Internet

Amankan Platform, Zoom Putuskan untuk Akuisisi Keybase

Zoom adalah layanan telekonferensi yang paling banyak mendapatkan keuntungan dari adanya pandemi COVID-19 di mana perusahaan tersebut menjadi pilihan utama ketika ingin melakukan telekonferensi, baik itu untuk urusan kerja maupun sekolah.

Sayangnya, meski begitu populer di beberapa negara, keamanan Zoom mendapatkan banyak kritik setelah mengalami banyak kasus pelanggaran seputar data pengguna. Bahkan masalah keamanan data Zoom ini juga mendapatkan sindiran dari salah satu pesaingnya.

Baca juga: Latah Saingi Zoom, Facebook Luncurkan Messenger Rooms

Zoom Akuisisi Keybase untuk Berikan Keamanan

Seolah jenuh dengan kritikan keamanan yang ada di platformnya, Zoom pun memilih untuk mengakuisisi Keybase. Keybase adalah perusahaan yang bergerak di layanan enkripsi dan juga keamanan di mana perusahaan tersebut sudah mengudara sejak tahun 2014 lalu. Adapun berapa dana yang dikeluarkan oleh Zoom dalam proses akuisisi belum diketahui.

Dengan adanya akuisisi ini, maka tim dan seluruh jajaran Keybase akan bahu-membahu untuk memberikan keamanan pada Zoom. Salah satu pendiri Keybase, Max Krohn, juga sudah didapuk sebagai pemimpin teknik keamanan Zoom. Max Krohn akan bertanggung jawab atas keamanan Zoom yang lebih baik lagi.

“Tim kami bersemangat tentang keamanan dan privasi, dan merupakan suatu kehormatan untuk dapat membawa keahlian enkripsi kami ke platform yang digunakan oleh ratusan juta pengguna dalam sehari,” ucap Max Krohn.

Baca juga: Populer di Kantornya, Google Harusnya Sudah Akuisisi Zoom

Zoom Akan Semakin di Atas Angin?

Saat ini, Zoom menjadi layanan telekonferensi nomor satu di dunia. Meski di luaran sana ada banyak pesaing, Zoom tetap berada di atas angin. Dengan dibenahinya keamanan Zoom ini, maka peluang Zoom untuk semakin mengangkangi para pesaingnya juga semakin terbuka lebar.

Terus meningkatnya popularitas Zoom sendiri membuat para pesaingnya kepayahan. Bahkan di antara pesaing Zoom, yakni Google Meet, harus menggratiskan layanannya hingga September 2020 agar para pengguna mau beralih dari Zoom ke Meet.

Baca juga: Ingin Lengserkan Zoom, Google Pilih Gratiskan Layanan Meet

Terakhir, Eric Yuan selaku CEO Zoom dalam salah satu pernyataannya mengungkapkan bahwa Keybase akan membawa keahlian enkripsi dan keamanan yang mendalam ke Zoom. Juru bicara Zoom dalam pernyataannya juga mengungkapkan bahwa pemimpin dari Zoom dan Keybase akan bekerja sama untuk menentukan masa depan produk Keybase.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close