karakteristik pilihan bisnis bagi pensiunan di atas dimaksudkan agar masa pensiun tidak lagi dibebani dengan pekerjaan yang menguras energi fisik dan pikiran.

Berikut pilihan usaha yang bisa dipilih bagi seorang pensiunan.

Sektor agribisnis

Pilihan pertama bisnis bagi pensiunan adalah sektor agribisnis. Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk para pensiunan.

Sektor agribisnis selama ini cenderung sering dilakukan oleh para orang tua, padahal memiliki prospek yang cukup baik.

Terlebih saat ini kebutuhan akan pasokan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar dengan tingkat harga jual yang semakin melambung.

Sementara seperti terlihat dari fenomena mahalnya harga cabai saat ini, produsen dan sentra-sentra pertanian yang ada saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar secara maksimal.

Sektor agribisnis ini sangat cocok dilakukan para pensiunan karena bisa dikerjakan sendiri maupun orang lain dengan sistema bagi hasil dan bisa disesuaikan dengan modal yang dipunyai.

Contoh bisnis bagi pensiunan dalam sektor agribisnis antara lain penggemukan sapi potong, peternakan ayam kampung, budidaya ikan konsumsi, pertanian sayuran organik, budidaya tanaman hidroponik, budidaya ikan hias atau tanaman hias.

Sektor property

Bisnis lain yang sering dilakukan para pensiunan adalah sektor property. Bisnis ini dari tahun ke tahun kian menjanjikan prospeknya karena merupakan salah satu bisnis dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang.

Bisnis property sangat cocok untuk dipilih karena disamping menjanjikan keuntungan yang besar juga bisnis ini dapat dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah.

Jika anda memilih bisnis ini anda tidak salah karena bisa dikatakan salah satu bentuk investasi yang paling direkomendasikan oleh para pakar keuangan adalah investasi property, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun.

Jenis-jenis property yang bisa dipilih antara lain tanah, rumah, ruko maupun kost-kostan. Contoh bisnis dalam sektor ini antara lain mendirikan penyewaan lahan, guest house/rumah kontrakan, kost-kostan, penyewaan ruko sampai dengan penginapan dan hotel, semua tergantung pada modal anda.

Sektor sarana transportasi

Memang saat ini kelihatannya sektor yang satu ini sedang mengalami kelesuan karena semakin banyaknya pemilik kendaraan pribadi di Indonesia.

Tapi percayalah, seiring dengan semakin baiknya fasilitas jalan dan angkutan publik, masyarakat akan kembali melirik model transportasi massal, apalagi ditunjang dengan pelayanan yang baik dan sentuhan inovasi yang lebih memudahkan para konsumen seperti fenomena Go-jek dan Grab.

Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang bisa dibilang masih menjanjikan bagi seorang pensiunan.

Sama seperti bisnis property, bisnis di sektor transportasi juga dapat dijalankan di rumah. Anda tinggal membuat sistem, menjalankan dan mengontrol sistem yang sudah ada tersebut.
Contoh bisnis dalam bidang transportasi antara lain jasa antar jemput anak sekolah, rental mobil atau motor dan jasa antar barang

Berbisnis sesuai hobi

Hobi bisa mendatangkan keuntungan finansial jika kita bisa mengembangkannya. Satu kelebihan dari bisnis yang sesuai hobi adalah bisnis ini akan dijalankan dengan hati senang, karena jenis bisnis ini sesuai dengan hobi serta keahlian.

Misalnya anda senang menulis, anda bisa mencoba menulis buku atau bentuk  karya tulis lain yang bersifat komersial.

Anda juga bisa membuat blog untuk menampung ide-ide karya tulis anda. Menjadi blogger tidak harus orang muda orang tuapun bisa. Menjadi seorang blogger juga sangat menjanjikan karena bisa dikerjakan dengan santai dan tidak menguras energi.

Dari hobi menulis, bisa muncul hobi membaca. Maka sejalan dengan bertambahnya koleksi buku yang dikumpulkan bisa dijadikan bisnis baru.

Baca juga : 3 Kelebihan Menjalankan Bisnis dari Hobi Anda

Contoh bisnis yang sesuai hobi misalnya kalau anda hobi olahraga anda bisa membuka toko perlengkapan olahraga, kalau anda suka melukis anda menjual lukisan dan penyediaan alat lukis dan penyewaan alat-alat lain yang sesuai hobi anda.

Anda juga bisa membuka kursus atau sekolah pada hobi yang anda kuasai, misalnya membuka kursus memasak.

Demikian sedikit coretan saya mengenai beberapa pilihan bisnis bagi pensiunan yang menjanjikan untuk mengisi waktu di hari tua, semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close